10 Alasan Mengapa MTs MA Al-Khoirot Pilihan Terbaik

10 (sepuluh) alasan Mengapa MTs (Madrasah Tsanawiyah/SLTP) dan MA (Madrasah Aliyah/SLTA) Al-Khoirot Patut Jadi Pilihan terbaik untuk orang tua yang sayang pada putra-putri-nya dan ingin anak-anaknya memiliki akhlak yang baik, dan kemampuan individu yang tinggi di bidang umum dan agama.

1. Segregasi putra-putri.
MTs dan MA Al-Khoirot menganut sistem segregasi (pemisahan) antara pelajar putra dan putri. Sistem ini jauh lebih baik dari sistem campur baik ditinjau dari segi ilmiah, prinsip syari’ah, maupun dari segi meminimalisir potensi degradasi moral.

Pemisahan ini meliputi:

(a) Gedung sekolah.
Putra-putri memiliki gedung sekolah masing-masing yang lokasinya terpisah agak jauh;

(b) Guru/Tenaga Pengajar
Semua guru siswa putra adalah laki-laki. Sedang guru siswa putri semuanya perempuan;

(c) Staff Tata Usaha (TU).
Staf TU putra adalah laki-laki dan berada di gedung sekolah putra, sedang staf TU putri semuanya perempuan dan berada di gedung sekolah putri.

Dengan adanya segregasi pelajar putra dan putri juga menjadi jaminan “aman”-nya menyekolahkan anak–khususnya perempuan– di MTs dan MA Al-Khoirot dari polusi pergaulan bebas dan tak bermoral.

2. Sistem Satu Atap.
Seluruh siswa dan siswi MTs dan MA Al-Khoirot dididik dan dibina selama 24 jam setiap hari, 7 hari dalam seminggu. Dengan berbagai variasi aktifitas yang mendidik. Tanpa mengenal libur.

Jadi, kami tidak meneirma siswa yang hanya berkeinginan untuk sekolah saja. Karena di samping siswa, mereka juga santri Pondok Pesantren Al-Khoirot.

3. Mahir Baca Kitab Kuning.
Seluruh siswa MTs dan MA Al-Khoirot adalah sekaligus menjadi siswa dan siswi Madrasah Diniyah (Madin). Apabila mereka berhasil menyelesaikan program madin sampai Wustho 2 (setara dengan kelas 6 atau belajar selama 6 tahun), maka dijamin dapat membaca seluruh kitab klasik yang dikenal dengan kitab kuning atau kitab gundul.

mts ma alkhoirot malang

4. Mampu Bahasa Arab Aktif.
Di luar jam belajar sekolah, Siswa MTs dan MA Al-Khoirot selalu mengikuti program Bahasa Arab setiap pagi. Yakni, setelah pengajian kitab oleh pengasuh. Kemampuan bahasa Arab mereka tidak perlu dipertanyakan lagi. Faktanya, mereka berhasil memenangkan lomba pidato bahasa Arab.

Catatan: Program bahasa Arab intensif hanya bagi mereka yang berminat dan lolos tes untuk mengikuti program ini.

5. Pengajian Kitab pengasuh.
Seluruh siswa dan siswi MTs dan MA Al-Khoirot selalu mengikuti pengajian rutin di pagi hari oleh Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot. Kitab kuning yang dikaji meliputi kitab Tafsir Jalalain, Hadits Sahih Bukhari, Al-Umm Imam Syafi’i, Iqna’, Muhadzdzab, Fathul Wahab, Faidhul Khabir, Ibnu Aqil, Al-Hikam selama seminggu penuh tanpa henti. Membuat wawasan keagamaan di bidang tafsir, hadits, fiqh dan tasawuf para siswa tidak perlu dipertanyakan lagi.

Perlu dicatat bahwa Ponpes Al-Khoirot adalah satu-satunya pesantren salaf di Indonesia yang secara rutin mengkaji Kitab Al-Umm Imam Syafi’i.

6. Pengajian murottal atau Baca Quran Tartil
Setiap selesai salat maghrib, siswa dan siswa dididik membaca Al-Quran secara murottal. Yang para muallim-nya didikan dari PIQ (Pesantren Ilmu Al Quran) Singosari.

7. Tahfidzul Quran (Menghafal Al-Quran)
Program ini tidak diwajibkan untuk seluruh santri. Namun banyak santri yang secara suka rela dan suka cita mengikutinya. Karena hafal Al-Quran jaminan menjadi orang yang mulya di sisi Allah dan di sisi umat manusia.

8. Mandiri finansial.
Kursus intensif soft-skills MTs dan MA Al-Khoirot memberi kesempatan kepada para pelajar untuk mempelajari keahlian tertentu yang disukai. Seperti, keahlian komputer (software dan hardware), teknologi informasi, sablon, potong rambut, tata busana (menjahit, bordir, rajut, dll). Agar mereka dapat mencapai kemandirian finansial saat mereka keluar kelak.

9. Mandiri perilaku.
Kehidupan yang terpisah dari orang tua selama 24 jam setiap harinya membuat siswa-siswi MTs dan MA Al-Khoirot memiliki kemandirian perilaku. Mereka bukan anak manja. Mereka adalah calon pemimpin masa depan yang siap menghadapi berbagai tantangan.

10. Biaya Murah dan Tidak Ada Daftar Ulang
Di tengah begitu banyaknya fasilitas yang kami sediakan dan kualitas yang kami janjikan, kami tidak meminta biaya tinggi untuk itu semua. Mungkin, MTs dan MA Al-Khoirot adalah salah satu yang termurah kalau bukan yang paling murah. Karena kami percaya, semua orang dari berbagai lapisan ekonomi dan strata sosial sama-sama berhak memiliki peluang dan akses pendidikan terbaik. Dan bahwa lembaga pendidikan adalah tempat untuk mendidik generasi muda, bukan tempat untuk mengeruk keuntungan. Bayangkan, hanya dengan biaya masuk tidak sampai 1 juta rupiah, siswa dapat menikmati semua fasilitas pembelajaran di atas tanpa ada biaya tambahan.  Baca: Biaya Masuk

Satu hal lagi yang tak kalah penting: tidak ada biaya daftar ulang. Baik di sekolah maupun pesantren.

Terkait:

Comments

  • ini sma ya bukan smk?

    afif etikasariJanuary 3, 2016
  • ini sma yah bukan smk?

    afif etikasariJanuary 3, 2016
  • assalamu’alaikum ustadz.. subhanallah murah banget.. mungkin ada donatur ttap ya ustad? saya berminat tp jauh dr purwakarta,jabar. brp org satu kamarnya ustadz untuk tngkat SLTA

    Asyifa ApJune 9, 2015
  • saya siswi dari ambon. bisa kah saya mendaftar secara online ?

    yolaMay 27, 2015
    • Anda bisa langsung datang ke Al-Khoirot, mendaftar dan langsung diterima. Jadi, tidak perlu daftar secara online.

      Silahkan datang pada 16 hari setelah lebaran Idul Fitri dengan membawa perlengkapan yg diperlukan seperti dokumen dan pakain seperlunya.

  • Assalamualaikum….
    Klo di situ misal belajar bahasa arab+ hafalan alquran saja bis tidak….

    qodriazMay 10, 2015
    • Yg ikut tahfidz harus tetap ikut Program wajib pesantren yaitu: pengajian kitab oleh pengasuh dan madrasah diniyah.

  • apakah setelah lulus MTs, diperbolehkan sekolah di MA atau SMA lain? yang artinya tdk melanjutkan lagi nyantri di Al Khoirot? matur suwun

    ekaNovember 27, 2014
  • Assalamualaikum, wr, wb

    Pak, saya mau tanya mengenai akreditasi MTs Al Khoirot apa ya?
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr, wb

    HennyJuly 2, 2014
  • Assalamualiakum.Wr.Wb
    permisi pak,
    rencana saya mau masukan adik saya ke pesantren, dia baru lulus SD dan untuk SMPnya saya mau masukkan ke pesantren.
    1. saya mau tanya biayanya berapa ya pak dari daftar sampai menjadi murid?
    2. Dan setelah lulus pesantren ARAH JENJANG KARIRnya kemana?

    Terimakasih sebelumnya Pak..

    indraMay 29, 2014
  • mohon informasi, berapa bulan sekali saya bisa berkunjung apabila anak saya masuk di mts al-khoirot. trimakasih

    widijatmokoApril 21, 2014
  • asalamualaikum wr wb
    saya rencananya akan menasukkan anak saya di mts ini, yg saya tanyakan berapa bulan sekali saya bisa berkunjung utk bertemu anak?
    trimakasih mohon dibalas

    widijatmokoApril 21, 2014
  • Saya memiliki putra yang sudah sekolah disekolah formal kelas 1 dan ingin melanjutkan dikelas berikutnya dipondok pesantren. Bisakah putra saya melanjutkan diponpes ini dengan kondisi demikian. Sebagai orang tua saya sangat mendukung keputusan putra saya ini. Mohon infonya bagi calon santri tersebut. Terima kasih atas infonya.

    DiniatiApril 2, 2014
  • Ass.wr.wb.
    Ustadz, saya mau bertanya. Saya pnya adek masih smp, dia berkeinginan stlah smp masuk ponpes sekalian sekolah MA. Namun setelah lulus MA ortu menyarankannya untuk kuliah. Nah, yg sya tanyakan.

    1. Bisa tidak lulusan tsb mengikuti snmptn/sbmptn?
    2. Dan APA akreditasi until MA disana? Maturnuwun

    dindaMarch 26, 2014
    • 1. Bisa. MA itu sama dg SMA. Sama-sama mengikuti ujian negara. Lulusannya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi manapun baik negeri atau swasta.

      2. Akreditasi B.

  • Asslamu’alaykum Ustadz,
    kulo salah satu mahasiswi Universitas di Surabaya,
    bade tanglet, umpami liburan yang biasanya 1-2 bulan, saya ingin sekali menghabiskan masa liburan tersebut untuk ikut mengaji di Al-Khoirot.
    Apa yang seperti demikian ini diizinkan?

    Mohon jawabannya, hatur nuhun..

    FirdausiMarch 19, 2014
  • mf ustadz,,
    untk persiapan saya mau tau hafalan nya apa saja dii PPA,,
    nantii kalok saya masuk ke PPA hafalan nya saya gx siaph atau juga gax bissa gimna ustadz,,?

    iim elmubynMarch 4, 2014
  • assalamu’alaikum wr.wb

    sebelumnya saya mau bertanya,apa saja pelajaran di Ma al-khoirot..?

    terimakasih

    iqbalFebruary 7, 2014
    • MA Al-Khoirot adalah sekolah formal tingkat SLTA jadi materi kurikulumnya sama dg madrasah aliyah yg lain. Yg membedakan adalah semua siswanya harus ikut seluruh program pesantren dan harus tinggal di dalam pesantren. Apa saja program pesantren lihat di sini: http://www.alkhoirot.com/sistem-pendidikan/

      Pondok Pesantren Al-KhoirotFebruary 9, 2014
    • assallamu’allaikum ustad..

      ma’af di PPA hafalan nya apa saja yah,,?
      khan sepertii di PONPES darul istiqomah hafalan nya ada jurmiyah,tasrifan,alfiyah dsb, ,
      mohon di jawab,
      wallaikumsallam wr.wb

      iim elmubynMarch 4, 2014
    • assalamu’alaikum ustadz.
      untuk persiapan saya pingin tau hafalan nya,,?
      nantii bagaimana kalok saya masuk ke alkhoirot,nanti khafalan nya gax mampu atu juga gx bisa,, {mf ustadz kalok saya kurang sopan,}

      iim elmubynMarch 4, 2014
  • maaf …. klau blech tau dmna lokasix pha jauh dari pasar gdl …?
    dn saya bza gc ikut formal diniyah dan hafatan …?

    zhiaJanuary 7, 2014
    • DAri pasar gondanglegi ke sebelah barat sekitar 5 km. Santri harus ikut formal dan diniyah. Sedangkan tahfidz adalah pilihan. Boleh ikut boleh tidak.

      Ponpes Al-KhoirotJanuary 8, 2014
  • saya punya anak laki – laki umur 12 dan 14 thn, bisa daftar ga?

    yayuk yustyaJanuary 7, 2014
  • wah….. aku ingin masuk Pesantren ini :) semoga terlaksana #Aminyarobbalallamin^_^

    Dwi JuliantiNovember 2, 2013
  • keren juga sekolah ini

    mMnOctober 5, 2013
  • Ass..apakah bahasa inggris juga digalakkan/dipakai sehari-hari seperti halnya bahasa arab?

    yudhiSeptember 5, 2013
    • Bahasa Inggris hanya dipelajari di pendidikan formal (MTS/MA)

      Al-KhoirotSeptember 5, 2013

Leave a Reply