Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang http://www.alkhoirot.com Al-Khoirot adalah Pondok Pesantren terbaik dengan biaya murah sistem salaf modern putra putri di Indonesia dengan biaya terjangkau semua kalangan ekonomi. Website Resmi Ponpes Al-Khoirot Malang Jawa Timur Indonesia. Sat, 20 Dec 2014 04:37:09 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=4.1 Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) http://www.alkhoirot.com/konsultasi-syariah-islam-al-khoirot-ksia/ http://www.alkhoirot.com/konsultasi-syariah-islam-al-khoirot-ksia/#comments Sun, 14 Dec 2014 10:14:12 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1450 KSIA Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) adalah forum tanya jawab agama online., Pesantren Terbuka atau Pengajian Jarak Jauh. Program konsultasi online ini dibimbing langsung oleh Dewan Pengasuh dan Majelis Fatwa Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, pesantren Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja, bukan Wahabi). KSIA merupakan program pengajian bagi masyarakat umum di seluruh Indonesia, Malaysia, Brunei, Pathani (Thailand), Singapore yang ingin bertanya soal agama atau mencari solusi atas masalah keseharian yang dihadapi baik menyangkut muamalah seperti rumah tangga, keluarga, pernikahan, cerai, taaruf (pacaran), pendidikan anak, hukum waris, jual beli, bergaul dengan non-muslim; atau soal ibadah seperti shalat, puasa, zakat, haji, sedekah, wasiat, taubat; tauhid, mazhab fikih, dan gerakan Islam kontemporer.

DAFTAR ISI

  1. Profil Singkat KSIA
  2. Tata Cara Bertanya
  3. Dasar Pendirian
  4. Situs Konsultasi Islam Ahlussunnah Dan NU
  5. Situs Konsjltasi Islam Wahabi Salafi
  6. Sumber Hukum Syariah Islam
  7. Fikih Madzhab Empat
  8. Sumber Landasan Hukum Fikih Mazhab Syafi’i
  9. Kitab Fikih Berpengaruh Mazhab Syafi’i


PROFIL SINGKAT KSIA

Nama program: Konsultasi Syariah Islam (KSIA)
Tahun berdiri: 2010
Mazhab fiqih utama: Madzhab Syafi’i
Cara bertanya: Penanya mengajukan pertanyaan melalui email ke: alkhoirot@gmail.com.
Respons: Jawaban akan diberikan melalui situs resmi KSIA yaitu www.alkhoirot.net. Penanya akan mendapatkan pemberitahuan via email.
Situs resmi: www.alkhoirot.net
Pendiri: Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang
Pembimbing: Dewan Pengasuh dan Majelis Fatwa Ponpes Al-Khoirot
Yayasan yang menaungi: Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang.
Visi & Misi: Memberi pencerahan hukum agama Islam (fiqih) pada masyarakat luas yang membutuhkan solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Filosofi: Memperluas cakupan pengabdian masyarakat dari Ponpes Al-Khoirot dan mensosialisasikan hukum Islam pada masyarakat awam.
Sistem: Tanya melalui email, jawaban melalui website.
Target penanya: Semua umat Islam di Indonesia dan negara lain yang berbahasa Melayu (Malay).


TATA CARA BERTANYA

Penanya diharapkan untuk mentaati peraturan yang berlaku saat hendak bertanya.  Pertanyaan yang tidak mengikuti tata tertib ini tidak akan dilayani. Aturannya sangat mudah, semua bisa melaksanakannya:

  1. Pertanyaan dikirim via email ke: alkhoirot@gmail.com
  2. Topik pertanyaan ditulis di Subyek Email, sedangkan isi pertanyaan di tulis di badan email.
  3. Pertanyaan ditulis di badan email, tidak boleh memakai MS Word atau PDF attachment atau sisipan.
  4. Ditulis dengan rapi tanpa ada singkatan. Pertanyaan yang mengandung singkatan akan dikembalikan ke penanya untuk diperbaiki.
  5. Pertanyaan dan jawaban akan dimuat di situs www.alkhoirot.net dengan merahasiakan identitas penanya. Penanya yang tidak bersedia pertanyaannya dipublikasi tidak akan dilayani. Tujuan diterbitkan di website agar dapat bermanfaat secara lebih luas bagi umat Islam yang membacanya baik yang memiliki persoalan yang sama atau hanya untuk menambah wawasan saja.

Untuk pertanyaan masalah warisan penanya harus memenuhi syarat tambahan berikut (di samping syarat di atas):

  1.  Menyebut tanggal, bulan, dan tahun kematian pewaris.
  2. Menyebutkan semua ahli waris yang masih hidup, terutama ahli waris utama yaitu: ayah, ibu, anak, suami, istri. Adapun ahli waris sekunder adalah: cucu, kakek, saudara kandung, saudara seayah, saudara seibu.
  3. Menyebut jenis kelamin ahli waris.


DASAR PENDIRIAN

Islam adalah agama hukum, ini berbeda dengan agama Nasrani, Hindu atau Budha. Islam mengatur individu muslim dalam kehidupannya untuk selalu taat pada aturan syariah dan menjauhi larangannya. Islam mengharuskan setiap muslim untuk tahu yang halal, dan haram; yang wajib, sunnah, makruh atau jaiz (boleh). Agar muslim menjadi penganut Islam yang sejati yang diridhai Allah selamat di dunia dan akhirat.

Karena, setiap muslim mempunya dua tugas utama: yakni menjadi muslim yang taat (QS An-Nisa 4:59; An-Nur :54; Muhammad :33; Al-Maidah :92; At-Taghabun :12)[1] dan mengajak muslim lain agar selalu tunduk pada kehendak syariah (QS An-Nahl :125).[2] Dengan demikian, secara inheren dan alami seorang muslim mendapat amanah dan dituntut untuk menjadi pemimpin bagi dirinya dan orang lain (ٍَQS Ali Imron 3:110).[3] Syarat pertama dan utama untuk menjadi pemimpin adalah kemauan dan niat kuat untuk menjadi muslim yang baik yang patut diteladani.[4[ Namun itu tidak cukup. Seseorang tidak mungkin dapat menjadi pemimpin islami tanpa memiliki perilaku yang sesuai dengan syariah. Dan untuk itu diperlukan wawasan ilmu agama Islam standar, khususnya ilmu agama terkait dengan masalah wajib, halal dan haram (QS At-Taubah :122).[5]

Namun, tidak semua muslim yang baik melek ilmu agama. Bahkan, mayoritas muslim di Indonesia tidak bisa atau kurang mampu membaca Al-Quran; apalagi memahami maknanya. Apalagi memahami hadits-hadits sahih yang notabene merupakan sumber hukum primer Islam di samping Al-Quran dan Ijmak ulama.

Itulah sebabnya, mengapa lembaga konsultasi agama online seperti KSIA ini tidak hanya penting dan relevan, tapi juga mendesak untuk diadakan agar kalangan umat Islam yang awam dalam agama, khususnya terkait dengan masalah teknis detail keseharian . Masalah halal dan haram secara makro mungkin saja semua muslim tahu seperti wajibnya shalat 5 waktu, puasa Ramadhan, zakat mal dan fitrah, haji sekali seuur hidup; atau haramnya korupsi, berzina, membunuh, alkohol, daging babi dan anjing, dsb. Tapi, tahukah semua umat Islam tentang tatacara berwudhu, shalat, puasa dan haji yang benar? Tahukan mereka apasaja yang membatalkan puasa, shalat dan wudhu? Juga, tahukah mereka bagaimana tatacara menikah dan bercerai yang sah menurut agama? Dan bagaimana cara membagi warisan secara Islam?

SITUS KONSULTASI ISLAM AHLUSSUNNAH DAN NU

Berikut layanan konsultasi Islam milik kalangan Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) mazhab Syafi’i dan berafiliasi ke NU (Nahdlatul Ulama) Kunjungi situs terkait untuk membaca artikel yang ada atau tatacara konsultasi:

  1. www.alkhoirot.net
  2. www.piss-ktb.com
  3. pesantrenvirtual.com
  4. www.sidogiri.net
  5. www.lirboyo.net
  6. www.nu.or.id

SITUS ISLAM AHLUSSUNNAH NU

  1. kabarislamia.com
  2. nu.or.id
  3. http://abusalafy.wordpress.com/
  4. http://ahlussunahwaljamaah.wordpress.com/
  5. http://www.pejuangislam.com/
  6. http://www.orgawam.wordpress.com/
  7. http://www.iniaswaja.co.cc/
  8. http://hotarticle.org/
  9. http://bahrusshofa.blogspot.com/
  10. http://ahlulbait.blogdrive.com/
  11. http://www.aswaja.net/
  12. http://www.albayyinat.net/
  13. http://ibnutaymiah.wordpress.com/
  14. http://thoriqoh-indonesia.org/
  15. http://mubas.wen.ru/
  16. http://kisahwali.blogspot.com/
  17. http://salafytobat.wordpress.com/
  18. http://www.r40.fiz.su/
  19. http://defenders-muhammad.blogspot.com/
  20. http://www.majalah-alkisah.com/
  21. http://rabithah.net/
  22. http://www.forsansalaf.com/
  23. http://salafyindonesia.wordpress.com/
  24. http://www.sufinews.com/
  25. http://www.tanbihun.com/
  26. http://www.liriksolawat.com/
  27. http://bicarasalafy.wordpress.com/
  28. http://jejakwali.wordpress.com/
  29. http://cahayamukmin.blogspot.com/
  30. http://tamanhabaib.blogspot.com/
  31. http://algembira.blog.com/
  32. http://aswaja.webnode.com/


SITUS KONSJLTASI  ISLAM WAHABI SALAFI

Kalangan aktivis Wahabi Salafi lebih aktif dalam memberikan layanan konsultasi Islam online. Dalam menjawab masal fikih, Wahabi cenderung memakai mazhab Hanbali atau mengutip pendapat ulama Wahabi mereka seperti Abdullah bin Baz, Saleh bin Usaimin, Al-Albani, Al-Fauzan, dll  Berikut beberapa situs konsultasi agama yang dikelola dan dibimbing oleh kelompok Wahabi yang menyebut dirinya sebagai Salafi. Mereka umumnya lulusan universitas negeri di Arab Saudi seperti Universitas Islamiah Madinah, Universitas Ummul Quro, Universitas Ibnu Saud, atau sekolah tinggi di luar Arab Saudi yang berafiliasi dan dibiayai oleh Kerajaan Arab Saudi seperti LIPIA Jakarta. Ciri khas dari Wahabi adalah seringnya diulang-ulang kata-kata berikut: syirik, bid’ah, kufur, syiah rafidah, konspirasi yahudi atau zionis.

  1. www.konsultasisyariah.com
  2. www.konsultasisyariah.net
  3. www.rumahfiqih.com
  4. www.syariahonline.com
  5. salafiyunpad.wordpress.com
  6. pusatkonsultasisyariah.blogspot.com
  7. www.an-najah.net

SITUS ISLAM MILIK WAHABI SALAFI

Aktivis dan penganut Wahabi Salafi di Indonesia banyak memiliki situs yang secara khusus menyebarkan ideologi, doktrin dan ajaran junjungan mereka Muhammad bin Abdul Wahab dan ulama Wahabi lainnya seperti Abdul Aziz bin Baz, Shalih bin Utsaimin, dll. Mereka cukup dominan di dunia internet, sehingga kalau orang mencari kata kunci soal Islam di Google, mayoritas halaman pertama Google diisi oleh situs-situs Islam milik Wahabi. Berikut beberapa di antaranya (selain situs-situs Konsultasi Agama di atas):

  1. muslim.or.id
  2. salafy.or.id
  3. eramuslim.com
  4. rumaysho.com
  5. voa-islam.com
  6. pkspiyungan.org
  7. dll


SUMBER HUKUM SYARIAH ISLAM

Hukum syariah atau fikih Islam itu ada sejak adanya Islam itu sendiri. Seperti disebut di muka, Islam adalah agama hukum yang mengatur kehidupan keseharian pemeluknya sampai teknis detailnya.  Adapun sumber hukum utama Islam (mashadir al tashri’ al Islami)  secara garis besar terbagi dalam dua kategori yakni yang disepakati dan yang diperselisihkan. Adapun yang disepakati oleh kalangan ulama Ahlussunnah Wal Jamaah ada tiga yaitu:

Sumber Hukum yang Disepakati ada 3:

  1. Al-Quran
  2. As-Sunnah (Hadits Nabi)
  3. Ijmak atau kesepakatan ulama.

Sumber Hukum yang Diperselisihkan ada 9:

  1. Qiyas (Analogi) atas Syariah Islam
  2. Ijtihad
  3. Istihsan
  4. Al-Urf (Kebiasaan)
  5. Istishab
  6. Maslahah Mursalah
  7. Sadd Al-Dzarai’
  8. Syar’u man Qoblana (Syariah Rasul sebelum Islam)
  9. Qaul Sahabi (Pendapat Sahabat)


FIKIH MADZHAB EMPAT

Umat Islam saat ini, baik ulama mapun yang awam, sepakat untuk mengikuti salah satu dari keempat mazhab sebagai rujukan syariah dalam kehidupan sehari-hari. Keempat mazhab yang diakui seluruh umat Islam dunia yang Ahlussunnah adalah:

  1. Mazhab Maliki
  2. Mazhab Hanafi
  3. Mazhab Syafi’i
  4. Mazhab Hanbali.

Mayoritas umat Islam Indonesia menganut mazhab Syafi’i dalam berfikih. Sedangkan sebagian kecil menganut mazhab Hanbali. Penganut mazhab Hanbali adalah kalangan pengikut atau simpatisan Wahabi Salafi baik yang moderat seperti Muhammadiyah, Al-Irsyad; atau yang radikal yang menyebut dirinya sebagai Salafi.

SUMBER LANDASAN HUKUM FIKIH MAZHAB SYAFI’I

Secara garis besar, sumber utama yang dijadikan sumber rujukan pengambilan hukum ada lima yaitu:

  1. Al-Quran
  2. Sunnah (Hadits)
  3. Ijmak (Kesepakatan Ulama)
  4. Pendapat Sahabat (Qaul Sahabi)
  5. Qiyas


KITAB FIKIH BERPENGARUH MAZHAB SYAFI’I

Kitab bidang fikih yang ditulis oleh para ulama mazhab Syafi’i sangat banyak. Beberapa yang paling berpengaruh antara lain sebagai berikut:

  1. Al-Umm oleh Imam Syafi’i
  2. Ar-Risalah (kitab ushul fiqih) oleh Imam Syafi’i
  3. Minhajut Thalibin, Nawawi
  4. Raudhatut Thalibin, Nawawi
  5. Al-Majmuk, Nawawi
  6. Al-Ghayah wat Taqrib (Matan Abu Syujak), Abu Syujak Al-Asfahani
  7. Al-Iqnak, Syarbini
  8. Tuhfatul Muhtaj, Ibnu Hajar Al-Haitami
  9. Mughnil Muhtaj, Syarbini
  10. Nihayatul Muhtaj, Ar-Romli
  11. Al-Wasith, Ghazali
  12. Manhajut Tullab, Zakariya Al-Anshari
  13. Al-Hawi Al-Kabir, Mawardi
  14. Kifayatul Akhyar, Al-Hashni
  15. Mukhtashor Al-Muzani, Muzani
  16. At-Tahdzib Al-Fatawa, Al-Baghawi
  17. Asy-Syarhul Kabir Fathul Qodir, Rofi’i
  18. Al-Muqaddimah Al-Hadramiyah, Abdullah Bafadhal Al-Hadrami
  19. Al-Manhajul Qowim Syarah Masail at-Taklim (Syarah Al-Muqaddimah
  20. Al-Hadramiyah), Ibnu Hajar Al-Haitami
  21. Umdatus Salik wa Iddatun Nasik, Abu Syihab Al-Mashri
  22. Ianah at-Thalibin, Al-Bakri

__________________________

ENDNOTE

[1] An-Nisa 4:59 Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemerintah) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

[2] QS An-Nahl :125 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

[3] QS Ali Imron 3:110 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”

[4] ibid.

[5] QS At-Taubah :122 “Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.”

]]>
http://www.alkhoirot.com/konsultasi-syariah-islam-al-khoirot-ksia/feed/ 0
Manhaj, Mazhab dan Afiliasi Kultural Pesantren: http://www.alkhoirot.com/manhaj-mazhab-dan-afiliasi-kultural/ http://www.alkhoirot.com/manhaj-mazhab-dan-afiliasi-kultural/#comments Wed, 03 Dec 2014 13:01:05 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1424 Pesantren Ideologi, Mazhab, Afiliasi Kultural

Manhaj ideologi utama pesantren Al-Khoirot adalah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) dengan fikih mazhab Syafi’i, fikrah ideologi tauhid Asy’ariyah, afiliasi kultural NU (Nahdlatul Ulama), pandangan politik bebas aktif dan perspektif keagamaan moderat (al-wasath).

Sebelum memutuskan untuk mengirim anak ke sebuah pesantren tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah ketahui lebih dulu apa akidah, manhaj, ideologi, mazhab fikih dan afiliasi kultural pesantren tersebut. Sebab, apabila salah memilih, maka orang tua akan menyesal di kemudian hari karena anaknya ternyata masuk ke pesantren yang memiliki akidah yang berbeda dengan dirinya. Ada sebagian pesantren yang dengan sengaja menyembunyikan jati dirinya dengan tujuan untuk menjebak santri baru yang berasal dari akidah yang berbeda untuk masuk mungkin dengan harapan agar dapat rekrutmen baru dengan agenda merubah dan mencuci otak.

Daftar Isi

  1. Ahlussunnah Wal Jamaah
  2. Mazhab Syafi’i
  3. Fikrah Asy’ariyah
  4. NU (Nahdlatul Ulama)
  5. Moderat
  6. Afiliasi Politik Bebas Aktif
  7. Sikap pada Kelompok Lain

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) Malang ingin secara transparan memberitahu publik seluruh identitas PPA terkait manhaj, mazhab fikih dan fikrah dan afiliasi kulturalnya agar para wali santri tidak merasa tertipu ketika memasukkan putra putrinya ke PPA.


Manhaj (Aliran) Utama: Ahlussunnah Wal Jamaah

Secara garis besar, Ahlussunnah Wal Jamaah adalah arus utama Islam yang mengamalkan Quran, Sunnah Nabi dan ijmak ulama.

Dalam Islam ada dua arus besar yang menjadi pembeda utama yaitu Ahlussunnah Wal Jamaah (Sunni) dan Syiah. Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) adalah penganut Ahlussunnah Wal Jamaah.

Perbedaan antara Ahlussunnah Wal Jamaah (di kalangan NU di singkat Aswaja) dan Syiah adalah, pertama, Aswaja mengakui empat khalifah pertama yaitu Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali sebagai pemimpin Islam penganti Nabi (Khalifah) yang absah, sedangkan Syiah hanya mengakui Ali bin Abu Thalib sebagai satu-satunya Khalifah yang sah setelah Nabi dan tidak mengakui tiga Khalifah sebelum Ali serta menganggap Khalifah selain Ali bin Abu Thalib ilegal.

Kedua, dari segi mazhab fikih, Ahlussunnah Wal Jamaah mengakui otoritas Empat Mazhab utama dalam Islam yakni mazhab Syafi’i, Maliki, Hanafi, dan Hanbali. Dengan demikian, maka setiap penganut Aswaja boleh memilih untuk mengikuti salah satu dari empat mazhab fiqih di atas sesuai dengan realitas umat di mana seseorang tinggal. Karena di Indonesia mayoritas umat Islam mengikuti mazhab Syafi’i, maka adalah wajar kalau pesantren umumnya mengikuti mazhab Syafi’i. Sedangkan aliran Syiah, mereka tidak mengakui mazhab fikih yang empat. Syiah Isna Asyariah memiliki mazhab fikih sendiri yang disebut Jafariyah; sedang mazhab fikih Syiah Zaidiyah disebut Al-Hadawiyah.

Ketiga, dalam menyikapi kitab hadits Sahih Bukhari dan Muslim. Aswaja meyakini kesahihan sanad dan periwayat (Arab, rawi atau rijal) seluruh hadits yang ada dalam kedua kitab kumpulan hadits tersebut. Sedangkan Syiah hanya percaya sebagian saja dengan alasan sebagian yang lain rawinya lemah (dhaif).

Keempat, Ahlussunnah Wal Jamaah sangat menghormati seluruh Sahabat Nabi sebagai umat terbaik, sedangkan kaum Syiah mengkafirkan sebagian besar para Sahabat utama Rasulullah seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Aisyah binti Abu Bakar dan Sahabat Muhajir dan Anshar, dan ulama salaf termasuk keempat madzhab.

Baca detail: Ahlussunnah Wal Jamaah dan Syiah Islam


Mazhab Syafi’i

Dalam berfikih, Pondok Pesantren Al-Khoirot menganut fikih mazhab Syafi’i baik dari pengamalan maupun dalam segi kitab-kitab kuning yang dikaji. Kitab-kitab mazhab Syafi’i seperti Al-Umm, Al-Muhadzab, Fathul Wahab, dan Iqna’ adalah sebagian kitab fikih yang dikaji secara rutin. Untuk santri senior program Ma’had Aly juga dikaji perbandingan madzhab.


Fikrah Asy’ariyah

Dalam segi fikrah akidah tauhidiyah, Pondok Pesantren Al-Khoirot mengikuti mazhab fikrah dari Asy’ariyah. Fikrah Asy’ariyah dapat dibedakan dengan fikrah Mu’tazilah, Jabariyah, atau Salafi Wahabi. Aliran terakhir cukup banyak mempengaruhi kalangan sarjana lulusan universitas negeri Arab Saudi.


Afiliasi Kultural: NU (Nahdlatul Ulama)

Secara organisatoris, Pondok Pesantren Al-Khoirot sebagai lembaga maupun individu pengasuh dan pengurus yang ada di dalamnya, tidak terikat secara langsung dengan organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU). Tidak ada satupun dari pengasuh, pengurus dan santri PPA yang menjadi pengurus atau anggota NU maupun organisasi sayap NU seperti GP Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat NU, PMII, IPNU dan IPPNU. Namun demikian, PPA menyebut dirinya sebagai penganut NU kultural yang mengikut prinsip NU dalam bersikap dan beramal yakni: Menjaga nilai lama yang baik dan mengambil baru yang lebih baik (المحافظة علي القديم الصالح والأخذ علي الجديد الأصلح).


Perspektif Keagamaan: Moderat

Pondok Pesantren Al-Khoirot menganut perspektif al-wasath (moderat) dalam ber-Islam. Perspektif moderat artinya sikap yang berada di tengah-tengah antara dua kutub yang ekstrim. Sikap al-wasath adalah sikap terbaik dan sesuai dengan syariah Islam sebagaimana disebut dalam QS Al-Baqarah 2:143.

Moderat dalam karakter berarti adil, dermawan, sederhana, sabar, jujur, tawadhuk (rendah hati).

Moderat dalam mengatasi permasalahan dan konflik berarti mengedepankan langkah persuasif dan menghindari kekerasan sebisa meungkin.

Moderat dalam pemahaman teks Al-Quran dan Sunnah berarti memahami setiap teks nash kedua sumber utama Islam tersebut secara koprehensif, dan imparsial.

Moderat dalam menyikapi aliran dalam Islam berarti tidak mudah mengkafirkan (takfir), tidak gampang membid’ahkan (tab’idh); tidak asal mensyirikkan (tashrik) golongan lain di luar dirinya. Pada waktu yang sama tetap bersikap kritis pada diri sendiri.


Afiliasi Politik

Sikap politik PPA adalah bebas aktif. Itu artinya, secara kelembagaan PPA tidak menentukan pilihan resmi partai apa atau siapa tokoh politik yang dipilih dalam suatu pemilihan umum. Begitu juga para Dewan Pengasuh yang menjadi representasi dari institusi tidak akan menyatakan secara terbuka pilihan politiknya. Namun demikian, PPA menganjurkan kepada setiap pemilih untuk menggunakan hak politiknya dalam menentukan siapa yang paling pantas menjadi pemimpin dan partai apa yang pantas diberi kesempatan.


SIKAP AL-KHOIROT ATAS KELOMPOK LAIN

Ponpes Al-Khoirot memiliki sikap moderat dalam menyikapi kelompok minoritas. Baik minoritas dalam internal Islam maupun di luar Islam. Hal ini merupakan sikap ideal dari Islam itu sendiri yang menyebut umat Islam sebagai umat yang moderat (al-wasath). Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:143 “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.”

Oleh karena itu, terhadap aliran dalam Islam yang perbuatannya tidak ada unsur yang menyebabkan mereka menjadi kafir, maka kami akan tetap mengakui keislaman mereka dengan catatan. Sedangkan bagi yang mengandung unsur kekufuran, kami kategorikan mereka ke dalam golongan non-muslim.

Sikap kami terhadap non-muslim adalah seperti yang tertuang dalam tiga ayat Al-Quran sebagai berikut: Yang pertama tersebut dalam QS Al-Kafirun :6 “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

Kedua, sebagaimana tersebut dalam QS Al-Mumtahanah :8 “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

Ketiga, QS Al-Mumtahanah :9 “Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

]]>
http://www.alkhoirot.com/manhaj-mazhab-dan-afiliasi-kultural/feed/ 0
Info Beasiswab 2014 http://www.alkhoirot.com/info-beasiswa/ http://www.alkhoirot.com/info-beasiswa/#comments Tue, 07 Oct 2014 06:06:20 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1273 Info Beasiswa
Beasiswa adalah dana bantuan belajar yang diberikan kepada pelajar sekolah TK / RI, SD / MI, SMP / MTS, SMA / SMK, MA, santri pesantren dan mahasiswa D2 D3 s1 S2 S3 agar mereka dapat menempuh dan melanjutkan studi di sekolah atau universitas tanpa harus memikirkan biaya dan bisa lebih fokus untuk belajar dan meningkatkan prestasi. Info beasiswa ini bersifat tidak resmi, silahkan kunjungi situs resmi dan kontak remsi yang kami berikan untuk yang berminat mengajukan permohonan beasiswa.

DAFTAR ISI

  1. PENGERTIAN DAN JENIS BEASISWA
  2. CARA MENGAJUKAN BEASISWA
  3. BEASISWA UMUM
  4. BEASSIWA PEMERINTAH INDONESIA
  5. BEASISWA SEKOLAH: SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA
  6. BEASISWA KULIAH: S1, S2 DAN S3
  7. BEASISWA SANTRI
  8. BEASISWA LUAR NEGERI


PENGERTIAN DAN JENIS BEASISWA

Dari segi cakupan pembiayaan, beasiswa dapat dibagi menjadi dua yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Beasiswa parsial adalah bantuan dana yang hanya menutupi biaya studi saja tidak mencakup biaya akomodasi dan uang saku. Sedangkan beasiswa penuh adalah dana bantuan studi yang menutupi seluruh kebutuhan seorang pelajar dan mahasiswa selama menempuh pendidikan mulai dari biaya sekolah, biaya kos, biaya makan dan minum, dan lain-lain.

Dari segi waktu, baik beasiswa parsial atau beasiswa penuh ada dua tipe yakni beasiswa sampai selesai studi, dan beasiswa persemester yang dapat diperpanjang apabila masih memenuhi syarat.

Dari segi penyandang dana, sumber pendanaan bisa berasal dari negara atau swasta. Pihak swasta yang memberikan beasiswa umumnya adalah perusahaan besar sebagai bagian dari kebijakan CSR atau Corporate Social Responsibility. Sedangkan negara pemberi beasiswa tidak selalu negara Indonesia, tapi juga berbagai negara luar seperti Amerika, Inggris, Jerman, Australia, Jepang, Kanada, Prancis, Thailand, Malaysia, Brunei, Arab Saudi, Mesir, dan lain-lain. Umumnya pemberi beasiswa negara dalam program pertukaran pelajar dan budaya (students and cultural exchange).

Penyampaian dana beasiswa oleh pihak swasta atau negara pada pelajar, santri dan mahasiswa dilakukan dengan beberapa cara antara lain melalui sekolah dan perguruan tinggi, melalui institusi pemerintahan atau langsung pada pelajar yang bersangkutan.

Dari segi dasar pemberian beasiswa, bantuan finansial ini diberikan berdasarkan pada prestasi, ketidakmampuan finansial orang tua pelajar, berdasar agama, suku, atau jurusan tertentu.

Dari segi lokasi belajar, beasiswa dapat dibagi menjadi beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Umumnya beasiswa dalam negeri diberikan oleh pemerintah Indonesia melalaui berbagai institusi resmi atau perusahaan swasta yang berlokasi di dalam negeri. Sedangkan beasiswa luar negeri mayoritas dibiayai oleh pemerintah tempat perguruan tinggi itu berada. Misalnya, beasiswa Chevening untuk kuliah di Inggris dibiayai oleh pemerintah Inggris, beasiswa Monbukagakusho untuk kuliah di Jepang dibiayai oleh pemerintah Jepang.

Dari segi jenjang pendidikan, beaswa secara garis besar terbagi dalam dua kategori yaitu beasiswa sekolah dan beasiswa universitas atau perguruan tinggi. Beasiswa sekolah meliputi tingkat Taman Kanan-kanak (TK) atau Raudhatul Atfal (RA), Sekolah Dasar (SD) atau Madrasaah Ibdidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA). Sedangkan beasiswa jenjang perguruan tinggi meliputi tingkat Diploma, Sarjana Strata 1 (S1), dan program Pascasarjana meliputi Strata Dua (S2), Magister, MBA, dan program Doktoral atau Strata Tiga (S3).


CARA MENGAJUKAN BEASISWA

Setiap paket beasiswa memiliki sistem dan aturan tersendiri bagaimana cara mengajukan beasiswa. Tergantung dari pemberi beasiswa dan siapa lembaga yang diberi tugas untuk menangani rekrutmen lowongan beasiswa tersebut. Namun, secara umum setiap pelajar, santri atau mahasiswa yang hendak mengajukan beasiswa harus mempersiapkan hal-hal berikut:


Syarat-syarat Pengajuan Beasiswa :

– Tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain.
– Berkomitmen untuk menyelesaikan pendidikan.
– Berstatus pelajar SD/ SMP/ SMA (atau sederajat) dengan prestasi akademis yang memuaskan atau dengan rata-rata nilai 8.(tergantung permintaan)
– Berasal dari keluarga yang membutuhkan atau memiliki kesulitan keuangan.
– Memiliki akhlak dan perilaku yang baik.


Dokumen yang harus dipersiapkan dan dilengkapi:

– Surat pernyataan dari sekolah bahwa yang bersangkutan masih aktif belajar
– Surat pernyataan dari sekolah bahwa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain
– Foto berwarna 3 x 4 dua lembar
– Mengisi formulir aplikasi, baik dalam bahasa Indonesia atau Inggris
– Fotokopi tanda pengenal (KTP/Kartu pelajar)
– Fotokopi kartu keluarga
– Rapor atau transkrip nilai dari semester pertama hingga sekarang
– Surat keterangan tidak mampu dari pejabat setempat
Penting: Syarat-syarat di atas bisa bertambah atau berkurang tergantung dari format beasiswa. Intinya, baca baik-baik persyaratan yang diberikan oleh beasiswa yang sedang anda minati.


BEASISWA UMUM

Sebagian besar beasiswa berlaku untuk umum. Artinya, semua pelajar dan mahasiswa dapat mengajukan permohonan beasiswa terlepas dari latar belakang institusi pendidikan, agama, dan suku. Baik santri atau non-santri. Umumnya beasiswa umum ini berbasis prestasi. Artinya, siapa saja yang memiliki nilai indeks prestasi atau ranking tertentu di kelasnya akan dapat mengajukan permohonan beasiswa ini. Semua pelajar, mahasiswa dan santri dapat mengajukan beasiswa umum ini asalkan memenuhi persyaratan dasar dalam segi prestasi. Ada juga beasiswa umum yang berbasis pada agama, jurusan dan kondisi ekonomi tertentu sebagaimana disinggung di muka.


BEASSIWA PEMERINTAH INDONESIA

Pemerintah Indonesia mengalokasikan banyak beasiswa untuk para pelajar, santri dan mahasiswa melalui berbagai lembaga kementerian seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan lain-lain. Untuk pelajar sekolah ada beasiswa siswa miskin, untuk mahasiswa ada beasiswa bidik misi, beasiswa unggulan, beasiswa presiden, dan lain-lain.


BEASISWA SEKOLAH: SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA

- Beasiswa BSM (Bantuan Siswa Miskin)

Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi dengan besaran sebagai berikut:
– BSM SD & MI sebesar Rp 225.000 per semester atau Rp 450.000 per tahun.
– BSM SMP/MTs sebesar Rp 375.000 per semester atau Rp 750.000 per tahun
– BSM SMA/SMK/MA sebesar Rp 500.000 per semester atau Rp 1.000.000 per tahun.

Info lebih detail, lihat di sini.


BEASISWA KULIAH: S1, S2 DAN S3

- BEASISWA BIDIK MISI

Menurut situs resminya, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.

Bidikmisi merupakan beasiswa paling diminati karena ia merupakan beasiswa penuh yang mencakup pembiayaan studi, biaya kos, dan uang saku. Artinya, bidikmisi menutupi seluruh biaya hidup selama menjadi mahasiswa sampai lulus jadi sarjana. Bidikmisi tersedia untuk program S1 dan S2.

Beasiswa bidikmisi untuk calon mahasiswa meliputi:

– Biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal (mandiri) pada salah satu perguruan tinggi.
– Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa)
– Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
– Subsidi biaya hidup sedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Syarat untuk mengajukan beasiswa bidikmisi, lihat di sini.

Kontak Resmi Bidikmisi:

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan
Email bidikmisi@kemdikbud.go.id
bidikmisi@dikti.go.id
Facebook fb.me/program.bidik.misi
Twitter twitter.com/bidikmisi


BEASISWA SANTRI

Beasiswa yang khusus untuk santri yang belajar di pesantren tidaklah banyak. Umumnya beasiswa itu berasal dari bantuan pemerintah daerah atau pusat atau universitas negeri. Yang dimaksud beasiswa santri pesantren ini menyangkut beasiswa sekolah, beasiswa santri yang belajar di madrasah diniyah. atau beasiswa untuk guru pengajar madrasah diniyah atau beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

PBSB adalah beasiswa pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag.

Syarat Mengajukan PBSB

– Pondok pesantren yang ingin mengusulkan santrinya untuk mengikuti seleksi wajib terdaftar di kantor kementerian agama kabupaten/kota setempat, dibuktikan dengan telah memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dan telah terdata di emispendis.kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

– calon peserta PBSB adalah santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada 2014 di Madrasah Alliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren.

– santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Bidang Keagamaan;

– santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2014 di MA/SMA/SMK yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Cara Registrasi

– Santri yang diajukan seleksi calon penerima beasiswa bias melakukan registrasi secara online melalui www.pondokpesantren.net/pbsb.

– Santri dapat mengunduh Formulir Registrasi dan Tanda Peserta setelah melakukan registrasi.

– Santri menyerahkan Formulir Registrasi dan Blanko Tanda Peserta yang telah diisi, dilengkapi sejumlah berkas yang disyaratkan.


BEASISWA LUAR NEGERI

Beasiswa luar negeri umumnya dibiayai oleh pemerintah negara terkait. Beasiswa Jepang, misalnya, dibiayai oleh pemerintah Jepang yang diberikan kepada peminat beasiswa melalui Kedutaan Besar (Embassy) di negara masing-masing. Beasiswa luar negeri meliputi program degree yakni S1 S2 S3 atau non-degree seperti pelatihan, diploma, kursus, dsb. Beasiswa luar negeri bersifat umum untuk siapa saja yang memiliki ijazah formal yang diakui oleh negara Indonesia seperti SMA, SMK, MA (Madrasah Aliyah), untuk santri dan non-santri. Beasiswa LN umumnya hanya ditujukan untuk calon mahasiswa S1 alias lulusan SLTA. Jadi, tidak beasiswa luar negeri untuk pelajar sekolah.

Berikut beasiswa luar negeri yang paling diminati oleh mahasiswa Indonesia:

BEASISWA AAS (Australia Awards Scholarships)

Beasiswa dari pemerintah Australia yang dulu bernama beasiswa ADS (Australia Development Scholarships) ini memberi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di berbagai jurusan di universitas Australia.

Beasiswa Australia terbagi menjadi dua kategori yaitu Beasiswa Sektor Publik dan Beasiswa Terbuka. Beasiswa Sektor Publik ditujukan bagi calon mahasiswa yang berasal dari organisasi pemerintah, universitas negeri dan perusahaan milik negara (BUMN).

Sedangkan Beasiswa Terbuka diperuntukkan bagi peminat yang berasal dari organisasi swasta, universitas swasta dan termasuk juga lulusan universitas. Untuk kategori ini tidak diperlukan persetujuan dari pemerintah. Aplikasi bisa langsung diajukan ke kantor Australia Awards

Beasiswa yang ditawarkan untuk seluruh program S1 S2 dan S3.

Info lebih detail, lihat di sini.

BEASISWA JEPANG MONBUKAGAKUSHO

Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada calon mahasiswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru. Jadi, beasiswa ini menawarkan program D2, D3, S1, S2, S3, dan pelatihan.

Dapatkan info detail dari situs resminya, klik di sini.

BEASISWA DAAD JERMAN

Beasiswa DAAD umumnya berupa beasiswa riset, fellowship, dan program doktoral (S3) walaupun tidak menutup kemungkinan memberi beasiswa untuk program S1. Berikut beberapa program yang ditawarkan DAAD untuk mahasiswa atau researcher Indonesia:

Public Policy and Good Governance (PPGG)
Development-Related Postgraduate Course (Epos)
International Study & Training Partnership (ISAP)
Research Grants for Doctoral Programs
Research Grants – Bi-nationally Supervised Doctoral Degrees
Indonesian-German Scholarship Program (IGSP)
Research Grants – One-Year Grants
Research Stays for University Academics and Scientists
Study Visits for Academics – Artists and Architects
Re-Invitation Program for Former Scholarship Holders
Study Scholarships for Foreign Graduates
Study Visits for Groups of Foreign Students
Sustainable Water Management (NaWam)
Hochschulsommerkurs-Stipendien für Fortgeschrittene Deutschlerner an indonesischen Hochschulen
International Climate Protection Fellowships

Kontak:

DAAD Jakarta Office
Summitmas II, 14th Floor,
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62
Jakarta 12190

Tel.: +62 (21) 520 08 70, 525 28 07
Fax: +62 (21) 525 28 22
E-mail: info@daadjkt.org

Facebook: DAAD Indonesia
Twitter: @DAAD_Indonesia

Info lebih detail, kunjungi situs resminya, klik di sini.

Beasiswa dari pemerintah Inggris ini bernama Chevening Scholarships. Beasiswa ini diberikan pada kalangan profesional yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan, pembuat keputusan dan pembentuk opini. Beasiswa ini tidak hanya menawarkan dukungan finansial untuk studi program Master (S20 di universitas ternama di Inggris, tetapi juga peluang untuk menjadi bagian dari jaringan global yang berpengaruh dan dihormati.

Berikut sejumlah program beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia:

Chevening Indonesia Scholarships
Chevening Indonesia/Prudential Life Assurance Scholarships
Chevening Indonesia/University of Warwick Scholarships
Chevening Central Partnership Awards

Pesyaratan dan info lebih detail lainnya, lihat di situs resminya, klik di sini.

BEASISWA PEMERINTAH PRANCIS BGF

Sebenarnya banyak beasiswa yang tersedia untuk belajar di Prancis. Untuk beasiswa yang berasal dari pemerintah Prancis namanya BGF.

Mahasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh dan status Penerima Beasiswa Pemerintah Prancis (BGF) termasuk manfaat yang dapat diperoleh dari status tersebut, yaitu visa bebas biaya, pembebasan biaya kuliah di salah satu universitas negeri untuk mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Prancis, fasilitas jaminan sosial. Sedangkan beasiswa dari pemerintah Indonesia mencakup biaya hidup dan tiket pesawat pulang-pergi.

Skema utama studi
Master :
-Master1 di Indonesia dan kursus bahasa Prancis
-Master 2 di Prancis.
Atau :
-Master 1 dan 2 di Prancis
Doktorat : skema pendidikan di Prancis dan di Indonesia ditentukan berdasarkan subjek disertasi dan para dosen pembimbing.

Lebih detail, klik di sini.

]]>
http://www.alkhoirot.com/info-beasiswa/feed/ 0
10 Alasan Mengapa Memilih Pesantren Al-Khoirot ? http://www.alkhoirot.com/mengapa-pesantren-al-khoirot-pilihan-terbaik/ http://www.alkhoirot.com/mengapa-pesantren-al-khoirot-pilihan-terbaik/#comments Sat, 23 Aug 2014 04:36:16 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1191 Pondok Pesantren Terbaik
10 Alasan mengapa Pondok Pesantren Al-Khoirot menjadi pilihan terbaik bagi generasi muda Islam yang ingin belajar ilmu agama secara mendalam dan memperbaiki akhlaknya di pesantren. Ponpes yang berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini menerapkan sistem salaf dan modern.

DAFTAR ISI

  1. KEMAMPUAN MEMBACA QURAN SECARA TARTI
  2. PENGAJIAN KITAB KUNING DIBIMBING LANGSUNG OLEH PENGASUH
  3. MADRASAH DINIYAH
  4. SEKOLAH FORMAL MTS DAN MA
  5. PEMISAHAN PUTRA PUTRI SECARA KETAT
  6. SISTEM SALAF DAN MODERN
  7. PROGRAM TAHFIDZ
  8. PROGRAM BAHASA ARAB
  9. BIAYA MURAH, MASUK MUDAH DAN FASILITAS MEMADAI
  10. PENDIDIKAN AKHLAK MULIA, HIDUP SEDERHANA DAN TOLERAN


1. KEMAMPUAN MEMBACA QURAN SECARA TARTIL

Mampu membaca Al-Quran dengan baik, benar dan tartil sesuai dengan makhraj dan tajwidnya yang meliputi panjang pendek bacaan, makharijul huruf Arab atau pronunciation, idgham, ikhfak, dan lain-lain adalah sangat penting. Oleh karena itu, pelatihan membaca Al-Quran dilakukan setiap hari setelah Maghrib yang dilakukan secara berkelompok dan setiap kelompok (halaqah) dibimbing oleh seorang ustadz yang terlatih.

Kemampuan membaca Al-Quran dengan tartil adalah kemampuan dasar yang utama yang harus dimiliki oleh semua santri. Tidak ada gunanya mampu berbicara bahasa Arab atau menguasai kitab kuning apabila kemampuan membaca Al-Quran tidak bisa dilakukan dengan baik dan benar. Karena membaca Al-Quran dengan tartil adalah perintah Allah (QS Al-Muzammil :4).

Ibnu GHazi menyatakan: Ulama sepakat (ijmak) bahwa membaca Al-Quran secara tartil dan sesuai tajwid adalah fardhu ain bagi setiap muslim. Sedangkan mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah.

Di samping itu, kewajiban utama seorang muslim setiap harinya adalah melaksanakan shalat yang di dalamnya terdapat kewajiban bacaan Al-Quran seperti Al-Fatihah dan surat-surat pendek lain. Oleh karena itu, santri harus mampu membaca Al-Quran dengan benar. Baik sebagai makmum maupun sebagai imam dalam shalat berjamaah.


2. PENGAJIAN KITAB KUNING DIBIMBING LANGSUNG OLEH PENGASUH

PENGAJIAN KITAB BERBAHASA ARAB BERBAGAI BIDANG STUDI MELIPUTI TAFSIR QURAN, HADITS, FIKIH, TASAWUF, AQIDAH, LUGHOH OLEH PENGASUH

Inilah salah satu ciri khas Ponpes Al-Khoirot yang tidak terdapat di pesantren lain terutama yang modern: yaitu para santri dibimbing langsung oleh Dewan Pengasuh untuk belajar kitab-kitab berbahasa Arab tingkat tinggi. Di sejumlah pesantren, terutama yang bersistem modern, pengasuh pesantren biasanya hanya berfungsi sebagai direktur atau manajer tanpa ikut membimbing santri secara langsung.

Setiap pagi setelah shalat Subuh, semua santri harus mengikuti pengajian kitab kuning yang dibimbing langsung oleh para pengasuh Ponpes Al-Khoirot. Kitab kuning yang dikaji meliputi:
(a) Al-Umm Imam Syafi’i, Tafsir Quran Jalalain, hadits Sahih Bukhari setiap hari Sabtu dan Rabu pagi.
(b) Al-Muhadzab Syairozi, Fathul Wahab Al-Anshari, Iqna’ setiap hari Minggu dan Kamis pagi.
(c) Aqidah dan tasawuf setiap hari Minggu sore.
(d) Fiqih Sirah dan Mantiq setiap hari Senin pagi.
(e) Syarah Ibnu Aqil (Ilmu Nahwu dan Sharaf) setiap hari Selasa pagi.

Dari setiap kitab di atas yang dikaji di Ponpes Al-Khoirot, kitab Al-Umm karya Imam Syafi’i merupakan kitab fikih madzhab Syafi’i yang hanya dikaji di PPA. Tidak ada pesantren salaf lain yang mengkaji kitab induk mazhab Syafi’i ini; apalagi pondok modern.


3. MADRASAH DINIYAH

Semua santri wajib mengikuti pendidikan madrasah diniyah yaitu sekolah yang hanya mengajarkan bidang studi ilmu agama saja meliputi Al-Quran, Hadits, fikih, ilmu tata bahasa Arab (Nahwu & Shorof), dan aqidah.

Madrasah Diniyah memiliki 8 (delapan) jenjang yaitu I’dad, Ula 1, Ula 2, Wustho 1, Wustho 2, Ulya 1, Ulya 2, dan Ma’had Aly.

Adapun waktu pelaksanaan madrasah diniyah adalah setelah shalat Isya sekitar pukul 19.30 sampai 21.00 untuk tingkat I’dad sampai Wustho. Sedangkan tingkat Ulya dilakukan setelah Ashar dan Ma’had Aly dilakukan setelah jam 21.00 WIB.

Dengan diwajibkannya setiap santri mengikuti madrasah diniyah (madin), maka santri akan memiliki bekal kemampuan ilmu agama yang cukup ketika keluar dari pesantren walaupun seandainya ia hanya 3 tahun berada di pesantren.


4. SEKOLAH FORMAL MTS DAN MA

Semua santri wajib mengikuti pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) kecuali bagi mereka yang berusia di atas 20 tahun atau sudah lulus SLTA. Pendidikan formal kami anggap penting karena ia menjadi prasyarat bagi setiap pelajar untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang formal yang lebih tinggi yakni Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2 dan S3). Di samping itu, pendidikan formal juga dapat menambah wawasan keilmuan dan berorganisasi. Formalitas saat ini sangat penting karena ia menjadi standar minimal atas kualitas seseorang.


5. PEMISAHAN PUTRA PUTRI SECARA KETAT

Salah satu tujuan utama PPA adalah mencetak santri berakhlak mulia. Standar minimal dari akhlak mulia adalah melaksanakan syariah Islam yang wajib dan halal dan menjauhi larangannya yang haram. Sebagai implementasi dari tujuan ini, hal pertama dan mendasar yang dilakukan adalah pemisahan (segregasi) santri putra dan putri secara ketat di segala lini aktifitas pendidikan. Baik itu pendidikan formal MTS & MA, pendidikan madrasah diniyah, pendidikan kajian kitab kuning, maupun dalam aktifitas harian yang lain.

Segregasi putra putri tidak hanya terbatas pada siswa peserta didik, tapi juga meliputi tenaga pengajar dan tenaga administrasi. Artinya, tenaga pengajar putra adalah laki-laki; sedang tenaga pengajar putri adalah perempuan. Begitu juga tenaga administrasi kantor putra dan putri diisi oleh karyawan sesuai dengan gender. Ini untuk memastikan bahwa santri, tenaga pengajar dan tenaga administrasi hanya fokus pada kegiatan dan pekerjaan masing-masing tanpa terganggu oleh hal-hal lain yang bisa terjadi dalam situasi di mana dua lawan jenis bukan mahram berkumpul dalam tempat dan lokasi yang sama dalam waktu yang lama.


6. SISTEM SALAF DAN MODERN

Menjalankan dua sistem yang berbeda antara sistem salaf dan modern sekaligus tidaklah mudah. Namun, dengan kerja keras dan kedisiplinan yang tinggi dari semua pihak (stake holder), sistem ini berjalan dengan efektif dan efisien. Santri Al-Khoirot tidak hanya mengikuti pendidikan formal, tapi juga dibekali dengan berbagai ilmu agama yang dipelajari di madrasah diniyah. Santri tidak hanya bisa membaca kitab kuning, tapi juga bisa secara aktif berbicara Bahasa Arab (bagi peserta Dauroh Arabi) dan hafal Al-Quran (bagi peserta program Tahfidz).


7. PROGRAM TAHFIDZ

Tahfidz atau menghafal Al-Quran adalah program khusus yang bersifat opsional atau pilihan. Peserta program ini tidak harus menghafal 30 juz. Ia, misalnya, bisa saja mengambil program juz 30 saja.

Saat ini, menghafal Al-Quran semakin mendapat momentum di Indonesia. Para hafidz dan hafidzoh cilik atau remaja sering tampil di TV dan dilombakan. Sejumlah universitas pun menawarkan beasiswa penuh bagi hafidz dan hafidzah. Di Malang, ada dua universitas yakni UIN Maliki Malang dan Universitas Negeri Malang atau UM yang menawarkan beasiswa penuh bagi penghafal Al-Quran. Ini semakin memotivasi generasi muda untuk menjadi hafidz dan hafidzoh.

Peserta tahfidz tidak dikenakan tambahan biaya. Baik biaya awal atau infak bulanan.


8. PROGRAM BAHASA ARAB

Program intensif Bahasa Arab adalah program opsional atau pilihan. Sama dengan program tahfidz. Jadi, santri boleh memilih untuk mengikuti program ini atau tidak. Bahkan, tidak semua peminat boleh mengikuti program ini. Akan ada seleksi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa peminat memiliki kemampuan dasar yang diperlukan dan keinginan kuat untuk mengikutinya.

Sebagaimana program tahfidz, tidak ada biaya tambahan untuk mengikuti program bahasa Arab ini.


9. BIAYA MURAH, MASUK MUDAH DAN FASILITAS MEMADAI

Ini keunggulan yang mungkin tidak mudah didapat di pesantren lain. Kalau di pesantren modern saja sudah cukup mahal, maka semestinya ponpes Al-Khoirot sebagai pesantren yang mengombinasikan sistem salaf dan modern akan jauh lebih mahal karena bianya banyaknya program membutuhkan semakin banyak tenaga pengajar dan biaya. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Dengan kegiatan yang padat dan kualitas belajar mengajar relatif memadai, serta pengembangan infrastruktur yang terus dibangun, PPA tetap berpijak pada tujuan awal dari berdirinya pesantren ini: bahwa Pondok Pesantren Al-Khoirot harus bisa diakses oleh semua kalangan tanpa memandang kemampuan dan latar belakang ekonomi.

Yang tak kalah pentingnya lagi adalah mudahnya untuk diterima di PPA. PPA dalam hal penerimaan santri menganut sistem salaf di mana semua santri yang ingin mondok akan langsung diterima tanpa diseleksi lebih dahulu. Kami berpandangan bahwa setiap calon santri yang ingin belajar di pesantren pasti memiliki niat baik untuk belajar agama, belajar akhlak dan menjalankan syariah, oleh karena itu kurang elok kalau niat yang baik itu tidak diakomodir. Dengan demikian, seluruh calon santri akan langsung diterima di PPA asal mereka bersedia untuk mengikuti aturan dan tata tertib PPA.

Namun demikian, kalau ada yang melanggar ketentuan yang ada, maka kami tidak segan-segan memberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku di PPA. Baca: Aturan dan Tata Tertib PPA


10. PENDIDIKAN AKHLAK MULIA, HIDUP SEDERHANA DAN TOLERAN

Inilah tujuan puncak dari pendidikan di PP Al-Khoirot yaitu pendidikan akhlak. Mencetak santri menjadi ilmuwan yang kompetitif di bidang ilmu agama dan umum adalah program jangka pendek. Sedangkan program jangka panjangnya adalah mencetak santri yang memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, jujur dan hidup sederhana.

Hidup sederhana hendaknya tidak diartikan hidup miskin. Hidup sederhana adalah gaya hidup yang tidak konsumtif, tidak hedonis dan tidak mengukur kesuksesan dari gaya hidup mewah. Orang yang menganut gaya hidup sederhana bisa saja seorang yang menjadi Top 100 tokoh terkaya dunia versi Majalah Forbes. Gaya hidup sederhana kami kampanyekan karena ia adalah induk dari berbagai macam kebaikan yang lain seperti jujur, ikhlas, peduli sesama, empati, dan altruisme.

Toleransi juga menjadi penekanan sebagai nilai yang harus dimiliki oleh para santri yang meliputi toleransi sosial dan agama.

Toleransi agama artinya menerima dan memahami adanya keragaman perbedaan dalam masalah furuiyah selagi dalam batas-batas yang dibolehkan agama untuk berbeda. Toleransi agama berarti tidak mudah menghakimi golongan atau kelompokkan lain sebagai kafir, syirik atau bid’ah. Dalam melihat kelompok lain, PPA selalu melihatnya dari kacamata persamaannya. Bukan perbedaannya. Yakni selagi mereka masih mengakui isi kalimah syahadat dan tidak menambahnya, maka mereka adalah muslim sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits.

Toleransi sosial artinya berlapang dada untuk hidup dalam perbedaan opini dan sikap dengan sesama karena perbedaan suku, tradisi, budaya, sosial dan latar belakang pendidikan.

Toleransi juga bisa berarti bahwa kami tidak setuju dengan tindakan kekerasan sebagai jalan untuk menyikapi perbedaan.

ARTIKEL TERKAIT

]]>
http://www.alkhoirot.com/mengapa-pesantren-al-khoirot-pilihan-terbaik/feed/ 0
Madrasah Diniyah Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/madrasah-diniyah-madin-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/madrasah-diniyah-madin-al-khoirot/#comments Sat, 26 Jul 2014 06:39:24 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1170 Madrasah Diniyah Al-khoirot

Madrasah Diniyah (Madin) Al-Khoirot adalah salah satu dari program unggulan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Madin ini didirikan pertama kali oleh Kyai Syuhud Zayyadi pada sekitar tahun 1969 dengan nama Madrasah Ibtidaiyah Annasyiatul Jadidah.

DAFTAR ISI

  1. PROFIL SINGKAT
  2. SEJARAH MADRASAH DINIYAH ANNASYIATUL JADIDAH AL-KHOIROT
  3. PENGERTIAN MADRASAH DINIYAH
  4. MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT)
  5. POLA PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH


PROFIL SINGKAT MADIN AL-KHOIROT

Nama: Madrasah Annasyiatul Jadidah Al-Khoirot
Nomor registrasi: 412350736655
Kategori lembaga: Madrasah Diniyah Awwaliyah
Tahun berdiri: 1964
Level pendidikan; I’dad, Ula, Wustho, Ulya, Ma’had Aly
Jenis siswa: Putra dan putri
Lokasi: Jalan Kyai Haji Syuhud Zayyadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 64174
Yayasan: Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang
Level tertinggi: Ma’had Aly
Kitab kajian Mahad Aly: Tafsir Ayat Ahkam Ash-Shobuni, Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, Ihya, Jam’ul Jawamik

Madrasah Diniyah Al-Khoirot

Piagam Pendirian Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Khoirot


SEJARAH MADRASAH DINIYAH ANNASYIATUL JADIDAH PONPE AL-KHOIROT

Madrasah Diniyah Annasyiatul Jadidah didirikan pada tahun 1964 oleh Kyai Haji Syuhud Zayyadi dengan nama lengkap Madrasah Ibtidaiyah Annasyiatul Jadidah Al-Khoirot. Madrasah Diniyah atau disingkat Madin adalah langkah modernisasi pendidikan pesantren salaf yang awalnya hanya memakai sistem Wetonan/Bandongan, dan Sorogan. Kedua sistem ini adalah sistem yang sangat tradisional di mana santri dan kyai langsung berinteraksi dalam satu tempat, biasanya di masjid, tanpa ada pemisahan berdasarkan kelas dan kemampuan dasar santri.

Dengan didirikannya sistem klasikal dalam lembaga yang disebut madrasah diniyah, maka sistem belajar mengajar bisa lebih efektif dan efisien di mana proses belajar mengajar dibagi berdasarkan kemampuan santri dan jumlah murid dibatasi di setiap kelasnya. Selain itu, evaluasi dan ujian pun diadakan secara berkala setiap kwartal (empat bulan) atau semester (enam bulan) sekali.

Dengan adanya madrasah diniyah, maka tugas mengajar tidak hanya dipikul oleh kyai, tapi sudah didelegasikan kepada para guru yang menjadi kepanjangan tangan dari pengasuh.


PENGERTIAN MADRASAH DINIYAH

Sejarah Islam di Indonesia memperlihatkan bahwa pendidikan keagamaan di sini tumbuh dan berkembang seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat Muslim. Selama kurun waktu yang panjang, pendidikan keagamaan Islam berjalan secara tradisi, berupa pengajian al-Qur’an dan pengajian kitab, dengan metode yang dikenalkan (terutama di Jawa) dengan nama sorogan, bandongan dan halaqah. Tempat belajar yang digunakan umumnya adalah ruang-ruang masjid atau tempat-tempat shalat “umum” yang dalam istilah setempat disebut: surau, dayah, meunasah, langgar, rangkang, atau mungkin nama lainnya.

Madrasah Diniyah Al-Khoirot

Perubahan kelembagaan paling penting terjadi setelah berkembangnya sistem klasikal, yang awalnya diperkenalkan oleh pemerintah kolonial melalui sekolah-sekolah umum yang didirikannya di berbagai wilayah Nusantara. Di Sumatera Barat pendidikan keagamaan klasikal itu dilaporkan dipelopori oleh Zainuddin Labai el-Junusi (1890-1924), yang pada tahun 1915 mendirikan sekolah agama sore yang diberi nama “Madrasah Diniyah” (Diniyah School, al-Madrasah al-Diniyah) (Noer 1991:49; Steenbrink 1986:44). Sistem klasikal seperti rintisan Zainuddin berkembang pula di wilayah Nusantara lainnya, terutama yang mayoritas penduduknya Muslim. Di kemudian hari lembaga-lembaga pendidikan keagamaan itulah yang menjadi cikal bakal dari madrasah-madrasah formal yang berada pada jalur sekolah sekarang. Meskipun sulit untuk memastikan kapan madrasah didirikan dan madrasah mana yang pertama kali berdiri, namun Departemen Agama (dahulu Kementerian Agama) mengakui bahwa setelah Indonesia merdeka sebagian besar sekolah agama berpola madrasah diniyahlah yang berkembang menjadi mad-rasah-madrasah formal (Asrohah 1999:193). Dengan perubahan tersebut berubah pula status kelembagaannya, dari jalur “luar sekolah” yang dikelola penuh oleh masyarakat menjadi “sekolah” di bawah pembinaan Departemen Agama.

Meskipun demikian tercatat masih banyak pula madrasah diniyah yang mempertahankan ciri khasnya yang semula, meskipun dengan status sebagai pendidikan keagamaan luar sekolah. Pada masa yang lebih kemudian, mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 1964, tumbuh pula madrasah-madrasah diniyah tipe baru, sebagai pendidikan tambahan berjenjang bagi murid-murid sekolah umum. Madrasah diniyah itu diatur mengikuti tingkat-tingkat pendi-dikan sekolah umum, yaitu Madrasah Diniyah Awwaliyah untuk murid Sekolah Dasar, Wustha untuk murid Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, dan ‘Ulya untuk murid Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Madrasah diniyah dalam hal itu dipandang sebagai lembaga pendidikan keagamaan klasikal jalur luar sekolah bagi murid-murid sekolah umum. Data EMIS (yang harus diperlakukan sebagai data sementara karena ketepatan-nya dapat dipersoalkan) mencatat jumlah madrasah diniyah di Indonesia pada tahun ajaran 2005/2006 seluruhnya 15.579 buah dengan jumlah murid 1.750.010 orang.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang ditindaklanjuti dengan disyahkannya PP No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan memang menjadi babak baru bagi dunia pendidikan agama dan keagamaan di Indonesia. Karena itu berarti negara telah menyadari keanekaragaman model dan bentuk pendidikan yang ada di bumi nusantara ini.


MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT)

Madrasah Diniyah Takmiliyah ialah suatu sutu pendidikan keagamaan Islam nonformal yang menyelenggarakan pendidikan Islam sebagai pelengkap bagi siswa pendidikan umum. Untuk tingkat dasar (diniah takmiliya awaliyah) dengan masa belajar 6 tahun.

Untuk menengah atas (diniah takmiliyah wustha) masa belajar tiga tahun, untuk menengah atas (diniyah ulya) masa belajar selama tiga tahun dengan jumlah jam belajar minimal 18 jam pelajaran dalam seminggu

Madrasah Diniyah (MD – MADIN) atau pada saat ini disebut Madrasah Diniyah Takmiliah (MDT) adalah lembaga pendidikan Islam yang dikenal sejak lama bersamaan dengan masa penyiaran Islam di Nusantara. Pengajaran dan pendidikan Islam timbul secara alamiah melalui proses akulturasi yang berjalan secara halus, perlahan sesuai kebutuhan masyarakat sekitar.


POLA PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH

Madrasah diniyah di Indonesia mempunyai banyak pola penyelenggaraan. Secara garis besar ada 5 (lima) pola, yaitu : Madrasah Diniyah Suplemen, Madrasah Diniyah Independen, Madrasah Diniyah komplementer, Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Sistem Paket. Namun demikian, tidak semua daerah Kabupaten atau Kota mempunyai madrasah dengans emua model penyelenggaraan sebagaimana di atas. Yang paling banyak berdiri di berbagai daerah adalah Madrasah Diniyah Suplemen dan Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren.

(1) Sebagian besar kurikulum madrasah diniyah mengacu pada kurikulum pondok pesantren afeliasi dan juga kurikulum Departemen Agama dengan melakukan modifikasi seperlunya. Modifikasi kurikulum ini dikaitkan dengan kondisi riil masyarakat dan perkembangan serta kebutuhan siswa; (2) Ada tiga masalah utama yang sekarang dihadapi madrasah diniyah, yaitu : kekurangan dana, tingkat ekonomo dan pendidikan orang tua siswa relatif rendah, dan adanya kecenderungan menjadi “anak tiri” di masyarakat. “Pusat kekuasaan” di madrasah diniyah berada pada Kepala Madrasah atau Khadimul Madrasah, bukan pada kyai. Meskipun hampir semua madrasah diniyah telah mempunyai struktur kepengurusan yang lengkap, bahkan dari struktur itu juga telah dijabarkan tugas masing-masing pengurus melalui job description secara jelas dan operasional, tetapi banyak dari pengurus yang kurang fungsional, sehingga seringkali persoalan madrasah lebih bertumpu pada khadimul madrasah; (3) Pada pengajaran secara klasikal, para guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan, sedang untuk pengajaran individual mengguanakn sorongan dalam bentuk hafalan.

Para guru dalam setiap memulai dan mengakhiri pembelajaran, selalu mengajak siswa untuk doa bersama , doa memulai pembelajaran dengan membaca surat Al-Fatihah dan doa mencari ilmu, sedang doa mengakhiri pembelajaran dengan membaca surat Al-Asyr dan Syi’iran. dan (4) Semua madrasah diniyah telah melaksanakan evaluasi pembelajaran, meskipun tidak setertib di sekolah / madrasah formal pada umumnya. Ini menunjukkan bahwa, para guru madrasah diniyah sadar akan pentingnya evaluasi pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan atau kompetensi yang telah ditentukan, walaupun dengan prestasi yang berbeda-beda antar masing-masing individu. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di madrasah diniyah dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga), yaitu : evaluasi mingguan, evaluasi semesteran dan evaluasi tahunan (Imtihan).

]]>
http://www.alkhoirot.com/madrasah-diniyah-madin-al-khoirot/feed/ 0
Beda Pondok Modern, Pesantren Salaf dan Ponpes Salafi http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/ http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/#comments Wed, 25 Jun 2014 03:13:18 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1112 pondok modern salaf

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) adalah kombinasi antara pondok modern dan pesantren salaf. Apa maksudnya? Secara sederhana definisi pesantren salaf adalah sebuah pesantren yang menganut sistem tradisional di mana di dalamnya hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama dan sama sekali tidak mengajarkan ilmu umum. Sedangkan pondok modern adalah pesantren yang di dalamnya menganut sistem pendidikan yang diadopsi dari sistem pendidikan modern dan materi yang dipelajari merupakan kombinasi antara ilmu agama dan ilmu umum. Ciri khas pondok modern adalah penekanannya pada kemampuan berbahasa asing secara lisan sedangkan keunikan pesantren salan adalah lebih menekankan pada kemampuan penguasaan kitab kuning. Contoh pesantren salaf yang murni adalah Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Sedangkan contoh pondok modern adalah Pondok Modern Gontor.

DAFTAR ISI

  1. PESANTREN SALAF
    1. Pengertian kata Salaf
    2. Kata Salaf dalam istilah Pesantren
    3. Metode Belajar Mengajar
    4. Ciri Khas Kultural dan Administratif
    5. Ciri Khas Kualitas Keilmuan
  2. PONDOK MODERN
    1. Metode Belajar Mengajar
    2. Ciri Khas Kultural dan Administratif
    3. Kualitas Keilmuan
  3. PESANTREN SALAFI WAHABI
    1. Akidah dan Ciri Khas Pesantren Salafi Wahabi
    2. Sistem dan Metode Pendidikan
    3. Daftar Pesantren Salafi Wahabi


PESANTREN SALAF

Pesanten Salaf adalah bentuk asli dari pesantren. Sejak pertama kali didirikan oleh Wali Songo, format pendidikan pesantren adalah bersistem salaf. Kata salaf berasal dari bahasa Arab السلف. Dari akar kata yang sama aAda beberapa makna dari kata ‘salaf’ yang berbeda-beda.


Pengertian kata Salaf

(a) Salaf dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلُفٌ) dan suluf (سُلُوفٌ) bermakna kulit yang belum disamak atau samaknya tidak dianggap sah. Salaf bisa juga berarti wadah yang besar.

(b) Salif (سَلِف) dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلافٌ) bermakna kulit; ipar; yang lalu; sedikit; perbandingan;

(c) Salaf (سَلَف) dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلافٌ), sallaf (سُلاَّفٌ), suluf ( سُلُف ) bermakna setiap pendahulu yakni ayah, kakek, nenek moyang dan kerabat dalam segi usia dan keutamaan.

(d) Salaf adalah setiap amal saleh yang dilakukan di masa lalu; atau apa yang telah lalu dari harga barang yang dijual. Dalam jual beli atau muamalah salaf berarti hutang yang tidak ada manfaatnya pada muqradh fih

(e) Salaf soleh adalah ayah, kakek, nenek moyang yang dihormati.
(f) Salaf kholaf adalah generasi masa kini dan masa lalu.
(g) Madzhab Salaf adalah madzhabnya kalangan ulama terdahulu.


Kata Salaf dalam istilah Pesantren

Kata salaf dalam pengeritan pesantren di Indonesia dapat dipahami dalam makna literal dan sekaligus terminologis khas Indonesia. Secara literal, kata salaf dalam istilah pesantren adalah kuno, klasik dan tradisional sebagai kebalikan dari pondok modern, kholaf.atau ashriyah.

Secara terminologi sosiologis, pesantren salaf adalah sebuah pesantren yang mengajarkan ilmu-ilmu agama saja kepada para santri.  Atau, kalau ada ilmu umum, maka itu diajarkan dalam porsi yang sangat sedikit. Umumnya, ilmu agama yang diajarkan meliputi Al-Quran, hadits, fikih, akidah, akhlak, sejarah Islam, faraidh (ilmu waris Islam), ilmu falak, ilmu hisab, dan lain-lain.  Semua materi pelajaran yang dikaji memakai buku berbahasa Arab yang umum disebut dengan kitab kuning, kitab gundul, kitab klasik atau kitab turots.


Metode Belajar Mengajar

Metode belajar mengajar di pesantren salaf terbagi menjadi dua yaitu metode sorogan wetonan dan metode klasikal. Metode sorogan adalah sistem belajar mengajar di mana santri membaca kitab yang dikaji di depan ustadz atau kyai. Sedangkan sistem weton adalah kyai membaca kitab yang dikaji sedang santri menyimak, mendengarkan dan memberi makna pada kitab tersebut. Metode sorogan dan wethonan merupakan metode klasik dan paling tradisional yang ada sejak pertama kali lembaga pesantren didirikan dan masih tetap eksis dan dipakai sampai saat ini.

Adapun metode klasikal adalah metode sistem kelas yang tidak berbeda dengan sistem modern. Hanya saja bidang studi yang diajarkan mayoritas adalah keilmuan agama.


Ciri Khas Kultural  dan Administratif

Ciri khas kultural yang terdapat dalam pesantren salaf yang tidak terdapat dalam pondok modern antara lain:

      • Santri lebih hormat dan santun kepada kyai, guru dan seniornya.
      • Santri senior tidak melakukan tindak kekerasan pada yuniornya. Hukuman atau sanksi yang dilakukan biasanya bersifat non-fisikal seperti dihukum mengaji atau menyapu atau mengepel, dll.
      • Dalam keseharian memakai sarung.
      • Berafiliasi kultural ke Nahdlatul Ulama (NU) dengan ciri khas  seperti fikih bermadzhab Syafi’i, akidah tauhid Asy’ariyah Maturidiyah, tarawih 20 rakaat plus 3 rokaat witir pada bulan Ramadan, baca qunut pada shalat Subuh, membaca tahlil pada tiap malam Jum’at, peringatan Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj.
      • Sistem penerimaan tanpa seleksi. Setiap santri yang masuk langsung diterima. Sedangkan penempatan kelas sesuai dengan kemampuan dasar ilmu agama yang dimiliki sebelumnya.
      • Biaya masuk pesantren salaf umumnya jauh lebih murah dan itdak ada daftar ulang setiap tahunnya.
      • Infrastruktur lebih sederhana.


Ciri Khas Kualitas Keilmuan

Santri pesantren salaf memiliki kualitas keilmuan yang berbeda dengan santri pondok modern antara lain sebagai berikut:

      • Menguasai kitab kuning atau literatur klasik Islam dalam bahasa Arab dalam berbagai disiplin ilmu agama.
      • Menguasai ilmu gramatika bahasa Arab atau Nahwu, Sharaf, balaghah (maany, bayan, badi’), dan mantiq secara mendalam karena ilmu-ilmu tersebut dipelajari serius dan menempati porsi cukup besar dalam kurikulum pesantren salaf di samping fikih madzhab Syafi’i.
      • Dalam memahami kitab bahasa Arab santri salaf memakai sistem makna gandul dan makna terjemahan bebas sekaligus.


PONDOK MODERN

Pondok modern adalah anti-tesa dari pesantren salaf. Sistem ini dipopulerkan pertama kali oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang kemudian diduplikasi di pesantren lain yang memakai label modern. Pondok Modern disebut juga dengan pesantren kholaf (modern) sebagai akronim dari salaf atau ashriyah.


Metode Belajar Mengajar

      • Umumnya memakai ssitem klasikal.
      • Ilmu umum dan agama sama-sama dipelajari.
      • Penekanan pada bahasa asing Arab dan Inggris percakapan.
      • Penguasaan kitab kuning kurang.
      • Sebagian memakai kurikulum sendiri  seperti Gontor. Sedangkan sebagian yang lain memakai kurikulum pemerintah.


Ciri Khas Kultural dan Administratif

      • Lebih disiplin dan lebih agresif.
      • Mirip dengan sistem militer, santri senior mendominasi. Kekerasan menjadi budaya dalam memberi sanksi pada santri yunior.
      • Sopan santun agak kurang.
      • Pendaftaran dengan sistem seleksi sehingga tidak semua calon santri diterima.
      • Biaya masuk umumnya lebih tinggi dari pesantren salaf.
      • Ada daftar ulang setiap tahun layaknya sistem administrasi di sekolah.


Kualitas Keilmuan

      • Pintar berbahasa Arab percakapan tapi kurang dalam kemampuan kitab kuning.
      • Kemampuan membaca kitab gundul kurang.
      • Kemampuan dalam ilmu fikih kurang.


PESANTREN SALAFI WAHABI

Ciri khas yang paling mudah diketahui dari ponpes Wahabi adalah: tidak ada qunut saat shalat subuh dan tidak ada tahlilan pada malam Jumat.

Istilah Salafi ada dua macam. Pertama, Salafi sebagai sinonim dari salaf atau salafiyah. Sebagian pesantren NU juga memakai istilah Salafi.  Kedua, salafi sebagai gerakan yang dikampanyekan oleh kelompok Islam radikal yang bernama gerakan Wahabi. Pesantren Salafi dengan makna kedua ini berbeda jauh dengan pesantren salaf (tanpa ‘i’) atau salafiyah. Keduanya berbeda jauh bagaikan langit dan bumi. Pesantren Wahabi Salafi adalah pesantren yang akidahnya menganut idelogi Wahabi Arab Saudi atau Yaman yang radikal. Akan tetapi mereka lebih suka menyebut dirinya dengan Pesantren Salafi, bukan Pesantren Wahabi. Atau, Salafi Wahabi. Itulah sebabnya banyak kalangan muslim NU (Nahdlatul Ulama) yang merasa tertipu ketika masuk ponpes Wahabi Salafi yang dikira berfaham salaf atau salafiyah tapi ternyata berfaham Wahabi.

Kalau pesantren salaf lebih terkait dengan metode pendidikan yang berada di sebuah pesantren, sedangkan Pesantren Salafi lebih bermakna sebuah pesantren yang berideologi Wahabi atau Wahabi Salafi.


Akidah dan Ciri Khas Pesantren Salafi Wahabi

Akidah pesantren Salafi Wahabi sama dengan akidah gerakan Wahabi itu sendiri yang ciri khasnya sebagai berikut:

      • Doktrin tauhid sebagaimana yang diajarkan oleh Muhammad bin Abdul Wahab, pendiri Wahabi yang mengambil inspirasi dari Ibnu Taimiyah.
      • Dalam bidang fikih merujuk pada madzhab Hanbali. Yang salah satu ciri khasnya yang menonjol adalah tidak ada qunut waktu shalat subuh, dan tidak najisnya kotoran hewan.
      • Dalam persoalan hukum baru, mereka merujuk pada pandangan ulama fikih kontemporer mereka yaitu Abdullah bin Baz dan Ibnu Uthaimin.
      • Menyebarkan ajaran kemurnian Islam seperti era Salafus Sholeh dan mengeritik keras praktik umat Islam yang dianggap tidak murni dengan label bid’ah, syirik, kufur.
      • Praktik yang dianggap bid’ah dan syirik oleh Wahabi antara lain tahlil, ziyarah kubur, peringatan Maulid Nabi, peringatan Isra’ Mi’raj, peringatan 1 Muharam.
      • Menolak kritik dari luar dan menyebut pengeritiknya sebagai Syiah Rafidhah atau konspirasi Zionisme Yahudi atau Freemason.
      • Ada dua tipe Salafi Wahabi yaitu Wahabi Arab Saudi dan Wahabi Yaman.
      • Wahabi Arab Saudi cenderung pro pemerintah yang berkuasa sedang Wahabi Yaman cenderung anti-pemerintah dan lebih radikal. Kelompok teroris banyak berasal dari didikan Salafi Yaman ini di bawah pimpinan Muqbil Al-Wadi’iy.


Sistem dan Metode Pendidikan

Sistem pendidikan yang dianut pada pesantren Salafi umumnya sistem modern dalam arti memberlakukan pendidikan formal dari TK sampai  perguruan tinggi. Walaupun ada juga program Tahfidz Al-Quran di sebagian pesantren salafi seperti Al-Bukhori Solo.


Daftar Pesantren Salafi Wahabi

Berikut beberapa Pesantren Wahabi. Silahkan tambahkan daftar ini di kotak komentar apabila terdapat ponpes Salafi di tempat Anda.

1. Ma’had Imam Buhori Solo
2. Ma’had Al-Ukhuwah Sukoharjo
3. Ma’had Ibnu Abas Sragen
4. PONPES Islam Al-Irsyad Semarang
5. Ma’had Al-Furqon Gresik
6. Ma’had Ali Bin Abi Thalib Surabaya
7. Sekolah Dirosah Islamiyah Sumbersari
8. Ma’had Al-Qudwah Kediri
9. Ma’had Abu Huroiroh Mataram
10. Ma’had Al-Furqon Pekanbaru
11. PONPES Salman Al-Farisi Kediri
12. Ma’had Imam Syafi’i Banyuwangi
13. Ma’had Minhajul Sunnah Bogor
14. Yatim Ibnu Taimiyah Bogor
15. Ma’had Hidayatunnajah Bekasi
16. Ma’had Ibnu Hajar Jakarta Timur
17. Ma’had Madinatul Qur’an Bogor
18. Ma’had Ummahatul Mu’minin Jakarta Pusat
19. Ma’had Riyadusholihin Pandeglang
20. Ma’had Al-Ma’tuq Sukabumi
21. Ma’had Rahmatika Al-Atsary Subang
22. Ma’had Assunah Cirebon
23. PONPES Annajiyah Bandung
24. Ma’had Assunnah Tasikmalaya
25. Ma’had Ali Imam Syafi’i Cilacap
26. Islamic Center Ibnu Bin Baz Yogyakarta
27. Ma’had Jamilurrohman Yogyakarta
28. Pesantren Al I’tishom, Karawang, Jawa Barat
29. Mahad Ali Al’irsyad, Surabaya , Jawa Timur.
30. Pondok Pesantren Al Ukhuwah, Sukoharjo, Jawa Tengah
31. Pesantren Imam Syafii, Cilacap, Jawa Tengah
32. Yayasan Mutiara Islam, Bogor , Jawa Barat
33. Yayasan Qolbun Salim, Malang , Jawa Timur
34. Yayasan Al Sofwa, Jakarta
35. Mahad Ibnu Abbas As Salafi, Solo, Jawa Tengah
36. Ar-Rahmah, Malang.

]]>
http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/feed/ 8
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/madrasah-tsanawiyah-mts-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/madrasah-tsanawiyah-mts-al-khoirot/#comments Sat, 10 May 2014 21:26:09 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1040 Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Khoirot

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot Malang adalah sebuah lembaga pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) sejajar dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama)  yang didirikan pada 15 Julii 2009 di desa Karangsuko, Pagelaran (dulu, Gondanglegi), kabupaten Malang, Jawa Timur.  MTS Al-Khoirot Malang mengikuti kurikulum pemerintah c.q. Kementerian Agama dan ijazahnya diakui sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) baik Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Madrasah Aliyah (MA). Sekolah negeri maupun swasta.  Secara kelembagaan, MTS Al-Khoirot berada di bawah yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang yang juga membawahi Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot. MTS Al-Khoirot menerima siswa dan siswi lulusan Ssekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)  negeri dan swasta dengan kewajiban memenuhi sejumlah ketentuan yang berlaku. Salah satu syarat terpenting adalah siswa atau siswi MTS Al-Khoirot harus bersedia untuk tinggal di Pondok Pesantren Al-Khoirot dan mengikuti seluruh kegiatan pesantren termasuk yang utama mengikuti program Madrasah Diniyah Al-Khoirot

DAFTAR ISI

  1. Sejarah Berdirinya MTS Al-Khoirot
  2. Profil Singkat MTS Al-Khoirot
  3. Struktur Organisasi
  4. Sejarah Madrasah Tsanawiyah
  5. Beasiswa MTS Al-Khoirot
  6. Penerimaan Siswa Baru MTS Al-Khoirot


SEJARAH BERDIRINYA MTS AL-KHOIROT MALANG

Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Khoirot Malang berdiri bersamaan dengan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot Malang, yakni pada tanggal 15 Juli 2009. Yang saat launching pertama dihadiri oleh jajaran pejabat Kemenag kecamatan Pagelaran; para Kepala Sekolah SLTP & SLTA se-kecematan Pagelaran, Kepala Desa (Kades) dan pamong desa Karangsuko, para tokoh masyarakat dan Dewan Pimpinan Pusat Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot.


PROFIL SINGKAT MTS AL-KHOIROT

MTS Al-Khoirot Malang sejak berdirinya pada tahun 2009 telah mengalami dua kali pergantian kepala sekolak (Kasek). Kasek pertama adalah Sayyid Muhammad Al-Baiti yang menjabat sejak 2009 sampai 2011. Kasek kedua adalah Bapak Eko yang menjabat sejak 2012 sampai sekarang (2014). Adapun struktur lengkap kepengurusan MTS Al-Khoirot adalah sebagai berikut:

Profil Singkat MTS Al-Khoirot

Nama sekolah: Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot atau MTS Al-Khoirot Malang
Tingkatan pendidikan: SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)
Ciri khas:

  • (a) Pemisahan siswa putra dan putri (lain gedung dan lain guru).
  • (b) semua siswa dan siswi ikut program madrasah diniyah secara terpisah;
  • (c) ikut pengajian Quran tartil;
  • (d) tinggal di asrama. Lebih detail: Mengapa MTS dan MA Al-Khoirot Pilihan terbaik

No. NSM: 1212-3507-0162
Status: Terdaftar dan dalam proses akreditasi
Tahun berdiri: 15 Juli 2009
Alamat: Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.
Telpon: 0341-879730
Email: mtsalkhoirot@gmail.com, dan mts@alkhoirot.com
Website: http://mts.alkhoirot.com

Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot


STRUKTUR ORGANISASI MTS AL-KHOIROT

Kepala sekolah: Eko Wahyudi, AMd
Koordinator MTS Putri: Chusnia Khoirotus Sa’adah, S.Pd.I
Waka kurikulum: Sayed Ubaidilah, SHi.
Waka kesiswaan: Syamsul Arifin
Waka Sarana Prasarana: Syamsul Huda
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler: Syamsul Arifin
Kepala Urusan Tata Usaha: Tomy Hermanto
Staf TU (Putri): Sholihah
Anggota statf TU (putri): Yayuk Yuliati dan Kholifatun Nisa’ Amul Jadidah
Bendahara: Sukron Fauzi
Bimbingan Konseling (BPBK): Chusnia Khoirotus Sa’adah, S.Pd.I
Staf bendahara (putri): Masluhatul Lailiyah

MTS AL-KHOIROT STRUKTUR ORGANISASI


SEJARAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI

Kementrian Agama mengeluarkan peraturan Menteri Agama Nomor 1 tahun 1952. Menurut ketentuan ini, yang dinamakan madrasah ialah tempat pendidikan yang telah diatur sebagai sekolah dan memuat pendidikan umum dan ilmu pengetahuan agama Islam menjadi pokok pengajaranya.

Menurut ketentuan tersebut, jenjang pendidikan dalam madrasah tersusun sebagai berikut:

a. Madrasah Ibtidaiyah 6 tahun
b. Madrasah Tsanawiyah 3 tahun
c. Madrasah Aliyah 3 tahun

Sedangkan langkah-langkah pemerintah khususnya Departemen Agama (DEPAG) dalam mengembangkan pendidikan keagamaan, terutama madrasah, antara lain : mengembangkan Madrasah Wajib Belajar (MWB), Penegrian Madrasah, SKB 3 Mentri, UUSPN dan Implikasinya, Pengembangan Madrasah Model dan MA keagamaan.

Penegrian Madrasah

Madrasah Tsanawiyah MTS Malang
Penegrian dilatar belakangi karena madrasah pada umumnya didirikan secara swadaya dan swadana. Sudah barang tentu tidak akan mampu memenuhi kebutuhan penyelenggara pendidikan modern, yang semakin menuntut relevansi tinggi terhadap dunia teknologi dan industri. Usaha penegerian madrasah (asalnya swasta) dimulai dengan adanya penetapan Menteri Agama RI Nomor 1 tahun 1959 tentang Pengasuhan dan Pemeliharaan Sekolah Rakyat Islam di provinsi Aceh. Kemudian dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 104 tahun 1962 menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). pada tahun 1962 terbuka kesempatan untuk menegrikan madrasah untuk semua tingkatan yaitu, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN). Dengan adanya kesempatan tersebut, maka jumlah keseluruhan madrasah negeri yaitu MIN 358 buah, MTsN 182 buah, dan MAAIN 42 buah.

Lahirnya SKB 3 Menteri

Upaya membenahi madrasah terus digulirkan, diantaranya SKB 3 Menteri yang memberikan banyak keuntungan bagi madrasah. Tahun 1975 pemerintah menggulirkan kebijakan berupa SKB (Surat Keputusan Bersama) 3 Menteri ; Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri dalam Negeri. Dengan SKB tersebut ditetapkan hal-hal berikut :

a. Ijasah madrasah dapat mempunyai nilai yang sama dengan ijasah sekolah umum yang setingkat.
b. Lulusan madrasah dapat melanjutkan ke sekolah umum setingkat lebih atas
c. Siswa madrasah dapat berpindah ke sekolah umum yang setingkat.

UUSPN dan Penciptaan Suasana Religius

Kebijakan paling akhir yang bersifat umum, tetapi juga langsung berpengaruh terhadap madrasah adalah ditetapkanya UU Nomor 2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional. UU itu mengamanatkan bahwa otoritas penyelewnggara lembaga-lembaga pendidikan, termasuk di dalamnya lembaga-lembaga pendidikan islam ada pada Kemendiknas, sedangkan Kemenag hanya memiliki otoritas terhadap pendidikan keagamaan, seperti Madrasah Diniyah. Praktis dengan di keluarkanya UUSPN beserta peraturan-peraturan pemerintah yang menyertainya, berarti madrasah menjadi sekolah umum.


BEASISWA MTS AL-KHOIROT

Beasiswa MTS SMP Siswa dan siswi MTS Al-Khoirot Malang yang masuk dalam kategori tidak mampu akan diajukan untuk menerima program beasiswa dari pemerintah yang bernama Bantuan Siswa Miskin (BSM). Dengan beasiswa ini, maka siswa akan mendapat bantuan dana untuk biaya pendidikan mereka. Besaran nilai beasiswa BSM SMP & MTs sebesar Rp. 550.000 per tahun.

Program BSM adalah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran program sekolah.

Melalui Program BSM ini diharapkan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin dapat terus bersekolah, tidak putus sekolah, dan di masa depan diharapkan mereka dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orangtuanya. Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di Kabupaten/Kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan beasiswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi (beasiswa)mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

BSM terdiri dari 2 macam, yaitu BSM yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan BSM yang diatur oleh Kementerian Agama.BSM yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Beasiswa Bakat dan Prestasi, sementara BSM yang dikelola oleh Kementerian Agama disebut sebagai Bantuan Beasiswa Siswa Miskin (disatukan pengelolaannya antara bantuan dengan beasiswa).


Penerimaan Siswa Baru MTs Al-Khoirot Malang

Persyaratan Pendaftaran

Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot menerima pendaftaran siswa baru dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Menyerahkan foto copy ijazah MI/SD/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli.
3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar.
5. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 20.000,-.
6. Mengikuti tes seleksi dengan ujian meliputi :
a. Kemampuan Dasar Keagamaan (BTQ/Baca Tulis al-Qur’an dan pengetahuan umum keislaman)
b. Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
c. Pengetahuan Umum.

Waktu dan Tempat Pendaftaran

1. Pendaftaran dibuka mulai April s/d Juli setiap hari kerja.
2. Pelayanan pendaftaran pada jam kerja
a. Pagi 07.30 – 12.30
b. Siang 14.00 – 16.30
3. Tempat pendaftaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Telpon: (0341) 879730.

Sarana Penunjang Pembelajaran

Lab. Computer
Perpustakaan
Sarana Olah Raga
( Lapangan Sepak Bola, Tenis Meja dll)

ARTIKEL TERKAIT

]]>
http://www.alkhoirot.com/madrasah-tsanawiyah-mts-al-khoirot/feed/ 4
Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/madrasah-aliyah-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/madrasah-aliyah-al-khoirot/#comments Thu, 24 Apr 2014 21:39:46 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1019 Madrasah Aliyah Al-khoirot

Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot Malang adalah sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)  yang secara juridis formal sejajar dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Karena, kurikulum seluruh madrasah aliyah di seluruh Indonesia mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud / Kemendiknas).

Oleh karena itu lembaga pendidikan yang biasa dikenal dengan MA Al-Khoirot Malang ini mengikuti Ujian Nasional (Unas, UN) bagi siswa kelas tiga atau tingkat akhir. Dengan demikian, maka lulusan MA Al-Khoirot Malang dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi manapun baik negeri maupun swasta dan dapat memilih jurusan apapun yang dikehendaki. Baik jurusan sains (IPA), jusuran sosial, maupun jurusan agama. Lulusan MA Al-Khoriot Malang juga dapat melanjutkan ke luar negeri seperti Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Yaman, Tunisia, Al-Jazair, Maroko, dll), Eropa, Amerika, China, Asia Timur (Jepang, Korea, Hongkong), Asia Tenggara (Singapore, Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei, dll),  Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh), dan lain-lain.

DAFTAR ISI


SEJARAH MA AL-KHOIROT MALANG

madrasah aliyah al-khoirotMadrasah Aliyah Al-Khoirot Malang berdiri pada bulan 15 Juli 2009. Pada tahun awal berdirinya, sekolah ini hanya diperuntukkan untuk siswa laki-laki. Baru pada tahun 2010, madrasah aliyah untuk siswa perempuan didirikan.

Siswa MA putra dan MA putri dibedakan penyebutannya karena memang mereka berlokasi di tempat dan gedung yang berbeda. Siswa putra ditempatkan di gedung yang dibangun khusus untuk siswa putra, sedangkan siswa madrasah aliyah putri berada di lokasi yang khusus dibangun untuk siswa Aliyah putri.

Itulah sebabnya mengapa tahun berdirinya MA Putra dan MA Putri berbeda. Karena pada tahun 2009 kami masih sedang dalam proses mempersiapkan infrastuktur gedung sekolah untuk madrasah aliyah putri yang alhamdulillah dapat dirampungkan pembangunannya menjelang akan dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Mei tahun 2010.

Dengan demikian, maka sejak tahun 2010 Pondok Pesantren Al-Khoirot telah membuka Madrasah Aliyah untuk tidak hanya untuk siswa laki-laki tapi juga untuk siswa perempuan.gedung putra ma al-khoirot malang

Dari uraian ringkas di atas, secara implisit dapat dipahami bahwa di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot (YPPA), segregasi atau pemisahan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan menjadi prinsip utama.

Asumsi itu benar dan faktual adanya. Karena, Pondok Pesantren Al-Khoirot ketika mendirikan Madrasah Aliyah tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda yang belajar di MA Al-Khoirot. Tapi jauh lebih dari itu. YPPA memiliki visi mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlakul karimah yang beberapa poin terpentingnya adalah: taat syariah, pekerja keras, hidup sederhana dan peduli sesama.

Sebagai implementasi menuju ke arah visi ideal tersebut, maka diberlakukanlah sejumlah kebijakan sebagai berikut:

  1. Setiap siswa dan siswi harus terdafatar sebagai santri Pondok Pesantren Al-Khoirot. Dengan kata lain, Madrasah Aliyah Al-Khoirot tidak menerima siswa atau siswi yang berangkat dari rumah atau kos di luar. Walaupun rumahnya berada di lokasi yang sangat dekat dengan pesantren.
  2. Setiap siswa dan siswi MA harus mengikuti seluruh kegiatan harian pesantren yang meliputi: (a) Menjadi siswa di Madrasah Diniyah sesuai dengan kemampuan masing-masing; (b) mengikuti pengajian kitab kuning setiap pagi; (c) mengikuti pengajian Quran tartil setiap selesai shalat Maghrib; (d) dan mengikuti program ekstra kurikuler yang diadakan pesantren.
  3. Program mentoring. Yakni, setiap siswa dan santri berada di bawah bimbingan, panduan dan pengawasan ustadz di mana setiap 10 santri akan dibimbing oleh 1 orang ustadz. Dan mereka akan bertemu minimal seminggu sekali untuk diberi bmbingan masalah etika dan perilaku.
  4. Siswa MA juga dianjurkan mengikuti program Bahasa Arab dan Tahfidz (menghafal) Al-Quran. Walaupun program ini tidak wajib.
  5. Siswa MA di larang membawa hanphone (HP) dengan tujuan agar tetap fokus dalam proses belajar baik di sekolah maupun aktivitas pesantren.


SEJARAH MADRASAH ALIYAH

Madrasah Aliyah sebagai sekolah lanjutan tingkat atas memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sebagaimana sekolah SMA dan SMK yang bukan asli buatan Indonesia, demikian juga madrasah aliyah. Sebutan madrasah itu sendiri sudah menunjukkan bahwa lembaga ini berasal dari Timur Tengah yang berkembang sekitar abad ke – 10 dan 11.

MA Al-Khoirot PutriKehadiran madrasah di Indonesia menunjukkan fenomena modern dalam sistem pendidikan Islam Indonesia. Tim Penyusun Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia dari Dirjen Binbaga Depag RI menetapkan madrasah pertama kali berdiri di Pulau Sumatera, madrasah tersebut adalah Madrasah Adabiyah (1909), yang dimotori oleh Syaikh Abdullah Ahmad. Kemudian pada tahun 1910 berdiri pula Madrasah Schoel di Batusangkar oleh Syaikh M.Taib Umar, lalu M.Mahmud Yunus pada 1918 mendirikan Diniyah Schoel sebagai lanjutan dari Madrasah Schoel. Setelah itu Syeikh Abdul Karim Amrullah mendirikan Madrasah Tawalib di Padang Panjang dan H.Abdul Somad mendirikan pula Madrasah Nurul Uman di Jambi.

Madrasah berkembang di Jawa mulai 1912. ada model madrasah pesantren NU dalam bentuk Madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Mualimin Wustha, dan Muallimin Ulya ( mulai 1919), ada madrasah yang mengaprosiasi sistem pendidikan belanda plus, seperti muhammadiyah ( 1912) yang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin, Mubalighin, dan Madrasah Diniyah. Ada juga model AL-Irsyad ( 1913) yang mendirikan Madrasah Tajhiziyah, Muallimin dan Tahassus, atau model Madrasah PUI di Jabar yang mengembangkan madrasah pertanian, itulah  sejarah singkat madrasah di indonesia.

madrasah aliyah

Di Indonesia, permulaan munculnya Madrasah baru sekitar abab 20, meski demikian latar belakang berdirinya madrasah tidak lepas dari dua faktor, yaitu semangat pembaharuan Islam yang berasal dari islam pusat(timur Tengah) dan merupakan respon pendidikan terhadap kebijakaan pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan serta mengembangkan sekolah. Hal ini juga diamini oleh M. Arsyad yang dikutip Khoirul Umam, munculnya madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dikarenakan kekhawatiran terhadap pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan sekolah-sekolah umum tanpa dimasukkan pelajaran dan pendidikan agama Islam. Pemerintah Kolonial menolak eksistensi pondok pesantren dalam sistem pendidikan yang hendak dikembangkan di Hindia Belanda. Kurikulum maupun metode pembelajaran keagamaan yang dikembangkan di pondok pesantren bagi pemerintah kolonial, tidak kompatibel dengan kebijakan politik etis dan modernisasi di Hindia Belanda. Di balik itu, pemerintah kolonial mencurigai peran penting pondok pesantren dalam mendorong gerakan-gerakan nasionalisme dan prokemerdekaan di Hindia Belanda.

Menyikapi kebijakan tersebut, tokoh-tokoh muslim di Indonesia akhirnya mendirikan dan mengembangkan madrasah di Indonesia didasarkan pada tiga kepentingan utama, yaitu: 1) penyesuaian dengan politik pendidikan pemerintah kolonial; 2) menjembatani perbedaan sistem pendidikan keagamaan dengan sistem pendidikan modern; 3) agenda modernisasi Islam itu sendiri.

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengantarkan pendidikan Islam ke dalam babak sejarah baru, yang antara lain ditandai dengan pengukuhan sistem pendidikan Islam sebagai pranata pendidikan nasional. Lembaga-lembaga pendidikan Islam kini memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang serta meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan pendidikan nasional. Di dalam Undang-Undang itu setiap kali disebutkan sekolah, misalnya pada jenjang pendidikan dasar yaitu sekolah dasar, selalu dikaitkan dengan madrasah ibtidaiyah, disebutkan sekolah menengah pertama dikaitkan dengan madrasah tsanawiyah, disebutkan sekolah menengah dikaitkan dengan madrasah aliyah, dan lembaga-lembaga pendidikan lain yang sederajat, begitu pula dengan lembaga pendidikan non formal.


PROFIL DAN STRUKTUR ORGANISASI MA Al-KHOIROT MALANG

MA Al-Khoirot Malang sejak berdirinya pada tahun 2009 telah mengalami tiga kali pergantian Kepala Sekolah (Kasek). Yang pertama adalah KH. Ja’far Shodiq, S.Ag yang menjabat sampai 2011. Kasek kedua adalah Mochamad Iqbal, MA, dari 2011 sampai 2013, dan Kasek ketiga adalah KH. Muhammad Humaidi, S.Hi, dari 2013 sampai sekarang (2014). Adapun struktur lengkap dan profil MA Al-Khoirot Malang adalah sebagai berikut:

Profil MA Al-Khoirot

Nama: Madrasah Aliyah Al-Khoirot atau MA Al-Khoirot Malang
No. NSM: 131235070047
NPSN: 20573277
No. Akreditasi: Kw.13.4/4/PP.00.6/12244/2010
Status: Terakreditasi B.
Tahun berdiri: 15 Juli 2009
Alamat: Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.
Telpon: 0341-879730
Email: aliyah.alkhoirot@gmail.com dan ma@alkhoirot.com
Webstie: http://ma.alkhoirot.com

Struktur Organisasi

Kepala sekolah: Muhammad Humaidi, S.Hi
Koordinator MTS Putri: Juwairiyah Arifin, SE
Waka kurikulum: Rokim, S.Pd.I.
Waka kesiswaan: Mochamad Khoiruman
Waka Sarana Prasarana: Nasiruddin
Bendahara: Imam Syahro Wardi
Staf Bendahara (Putri): Muyassaroh
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler: Shohibul Bahri
Kepala Urusan Tata Usaha: Kholilurrohman
Wakil KTU: Abd. Rohman
Kepala Pengelola Perpustakaan: Agus Jailani
Kepala Pengelola Lab. Kom.: Rokim, S.Pd.I
Bimbing Konseling: Gayuh Ridatus Sholihin, S.Pd

MA AL-KHOIROT STRUKTUR ORGANISASI


BEASISWA BSM MA AL-KHOIROT

Siswa dan Siswi MA Al-Khoirot Malang yang kurang mampu secara finansial akan mendapat beasiswa dari pemerintah dalam program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Nilainya sebesar Rp. 780.000 per tahun. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sudah diterima menjadi siswa/siswi MA Al-Khoirot.


BEASISWA LUAR NEGERI UNTUK LULUSAN MA

Lulusan Madrasah Aliyah (MA) bisa melanjutkan ke program sarjana S1 dengan gratis melalui program beasiswa Indonesian Leadership Awards (ILA) 2014.

Program beasiswa dari Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam ini diperuntukkan bagi lulusan Madrasah Aliyah tahun 2013 dan 2014. Mereka dapat memilih kampus luar negeri untuk melanjutkan studi S-1.

PERSYARATAN:

  1. Tidak boleh berusia lebih dari 21 tahun pada 1 Oktober 2014.
  2. Nilai minimal TOEFL IBT adalah 80 atau sertifikat TOEFL PBT dengan nilai minimal 550 atau IELTS 6,0.

BIDANG STUDI DAN UNIVERSITAS TUJUAN

Lulusan Program Fisika (A-1)

Lulusan Program Fisika (A-1)dapat memilih dua program studi dari beberapa pilihan berikut yaitu Teknik Sipil di Kyoto University, Teknik Mesin dan Aerospace di Tohoku University serta Sains dan Teknologi di Middle East Technical University, Istanbul University, dan Ankara University.

Lulusan Program Biologi (A-2)

Lulusan Program Biologi (A-2) dapat memilih untuk melanjutkan ke bidang studi berikut:  Kimia Material/Molekular di Tohoku University, Biologi Kelautan di Tohoku University serta Sains dan Teknologi di Middle East Technical University, Istanbul University, dan Ankara University.

Lulusan Program Sosial-Ekonomi (B)

Lulusan Program Sosial-Ekonomi (B) dapat melanjutkan studi dengan pilihan jurusan berikut:  studi ke Ritsumeikan Asia Pacific University. Di sini, mereka bisa memilih jurusan ilmu sosial dengan program studi International Relations & Peace Studies, Environment & Development dan Culture-Society and Media. Pilihan lainnya adalah Manajemen Internasional dengan program studi Accounting & Finance, Strategic Management & Organization serta Innovation & Economics.

Beasiswa yang ditanggung meliputi biaya hidup dan uang kuliah

Siswa dan siswa MA Al-Khoirot yang masuk kategori tidak mampu akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah di bawah program Beasiswa Siswa Miskin (BSM). Beasiswa ini akan diberikan bagi mereka yang sudah diterima sebagai siswa MA Al-Khoirot.

Penerimaan Siswa Baru MA Alkhoirot Malang

Persyaratan Pendaftaran

Pada tahun pelajaran 2011/2012, Madrasah Aliyah Al-Khoirot menerima pendaftaran siswa baru dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Menyerahkan foto copy ijazah MTs/SMP/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli.
3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar.
5. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 20.000,-.
6. Mengikuti tes seleksi dengan ujian meliputi :
a. Kemampuan Dasar Keagamaan (BTQ/Baca Tulis al-Qur’an dan pengetahuan umum keislaman)
b. Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
c. Pengetahuan Umum.

Waktu dan Tempat Pendaftaran

1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 April 2011 s/d 1 Juli 2011 setiap hari kerja.
2. Pelayanan pendaftaran pada jam kerja
a. Pagi 07.30 – 12.30
b. Siang 14.00 – 16.30
3. Tempat pendaftaran di Madrasah Aliyah Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Telpon: (0341) 879709 – 879730. HP: 081555702122

Program Studi
Program Keagamaan (PK)

Mata Pelajaran Pokok

Al-Qur’an Hadits
Tafsir dan Ilmu Tafsir
Ilmu Hadits
Akidah Akhlak
Fikih
Bahasa Arab
Sejarah Kebudayaan Islam

Sarana Penunjang Pembelajaran

Lab. Computer
Perpustakaan
Sarana Olah Raga
( Lapangan Sepak Bola, Tenis Meja dll)
____________________________

ARTIKEL TERKAIT

]]>
http://www.alkhoirot.com/madrasah-aliyah-al-khoirot/feed/ 0
Manfaat Sedekah dan Cara Infaq http://www.alkhoirot.com/rekening-bank-ponpes-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/rekening-bank-ponpes-al-khoirot/#comments Sat, 08 Mar 2014 18:19:02 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=315 Cara infak sedekah Pesantren Al-Khoirot

TUJUAN DAN KEUTAMAAN SEDEKAH

Sedekah atau infak adalah perilaku yang sangat terpuji yang dilakukan oleh seorang muslim yang ingin mendapatkan ridha Allah. Amal kebaikan yang juga biasa disebut dengan amal jariyah ini memiliki banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat sedekah atau berinfak berdasarkan dalil Al-Quran dan hadits sahih.

PENYUCIAN DIRI

Menginfakkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum atau sedekah bertujuan salah satunya untuk menyucikan diri sebagai salah satu cara untuk bertaubat. Allah berfirman dalam QS At-Taubah ayat 104 “Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang?”

Pada ayat sebelumnya yakni QS At-Taubah :103 Allah berfirman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

MEMADAMKAN MURKA ALLAH

Seperti dikutip dalam kitab Sahih at-Targhib Nabi bersabda:

إن صدقة السر تطفىء غضب الرب تبارك وتعالى

Artinya: Sedekah secara rahasia akan memadamkan murka Allah.

MENGHAPUS DOSA

Nabi bersabda dinukil dari kitab Sahih at-Targhib

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.

MENJADI PAYUNG PELINDUNG PANAS DI HARI KIAMAT

Dalam hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda

عقبة بن عامر قال: سمعت رسول الله يقول: { كل امرىء في ظل صدقته، حتى يقضى بين الناس }. قال يزيد: ( فكان أبو مرثد لا يخطئه يوم إلا تصدق فيه بشيء ولو كعكة أو بصلة )، قد ذكر النبي أن من السبعة الذين يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله: ** رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

Artinya: dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia. Yazid berkata: Abu Martsad tidak pernah melewati satu hari kecuali dengan bersedekah walaupun dengan satu kue. Nabi pernah menyebutkan bahwa tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya.

MENGOBATI PENYAKIT FISIK

Sedekah bukan hanya mengobati penyakit jiwa dan mental. Tapi juga penyakit yang diderita oleh badan manusia. Dalam Sahih Targhib Nabi bersabda [داووا مرضاكم بالصدقة]: “Obati orang sakit dengan sedekah”. Ibnu Syaqiq berkata: Aku mendengar Ibnu Mubarok ditanya seseorang tentang penyakit yang dideritanya selama 7 tahun dan sudah mencoba mengobatinya dengan berbagai cara oleh berbagai tabib tapi tidak berhasil. Ibn Syaqiq berkata: “Galilah sebuah sumur di tempat yang membutuhkan air. Aku berharap akan keluar mata air di situ dan menyembuhkan penyakitmu.” Pria itu melakukannya dan sembuh dari penyakitnya. (Sahih al-Targhib).

MENYEMBUHKAN PENYAKIT HATI

Artinya: Bersedekah itu dapat menjadi obat hati sebagaimana sabda Nabi, dalam hadits riwayat Ahmad, pada orang yang mengeluh karena keras hati dan keras kepala: [إذا إردت تليين قلبك فأطعم المسكين، وامسح على رأس اليتيم] “Kalau kamu ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

MENDAPAT PAHALA YANG BERLIPAT GANDA

Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah seperti tersurat dalam QS Al-Hadid :18 Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Dan dalam QS Al-Baqarah :245 Allah berfirman “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

INFAK SEDEKAH UNTUK PEMBANGUNAN PESANTREN AL-KHOIROT

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Para dermawan yang hendak memberi donasi, sumbangan atau infak untuk pengembangan dan pembangunan yang ada di pondok pesantren Al-Khoirot, Anda dapat menyumbangkan dana infaq dengan beberapa cara: (a) Datang langsung; (b) Transfer dana via bank (c)  Transfer via Western Union (d) transfer via internet dengan kartu kredit via Paypal. Lebih detailnya, lihat info di bawah.

CARA TRANSFER INFAQ VIA BANK, WESTERN UNION  DAN INTERNET

infaq2

CATATAN: Setelah transfer dana, mohon dikonfirmasi via SMS ke: 085855999549 (Bpk. Imam Syahrowardi)

  • Bank BRI. No. Rekening:
  • Bank BCA No. Rekening:
  • Bank Mandiri No. Rekening: 14400-12490667. Atas Nama: Muhammad Hamidurrohman
  • Western Union Money Transfer a.n. Ja’far Sodiq Dsn Krajan Rt/Rw: 09/01. Karangsuko, Pagelaran, Malang Indonesia (konfirmasi pemberitahuan harap menyertakan nomor MTCN).
  • Untuk infaq via PayPal/kartu kredit melalui internet, kirim ke akun Paypal: syuhud@gmail.com.

Mohon perhatian:

  • Setelah men-transfer harap konfirmasi via SMS atau telpon ke: 085855999549 (a.n. Imam Syahrowardi) dengan menyebut nama bank dan jumlah dana yang ditransfer atau melalui email ke: info@alkhoirot.com atau alkhoirot@gmail.com
  • Kepada Bapak/Ibu para muhsinin yang telah menyalurkan sebagian rezekinya kami mendo’akan “Jazâkumullâhu khairan wabarokallâhu fîkum wafî ahlikum wa mâlikum”. Insya Allâh harta yang bapak/ibu infaq-kan akan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

Atas nama Tim Pembangunan Ponpes Al-Khoirot kami menghaturkan jazakumullah ahsanal jaza’. Semoga Allah yang membalas kebaikan Anda.

Pembangunan Ponpes Al-Khoirot Malang

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah santri di Ponpes Al-Khoirot Malang baik putra maupun putri, maka pennambahan infrastruktur dan fasilitas gedung mendesak untuk dilaksanakan. Untuk itu, tim pembangunan Ponpes Al-Khoirot terus berusaha keras memenuhi kebutuhan tersebut. Karena kami menganut kebijakan untuk tidak mengenakan biaya uang gedung kepada siswa dan santri, maka kami mengharapkan donasi dari kalangan dermawan untuk sama-sama memikul tanggung jawab mengemban amanah pendidikan anak bangsa.

Berapapun infak yang Anda kirimkan, akan berperan penting untuk pembangunan Pontren Al-Khoirot dan pendidikan anak-anak miskin.

Alamat sekretariat:

Ponpes Al-Khoirot Malang Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174 Jawa Timur

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SAAT INI (SEPTEMBER 2014 – MEI 2015)

Ponpes Al-Khoirot terus berusaha membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang ada di lingkungan pesantren. Infrastruktur ini harus terus menerus dibangun dan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan santri yang terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Hal ini harus dilakukan karena PPA mewajibkan seluruh santri dan siswa untuk tinggal di dalam kompleks pesantren. Dan melarang santri untuk tinggal di luar kompleks walaupun lokasi rumah mereka sangat dekat dari lingkungan pondok. Berikut beberapa infrastruktur yang sedang kami bangun:

KAMAR MANDI DAN WC PONPES PUTRI

Dengan jumlah  total toilet sebanyak 27 kamar, maka bangunan ini akan secara signifikan menambah kenyamanan santri putri yang selama ini merasa kekurangan MCK. Saat ini bangunan ini sudah mencapai 80%. Pembangunan ini akan menelan biaya sekitar Rp. 200 juta.

ASRAMA PUTRA LANTAI DUA

Baru saja lantai 1 selesai pembangunannya, panitia  merasa pembangunan lantai 2 mendesak untuk dilakukan. Oleh karena itu, dengan mengucap bismillah kami mulai pembangunan lantai 2 yang saat ini sudah mencapai 70%. Bangunan ini memiliki 6 kamar tidur. Bangunan ini akan menelan biaya sekitar Rp. 150 juta.

PEMBANGUNAN TANDON AIR DAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR

infaq

Pada bulan Juli 2014 kami baru menyelesaikan pembangunan tandon air sendiri dan pembelian mesin pompa air.  Dengan adanya dua fasilitas tersebut, maka fasilitas air di pesantren dapat memenuhi kebutuhan santri. Selama ini, kebutuhan air bersih diperoleh melalui air ‘PDAM’ lokal yang harus berbagi dengan masyarakat sekitar sehingga kurang memenuhi kebutuhan santri yang semakin banyak.

Dengan memiliki tandon dan pompa air sendiri, PPA dapat menyedot air dari Sumber Maron langsung untuk kebutuhan para santri.

Penyedotan air dari Sumber Maron yang berjarak sekitar 1 km dari kompleks pesantren dapat dilakukan berkat kerja sama pesantren dengan pihak WS-Lic desa yang dipimpian oleh Syed Muhammad Al-Hamid.

Untuk pembelian mesin pompa air yang senilai Rp. 25 juta kami mendapat bantuan dari sejumlah dermawan. Semoga amal kebaikan mereka yang terlibat dalam proyek kemanusiaan ini dapat diterima di sisi Allah. Amin.

]]>
http://www.alkhoirot.com/rekening-bank-ponpes-al-khoirot/feed/ 0
Download Kitab Kuning http://www.alkhoirot.com/download-kitab-kuning/ http://www.alkhoirot.com/download-kitab-kuning/#comments Mon, 17 Feb 2014 21:35:00 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=952 al-ummKitab Kuning adalah istilah untuk kitab literatur dan referensi Islam dalam bahasa Arab klasik meliputi berbagai bidang studi Islam seperti Quran, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadits, Ilmu Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Kaidah Fiqih, Tauhid, Ilmu Kalam, Nahwu dan Sharaf atau ilmu lughah termasuk Ma’ani Bayan Badi’ dan Ilmu Mantik, Tarikh atau sejarah Islam, Tasawuf, Tarekat, dan Akhlak, dan ilmu-ilmu apapun yang ditulis dalam Bahasa Arab oleh para ulama dan intelektual muslim klasik.

CATATAN: Kitab kuning yang dikaji secara reguler di Pondok Pesantren Al-Khoirot lihat di sini.

INDEKS

 

Kitab Kuning


APA ITU KITAB KUNING

Disebut Kitab Kuning karena dulunya kitab-kitab tersebut dicetak pada kertas berwarna kuning. Baik cetakan dalam negeri atau cetakan luar negeri (Beirut).

Walaupun saat ini sebagian besar sudah dicetak pada kertas  berwarna putih, namun nama kitab kuning tetapi dipakai dan lebih populer daripada sebutan lain. Bahkan, kitab versi digital pun tetap disebut kitab kuning.

Istilah lain dari Kitab Kuning adalah kitab gundul atau kitab klasik. Di negara Arab, kitab kuning disebut dengan Kitab Turats (Turos).

Pada perkembangannya, kitab kuning tidak hanya terbatas pada kitab-kitab yang ditulis oleh ulama klasik yang hidup di abad pertengahan, tapi juga mencakup pada kitab-kitab yang ditulis oleh ulama kontemporer yang meliputi bidang studi keislaman (Islamic Studies).

Perlu juga dicatat, bahwa kitab kuning dikaji secara mendalam hanya di Pondok Pesantren yang bersistem salaf. Sedangkan di pesantren yang bersistem modern, seperti Gontor dan semacamnya, kitab kuning tidak dipelajari secara detail atau bahkan tidak dikaji sama sekali. Itulah antara lain yang akan membedakan hasil keluaran pesantren salaf dan modern. Lulusan pesantren salaf lebih mahir dan menguasai kitab kuning dan mumpuni di bidang hukum syariah (fiqih Islam) sedangkan keluaran pesantren modern umumnya hanya bisa berbicara bahasa Arab sehari-hari. Dengan kata lain, kalau pesantren salaf lebih menekankan pada kemampuan bahasa Arab tulis (writing) dan baca (reading), maka pondok modern lebih menekankan pada kemampuan bahasa Arab bicara (speaking).

Idealnya, sebuah pesantren mengombinasikan sistem yang ada di pesantren salaf dan modern.


MAKTABAH SYAMILAH

kitab kuning

Digitalisasi Kitab Kuning pertama kali dilakukan oleh Maktabah Syamilah. Oleh karena itu, umat Islam, khususnya kalangan santri, harus berterima kasih pada siapapun yang memprakarsai proyek digitalisasi kitab kuning ini. Namun demikian, kalangan Ahlussunnah harus tetap berhati-hati dengan kitab-kitab digital yang berasal dari Maktabah Syamilah karena konon sosok yang berada di balik proyek ini adalah aktivis atau simpatisan gerakan Wahabi. Software ini pada mulanya diterbitkan oleh jaringan dakwah Salafi Wahabi (Sawah) di dunia Maya, yaitu “www.shamela.ws” dan “ www.almeshkat.com.”

Sebenarnya tidak ada masalah apakah Maktabah Syamilah itu diinisiasi oleh aktivis Wahabi atau bukan sepanjang tidak ada pengrusakan atau perubahan dalam konten atau isi kitab tersebut.

Yang menjadi problem adalah ada sebagian dari kandungan kitab yang dirubah oleh mereka, khususnya yang isinya tidak sesuai dengan akidah Wahabyah.  Beberapa fakta yang pernah diteliti:


PERUBAHAN DAN PEMALSUAN ISI KITAB OLEH WAHABI

1. Tafsir Ash-Shawi ‘ala Tafsir Al-Jalalain (تفسير الصاوي) yang sudah dipalsukan dan dihapus oleh Wahabi Salafi adalah cetakan “Darul Fikr” tahun 1993 jilid 3 halaman 397 tertulis

و قيل : هذه الأية نزلت في الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة , و يستحلون بذلك دماء المسلمين و أموالهم , لما هو مشاهد الأن فى نظائرهم………….. يحسبون أنهم على شيئ

Wahabi menghapus kalimat: و هم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية (Artinya: Mereka adalah golongan orang-orang yang berasal dari tanah Hijaz (sekarang Saudi). Golongan tersebut dinamakan “Wahabiyyah”)

Redaksi kitab yang asli sebelum dirubah adalah sebagai berikut:

و قيل : هذه الأية نزلت في الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة , و يستحلون بذلك دماء المسلمين و أموالهم, لما هو مشاهد الأن فى نظائرهم و هم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية يحسبون أنهم على شيئ

(Artinya: Dikatakan bahwa ayat tersebut di atas diturunkan pada kaum Khawarij, yaitu golongan orang-orang yang suka mentahrif (merubah) Al-Qur’an dan Hadits Nabi. Dengan demikian, mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Hal itu bisa dibuktikan, karena adanya suatu kesaksian pada bangsa mereka saat ini. Mereka adalah golongan orang-orang yang berasal dari tanah Hijaz (sekarang Saudi). Golongan tersebut dinamakan “Wahabiyyah”. Mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu.)
Lebih detail lihat di sini.

2. Menurut penelitianpenulis, ada 38 kitab yang telah terbukti mengalami pemalsuan. Padahal ini belum lagi yang lain yang jumlahnya banyak. Diantaranya: 1. Shahih bukhari 2. Shahih muslim 3.Shahih at-turmudzi 4. Musnad imam ahmad 5. Tarikh al-ya’qubi 6. Nahj al-balaghah 7. Syarh aqaid an-nasafi 8. Al-kasykul wal mukhallah 9. Iqtidhas shirat al-mustaqim 10. Ahwalul qubur, ibn rajab 11. Al-bahr al-muhith 13. As-shawaiqul muhriqah 14. Diwan al-mutanabbi 15. Akhbarul himaqi wal mughaffilin 16. Hayatul muhammad 17. Thabaqatul mu’tazilah 18. Al-ibanah, asy’ari 19. Majma’ al-bayan 20. Mukhtashar tarikh ad-dual 21. Al-aghani, abul faraj 22. Muqatil at-thalibin 23. At-thabaqat, ibn sa’ad 24. Syarh an-nahj, al-mu’tazili 25. Tathir al-jinan 26.Al-ma’arif, ibn qutaibah 27. Tarikh at-thabari 28. Hasiyah as-shawi ala tafsir jalalain 29. Aqidatus salaf ashabul hadits 30. Syarh al-aqidah at-thahawiyah 31. Al-adzkar, an-nawawi 32.Tafsir al-kasyaf, az-zamahsyari 33. Diwanul imam syafi’i 34. Al-fawaid al-muntakhabat 35. Tafsir ruhul ma’ani 36. Hasiyah ibnul abidin 37. Majmu’ fatawa, ibn taimiyah 38. Nihayah al-qaul al-mufid. Lebih detail lihat di sini.

3. Mengapa kelompok Wahabi berani merubah isi kitab yang notabene merupakan karya ilmiah? Bukankah itu merupakan pengkhianatan intelektual dan kebohongan publik? Bagi Wahabi, itu bukan kebohongan tapi merupakan strategi. Dan itu legal dan sah. Setidaknya itulah fatwa dari ulama mereka yaitu Ibnu Baz dan Alu Syaikh. Lebih detail lihat di sini.

Kalau pegiat Wahabi berani merubah kitab kuning yang versi cetak, maka tentu mereka akan lebih berani merubah versi digitalnya karena lebih mudah. Untuk itu, harap tetap hati-hati dan waspada dalam memakai kitab-kitab versi digital karena mayoritas berasal dari koleksi yang dibuat oleh kalangan Salafi Wahabi (Sawah) walaupun bukan berarti kita harus menjauhi kitab-kitab tersebut sama sekali.

Sekaligus ini menjadi pembelajaran bagi kita, Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja), agar lebih proaktif dalam membangun dan melindungi akidah Aswaja.


DOWNLOAD KITAB & FORMAT FILE (BERKAS)

Format berkas kitab kuning digital di bawah ini adalah pdf atau ms word (doc, docx)


AL-QURAN


ILMU AL-QURAN


TAFSIR


ILMU TAFSIR


HADITS


ILMU HADITS


FIQIH

KITAB UTAMA MADZHAB SYAFI’I


USHUL FIQIH


AKIDAH AHLUSSUNNAH


AKIDAH WAHABI


LUGHAH (NAHWU & SHARAF)

Kebanyakan link di bawah untuk versi online. Bukan download.


TARIKH


TASAWUF


AKHLAK


ALAM GHAIB


DOWNLOAD KITAB TERJEMAH INDONESIA

Terjemah Kitab Al-Umm dalam format DJVU ini merupakan terjemahan lengkap dan dialihkan ke dalam format digital langsung dari versi cetaknya.  Data kitab seperti tertulis dalam versi cetaknya adalah sebagai berikut:

Nama: Al-Umm Kitab Induk
Karangan: Al-Imam Asy-Syafi’i
Terjamahan: Prof.  TK. H. Ismail Yakub, Sh., MA.
Penerbit: Victory Agence, Kuala Lumpur, Malaysia

TERJEMAH KITAB KUNING PESANTREN

Berikut terjemahan kitab-kitab yang biasa dikaji di pesantren salaf meliputi berbagai bidang studi seperti fikih, tasawuf, akhlak, tafsir, hadits, tarikh, dan lain-lain.

Quran dan Tafsir

Fikih

Tasawuf & Akhlak

Sejarah

Bahasa Arab

]]>
http://www.alkhoirot.com/download-kitab-kuning/feed/ 32