Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang http://www.alkhoirot.com Al-Khoirot adalah Pondok Pesantren terbaik dengan biaya murah sistem salaf modern putra putri di Indonesia dengan biaya terjangkau semua kalangan ekonomi. Website Resmi Ponpes Al-Khoirot Malang Jawa Timur Indonesia. Sat, 13 Jan 2018 13:15:27 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.4 Beda Pondok Modern, Pesantren Salaf dan Ponpes Salafi http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/ http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/#comments Thu, 23 Nov 2017 03:13:18 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1112 pondok modern salaf

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) adalah kombinasi antara pondok modern dan pesantren salaf. Apa maksudnya? Secara sederhana definisi pesantren salaf adalah sebuah pesantren yang menganut sistem tradisional di mana di dalamnya hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama dan sama sekali tidak mengajarkan ilmu umum. Sedangkan pondok modern adalah pesantren yang di dalamnya menganut sistem pendidikan yang diadopsi dari sistem pendidikan modern dan materi yang dipelajari merupakan kombinasi antara ilmu agama dan ilmu umum. Ciri khas pondok modern adalah penekanannya pada kemampuan berbahasa asing secara lisan sedangkan keunikan pesantren salan adalah lebih menekankan pada kemampuan penguasaan kitab kuning. Contoh pesantren salaf yang murni adalah Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Sedangkan contoh pondok modern adalah Pondok Modern Gontor.

DAFTAR ISI

  1. PESANTREN SALAF
    1. Pengertian kata Salaf
    2. Kata Salaf dalam istilah Pesantren
    3. Metode Belajar Mengajar
    4. Ciri Khas Kultural dan Administratif
    5. Ciri Khas Kualitas Keilmuan
    6. Daftar Ponpes Salaf Murni
    7. Daftar Pesantren Salaf Modern
  2. PONDOK MODERN
    1. Metode Belajar Mengajar
    2. Ciri Khas Kultural dan Administratif
    3. Kualitas Keilmuan
  3. PESANTREN SALAFI WAHABI
    1. Akidah dan Ciri Khas Pesantren Salafi Wahabi
    2. Sistem dan Metode Pendidikan
    3. Wahabi Bukan Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja)
    4. Wahabi Mengelak Kalau ditanya Siapa Wahabi
    5. Daftar Pesantren Salafi Wahabi


PESANTREN SALAF

Pesanten Salaf adalah bentuk asli dari lembaga pesantren. Sejak pertama kali didirikan oleh Wali Songo, format pendidikan pesantren adalah bersistem salaf. Kata salaf berasal dari bahasa Arab السلف. Dari akar kata yang sama aAda beberapa makna dari kata ‘salaf’ yang berbeda-beda. Harap dibedakan antara pesantren salaf sebagai sebuah sistem penditikan dengan aliran salafi wahabi.


Pengertian kata Salaf

(a) Salaf dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلُفٌ) dan suluf (سُلُوفٌ) bermakna kulit yang belum disamak atau samaknya tidak dianggap sah. Salaf bisa juga berarti wadah yang besar.

(b) Salif (سَلِف) dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلافٌ) bermakna kulit; ipar; yang lalu; sedikit; perbandingan;

(c) Salaf (سَلَف) dengan bentuk jamak aslaf (أَسْلافٌ), sallaf (سُلاَّفٌ), suluf ( سُلُف ) bermakna setiap pendahulu yakni ayah, kakek, nenek moyang dan kerabat dalam segi usia dan keutamaan.

(d) Salaf adalah setiap amal saleh yang dilakukan di masa lalu; atau apa yang telah lalu dari harga barang yang dijual. Dalam jual beli atau muamalah salaf berarti hutang yang tidak ada manfaatnya pada muqradh fih

(e) Salaf soleh adalah ayah, kakek, nenek moyang yang dihormati.
(f) Salaf kholaf adalah generasi masa kini dan masa lalu.
(g) Madzhab Salaf adalah madzhabnya kalangan ulama terdahulu.


Kata Salaf dalam istilah Pesantren

Kata salaf dalam pengeritan pesantren di Indonesia dapat dipahami dalam makna literal dan sekaligus terminologis khas Indonesia. Secara literal, kata salaf dalam istilah pesantren adalah kuno, klasik dan tradisional sebagai kebalikan dari pondok modern, kholaf.atau ashriyah.

Secara terminologi sosiologis, pesantren salaf adalah sebuah pesantren yang mengajarkan ilmu-ilmu agama saja kepada para santri.  Atau, kalau ada ilmu umum, maka itu diajarkan dalam porsi yang sangat sedikit. Umumnya, ilmu agama yang diajarkan meliputi Al-Quran, hadits, fikih, akidah, akhlak, sejarah Islam, faraidh (ilmu waris Islam), ilmu falak, ilmu hisab, dan lain-lain.  Semua materi pelajaran yang dikaji memakai buku berbahasa Arab yang umum disebut dengan kitab kuning, kitab gundul, kitab klasik atau kitab turots.


Metode Belajar Mengajar

Metode belajar mengajar di pesantren salaf terbagi menjadi dua yaitu metode sorogan wetonan dan metode klasikal. Metode sorogan adalah sistem belajar mengajar di mana santri membaca kitab yang dikaji di depan ustadz atau kyai. Sedangkan sistem weton adalah kyai membaca kitab yang dikaji sedang santri menyimak, mendengarkan dan memberi makna pada kitab tersebut. Metode sorogan dan wethonan merupakan metode klasik dan paling tradisional yang ada sejak pertama kali lembaga pesantren didirikan dan masih tetap eksis dan dipakai sampai saat ini.

Adapun metode klasikal adalah metode sistem kelas yang tidak berbeda dengan sistem modern. Hanya saja bidang studi yang diajarkan mayoritas adalah keilmuan agama.


Ciri Khas Kultural  dan Administratif

Ciri khas kultural yang terdapat dalam pesantren salaf yang tidak terdapat dalam pondok modern antara lain:

  • Santri lebih hormat dan santun kepada kyai, guru dan seniornya.
  • Santri senior tidak melakukan tindak kekerasan pada yuniornya. Hukuman atau sanksi yang dilakukan biasanya bersifat non-fisikal seperti dihukum mengaji atau menyapu atau mengepel, dll.
  • Dalam keseharian memakai sarung.
  • Berafiliasi kultural ke Nahdlatul Ulama (NU) dengan ciri khas  seperti fikih bermadzhab Syafi’i, akidah tauhid Asy’ariyah Maturidiyah, tarawih 20 rakaat plus 3 rokaat witir pada bulan Ramadan, baca qunut pada shalat Subuh, membaca tahlil pada tiap malam Jum’at, peringatan Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj.
  • Sistem penerimaan tanpa seleksi. Setiap santri yang masuk langsung diterima. Sedangkan penempatan kelas sesuai dengan kemampuan dasar ilmu agama yang dimiliki sebelumnya.
  • Biaya masuk pesantren salaf umumnya jauh lebih murah dan itdak ada daftar ulang setiap tahunnya.
  • Infrastruktur lebih sederhana.


Ciri Khas Kualitas Keilmuan

Santri pesantren salaf memiliki kualitas keilmuan yang berbeda dengan santri pondok modern antara lain sebagai berikut:

  1. Menguasai kitab kuning atau literatur klasik Islam dalam bahasa Arab dalam berbagai disiplin ilmu agama.
  2. Menguasai ilmu gramatika bahasa Arab atau Nahwu, Sharaf, balaghah (maany, bayan, badi’), dan mantiq secara mendalam karena ilmu-ilmu tersebut dipelajari serius dan menempati porsi cukup besar dalam kurikulum pesantren salaf di samping fikih madzhab Syafi’i.
  3. Dalam memahami kitab bahasa Arab santri salaf memakai sistem makna gandul dan makna terjemahan bebas sekaligus.


DAFTAR PONPES SALAF MURNI

Yang dimaksud ponpes salaf murni adalah pesantren yang kurikulumnya murni mengajarkan bidang studi ilmu agama saja baik melalui sistem madrasah diniyah maupun pengajian sorogan, wetonan dan bandongan. Di ponpes salaf murni tidak ada pendidikan formalnya. Santri juga tidak boleh sekolah formal di luar pesantren namun dibolehkan mengikuti program WAJAR DIKDAS (Wajib Belajar Pendidikan Dasar) sistem Paket A (setara SD/MI), Paket B (setara SLTP) dan Paket C (setara SLTA). Pesantren salaf murni, disebut juga dengan salafiyah, memang bertujuan untuk mencetak ulama ahli agama. Saat ini, pesantren salaf murni tidak banyak. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Ponpes Sidogiri Pasuruan, Jatim
  2. Ponpes Langitan Tuban, Jatim
  3. Ponpes Lirboyo Kediri, Jatim
  4. Ponpes Ploso, Kediri
  5. PP Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jateng.
  6. PP MIS, Sarang, Rembang.
  7. PP MUS, Sarang, Rembang.
  8. Pesantren Cidahu, Pandeglang, Banten
  9. Pesantren Putri Salafiyah, Bangil, Jatim

Silahkan tambahkan di kotak komentar apabila ada ponpes salaf murni yang belum masuk daftar di atas.


DAFTAR PESANTREN KOMBINASI SALAF DAN MODERN

Saat ini, umumnya pesantren yang dulunya salaf murni sudah beradaptasi dan mengkombinasikannya dengan sistem modern dalam arti ada pendidikan formal dan sistem pembelajaran bahasa Arab atau Inggris aktif di samping pendidikan kitab kuning. Beberapa pesantren kominasi ini ada yang berhasil tetap mempertahankan sistem salafnya yakni kemampuan membaca kitab kuning, namun tidak sedikit yang kalah sama sistem modernnya di mana santri hanya bisa berbicara bahasa Arab, tapi kesulitan memahami kitab gundul. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pesantren Al-Khoirot Malang, Jatim
  2. Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jatim
  3. Pesantren Bata-bata Pamekasan, Madura
  4. Pesantren Salafiyah Sukorejo, Situbondo
  5. Pesantren Krapyak, Yogyakarta
  6. Pesantren Buntet, Cirebon
  7. Pesantren Purba, Sumatera Utara
  8. Pesantren Al-Khairaat, Sulawesi.

Silahkan tambahkan di kotak komentar apabila ada ponpes kombinasi salaf modern dan berhasil mempertahankan tradisi kitab kuningnya yang belum masuk daftar di atas.


PONDOK MODERN

Pondok modern adalah anti-tesa dari pesantren salaf. Sistem ini dipopulerkan pertama kali oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang kemudian diduplikasi di pesantren lain yang memakai label modern. Pondok Modern disebut juga dengan pesantren kholaf (modern) sebagai akronim dari salaf atau ashriyah.


Metode Belajar Mengajar

  • Umumnya memakai ssitem klasikal.
  • Ilmu umum dan agama sama-sama dipelajari.
  • Penekanan pada bahasa asing Arab dan Inggris percakapan.
  • Penguasaan kitab kuning kurang.
  • Sebagian memakai kurikulum sendiri  seperti Gontor. Sedangkan sebagian yang lain memakai kurikulum pemerintah.


Ciri Khas Kultural dan Administratif

  • Lebih disiplin dan lebih agresif.
  • Mirip dengan sistem militer, santri senior mendominasi. Kekerasan menjadi budaya dalam memberi sanksi pada santri yunior.
  • Sopan santun agak kurang setidaknya menurut standar pesantren salaf.
  • Pendaftaran dengan sistem seleksi sehingga tidak semua calon santri diterima.
  • Biaya masuk umumnya lebih tinggi dari pesantren salaf.
  • Ada daftar ulang setiap tahun layaknya sistem administrasi di sekolah.
  • Secara finansial lebih tercukupi karena biaya relatif tinggi dibanding salaf.


Kualitas Keilmuan

  • Pintar berbahasa Arab percakapan tapi kurang dalam kemampuan penguasaan literatur kitab kuning karya para ulama salaf.
  • Kemampuan membaca kitab gundul kurang.
  • Kemampuan memahami Al-Quran dan tafsirnya kurang.
  • Kemampuan dan pengetahuan tentang hadis dan ilmu hadis kurang.
  • Kemampuan dalam ilmu fikih dan ushul fiqih sangat kurang.
  • Kemampuan ilmu gramatika Bahasa Arab seperti Nahwu, sharaf, balaghah, mantiq, kurang.


PESANTREN SALAFI WAHABI

Ciri khas yang paling mudah diketahui dari ponpes Wahabi adalah: tidak ada qunut saat shalat subuh dan tidak ada tahlilan pada malam Jumat serta tidak ada materi pelajaran tasawuf dan tauhid Asy’riyah.

Istilah Salafi ada dua macam. Pertama, Salafi sebagai sinonim dari salaf atau salafiyah. Sebagian pesantren NU juga memakai istilah Salafi.  Kedua, salafi sebagai gerakan yang dikampanyekan oleh kelompok Islam radikal yang bernama gerakan Wahabi. Pesantren Salafi dengan makna kedua ini berbeda jauh dengan pesantren salaf (tanpa ‘i’) atau salafiyah. Keduanya berbeda jauh bagaikan langit dan bumi. Pesantren Wahabi Salafi adalah pesantren yang akidahnya menganut idelogi Wahabi Arab Saudi yang radikal. Akan tetapi mereka lebih suka menyebut dirinya dengan Pesantren Salafi, bukan Pesantren Wahabi. Atau, Salafi Wahabi. Itulah sebabnya banyak kalangan muslim NU (Nahdlatul Ulama) yang merasa tertipu ketika masuk ponpes Wahabi Salafi yang dikira berfaham salaf atau salafiyah tapi ternyata berfaham Wahabi.

Kalau pesantren salaf lebih terkait dengan metode pendidikan yang berada di sebuah pesantren, sedangkan Pesantren Salafi lebih bermakna sebuah pesantren yang berideologi Wahabi atau Wahabi Salafi.


Akidah dan Ciri Khas Pesantren Salafi Wahabi

Akidah pesantren Salafi Wahabi sama dengan akidah gerakan Wahabi itu sendiri yang ciri khasnya sebagai berikut:

  • Doktrin tauhid sebagaimana yang diajarkan oleh Muhammad bin Abdul Wahab, pendiri Wahabi yang mengambil inspirasi dari Ibnu Taimiyah. Salah satu ciri khasnya adalah pembagian tauhid menjadi tiga yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid al-asma was shifat.
  • Dalam bidang fikih umumnya merujuk pada madzhab Hanbali. Yang salah satu ciri khasnya yang menonjol adalah tidak ada qunut waktu shalat subuh, dan tidak najisnya kotoran hewan. Walaupun dalam bidang tertentu seperti soal talak dan tawasul mereka berbeda pendapat dengan mazhab Hanbali.
  • Dalam persoalan hukum baru, mereka merujuk pada pandangan ulama fikih kontemporer mereka yaitu Abdullah bin Baz, Ibnu Uthaimin, Al-Bani (dalam soal hadits), Alus-Syaikh, Al-Fauzan, dan lain-lain. Banyak dari ulama utama Wahabi ini yang cenderung bermazhab Zhahiri, yaitu mazhab yang tidak mengakui adanya qiyas sebagai salah satu sumber hukum Islam.
  • Dalam bidang tauhid, mereka mengikuti doktrin Ibnu Taimiyah yang dikenal sebagai kaum mujassimah (menganggap Allah itu punya fisik dan bertempat tinggal seperti makhluk) suatu pandangan yang menurut ulama Ahlussunnah Wal Jamaah dianggap sesat.
  • Menyebarkan ajaran yang mereka klaim sebagai  “kemurnian Islam” seperti era Salafus Sholeh dan mengeritik keras praktik umat Islam yang dianggap tidak murni dengan label bid’ah, syirik, kufur.  Suatu klaim yang tidak berdasar. Yang benar adalah ajaran mereka bukan meniru Salafussoleh, tapi meniru Ibnu Taimiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab yang terakhir ini baru lahir pada abad ke-18 masehi.
  • Praktik yang dianggap bid’ah dan syirik oleh Wahabi antara lain tahlil, ziyarah kubur, peringatan Maulid Nabi, peringatan Isra’ Mi’raj, peringatan 1 Muharam, dll.
  • Menolak kritik dari luar dan menyebut pengeritiknya sebagai Syiah Rafidhah atau konspirasi Zionisme Yahudi atau Freemason.
  • Ada dua tipe Salafi Wahabi yaitu Wahabi Arab Saudi dan Wahabi Yaman.
  • Wahabi Arab Saudi cenderung pro pemerintah yang berkuasa sedang Wahabi Yaman cenderung anti-pemerintah dan lebih radikal. Kelompok teroris banyak berasal dari didikan Salafi Yaman ini di bawah pimpinan Muqbil Al-Wadi’iy. Sementara, Wahabi pro Arab Saudi bersikap sebagai simpatisan terhadap Wahabi Yaman.

VIDEO: Akar Terorisme adalah Ideologi Wahabi



Wahabi Bukan Ahlussunnah dan Penyebutan Nama Wahabi (bukan Salafi)

Kaum fanatik Wahabi keberatan kalau mereka disebut Wahabi. Inginnya, mereka disebut Salafi. Namun, penyebutan Wahabi sudah ada sejak Muhammad bin Abdul Wahab membuat aliran tersebut. Bahkan tidak sedikit dari para ulama yang menganggap bahwa aliran Wahabi bukan bagian dari kelompok Ahlussunnah Wal Jamaah.

Ash-Shawi dalam Hasyiyah ‘ala Tafsir al-Jalalain 3/307 menyatakan bahwa Wahabi adalah sama dengan kaum Khawarij yang suka menghalalkan darah saudaranya sesama muslim. Sedangkan Ibnu Abidin Al-Hanafi dalam kitab Hasyiyah Radd al-Muhtar 4/262 menyatakan bahwa pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab adalah kaum Khawarij modern.

Kalau Wahabi Ditanya Siapakah Wahabi itu?

Kelompok Wahabi tidak suka disebut Wahabi dan tidak mau mengakui bahwa mereka adalah Wahabi. Mereka lebih suka disebut Salafi. Ada banyak faktor mengapa mereka tidak mau disebut Wahabi, salah satunya adalah karena stigma nama Wahabi yang identik dengan berbagai hal yang negatif, ekstrim, radikal dan tidak toleran. Suatu label yang sangat tidak islami. Oleh karena itu, ketika ada orang awam yang bertanya kepada mereka siapakah Wahabi dan Khawarij itu, mereka akan berusaha mengelak dan akan menjawab demikian:

  • Wahabi adalah sebuah gerakan di Afrika yang didirikan oleh Abdul Wahab bin Rustum yang juga disebut dengan kaum Ibadiyah. Itulah sebabnya ia disebut Wahabi diambil dari nama awalnya.
  • Istilah Wahabi tidak tepat apabila ditujukan pada gerakan yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab Arab Saudi. Seandainya ini yang dimaksud, tentu nama gerakannya bukan Wahabi tapi Muhammadi.
  • Julukan neo-Khawarij lebih tepat ditujukan pada gerakan Abdul Wahab bin Rustum, sedangkan gerakan Muhammad bin Abdul Wahab lebih tepat disebut gerakan Salafi Sunni.
  • Karena itu, label Neo Khawarij itu ditujukan pada gerakan Wahabi buatan Abdul Wahab bin Rustum, bukan Wahabi buatan Muhammad bin Abdul Wahhab. (lihat artikel di situs wahabi ini: http://islamqa.info/ar/112822 yang terjemahannya bisa dibaca di berbagai situs milik ustadz Wahabi Indonesia)

Alasan kaum Wahabi di atas tidak benar, karena:

  • Mayoritas ulama Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang lahir pada masa atau setelah berdirinya Wahabi menyebut gerakan yang didirikan Muhammad bin Abdul Wahhab ini dengan nama Wahhabiyah (dalam bahasa Arab), dan Wahhabism (dalam bahasa Inggris), Wahabisme atau Wahabi (dalam bahasa Indonesia).
  • Menyebut gerakan Muhammad bin Abdul Wahhab dengan memakai Muhammadi (diambil dari nama awal, seperti klaim mereka) justru tidak tepat. Karena, nama Muhammad di kalangan orang Arab bukanlah nama yang unik. Banyak nama orang memakai nama Muhammad. Itulah sebabnya mazhab yang didirikan oleh Ahmad bin Hanbal disebut dengan mazhab Hanbali, bukan Ahmadi.  Mazhab yang didirikan oleh Muhammad bin Idris As-Syafi’i disebut mazhab Syafi’i, bukan mazhab Muhammadi, dan seterusnya.

Ulama Ahlussunah Menyebut mereka Wahabi

Ulama Ahlussunnah Timur Tengah yang menulis buku dan menyebut gerakan buatan Muhammad bin Abdul Wahhab ini dengan sebutan Wahabi sangat banyak bahkan menjadi judul buku mereka. Yang terkenal antara lain:

  • Buku Al-Wahhabiyah Tusyawwihul Islam wa Tuakhirul Muslimin (Gerakan Wahabi Mempermalukan Islam dan Membawa Umat Terbelakang) karya sekumpulan ulama Mesir.
  • Buku Hazihi Hiya Al-Wahhabiyah (Ini Dia Wahabi) karya Muhammad bin Jawwad Mughniyah
  • Buku Al-Radd alal Wahhabiyah (Penolakan pada Wahabi0 karya Sulaiman bin Abdul Wahab yang kebetulan saudara kandung Muhammad bin Abdul Wahhab.
  • Buku-buku lain dapat dilihat di sini.


Sistem dan Metode Pendidikan

Sistem pendidikan yang dianut pada pesantren Salafi umumnya sistem modern dalam arti memberlakukan pendidikan formal dari Playgroup, TK sampai  perguruan tinggi. Walaupun ada juga program Tahfidz Al-Quran di sebagian pesantren salafi seperti Al-Bukhori Solo.


Daftar Pesantren Salafi Wahabi

Berikut beberapa Pesantren Wahabi. Silahkan tambahkan daftar ini di kotak komentar apabila terdapat ponpes Salafi di tempat Anda.

Tujuan membuat daftar pesantren Wahabi ini ada dua: (a) Agar kaum Wahabi tidak kerepotan dalam mencari pesantren untuk anak-anak mereka; (b) agar wali santri kalangan NU tahu tidak terjerumus atau terperangkap masuk ke dalam pesantren mereka. Kasihan kalau sudah bayar mahal ternyata salah masuk, bukan?

1. Ma’had Imam Buhori Solo
2. Ma’had Al-Ukhuwah Sukoharjo
3. Ma’had Ibnu Abas Sragen
4. PONPES Islam Al-Irsyad Semarang
5. Ma’had Al-Furqon Gresik
6. Ma’had Ali Bin Abi Thalib Surabaya
7. Sekolah Dirosah Islamiyah Sumbersari
8. Ma’had Al-Qudwah Kediri
9. Ma’had Abu Huroiroh Mataram
10. Ma’had Al-Furqon Pekanbaru
11. PONPES Salman Al-Farisi Kediri
12. Ma’had Imam Syafi’i Banyuwangi
13. Ma’had Minhajul Sunnah Bogor
14. Yatim Ibnu Taimiyah Bogor
15. Ma’had Hidayatunnajah Bekasi
16. Ma’had Ibnu Hajar Jakarta Timur
17. Ma’had Madinatul Qur’an Bogor
18. Ma’had Ummahatul Mu’minin Jakarta Pusat
19. Ma’had Riyadusholihin Pandeglang
20. Ma’had Al-Ma’tuq Sukabumi
21. Ma’had Rahmatika Al-Atsary Subang
22. Ma’had Assunah Cirebon
23. PONPES Annajiyah Bandung
24. Ma’had Assunnah Tasikmalaya
25. Ma’had Ali Imam Syafi’i Cilacap
26. Islamic Center Ibnu Bin Baz Yogyakarta
27. Ma’had Jamilurrohman Yogyakarta
28. Pesantren Al I’tishom, Karawang, Jawa Barat
29. Mahad Ali Al’irsyad, Surabaya , Jawa Timur.
30. Pondok Pesantren Al Ukhuwah, Sukoharjo, Jawa Tengah
31. Pesantren Imam Syafii, Cilacap, Jawa Tengah
32. Yayasan Mutiara Islam, Bogor , Jawa Barat
33. Yayasan Qolbun Salim, Malang , Jawa Timur
34. Yayasan Al Sofwa, Jakarta
35. Mahad Ibnu Abbas As Salafi, Solo, Jawa Tengah
36. Ar-Rahmah, Malang.
37. Dan lain-lain

Baca juga: Beda Wahabi Salafi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh dan Syiah

]]>
http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/feed/ 439
Beda Wahabi Salafi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh dan Syiah http://www.alkhoirot.com/beda-wahabi-hizbut-tahrir-jamaah-tabligh-dan-syiah/ http://www.alkhoirot.com/beda-wahabi-hizbut-tahrir-jamaah-tabligh-dan-syiah/#comments Fri, 01 Sep 2017 15:58:18 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1606 Beda Wahabi, HTI, Jamaah Tabligh dan Syiah
Di Indonesia saat ini ada 3 (tiga) gerakan Islam trans nasional besar yang merupakan produk luar Indonesia yaitu Wahabi Salafi, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Jamaah Tabligh (JT). Dan ada 2 (dua) gerakan Islam yang merupakan produk lokal Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Kelima gerakan ini masuk dalam kategori Sunni. Di luar itu, ada juga gerakan lain di luar Sunni yang disebut dengan Syiah.

Berikut gambaran singkat tentang ketiga ormas Islam global yang pengaruhnya cukup signifikan pada sebagian umat Islam Indonesia. Di samping itu, ada juga aliran Syiah.

DAFTAR ISI

  1. WAHABI SALAFI
    1. Nama Gerakan Wahabi
    2. Metode Penyebaran Faham Wahabi
    3. Kesalahan Aliran Wahabi Salafi
  2. HIZBUT TAHRIR INDONESIA (HTI)
  3. JAMAAH TABLIGH (JT)
  4. SYIAH
  5. TABAYUN


WAHABI SALAFI

Siapa yang Lebih Salafi: Wahabi atau Aswaja?

Siapa yang Lebih Salafi: Wahabi atau Aswaja?

Wahabi Salafi atau Wahabi saja adalah istilah yang diidentikkan pada sebuah gerakan Islam politik yang berdiri di kawasan Najed di semenanjung jazirah Arab pada akhir abad ke-12 hijriah atau abad ke-18 masehi yang diprakarsai oleh Muhammad bin Abdul Wahhab (1703 – 1792) dan Muhammad bin Saud (wafat 1765 M). Muhammad bin Saud , yang dikenal sebagai Ibnu Saud, adalah Amir daerah Al-Diriyah dan dianggap sebagai pendiri Negara Saudi dan dinasti Saud Pertama.

Keduanya bersekutu untuk menyebarkan gerakannya. Persekutuan keduanya terus dilanjutkan oleh anak cucu mereka bahkan setelah cicit Ibnu Saud yang bernama lengkap Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah ibn Muhammad Al Saud (1876-1953 M) yang juga dikenal sebagai Ibnu Saud   berhasil mendirikan kerajaan Arab Saudi (Al-Arabiyah Al-Saudiyah) pada tahun 1932.

Keturunan Muhammad bin Abdul Wahab, yang kemudian dikenal dengan julukan Alus Syeikh dibantu oleh para ulama lain yang berfaham Wahabi mendapat posisi penting dalam pemerintahan baik sebagai pejabat maupun sebagai Dewan Fatwa (Dar Al-Ifta) yang memberikan fatwa tidak saja kepada rakyat tapi juga kepada kerajaan terkait berbagai keputusan besar. Ulama juga mendapat peran besar dalam yudikatif dan pendidikan.

Tidak heran apabila seluruh universitas negeri di Arab Saudi dipenuhi dengan kurikulum berfaham Wahabi. Dan tidak aneh kalau para mahasiswa yang belajar di berbagai universitas negeri di Arab Saudi tercuci otaknya dan pulang ke Indonesia sebagai ustadz-ustadz penyebar faham Wahabi yang sangat militan.

Nama Gerakan Wahabi

Kalangan penganut aliran Wahabi tidak mau menyebut dirinya Wahabi, mereka lebih senang menyebut dirinya dengan beberapa nama antara lain: Salafi, Salafiyah, Anshar as Sunnah, Anshar at Tauhid, Jama’ah at Takfir Wal Hijrah, Jam’iyyah an Nur Wal Iman, Al Jama’ah al Islamiyyah, dan lain-lain.

Walaupun sebagian besar pengikut Wahabi di Indonesia tidak mau menyebut dirinya sebagai Wahabi, namun pada dasarnya penamaan tersebut awalnya berasal dari diri mereka sendiri.

Seorang pemuka Wahabi di Qatar bernama Ahmad bin Hajar Al Buthami bin Ali menulis buku dengan judul: As Syekh Muhammad ibn Abdil Wahhab ‘Aqidatuh as Salafiyyah Wa Da’watuh al Islamiyyah. Buku ini diedit dan sebarluaskan oleh pemuka Wahabi lainnya, yaitu Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz. Dicetak tahun 1393 H, penerbit Syarikat Mathabi’ al Jazirah. Pada halaman 105, ia menulis: [فلما التقى الوهابيين في مكة] Ketika aku bertemu dengan orang-orang Wahabi di Mekah.
Bin Baz sendiri tidak keberatan dengan sebutan Wahabi. Dalam kitab Fatawa Nur ‘ala Al-Darb pada pertanyaan yang ke 6


س 6 – يقول السائل: فضيلة الشيخ، يسمي بعض الناس عندنا العلماء في المملكة العربية السعودية بالوهابية فهل ترضون بهذه التسمية؟ وما هو الرد على من يسميكم بهذا الاسم؟

الجواب: هذا لقب مشهور لعلماء التوحيد علماء نجد ينسبونهم إلى الشيخ الإمام محمد بن عبد الوهاب رحمة الله عليه فهو لقب شريف عظيم

Artinya: Pertanya’an ke 6 – Seseorang bertanya kepada Syaikh: Sebagian manusia menamakan Ulama-ulama di Arab Saudi dengan nama Wahabi [Wahabiyyah], adakah engkau ridha dengan nama tersebut? Dan apa jawaban untuk mereka yang menamakan engkau dengan nama tersebut?

Jawaban: Penamaan tersebut masyhur untuk ulama tauhid yakni Ulama Nejed [Najd]. Mereka menisbahkan para Ulama tersebut kepada Syaikh Muhammad ibnu Abdil Wahhab. Nama itu (Wahhabiyah) adalah panggilan yang sangat mulia dan sangat agung

Baca detail: Mengapa Mereka Disebut Wahabi?

Metode Penyebaran Faham Wahabi

Faham Wahabi disebarkan dengan beberapa cara, antara lain:

1. Memberi beasiswa pada mahasiswa dalam dan luar negeri untuk belajar di berbagai universitas negeri di Arab Saudi seperti Universitas Ummul Quro Makkah, Universitas Islam Madinah, Universitas Ibnu Saud Riyadh, dll. Cara ini sangat berhasil dan efektif. Mahasiswa lulusan Arab Saudi yang sudah pulang ke Tanah Air yang sudah menempuh studi minimal program Master atau S3 (Doktor) tidak saja berubah menjadi penganut Wahabi fanatik, tapi mereka juga menjadi pendakwah aliran Wahabi yang militan dan penuh dedikasi. Semangat yang tinggi ini tidak lepas dari besarnya dana yang dikucurkan Arab Saudi bagi mereka yang bersedia menyebarkan dakwah Wahabi di tempat mereka.

2. Mendirikan universitas atau sekolah tinggi di luar Arab Saudi dengan biaya penuh dari Arab Saudi dengan pemberian beasiswa penuh pada mahasiswanya. LIPIA yang berlokasi di Jakarta adalah salah satu contohnya.

3. Memberi dana bantuan pada sejumlah pesantren di Indonesia dengan syarat memasukkan faham Wahabi dalam kurikulumnya.

4. Melalui kader Wahabi lulusan Arab Saudi yang mendirikan pesantren dengan bantuan dana besar untuk mencetak santri yang berpola pikir Wahabi.

5. Membeli hak penerbitan kitab-kitab turos, kitab klasik atau kitab kuning, karya ulama salaf, lalu menerbitkannya.dan menyisipkan karya-karya ulama Wahabi ke dalamnya. Contoh, hak penerbitan kitab Fathul Bari Syarah Sahih Bukhari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani yang dibagian bawah setiap halaman disisipkan karya Bin Baz sebagai muhaqqiq.

6. Merubah secara sengaja konten kitab salaf Ahlussunnah Wal Jamaah dengan kandungan yang sesuai dengan faham Wahabi. Lihat contohnya di sini.

7. Membeli situs-situs di internet yang memiliki pengunjung tinggi dan menggantinya dengan konten yang sesuai dengan faham Wahabi.

8. Membuat situs-situs tanya jawab agama baik dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia atau keduanya dengan memberi jawaban sesuai faham Wahabi.

Kesalahan Aliran Wahabi Salafi

1. Aqidah tauhid Wahabi berdasar teori dari Ibnu Taimiyah dan dikampanyekan oleh pendiri Wahabi, Muhammad bin Abdul Wahab dengan bantuan finansial tak terbatas dari Kerajaan Arab Saudi. Aqidah ini dikenal dengan Tiga Prinsip (Al-Ushul Al-Tsalatsah) yaitu Tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, asma was shifat.

– Membagi tauhid menjadi tiga bagian ini adalah bid’ah terbesar mereka dan senjata utama mereka, ironisnya doktrin ini dijadikan alat untuk mengkafirkan mayoritas umat islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang dalam bertauhid bermadzhab Asy’ariah, Maturidiah. Baca detail: Tauhid Uluhiyah Rububiyah

– Tauhid uluhiyah adalah alat paling ganas untuk mengkafirkan, mensyirikkan dan menyesatkan muslim lain yang tidak ikut golongan mereka. Inilah akar terorisme modern dalam Islam. Baca detail: Tauhid Uluhiyah Rububiyah

– Konsep tauhid Asma was Shifat condong ke tajsim (memfisikkan Allah) yang berlawanan dengan QS Asy-Suro :11. Baca detail: Tauhid Asma wash Shifat

– Menolak adanya ta’wil pada ayat-ayat mutasyabihat, sehingga mereka berkeyakinan bahwa istiwa’nya Allah di ‘Arsy adalah bersemayamnya Allah di atas ‘Arsy. Mereka pun berkeyakinan bahwa Allah mempunyai wajah dan tangan, mereka juga beranggapan bahwa Allah memegang langit, bumi, pepohonan dengan jari jemariNya. Baca detail: Tauhid Asma wash Shifat

2. Takfiriyah: Inilah kesalahan besar gerakan Wahabi Salafi. Doktrin pengkafiran pada umat Islam yang tidak sesuai dengan ideologi mereka menjadi jalan legitimasi yang mudah bagi pengikutnya untuk melakukan terorisme di seluruh dunia dan dengan perasaan tak berdosa membunuh sesama saudara muslimnya. Doktrin takfiriah ini bersumber dari (a) ideologi tauhid uluhiyah ciptaan Ibnu Taimiyah dan dikembangkan serta disebarkan oleh Ibnu Abdil Wahab; (b) doktrin Al-Wala’ wal Bara’; dan (c) doktrin 10 Pembatal Keislaman.

[VIDEO] Sikap Takfiriyah Wahabi Salafi akar terorisme Islam

3. Syirik. Wahabi Salafi dikenal mudah memberi cap syirik pada perilaku sesama muslim yang tidak sesuai dengan doktrin tauhid uluhiyah mereka. Padahal syirik itu mengandung konotasi sama dengan doktrin takfir yakni orang yang dianggap syirik itu keluar dari Islam dan halal darahnya.

[VIDEO] Pernyataan Imam Masjidil Haram, Adil Al-Kalbani, bahwa ISIS adalah penganut Wahabi Salafi

4. Bid’ah. Doktrin bahwa semua yang tidak ada di zaman Nabi adalah bid’ah dan semua bid’ah adalah sesat membuat Wahabi secara tidak langsung telah menyesatkan dirinya sendiri karena tidak konsisten antara ucapan dengan perbuatan. Contoh, peringatan maulid Nabi dianggap bid’ah dan sesat, tapi hari kemerdekaan Arab Saudi selalu diperingati tiap tahun. Juga, Wahabi secara rutin memperingati haul kematian Ibnu Utsaimin salah satu tokoh ulama mereka. Dan membangun gedung megah untuk museumnya sementara bekas tempat kelahiran Nabi dijadikan perpustakaan sangat kecil di sisi Baitullah. Lihat museum (mathaf) Ibnu Utsaimin di sini.

Bacaan rujukan:
Bid’ah itu Baik 1: Berdasar Quran dan Hadits
Bid’ah itu Baik 2: Pendapat Ibnu Taimiyah
Bid’ah itu Baik 3: Pendapat Madzhab Empat

BEDA ASWAJA DAN WAHABI

Dengan dana penyebaran yang tak terbatas dari kerajaan Arab Saudi dan para donatur fanatik Wahabi di seluruh dunia, maka inilah gerakan paling berbahaya saat ini yang berpotensi memporakporandakan persatuan Islam dan menjadi sumber utama kelemahan Islam di zaman ini.

Adanya gerakan Wahabi yang menyebar luas saat ini sekaligus menjadi kegembiraan kalangan non-muslim yang ingin melihat umat Islam terpecah belah dengan mudah tanpa perlu adanya campur tangan pihak eksternal.

Di kalangan mahasiswa, kalangan pengikut Wahabi banyak aktif di organisasi seperti KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). Sedangkan secara politik praktis mereka umumnya berada di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baik sebagai fungsionaris partai, kader atau simpatisan. Baca juga: Sikap FPI pada Wahabi dan Syiah

ORMAS ISLAM INDONESIA YANG BERAFILIASI SALAFI WAHABI

Ormas Islam di Indonesia yang secara aqidah terinspirasi dengan ajaran Wahabi antara lain:
– Muhammadiyah. Baca: Yunahar Ilyas: Akidah Muhmmadiyah itu sama dengan Wahabi

Walaupun demikian, ada kecenderungan di kalangan elit MD dan sebagian kalangan akar rumput untuk lebih moderat dan sedikit menjauh dari Wahabi yang murni.

– Al-Irsyad didirikan oleh Syekh Ahmad Surkati dari Sudan. Baca: Profil Al-Irsyad dan Biografi Ahmad Surkati
– PERSIS (Persatuan Islam) didirikan oleh A. Hassan Bandung,
– MTA,
– Hidayatullah
– dll.

Baca juga:
Beda Pesantren Salaf dan Salafi
Beda Aswaja, Salafi Wahabi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh

Buku dan kitab Rujukan dan referensi download di sini.

HIZBUT TAHRIR INDONESIA (HTI)
hizbut tahrir indonesia hti
Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) adalah bagian dari Hizbut Tahrir (HT) internasional yang didirikan oleh Taqiuddin Al-Nabhani. HT didirikan pada 1953 di Al-Quds, Palestina. Saat ini HT global dipimpin oleh Atha Abu Rashtah. Sedangkan HTI dipimpin oleh Rohmat S. Labib.

Adapun tujuan dari Hizbut Tahrir atau Partai Pembebasan adalah pendirian pan-Islamisme atau persatuan umat seluruh dunia. Tujuan ini sebenarnya baik. Kekurangan dari HT yang sangat fundamental adalah bahwa persatuan umat itu harus menundukkan diri di bawah payung politik tunggal dengan sistem Syariah Islam dan dipimpin oleh seorang Khalifah. Artinya, seluruh umat Islam dunia harus berada di bawah satu kepala negara yang disebut Khalifah sebagaimana pada zaman Khulafaur Rasyidun. Suatu cita-cita yang baik namun oleh banyak pihak dianggap terlalu utopis (mimpi) dan bertentangan dengan fitrah manusia yang beraneka ragam suku dan bangsa (QS Al-Hujurat ayat 13).

Pada akhirnya, gerakan ini hanya menjadi bagian dari dinamika keanekaragaman umat Islam dan relatif tidak begitu berkembang khususnya dalam konteks Indonesia. Di Indonesia, HTI masih kalah jauh kalau dibanding dengan gerakan Wahabi Salafi dalam perekrutan anggota baru terutama di kalangan mahasiswa di kampus-kampus maupun di luar kampus. Salah satu sebabnya adalah karena arahnya yang tidak jelas dan ketidakmauan kelompok ini untuk aktif dalam politik praktis sampai sistem khilafah ditegakkan. Suatu hal yang amat sulit terjadi untuk tidak mengatakan mustahil.

Paham Sesat Hizbut Tahrir

Menurut Nur Hidayat Muhammad dalam bukunya Benteng Ahlussunnah Wal Jama’ah, (Nasyrul Ilmi, Kediri, 2012) konsep ideologi HT yang tidak sesuai dengan Ahlussunnah adalab sebagai berikut:

– Akal sebagai penentu dalam menafsiri wahyu.
– Ingkar akan kebenaran dari adzab kubur.
– Membolehkan mencium wanita bukan istri baik dengan syahwat atau tidak. (Lihat, Fatwa Al-Nabhani dalam Nasyrah Al-Wa’i edisi 29/5/1970).[1]
– Boleh bersalaman dengan perempuan bukan mahram. (ibid).[2]
– Tidak percaya takdir atau qadha dan qadar (lihat, Al-Nabhani dalam Al-Syakhshiyah Al-Islamiyah, hlm. 1/74).
– Tidak percaya akan munculnya Dajjal diakhir zaman.
– Hadits ahad tidak boleh dijadikan dalil dalam akidah.
– Membolehkan negara Islam menyerahkan pajak kepada negara kafir.
– Tidak mengakui negara kesatuan Indonesia (NKRI)

Footnote

[1] Dalam Nashrah Jawab wa Sual (Buletin Tanya Jawab) Edisi 24 Rabiul Awal 1390 hijriah (شرة جواب وسؤال). Teksnya sbb:


ا حكم القبلة بشهوة مع الدليل؟ الجواب: … قد فهم من مجموع الأجوبة المذكورة أن القبلة بشهوة مباحة وليست حرامًا… لذلك نصارح الناس بأن التقبيل من حيث هو تقبيل ليس بحرام لأنه مباح لدخوله تحت عمومات الأدلة المبيحة لأفعال الإنسان العادية،

Artinya: Apa hukum mencium dengan syahwat disertai dalil? Jawab: Dipahami dari kumpulan jawaban yang sudah disebut bahawa mencium dengan syahwat itu boleh dan tidak haram… karena ia berada di bawah keumuman dalil yang membolehkan perbuatan manusia..

[2] Taqiuddin An-Nabhani dalam Al-Nizham Al-Ijtima’i fil Islam (النظام الاجتماعي في الإسلام), hlm. 35, menyatakan:


أما بالنسبة للمصافحة فإنه يجوز للرجل أن يصافح المرأة وللمرأة أن تصافح الرجل دون حائل بينهما

Artinya: Terkait dengan bersalaman / jabat tangan, maka boleh bagi laki-laki untuk berjabatan tangan dengan perempuan, dan wanita menyalami laki-laki tanpa pembatas (penghalang) antara keduanya.

Baca detail:

Penegasan Yusuf Sabatin Bolehnya Ciuman Bukan Mahram
Kesalahan Aqidah Hizbut Tahrir
Kesalahan Syariah Hizbut Tahrir


JAMAAH TABLIGH (JT)
jamaah tabligh
Jamaah Tabligh (Arab: جماعة التبليغ) adalah gerakan dakwah yang berasal dari India. Gerakan yang didirikan pada 1927 oleh Maulana Ilyas Al-Kandahlawi ini awalnya adalah gerakan lokal di kota Delhi, India. Lalu dengan cepat menjadi gerakan nasional dan internasional. Menurut perkiraan saat ini anggota dan simpatisannya mencapai sekitar 20 juta di lebih dari 210 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia Jamaah Tabligh juga tumbuh dan berkembang. Gerakan ini mudah berkembang karena bersifat tidak mengikat: anggota bisa masuk dan keluar kapan saja ia mau. Selain itu, JT tidak mengikatkan diri pada partai politik tertentu atau mazhab tertentu. Walaupun fikih pendirinya bermazhab Hanafi.

Oleh Wahabi gerakan ini dianggap bid’ah. Namun di mata ulama moderat, JT adalah gerakan dakwah yang baik dan tidak ada unsur-unsur di dalamnya yang berlawanan dengan syariah. Walaupun di sana sini terdapat plus dan minusnya sebagaimana umumnya di setiap gerakan apapun.

syiah naik haji

Presiden Iran Ahmadinejad sedang Tawaf Haji

Baca detail: Jamaah Tabligh Gerakan Sesat?

SYIAH

Syiah (Arab: شيعة‎) adalah kependekan dari Syiatu Ali atau pengikut Ali) adalah sekte sempalan dalam Islam yang berpandangan bahwa penerus Nabi Muhammad sebagai Khalifah adalah menantu dan sepupunya yang bernama Ali bin Abu Thalib. Aliran Syiah bertentangan dengan Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) atau Sunni. Dalam pandangan Sunni, Abu Bakar, bukan Ali bin Abu Thalib, adalah yang pantas menjadi Khalifah pertama yang kemudian diteruskan oleh Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan baru Ali bin Abu Thalib sebagai Khalifah keempat dari Khulafaur Rasyidin.

Secara garis besar, aliran Syiah terdiri dari tiga aliran yaitu, pertama, Syiah Itsna Asyariah atau Syiah Dua Belas Imam atau Syiah Imamiyah. Syiah Imamiyah ini umumnya berada di Iran. Kedua, Syiah Zaidiyah mayoritas berada di Yaman. Ketiga, Syiah Ismailiyah. Umumnya berada di India dan Pakistan. Baca juga: Sikap FPI pada Wahabi dan Syiah

Di Indonesia, penganut Syiah umumnya beraliran Syiah Imamiyah. Organisasi Syiah di Indonesia bernama IJABI atau Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia yang dipimpin dan didirikan oleh dedengkot Syiah Indonesia yaitu Jalaluddin Rahmat.

Apakah Syiah termasuk Islam atau bukan? Mayoritas ulama berpendapat Syiah bagian dari Islam walaupun dengan catatan. Kalangan Wahabi berpendapat Syiah bukan Islam, walaupun pemerintah Arab Saudi secara resmi menganggap Syiah adalah Islam. Terbukti, kaum Syiah dibolehkan naik haji setiap tahun. Hanya orang muslim yang dibolehkan melaksanakan ibadah haji dan masuk ke Tanah Haram Makkah Al-Mukarramah.
Baca detail: Pendapat Ulama Ahlussunnah tentang Syiah[]

TABAYUN

Sebagian pembaca meminta kami untuk tabayyun terlebih dahulu sebelum menulis artikel ini pada para anggota gerakan yang disebut di halaman ini. Tabayun atau klarifikasi memang penting karena itu perintah Allah dalam QS Al-Hujurat 49:6.

Sebagaimana diketahui bahwa tabayun bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara lisan atau tulisan. Tabayun secara lisan terutama diperlukan apabila menyangkut masalah individu. Ada berita terkait si fulan, maka kita tabayun dengan menanyakan secara langsung pada si fulan tentang kebenaran berita tersebut. Karena, hanya si Fulan pihak yang paling berhak untuk memberi klarifikasi. Si Fulan bisa saja memberi klarifikasi langsung secara lisan, atau melalui tulisan yang disiarkan di media atau medsos. Tabayun terbaik apabila terkait individu adalah melalui klarifikasi langsung secara lisan, apalagi dalam pertemuan empat mata.

Namun, apabila tabayun terkait suatu gerakan atau aliran, maka cara terbaik adalah dengan mengklarifikasinya melalui tulisan-tulisan esai, makalah atau buku yang ditulis oleh tokoh-tokoh dalam gerakan tersebut. Terutama para pendirinya.

Ingin tabayun tentang Wahabi Salafi, maka bacalah kitab-kitab karya Muhammad bin Abdil Wahab sebagai pendiri. Baca juga kitab-kitab karya ulama Wahabi Salafi lapis kedua seperti Al-Usaimin, Bin Baz, Albani, dll.

Ingin tabayun tentang Hizbut Tahrir, maka bacalah kitab-kitab karya An-Nabhani sebagai pendiri HT dan kitab-kitab lain karya para amir HT. Juga, kitab-kitab karya ulama yang resmi menjadi tokoh di Hizbut Tahrir lapis kedua.

Ingin tabayun tentang Syiah, maka baca kitab-kitab Syiah yang ditulis oleh para pendiri Syiah atau para ulama yang punya otoritas tinggi di kalangan Syiah.

Jadi, cara yang tepat untuk tabayun tentang suatu gerakan atau aliran agama, maka baca kitab-kitab mereka. Terutama kalau pendirinya sudah wafat seperti dalam kasus Wahabi Salafi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh, atau Syiah.

Bacaan lanjutan: Kelompok dan Aliran dalam Islam

]]>
http://www.alkhoirot.com/beda-wahabi-hizbut-tahrir-jamaah-tabligh-dan-syiah/feed/ 499
Tahfidz Al-Quran Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/tahfidz-quran-alkhoirot/ http://www.alkhoirot.com/tahfidz-quran-alkhoirot/#comments Thu, 10 Aug 2017 11:57:22 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=800 tahfidz al-quran
Tahfidz Al-Quran Al-Khoirot adalah program menghafal Quran yang merupakan salah satu program unggulan di Pondok Pesantren Al-Khoirot.  Program tahfiz (tahfizh) ini dapat diikuti oleh santri putra dan santri putri dan guru pembimbing yang berbeda pula sesuai dengan status gender. Santri hafizh putra akan dibimbing oleh Sayed Husain Syihab sedang santri hafidzah putri akan diasuh oleh Ny.Hj. Lutfiyah Syuhud dan Ny. Luthfiyah Karim . Walaupun merupakan program unggulan, namun Tahfiz Quran bersifat opsional dalam arti santri boleh mengikuti atau tidak. Program unggulan tapi opsional juga berlaku bagi program Bahasa Arab modern untuk santri putra dan santri putri.

Daftar Isi

  1. Profil Singkat Tahfidz Al-Quran Al-Khoirot
  2. Mengapa Santri Tahfidz Wajib Ikut Madin
  3. Ijazah Sanad Tahfidz
  4. Hukum Menghafal Quran 30 Juz
  5. Fadhilah dan Manfaat Hafal Al-Quran
  6. Hukum Lupa Hafalan Al-Quran
  7. Cara Cepat Menghafal Al-Quran
  8. Berita Tentang Tahfidz Al-Quran Al-Khoirot


PROFIL SINGKAT TAHFIDZ AL-QURAN AL-KHOIROT

Nama: Tahfidz Al-Quran Al-Khoirot
Tahun berdiri Tahfidz Putri: Maret 2012
Tahun berdiri Tahfidz Putra: Mei 2012
Pembimbing putra: Habib Husain Syihab
Pembimbing putri: Ny. Lutfiyah Syuhud dan Ny. Lutfiyah Karim
Biaya: Gratis bagi santri Ponpes Al-Khoirot
Cara daftar: Datang, daftar dan langsung diterima. Baca detail: Proses Pendaftaran Pesantren Al-Khoirot

Penting diketahui bahwa peserta tahfidz tetap wajib mengikuti program madrasah diniyah.

MENGAPA WAJIB IKUT MADRASAH DINIYAH

Sudah menjadi kebijakan pondok pesantren Al-Khoirot, bahwa seluruh santri tahfidz wajib mengikuti program madrasah diniyah. Adapun penempatan kelas di madrasah diniyah (madin) itu berdasarkan pada kemampuan ilmu agama dasar yang dimiliki masing-masing santri.

Mengapa santri tahfidz harus mengikuti program madin?

Pertama, ilmu yang dikaji di madin adalah ilmu agama dasar yang wajib hukumnya diketahui oleh setiap muslim. Sedangkan menghafal Quran hukumnya tidak wajib. Perkara yang wajib harus didahulukan dari yang tidak wajib.

Kedua, hafal Al-Quran tanpa disertai dengan pemahaman ilmu agama yang benar justru akan membuat individu terkait seperti membawa kitab sumber ilmu tanpa paham artinya. Dan itu tidak akan membawa manfaat bagi dirinya dan orang lain. Allah berfirman dalam QS Al-Jumah :5 “seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal.” Dalam Tafsir Thabari, hlm. 23/377, maksud ayat ini adalah “كمثل الحمار يحمل على ظهره كتبا من كتب العلم ، لا ينتفع بها ، ولا يعقل ما فيها” (Seperti keledai yang mengangkut kitab-kitab yang berisi ilmu di punggungnya tapi tidak bisa mengambil manfaat darinya dan tidak memahami apa isinya). Mujahid menafsiri ayat ini dengan: “يحمل كتبا لا يدري ما فيها ولا يعقلها” (Orang yang memegang kitab tapi tidak tahu isinya dan tidak memahaminya – Lihat ibid).

Ketiga, hafal Al-Quran tanpa disertai ilmu agama yang cukup akan membuat individu terkait menjadi sombong dan keblinger karena merasa sudah pintar. Padahal pemahamannya akan agama masih nol. Orang bodoh yang dianggap pintar sehingga merasa dirinya pintar akan menjadi orang yang berpotensi sesat dan menyesatkan orang lain. Orang awam mengira seorang hafidz Quran pasti pintar agama, maka mereka akan bertanya masalah syariah padanya. Ketika ada yang bertanya tentang hukum fikih padanya, maka ia akan merasa malu dan gengsi kalau tidak menjawab karena itu akan merusak reputasinya. Maka, ini akan menjadi awal langkahnya menyesatkan orang lain.

Keempat, kemampuan hafal Al-Quran, sebagaimana hafal hadits, hendaknya dijadikan sebagai bagian ilmu pendukung dari ilmu syariah. Karena, ilmu agama yang utama adalah ilmu syariah yang meliputi “memahami Quran, hadits dan ijtihad para ulama”. Pemahaman pada isi Quran, hadits dan para ulama fikih adalah tujuan utama. Dan hafal Quran dan hadits akan menjadi penguat dari pemahaman kita terhadap ilmu syariah. Dengan hafalan yang dimiliki, maka akan menjadi lebih mudah bagi seorang ulama untuk menyebutkan dalil-dalil dalam Quran dan hadits tanpa harus membuka kitab terkait.

IJAZAH SANAD AL-QURAN DARI AL-KHOIROT

Ijazah dan sanad sebenarnya tidak menjadi syarat bagi seorang hafidz Quran. As-Suyuthi dalam Al-Itqan fi Ulum al-Quran, “An-Nau 34 fi Kaifiyyati Tahammulihi: Fashl fi Kaifiyyati Al-Akhdzi Bi Ifrad Al-Qira’ati wa Jam’iha”, hlm. 1/330 menyatakan:


فائدة ثانية : الإجازة من الشيخ غير شرط في جواز التصدي للإقراء والإفادة ، فمن علم من نفسه الأهلية جاز له ذلك وإن لم يجزه أحد ، وعلى ذلك السلف الأولون والصدر الصالح ، وكذلك في كل علم ، وفي الإقراء والإفتاء ، خلافا لما يتوهمه الأغبياء من اعتقاد كونها شرطا . وإنما اصطلح الناس على الإجازة ; لأن أهلية الشخص لا يعلمها غالبا من يريد الأخذ عنه من المبتدئين ونحوهم ; لقصور مقامهم عن ذلك ، والبحث عن الأهلية قبل الأخذ شرط ، فجعلت الإجازة كالشهادة من الشيخ للمجاز بالأهلية .

Artinya: Ijazah dari seorang guru bukanlah sebuah syarat bolehnya mengajar dan membacakan kitab. Selama seseorang punya keyakinan bahwa dia sudah ahli maka boleh baginya untuk membacakan dan berfatwa walaupun dia tidak mendapat ijazah dari siapapun. Pendapat ini dianut kalangan salafus sholeh. Begitu juga dalam setiap ilmu. Dalam mengajar atau berfatwa. Berbeda dengan yang diduga oleh kalangan orang bodoh yang berkeyakinan bahwa ijazah itu menjadi syarat. Bahwasanya ada orang yang menganggap perlu adanya ijazah itu karena keahlian seseorang umumnya tidak dapat dicapai tanpa guru. Sedangkan keahlian itu menjadi syarat untuk mengajar. Maka ijazah itu ibarat sertifikat dari guru pada murid atas tercapainya suatu keahlian.

Namun, bagi santri tahfidz yang menginginkan ijazah dan sanad setelah selesainya program hafalan 30 juz, maka Al-Khoirot akan memberikan kepada mereka ijazah dan sanad tersebut. Kami juga akan memberikan sanad dan ijazah bagi hafidz yang belum selesai 30 juz apabila diinginkan dan bacaannya sudah dianggap baik.

Program Al-Khoirot yang lain:

Seluruh program di bawah ini berlaku untuk santri putra dan putri:

Madrasah Diniyah
Bahasa Arab Klasik atau Kitab Kuning
Bahasa Arab Modern
Quran Tartil
– Pendidikan Formal (MTs dan MA)
Pesantren Kilat (Ramadhan dan Luar Ramadhan)
Pesantren Dewasa

Ket. gambar: Santri Al-Khoirot Putra sedang membaca Al-Quran
Tahfidz Al-Qur'an Al-Khoirot


HUKUM MENGHAFAL AL-QURAN 30 JUZ

Hukum menghafal Al-Quran 30 juz adalah fardhu kifayah. Artinya, apabila sudah ada yang hafal Al-Quran maka yang lain gugur kewajiban, namun apabila tidak ada yang hafal sama sekali, maka semua berdosa. Imam Nawawi dalam Al-Tibyan berkata:


اعلم أن حفظ القرآن فرض كفاية على الأمة، صرح به الجرجاني في الشافي والعبادي وغيرهما، قال الجويني: والمعنى فيه أن لا ينقطع عدد التواتر فيه فلا يتطرق إليه التبديل والتحريف، فإن قام بذلك قوم يبلغون هذا العدد سقط عن الباقين، وإلا أثم الكل، وتعليمه أيضاً فرض كفاية، وهو أفضل القرب، ففي الصحيح خيركم من تعلم القرآن وعلمه.

Artinya: Ketahuilah bahwa hafal Al-Quran hukumnya fardhu kifayah bagi umat Islam. Al-Jurjani menjelaskan dalam Al-Syafi begitu juga Al-Ubadi dan lainnya. Al-Juwaini berkata: Maksudnya adalah bahwa hendaknya tidak terputus orang yang hafal Quran dalam jumlah mutawatir sehingga tidak ada jalan (bagi musuh Islam) untuk mengganti atau merubahnya.

Ibnu Muflih dalam Al-Adab Al-Syar’iyah, hlm. 2/33 berkata:


قال الميموني : سألت أبا عبدالله ( يعني الإمام أحمد ) أيهما أحب إليك أبدأ ابني بالقرآن أو بالحديث ؟ قال : لا بالقرآن ،قلت : أعلمه كله ؟ قال : إلا أن يعسر ، فتعلمه منه .

Artinya: Al-Maimuni berkata: Aku bertanya pada Imam Ahmad bin Hanbal “Mana yang lebih disukai bagimu aku memulai belajar Quran atau hadits?” Ahmad bin Hanbal menjawab: “Dengan Al-Quran.” Aku bertanya “Apakah aku ajarkan semuanya?” Imam Ahmad menjawab, “Ya, kecuali apabila sulit maka ajarkan sebagian Al-Quran.”


FADHILAH MANFAAT HAFAL AL-QURAN

– MEREKA ADALAH KELUARGA ALLAH SWT.

Sabda Rasulullah s.a.w:

“Dari Anas ra. Ia berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda, “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah s.a.w bertanya: “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: “Iaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Al- Quran dan mengamalkan isinya).Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.

– DI TEMPATKAN SYURGA YANG PALING TINGGI

Sabda rasulullah s.a.w:
“Dari Abdullah Bin Amr Bin Al Ash ra dari nabi s.a.w, baginda bersabda; Diakhirat nanti para ahli Al Quran di perintahkan, “Bacalah dan naiklah kesyurga. Dan bacalah Al Quran dengan tartil seperti engkau membacanya dengan tartil pada waktu di dunia. Tempat tinggal mu di syurga berdasarkan ayat paling akhir yang engkau baca.”

– AHLI AL QURAN ADALAH ORANG YANG ARIF DI SYURGA

Sabda rasulullah s.a.w “Daripada Anas ra. Bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda; “Para pembaca Al Quran itu adalah orang-orang yang arif di antara penghuni syurga.”

– PENDAPAT IMAM NAWAWI

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk 1/66 berkata:


وأول ما يبتدئ به حفظ القرآن العزيز فهو أهم العلوم ، وكان السلف لا يُعلِّمون الحديث والفقه إلا لمن حفظ القرآن

Hal Pertama ( yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu ) adalah menghafal Al Quran, karena dia adalah ilmu yang terpenting, bahkan para ulama salaf tidak akan mengajarkan hadits dan fiqh kecuali bagi siapa yang telah hafal Al Quran. Kalau sudah hafal Al Quran jangan sekali- kali menyibukan diri dengan hadits dan fikih atau materi lainnya, karena akan menyebabkan hilangnya sebagian atau bahkan seluruh hafalan Al Quran.

Khatib Al-Baghdadi dalam Al-Jamik Li Akhlaq Al-Rawi wa Adab Al-Samik, hlm. 1/106:


ينبغي للطالب أن يبدأ بحفظ كتاب الله عز وجل إذ كان أجل العلوم وأولاها بالسبق والتقديم . .

Artinya: Pelajar hendaknya memulai dengan menghafal Al-Quran karena ia ilmu termulia dan paling utama untuk didahulukan.

–  KECERDASAN MENINGKAT

Menurut Sobari Sutarip Penghafal al-Qur’an itu hidupnya akan sukses dunia akhirat dan ini bisa dibuktikan secara ilmiah dan naqliyah. Sebagai contoh, saintis Muslim al-Khowarizmi yang hafal al-Qur’an dan juga ahli di bidang matematika.

HUKUM LUPA HAFALAN AL-QURAN

Hukum Lupa Hafalan Al-Quran

Ketika kita sudah hafal Al-Quran, maka hendaknya dipastikan untuk menjadikannya sebagai bacaan rutin harian agar tidak lupa. Karena, melupakan bacaan Al-Quran yang dibacanya adalah dosa, bahkan sebagian ulama menyatakan dosa besar.

Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshari dalam Asnal Matolib, hlm. 1/64, menyatakan:


( ونسيانه كبيرة ) , وكذا نسيان شيء منه لخبر عرضت علي ذنوب أمتي فلم أر ذنبا أعظم من سورة من القرآن أو آية أوتيها رجل ثم نسيها وخبر من قرأ القرآن ثم نسيه لقي الله – – يوم القيامة أجذم رواهما أبو داود ) .

Artinya: Melupakan hafalan Al Quran itu dosa besar. Begitu juga lupa pada sebagiannya berdasarkan hadits (Nabi bersabda): “Aku diperlihatkan atas dosa umatku. Aku tidak melihat dosa yang lebih besar dari orang yang hafal Al Quran atau satu ayat lalu melupakannya.” Dan hadist “Barangsiapa membaca Al Quran lalu melupakannya .. maka ia akan bertemu Allah dalam keadaan seperti sakit kusta.” (Kedua hadits riwayat Abu Dawud)
Lebih detail: Hukum Lupa Hafalan Al Quran


CARA CEPAT MENGHAFAL AL-QURAN

Menghafal bagi yang tidak biasa adalah sulit. Apalagi kalau harus menghafal 30 juz Al-Quran. Selain sulit memulai hafalan, juga tidak mudah mempertahankan hafalan yang sudah ada. Beberapa ahli memberi sejumlah saran agar menghafal Al-Quran menjadi mudah dan menyenangkan sbb:

11 LANGKAH AGAR MUDAH DAN CEPAT MENGHAFAL AL-QURAN

1. Ikhlas dalam belajar dan mengajar Al-Quran. Allah berfirman [وما أمروا إلا ليعبدوا الله مخلصين له الدين]. Nabi bersabda: [ إنما الأعمال بالنيات]. Di samping itu, pelajar harus menumbuhkan motivasi keimanan dan keinginan kuat untuk menghafal Al-Quran.

2. Menghafal di waktu kecil itu lebih baik. Pepatah Arab menyatakan: [ الحفظ في الصغر كالنقش في الحجر] Menghafal di waktu kecil bagi mengukir di batu.

3. Memilih tempat dan waktu menghafal.

4. Bacaan harus baik dan tartil sesuai aturan ilmu tajwid. Allah berfirman [ورتل القرآن ترتيلا]. Bacaan Al-Quran yang baik dan benar harus didahulukan dari menghafal.

5. Mushaf (cetakan kitab Al-Quran) cukup satu saja. Jangan pindah-pindah. Dan pilihlah mushaf yang ayatnya berakhir di akhir halaman agar supaya bisa berkesan di ingatan kita saat proses penghafalan.

6. Menghubungkan antara makna satu ayat dengan ayat lainnya akan membuat lebih melekat hafalannya. Pemahaman yang menyeluruh menjadi jalan untuk hafal secara sempurna, sedang pengulangan akan melindungi hafalan baru agar menetap dan tidak hilang.

7. Menghafal setiap hari dan teratur itu lebih baik daripada menghafal secara terputus-putus. Sedangkan hafalan dengan cara lambat dan terarah itu lebih utama daripada hafalan secara cepat. Fokus pada ayat-ayat yang mirip akan menghilangkan kebingunan dalam menghafal.

8. Jalin hubungan baik dengan guru pengajar atau pembimbing.

9. Barengi hafalan dan bacaan dengan amal perbuatan. Komitmen meninggalkan maksiat dan mengamalkan ketaatan pada Allah.

10. Pentingnya muroja’ah (pengulangan) secara terus menerus pada ayat yang sudah dihafal.

11. Memohon pada Allah dengan doa dan memohon pertolongan pada-Nya adalah sangat penting dalam menghafal Al-Quran.

METODE USTADZ YUSUF MANSYUR

Ustadz Yusuf Mansyur menyatakan bahwa cara menghafal Al-Quran supaya cepat hafal dan tidak mudah lupa itu harus melakukan dua perbaikan yaitu perbaikan mental dan perbaika metode.

Pertama, perbaikan mental. Yang dimaksud perbaikan mental ada lima yaitu: doa, niat, mengetahui fahdilah (keutamaan) hafal Al-Quran agar motivasi tetap tinggi, punya target, dan banyak beramal ibadah agar hati bersih.

Kedua, metode menghafal yang benar, dalam hal ini ada tiga yaitu (a) jangan ganti-ganti mushaf (kitab suci Al-Quran); (b) satu ayat atau satu baris baca diulang 20 kali; (c) apabila ayatnya panjang, maka bagi menjadi beberapa penggalan dan setiap penggalan diulang sebanyak 20 kali.

METODE DR. ABUL HASAN AHMADI SHAHROKHTI

Dr. Abul Hasan Ahmadi Shahrokhti adalah qari tingkat internasional dari Iran, memiliki metode sebagai berikut:

(a) Niat yang tulus dan konsistensi serta pemaknaan (pemahaman) Quran harus diutamakan. Jangan sampai kita bekerja keras menghafal Quran, tetapi pemaknaan dan pengamalan terabaikan. Apa gunanya hafal Quran, tetapi akhlaknya tidak Qurani?

(b) Baca bagian Al-Quran yang mudah (QS Al-Muzamil :20) dan membacanya berulang-ulang sehingga hafal seakan-akan tanpa sengaja. Bukan sengaja menghafal. Jadi, menghafal Al-Quran dengan tidak menghafal.

(c) Hindari memaksakan diri atau bekerja keras untuk hafal karena akan sulit dilakukan.

(d) Cara menghafal bagi anak-anak: pembiasaan, membaca Quran bersama-sama, perdengarkan kaset tilawah, dongengkan tentang cerita-cerita dalam Quran, terangkan makna ayat-ayat Quran. Nah, melalui cara-cara ini, anak akan hafal dengan sendirinya sekaligus paham makna ayat.

KONSEP SOBARI SUTARIP

Menurut Sobari Sutarip, menghafal Quran itu mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun dengan syarat sebagai berikut:

(a) Ada niat yang kuat dan tulus karena Allah; (b) meminta kepada yang menurunkan al-Qur’an supaya dipantaskan menjadi penghafal al-Qur’an.


BERITA TENTANG TAHFIDZ AL-QURAN AL-KHOIROT

Pada masa-masa mendatang, tampaknya akan banyak kalangan huffadz (orang yang hafal Al-Quran) yang berasal dari Ponpes Al-Khoirot Malang. Pasalnya, pesantren ini akan membuka program Tahfidzul Quran. Kebenaran berita itu dikonfirmasi oleh KH. Muhammad Hamidurrohman salah satu Dewan Pengasuh PP Al-Khoirot (PPA) Malang yang menjadi koordinator program ini.

“Benar. Sejak tahun ajaran 2012-2013, PPA akan menyelenggarakan program baru yaitu menghafal Kitab Suci Al-Quran untuk santri putra dan putri.” katanya.

Dan ternyata program baru ini mendapat sambutan yang di luar dugaan dari para santri. Sejak pendaftaran pertama dibuka, tak kurang dari 30-an santri mengajukan permohonan untuk mengikuti program ini.

Husain, salah satu santri yang terdaftar dalam program ini menulis dalam blognya tentang betapa pentingnya tahfidz baik dari segi keutamaannya dan antusiasnya kalangan santri dan wali santri atas program ini.

Menutip sebuah hadits, Husain mengatakan fadilah menghafal Al-Quran yang antara lain sebagai berikut:

Hifzhul Qur’an merupakan nikmat rabbani yang datang dari Allah
Bahkan Allah membolehkan seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Qur’an,
“Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat’” (HR. Bukhari)

Bahkan nikmat mampu menghafal Al Qur’an sama dengan nikmat kenabian, bedanya ia tidak mendapatkan wahyu,
“Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Qur’an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya.” (HR. Hakim)

Adanya program tahfidzul Quran juga dianggap perlu oleh Imam Syahrowardi. Dalam blognya dia mengatakan, “menurut saya pribadi perlu. Hal tersebut untuk menambah program pesantren dan persiapan apabila ada wali santri atau simpatisan, yang akan memondokkan anaknya hanya untuk menghafal Al-Qur’an.”

Kendati demikian, KH M. Hamidurrohman menegaskan bahwa program tahfidz adalah program tambahan. Artinya, “Santri tetap wajib mengikuti program utama seperti pendidikan formal dan diniyah serta pengajian kitab.”

Program tahfidzul Quran untuk santri putri sudah dimulai sejak bulan Maret 2012. Sedangkan untuk santri putra pada hari Senin (malam Selasa) 14 Mei 2012. Program ini akan diasuh oleh Sayyid Husain bin Syihab dari Brongkal, Pagelaran, Malang.[]

]]>
http://www.alkhoirot.com/tahfidz-quran-alkhoirot/feed/ 827
Biaya dan Proses Pendaftaran Pesantren Al-Khoirot 2017-2018 http://www.alkhoirot.com/biaya-pendaftaran-pesantren/ http://www.alkhoirot.com/biaya-pendaftaran-pesantren/#comments Tue, 11 Jul 2017 23:48:04 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=526 Biaya dan Daftar Pesantren

Biaya, syarat dan Proses Pendaftaran Pondok Pesantren Al-Khoirot dikenal sebagai pesantren berkualitas tinggi yang pro-rakyat miskin dalam segi pembiayaan. Karena biaya yang dibebankan pada para santri dan siswa tergolong sangat kecil dibanding dengan (a) biaya di pesantren dan lembaga pendidikan lain; dan (b) kualitas belajar mengajar yang ditawarkan. Berikut jumlah biaya yang diperlukan dan cara daftar masuk ponpes Al-Khoirot Malang Jatim untuk tahun akademik 2017-2018

DAFTAR ISI

  1. Pendaftaran dan Penerimaan
  2. Biaya Penerimaan Pesantren
  3. Biaya Penerimaan Sekolah MTs MA
  4. Biaya Bulanan Putra Putri
  5. Biaya Makan dan Laundry
  6. Yang Gratis di PP Al-Khoirot
  7. Download Formulir Pendaftaran
  8. Biaya Pendaftaran Pesantren Putri
  9. Proses Pendaftaran dan Penerimaan di Pesantren
  10. Proses Daftar Masuk Pesantren dan Madrasah Diniyah
  11. Proses Daftar Masuk MA MTs Al-Khoirot
  12. Syarat Siswa Pindahan
  13. Cara Daftar Santri Luar Negeri
  14. Program PP Al-Khoirot
  15. Rute Jalan Ke PP Al-Khoirot
  16. Dari Bandara Surabaya atau Malang ke PPA
  17. Naik Kereta Api
  18. Nomor Telepon PP Al-Khoirot
  19. Alamat KBRI Dan Konjen Di Malaysia

Penting: PP Al-Khoirot menganut sistem santri & siswa yang terintegrasi. Artinya, santri harus ikut pendidikan formal SLTP SLTA (kecuali yang sudah lulus SLTA) dan semua siswa harus tinggal di dalam kompleks pesantren dan mengikuti seluruh program pesantren termasuk madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning (klasik) oleh pengasuh.

Berikut biaya pendaftaran dan penerimaan santri dan siswa baru di Pondok Pesantren Al-Khoirot Putra dan Putri:

I. BIAYA PENDAFTARAN SANTRI DAN SISWA PUTRA

Biaya pendaftaran dan biaya bulanan pendidikan pesantren periode 2017 adalah sebagai berikut:

A. Biaya Pendaftaran Pesantren dan Madrasah Diniyah

  • Biaya masuk : Rp. 330.000
  • Infaq pembangunan:  Rp. 300.000
  • Total: Rp. 630.000 (lima ratus delapan puluh lima ribu)


B. Biaya Pendaftaran dan Penerimaan Sekolah Formal

1. Biaya masuk SLTP / MTs Al-Khoirot: Rp. 400.000.
2. Biaya masuk SLTA / MA Al-Khoirot: Rp. 490. 000.

– Biaya total apabila masuk pesantren dan sekolah SLTP/MTS Putra: Rp. 630.000 + 400.000 = Rp. 1.030.000
– Biaya total apabila masuk pesantren dan sekolah SLTA/M.A Putra: Rp. 630.000 + 490. 000 = Rp. 1.120.000.


C. Biaya Bulanan Putra

Biaya bulanan (syahriyah) untuk sekolah formal, madrasah diniyah (madin) dan pesantren putra adalah sebagai berikut:

Biaya Santri yang tidak sekolah formal: 50.000 dengan rincian sbb:

– Infaq MADIN : Rp. 10.000
– Listrik, air & sarana prasarana: Rp. 20.000
– Iuran pembangunan : Rp. 20.000
____________________________________________
Jumlah Rp. 50.000

Biaya Bulanan Siswa MTS dan MA Putra

– Siswa MTS = 35.000
– Siswa MA = 40.000

Total Biaya Wajib Perbulan

1. Siswa MTS 35.000 + 45.000 = 80.000 (delapanpuluh ribu)
2. Siswa MA 40.000 + 45.000 = 85.000 (delapanpuluh lima ribu)

Catatan:

Untuk santri yang sekolah formal, pembayaran sekolah formal langsung persemester baik MTs maupun MA Al-Khoirot dan pembayaran tersebut bisa di cicil sampai waktu pelaksananaan ujian.

– Download: Rincian Biaya Santri Baru Al-Khoirot Putra 2017/2018


Biaya Makan dan Laundry Putra

1. Biaya makan perbulan bervariasi. Yang termurah Rp. 150.000 makan dua kali (pagi dan sore).
2. Biaya laundry/cuci seterika Rp. 3.500/kg

– Makan dan laundry adalah pilihan. Bukan kewajiban.
– Santri boleh mencuci sendiri
– Santri boleh memilih kantin yang ada di dalam kompleks pesantren untuk kos makan bulanan.
– Santri tidak boleh memasak sendiri.


II. BIAYA PENDAFTARAN SANTRI DAN SISWA PUTRI

Biaya total apabila masuk pesantren dan sekolah SLTP/MTS Putri: Rp. 1.560.000
Biaya total apabila masuk pesantren dan sekolah SLTA/MA Putri: Rp. 1.590.000

Biaya di atas sudah termasuk biaya SPP, dan Seragam 3 stel

BIAYA BULANAN SANTRI DAN SISWA PUTRI

Siswa MTS : 75,000
Siswa MA : 100.000

Biaya lain:

– Makan dua kali : mulai dari 150.000
– Laundry : 3.500/kg (opsional, bicara cuci sendiri)


III. PROSES PENDAFTARAN SANTRI AL-KHOIROT

Proses pendaftaran masuk ke pesantren Al-Khoirot Malang sangat mudah. Pada prinsipnya, begitu Anda berniat dan memutuskan untuk belajar di pesantren Al-Khoirot, maka Anda dapat langsung datang dengan membawa perbekalan secukupnya dan langsung tinggal di pesantren. Karena kami tidak menerapkan sistem seleksi terlebih dahulu. Inilah tradisi pesantren salaf yang tetap kami pertahankan yang menerima langsung seluruh santri yang hendak nyantri di pesantren tanpa melihat latar belakang sosial, ekonomi maupun “tampilan fisik”.

III.A. PROSES DAFTAR MASUK PESANTREN DAN MADRASAH DINIYAH

1. Waktu pendaftaran: awal tahun ajaran dan awal pendaftaran adalah 17 Syawal setiap tahunnya. Sedangkan bagi santri pindahan dan santri dewasa sepanjang waktu dan sepanjang tahun.
2. Tempat: Kantor Pesantren dan Madin Putra untuk santri putra dan Kantor Pesantren Putri untuk calon santri putri.
3. Memilih kamar yang akan ditempati.
4. Dites untuk penempatan kelas madrasah diniyah. Sedangkan untuk siswa formal ditempatkan berdasarkan ijazah atau rapor terakhir.

III.B. PROSES DAFTAR MASUK SEKOLAH MTS MA

1. Waktu pendaftaran: jam 07.00 s/d 12.00 WIB. Pada bulan Syawal mulai tanggal 17 setelah lebaran Idul Fitri. Dan sepanjang tahun untuk siswa pindahan dari sekolah lain.
2. Tempat: Kantor Al-Khoirot putra untuk calon siswa putra dan Kantor Al Khoirot Putri untuk calon siswa putri.
3. Akan ditempatkan di asrama berdasarkan sekolah. Siswa MTs akan berada di asrama MTs dan siswa MA akan berada di asrama khusus MA.

IV. DOWNLOAD SYARAT DAN BIAYA PENDAFTARAN SISWA DAN SANTRI BARU

– Download: Rincian Biaya Santri Baru Al-Khoirot Putra 2017/2018

Catatan: Formulir pendaftaran dapat diperoleh saat mendaftar.


D. Yang Gratis di PP Al-Khoirot

1. Formulir pendaftaran: Gratis
2. Daftar ulang setiap tahun: Gratis
3. Menghafal Al-Quran: Gratis
5. Bahasa Arab Modern: Gratis
4. Program Qiroah Taghanni (berlagu): Gratis.
5. Karatedo: Gratis.
6. Al-Banjari: Gratis.

SISWA PINDAHAN

Kami menerima siswa pindahan sepanjang tahun. Dan bagi siswa pindahan yang di sekolah sebelumnya selesai kelas 1 SLTP atau SLTA, maka ia akan langsung masuk kelas 2 di MTS atau MA Al-Khoirot.

Namun bagi siswa yang di sekolah sebelumnya selesai di kelas 2 SLTP (kelas 8) atau SLTA (kelas 11), maka di Al-Khoirot ia akan tetap berada di kelas 2 alias harus mengulang kembali.
Lebih detail:
Pindahan dari SLTP (SMP, MTs)
Pindahan dari SLTA (SMA, SMK, MA)

CARA DAFTAR SANTRI LUAR NEGERI

Informasi lebih detail tentang santri/pelajar luar negeri baca: Santri Internasional
Pondok Pesantren Al-Khoirot akan membuatkan surat penerimaan santri dan surat permohonan pembuatan Visa setelah calon santri mengirimkan dokumen berikut:

A. Bagi Santri yang Ingin Belajar 2 Bulan atau Lebih

1. Data diri yang sesuai dengan Kartu Identitas (ID card), atau
2. Data diri yang sesuai dengan Paspor.

File mohon dikirim ke alamat email: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

B. Bagi Santri yang Ingin Belajar Kurang dari 1 Bulan

Bagi santri luar negeri yang ingin belajar / mengaji di Al-Khoirot selama 1 bulan atau kurang dari 1 bulan, maka ia bisa langsung datang ke Pesantren Al-Khoirot dengan memakai visa kunjungan (tourist visa) yang dapat diperoleh di Kedutaan Indonesia (Embassy) terdekat atau di Indonesia airport (visa on arrival).

Info lebih lanjut hubungi via cellphone:
Telpon kantor: 0341-879730
Khoiruman: 0823-3480-1555 (Ketua Pondok)
Ali Mahfudz: 0823-3373-5161 (Koordinator Santri Dewasa)
Edi Purwanto: 0856-4315-3185 (Sekretaris)
Husain: 0857-0000-1029


PROGRAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT MALANG

Program Pendidikan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang


RUTE JALAN KE PP AL-KHOIROT MALANG

Lokasi dan alamat pos Pesantren Al-Khoirot adalah Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 1
Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang 65174, Jawa Timur.

Adapun rute jalan menuju Pondok Pesantren Al-Khoirot Putra dan Putri adalah sebagai berikut:

1. Dari arah utara: Madura, Surabaya, Pasuruan, Malang via Kepanjen

A. Bawa kendaraan sendiri: Kota Malang -> Kepanjen -> 7 km ke arah Gondanglegi (arah timur) -> turun di Indomaret Karangsuko.

B. Naik angkutan: Kota Malang -> Kepanjen -> naik angkot atau ojek 7 km ke arah Gondanglegi -> turun di Indomaret Karangsuko.

C. Naik kereta api dari Surabaya atau Malang turun di Stasiun Kepanjen -> naik angkot atau ojek 7 km ke arah Gondanglegi -> turun di Indomaret Karangsuko.

2. Dari utara: Madura, Surabaya, Pasuruan, Malang via Gondanglegi

A. Bawa kendaraan sendiri: Dari Kota Malang -> Gondanglegi -> 5 km ke arah Kepanjen -> turun di Indomaret Karangsuko.

B. Naik angkutan: Kota Malang -> Gondanglegi  -> naik angkot atau ojek 5 km ke arah Kepanjen  -> turun di Indomaret Karangsuko.

C. Naik kereta api dari Surabaya turun di stasiun Malang -> naik angkot ke Gondanglegi -> naik angkot atau ojek 5 km ke arah Kepanjen turun di Indomaret Karangsuko.
Catatan: Kalau naik kereta api sebaiknya turun di stasiun Kepanjen.

3. Dari arah barat: Kediri, Madiun, Blitar, Tulungagung, Semarang, Bandung, Jakarta

A. Bawa kendaraan sendiri: sesampai di kota Kepanjen -> 7 km ke arah Gondanglegi turun di Karangsuko Indomaret

B. Naik angkutan: naik bus jurusan Malang turun di Kepanjen -> naik angkot atau ojek 7 km ke arah timur arah Gondanglegi turun di Karangsuko Indomaret.

C. Naik kereta api dari Kediri/Blitar turun di Stasiun Kepanjen -> naik angkot atau ojek 7 km ke arah Gondanglegi -> turun di Karangsuko Indomaret.

4. Dari arah timur: Jember, Lumajang, Dampit, Turen

A. Bawa kendaraan sendiri: Turen -> Gondanglegi -> 4 km ke arah Kepanjen turun di Karangsuko.

B. Naik angkutan: Turen -> Gondanglegi -> 4 km ke arah Kepanjen -> turun di Karangsuko


DARI BANDARA JUANDA SURABAYA ATAU BANDARA MALANG

Bagi santri baru yang datang melalui Bandara Juanda Surabaya atau Bandara Abdurrahman Saleh Malang, maka anda dapat sampai ke Ponpes Al-Khoirot dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Dari bandara (airport) naik mobil travel sampai Al-Khoirot. Dari bandara Surabaya tarifnya Rp. 100.000 untuk satu orang dan Rp. 400.000 untuk 2 orang atau lebih. Kalau dari bandara Malang, tarifnya Rp. 300.000 untuk 1 orang atau lebih (harus menyewa satu mobil).

Travel yang Bisa Dihubungi

a) Indo Travel. Bpk. Mukhlis: HP. 0822-2777-4722
b) Bumi Travel HP. 081-233-676-399 atau 085-855-855-491
Perhatian: Harap hubungi nomor di atas minimal sehari sebelumnya untuk minta dijemput.
Baca detail: Petunjuk Jalan dari Bandara ke Al-Khoirot

2. Menelpon pesantren Al-Khoirot untuk meminta dijemput ke Bandara. Kami akan menjemput anda langsung ke Bandara. Biaya sewa mobil dan sopir ditanggung sendiri.

Permintaan penjemputan harus dilakukan minimal 2 (dua) hari sebelumnya.

Nomor yang bisa dihubungi untuk minta jemput adalah sbb:
Bpk Mukhlis (Indo Travel): HP. 0822-2777-4722

3. Dari bandara naik taksi ke terminal bus terdekat.

Misalnya, dari bandara Juanda Surabaya naik taksi ke terminal bus Bungurasih Surabaya -> naik bus jurusan Blitar dan turun di Kepanjen (pastikan tanya pada supir bahwa busnya lewat Kepanjen). Sesampai di Kepanjen, naik angkot atau ojek ke Karangsuko (jaraknya 7km).

Kalau dari bandara Malang, naik taksi ke terminal angkutan kota Gadang -> cari angkutan jurusan Gondanglegi. Sesampai di Gondanglegi, naik angkot atau ojek ke Karangsuko.

STASIUN KERETA API KEPANJEN MALANG
stasiun kepanjen Malang
Apabila Anda tidak membawa kendaraan sendiri, maka cara terbaik dan termudah bagi mereka yang berasal dari kawasan utara Malang (seperti Surabaya, Sidoarjo) atau dari kawasan baratnya Malang (seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah) adalah dengan naik kereta api yang melewati Stasiun Kereta Api Kepanjen, Malang. Karena, dari stasiun Kepanjen lokasi Al-Khoirot sudah cukup dekat, sekitar 7 km. Tinggal naik angkutan kota atau ojek ke arah timur yakni desa Karangsuko. Kalau naik angkot, turun di simpang tiga Indomaret Karangsuko (berjalan kaki 100 meter ke arah selatan. Kalau naik ojek, sesampai di simpang tiga Indomaret Karangsuko, belok kanan dan langsung turun di halaman pesantren.

Penting: Pastikan anda turun di Stasiun Kepanjen, BUKAN stasiun kota Malang. Stasiun Kepanjen berjarak sekitar 14 km di sebelah selatan Stasiun Malang.

Berikut daftar Kereta Api yang turun dan lewat di Kepanjen Malang:

– Gajayana, tujuan Malang dan tujuan Jakarta
– Malabar, tujuan Malang dan tujuan Bandung (kelas eksekutif-bisnis-ekonomi AC)
– Malioboro Ekspres, tujuan Malang dan tujuan Yogyakarta (kelas eksekutif-ekonomi AC)
– Majapahit, tujuan Malang dan tujuan Jakarta via Semarang
– Matarmaja, tujuan Malang dan tujuan Jakarta via Semarang
– Penataran, tujuan Surabaya (Gubeng atau Kota) via Malang dan tujuan Blitar

Lebih detail: Jadwal Kereta Api dari dan ke Kepanjen Malang

LOKASI AL-KHOIROT DALAM PETA


NOMOR TELEPON

Berikut alamat kontak telpon yang dapat dihubungi bagi yang ingin menanyakan lokasi pesantren atau informasi lebih detail terkait pesantren Al-Khoirot dan sekolah MTs & MA Al-Khoirot.

No Telpon Putra

Pesantren

Telpon kantor: 0341-879730
Khoiruman: 0823-3480-1555 (Ketua Pondok)
Ali Mahfudz: 0823-3373-5161 (Koordinator Santri Dewasa)
Edi Purwanto: 0856-4315-3185
Husain: 0857-0000-1029

MA Al-Khoirot

Kholilurrohman: 0815-5599-9175
Imamsyah: 0858-5599-9549

MTs Al-Khoirot

Habib Ubaidillah: 0815-5482-7238 (Kepala Sekolah)
Zaironi: 0857-5561-8466

No. Telpon Putri

Kantor Sekolah Putri: 081555327272
Kantor PPA Putri: 0816-1561-3555
Kantor PPA Putri: 0341-7446338

ALAMAT KBRI DAN KONJEN DI MALAYSIA

Bagi calon santri yang berasal dari Malaysia berikut alamat Embassy atau Kedutaan Besar RI (KBRI) dan Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Malaysia untuk mengurus visa belajar (student visa):

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (KBRI Kuala Lumpur)

Alamat: No. 233 Jalan Tun Razak, WP Kuala Lumpur 50400, P.O. BOX 10889, Malaysia
Tel: +603-2116-4016/4017
Fax: +603-2141-7908
Email : info@kbrikualalumpur.org
Website: www.kbrikualalumpur.org

KJRI Johor Bahru, Malaysia

Alamat: No. 46, Jl. Taat, 80100 Johor Bahru – Malaysia
Telp. +60 19 7902000

KJRI Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

Alamat: Lorong Kemajuan, Karamunsing 88000 Kota Kinabalu, Sabah.Peti Surat 11596, 88817 Kota Kinabalu Sabah – Malaysia.
Telp. +60 88 219110, 218600
Email : kotakinabalu@kemlu.go.id

KJRI Tawau, Malaysia

Alamat: Bangun Yun Fah, Batu 21/2, Jalan Sin Onn, 91000, Tawau, Sabah – Malaysia
Telp. +60 89 772052, 752969
Email : tawau.kri@kemlu.go.id

KJRI Kuching Sarawak, Malaysia

Alamat: No. 21, Lot 16557, block 11, MTLD Jalan Stutong, 93350 Kuching,Sarawak, Malaysia.
Telp. +60 82 460734, 461734
Email : kjri_kuching@hotmail.com

KJRI Penang, Malaysia

Alamat: 467, Jl. Burma, 10350 Penang, Malaysia P.O. BOX 502
Telp. +60 4 2274686
Email : admportal.penang@kemlu.co.id

]]>
http://www.alkhoirot.com/biaya-pendaftaran-pesantren/feed/ 2797
Jadwal Kereta Api Kepanjen Malang http://www.alkhoirot.com/jadwal-kereta-api-kepanjen-malang/ http://www.alkhoirot.com/jadwal-kereta-api-kepanjen-malang/#comments Wed, 28 Jun 2017 12:48:44 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=2836 Stasiun kereta api kepanjen Malang
Cara terbaik bagi santri, wali santri dan siapapun yang hendak berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Khoirot dengan menaiki kendaraan umum adalah dengan naik kereta api. Karena, lokasi pesantren cukup dekat dengan stasiun Kepanjen, Malang, yakni sekitar 7 km ke arah timur. Sehingga, setelah sampai di Stasiun Kepanjen, Malang, maka anda tinggal berjalan sekitar 25 meter dari stasiun ke arah selatan menuju Masjid Salafiyah. Di masjid Salafiyah ini tempat ojek dan angkot ke arah pesantren sedang parkir menunggu penumpang.

Daftar Isi

  1. Jadwal Kereta Api di Stasiun Kepanjen Terbaru
  2. Jadwal Kereta Api dari Jakarta menuju Kepanjen (Malang)
  3. Jadwal KA Penataran Surabaya – Kepanjen – Blitar
  4. Jadwal KA Penataran Blitar – Kepanjen – Surabaya
  5. Pembelian Tiket Kereta Api
  6. Cara memesan dan membeli tiket secara online via internet
  7. Setelah Sampai di Stasiun Kepanjen Malang

Pastikan sebelum anda membeli tiket, maka tanyakan pada petugas untuk naik kereta ke arah Malang yang turun di Stasiun Kepanjen Malang. Stasiun Kepanjen berlokasi sekitar 15 km sebelah selatan dari stasiun Kota Malang. Berikut beberapa jadwal kereta yang berangkat dari dan menuju stasiun Kepanjen Malang.

Jadwal Kereta Api di Stasiun Kepanjen Terbaru

Jadwal kereta api penumpang di Stasiun Kepanjen per 1 April 2017 (berdasarkan Gapeka 2017).

No. KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
96 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 03.18 03.21
432 Penataran Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 06.12 06.15
92 Malabar Malang Kotabaru (ML) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 06.32 06.35
172 Matarmaja Ekonomi AC 07.18 07.23
429 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 07.47 07.50
42 Gajayana Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 08.34 08.37
93 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 09.00 09.02
142 Majapahit Malang Kotabaru (ML) Ekonomi AC Plus 09.33 09.36
431 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 10.49 10.51
434 Surabaya Kota (SB) 12.01 12.03
41 Gajayana Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 13.58 14.01
433 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 15.05 15.13
94 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 15.11 15.15
436 Penataran Surabaya Gubeng (SGU) Lokal Ekonomi AC 15.35 15.38
91 Malabar Bandung Hall (BD) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 16.30 16.34
171 Matarmaja Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC 17.54 17.57
141 Majapahit Ekonomi AC Plus 18.58 19.01
438 Penataran Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 19.23 19.26
95 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 20.38 20.41
435 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 21.15 21.18


Jadwal Kereta Api dari Jakarta menuju Kepanjen (Malang)

Nama Berangkat Tiba Waktu Perjalan Rute
Matarmaja 15:15 07:18 16j 3m Pasar Senen – Kepanjen
Gajayana 17:40 08:34 14j 54m Gambir – Kepanjen
Majapahit 18:15 09:33 15j 18m Pasar Senen – Kepanjen

Jadwal KA Penataran berlaku 1 April 2017

Dari Surabaya ke Blitar dan Malang
Catatan: Setiap Kereta api jurusan Surabaya – Malang – Blitar pasti melewati Stasiun Kepanjen

Nomor KA TUJUAN Jadwal Keberangkatan
429 SURABAYA BLITAR 04.30
431 SURABAYA BLITAR 07.30
433 SURABAYA BLITAR 11.25
435 SURABAYA BLITAR 17.30
437 SURABAYA MALANG 19.50

Dari Blitar dan Dari Malang ke Surabaya

Nomor KA TUJUAN Jadwal Keberangkatan
432 BLITAR SURABAYA 04.45
434 BLITAR SURABAYA 10.20
436 BLITAR SURABAYA 13.25
438 BLITAR SURABAYA 17.45


Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan Kereta Api Penataran Surabaya – Kepanjen dan Kepanjen – Surabaya

Cara membaca jadwal Kereta Api Penataran KA 429 (Surabaya Blitar) dalam tabel di bawah adalah lihat Kolom Stasiun lalu lihat jam kedatangan (Datang) atau keberangkatan (Berangkat). Contoh Keberangkatan (Berangkat) KA Penataran dari Stasiun Surabaya Kota tujuan Kepanjen jam 04.30 sedangkan kedatangan (Datang) ke Stasiun Kepanjen jam 07.47. Dan seterusnya.

Jadwal KA Penataran Surabaya – Kepanjen – Blitar

KA 429

Stasiun Datang Berangkat
Surabaya Kota 04.30
Surabaya Gubeng 04.38 04.41
Wonokromo 04.47 04.50
Waru 04.57 05.00
Gedangan 05.06 05.08
Sidoarjo 05.17 05.20
Tanggulangin 05.27 05.29
Porong 05.34 05.36
Bangil 05.49 05.52
Lawang 06.29 06.32
Singosari 06.43 06.45
Blimbing 06.53 06.55
Malang 07.02 07.10
Malang Kotalama 07.15 07.17
Kepanjen 07.47 07.50
Ngebruk 08.00 08.02
Sumberpucung 08.09 08.22
Pohgajih Langsung Langsung
Kesamben 08.43 08.50
Wlingi 09.04 09.07
Talun 09.12 09.14
Garum 09.24 09.26
Blitar 09.34

KA 431 (Surabaya Blitar)

Stasiun Datang Berangkat
Surabaya Kota 07.30
Surabaya Gubeng 07.38 07.41
Wonokromo 07.47 07.49
Waru 07.56 07.58
Gedangan 08.04 08.06
Sidoarjo 08.15 08.24
Tanggulangin 08.31 08.33
Porong 08.38 08.48
Bangil 09.01 09.04
Lawang 09.41 09.44
Singosari 09.55 09.57
Blimbing 10.06 10.08
Malang 10.15 10.20
Malang Kotalama 10.25 10.27
Kepanjen 10.49 10.51
Ngebruk 11.01 11.03
Sumberpucung 11.10 11.12
Pohgajih 11.24 11.26
Kesamben 11.37 11.39
Wlingi 11.53 11.55
Talun 12.00 12.02
Garum 12.11 12.13
Blitar 12.22

KA 433 (Surabaya Blitar)

Stasiun Datang Berangkat
Surabaya Kota 11.25
Surabaya Gubeng 11.33 11.36
Wonokromo 11.42 11.45
Waru 11.52 11.54
Gedangan 12.00 12.02
Sidoarjo 12.11 12.14
Tanggulangin 12.21 12.27
Porong 12.32 12.34
Bangil 12.47 12.56
Lawang 13.48 13.51
Singosari 14.02 14.04
Blimbing 14.13 14.15
Malang 14.22 14.35
Malang Kotalama 14.40 14.43
Kepanjen 15.05 15.13
Ngebruk 15.23 15.27
Sumberpucung 15.34 15.36
Pohgajih Langsung Langsung
Kesamben 15.57 15.59
Wlingi 16.13 16.16
Talun 16.21 16.23
Garum 16.32 16.34
Blitar 16.43

KA 435 (Surabaya Blitar)

Stasiun Datang Berangkat
Surabaya Kota 17.30
Surabaya Gubeng 17.38 17.41
Wonokromo 17.47 17.50
Waru 17.57 17.59
Gedangan 18.05 18.28
Sidoarjo 18.37 18.41
Tanggulangin 18.48 18.50
Porong 18.55 18.57
Bangil 19.10 19.15
Lawang 19.52 19.56
Singosari 20.07 20.22
Blimbing 20.31 20.33
Malang 20.40 20.47
Malang Kotalama 20.52 20.54
Kepanjen 21.15 21.18
Ngebruk 21.28 21.30
Sumberpucung 21.37 21.39
Pohgajih langsung langsung
Kesamben 22.00 22.02
Wlingi 22.16 22.19
Talun 22.24 22.26
Garum 22.35 22.37
Blitar 22.46


Jadwal KA Penataran Blitar – Kepanjen – Surabaya

KA 432

Stasiun Datang Berangkat
Blitar 04.45
Garum 04.53 04.55
Talun 05.05 05.07
Wlingi 05.12 05.14
Kesamben 05.28 05.30
Pohgajih Langsung Langsung
Sumberpucung 05.51 05.53
Ngebruk 06.00 06.02
Kepanjen 06.12 06.15
Malang Kotalama 06.36 06.39
Malang 06.44 07.08
Blimbing 07.15 07.18
Singosari 07.27 07.29
Lawang 07.40 07.49
Bangil 08.28 08.31
Porong 08.44 08.46
Tanggulangin 08.51 08.53
Sidoarjo 09.00 09.02
Gedangan 09.11 09.17
Waru 09.23 09.25
Wonokromo 09.32 09.35
Surabaya Gubeng 09.41 09.44
Surabaya Kota 09.52

Jadwal KA 434 Penataran Blitar Kepanjen Surabaya

Stasiun Datang Berangkat
Blitar 10.20
Garum 10.28 10.30
Talun 10.40 10.42
Wlingi 10.47 10.50
Kesamben 11.03 11.06
Pohgajih 11.17 11.28
Sumberpucung 11.40 11.42
Ngebruk 11.49 11.51
Kepanjen 12.01 12.03
Malang Kotalama 12.24 12.26
Malang 12.31 12.37
Blimbing 12.44 12.46
Singosari 12.55 12.57
Lawang 13.08 13.11
Bangil 13.48 13.51
Porong 14.04 14.06
Tanggulangin 14.11 14.13
Sidoarjo 14.20 14.30
Gedangan 14.39 14.41
Waru 14.47 14.49
Wonokromo 14.56 15.01
Surabaya Gubeng 15.07 15.10
Surabaya Kota 15.18

KA 436 (Blitar Surabaya)

Stasiun Datang Berangkat
Blitar 13.25
Garum 13.33 13.35
Talun 13.45 13.47
Wlingi 13.52 13.54
Kesamben 14.08 14.10
Pohgajih 14.21 14.27
Sumberpucung 14.39 15.04
Ngebruk 15.11 15.25
Kepanjen 15.35 15.38
Malang Kotalama 15.59 16.09
Malang 16.14 16.49
Blimbing 16.56 16.58
Singosari 17.07 17.09
Lawang 17.20 17.23
Bangil 18.00 18.03
Porong 18.16 18.18
Tanggulangin 18.23 18.25
Sidoarjo 18.32 18.39
Gedangan 18.49 18.51
Waru 18.57 18.59
Wonokromo 19.07 19.10
Surabaya Gubeng 19.16
Surabaya Kota

KA 438 (Blitar Surabaya)

Stasiun Datang Berangkat
Blitar 17.45
Garum 17.53 17.55
Talun 18.05 18.07
Wlingi 18.12 18.15
Kesamben 18.29 18.39
Pohgajih langsung langsung
Sumberpucung 18.58 19.00
Ngebruk 19.07 19.13
Kepanjen 19.23 19.26
Malang Kotalama 19.47 19.50
Malang 19.55 20.00
Blimbing 20.07 20.09
Singosari 20.18 20.20
Lawang 20.31 20.34
Bangil 21.11 21.14
Porong 21.27 21.29
Tanggulangin 21.34 21.36
Sidoarjo 21.43 21.46
Gedangan 21.55 21.57
Waru 22.03 22.13
Wonokromo 22.20 22.23
Surabaya Gubeng 22.29 22.32
Surabaya Kota 22.40


Pembelian Tiket Kereta Api

Tiket kereta api dapat dipesan (booking) dan dibeli di stasiun kereta api terdekat, melaui situs KAI, atau melalui agen mitra Kereta Api Indonesia (KAI). PT KAI telah bekerja sama dengan 31 agen eksternal, baik layanan situs online seperti tiket.com dan traveloka maupun offline seprti Indomaret dan Alfamart.

Cara memesan dan membeli tiket secara online via internet

1. Pemesanan tiket melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI (Persero) dengan alamat tiket.kereta-api.co.id untuk waktu keberangkatan H-90 hari sampai dengan H-2 hari sebelum keberangkatan KA.
2. Calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang melalui web tersebut
3. Setelah mengisi data diri sesuai identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran sebagai berikut:
Pembayaran melalui ATM Bank (waktu pelayanan 24 jam) antara lain:
a. Bank Mandiri
b. Bank BII Maybank
c. Bank BRI
d. Bank BRI Syariah
e. Bank BPR KS
f. Bank OCBC NISP
g. BPD DIY
h. Bank Panin
i. Bank CIMB Niaga
j. Bank BNI
k. Bank BJB
l. Bank BCA
m. Bank Mayapada
n. Bank BTN
o. Bank Mega
p. Bank Pundi
q. Bank BTPN

. Pembayaran melalui Minimarket dan Payment Point (waktu pelayanan s.d. Pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani 24 jam) antara lain:
a. Alfamart
b. Indomaret
c. Alfamidi
d. Lawson
e. Alfa Express

Payment Point (waktu pelayanan office hour) antara lain:
a. Kantor Pos
b. Jaringan Flash Mobile

Pembayaran menggunakan Kartu Kredit Visa/Master
Pembayaran melalui CIMB Clicks
Pembayaran melalui BCA KlikPay
Pembayaran melalui e-Pay BRI
Pembayaran melalui DokuPay
Pembayaran melalui Skye Mobile Money

4. Setelah pembayaran calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email, kemudian cetak notifikasi tersebut dan tukarkan dengan tiket KA di stasiun online terdekat.

Sesampai di Stasiun Kepanjen Malang

Sekali lagi, setelah sampai di Stasiun Kepanjen, anda dapat menuju masjid Salafiyah yang berada sekitar 50 meter sebelah selatan stasiun. Di depan masjid itulah tempat angkot (angkutan kota) dan ojek sedang parkir menunggu penumpang.

masjid salafiyah kepanjen malang

Angkot yang ada adalah jurusan Kepanjen – Gondanglegi. Anda tinggal bilang pada sopirnya untuk turun di Indomaret Karangsuko (7 km arah timur Kepanjen). Biaya angkot sekitar 5.000. Dari Indomaret, anda berjalan kaki sekitar 100 meter ke arah selatan tempat Pondok Pesantren Al-Khoirot putra dan putri berlokasi. Kalau anda membawa barang yang cukup berat, bisa saja anda meminta sopir untuk diantarkan langsung ke depan pondok dengan tambahan ongkos tentunya.

Apabila naik ojek, dengan biaya sekitar 10.000 s/d 20.000, maka anda bisa langsung diantar ke halaman ponpes. Pastikan bahwa dia tahu lokasi pondok. Apabila dia tidak tahu, katakan alamat pondok yaitu desa Karangsuko (dekat simpang tiga Indomaret Karangsuko).

]]>
http://www.alkhoirot.com/jadwal-kereta-api-kepanjen-malang/feed/ 2
Pesantren Kilat Ramadhan Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/pesantren-kilat-ramadhan-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/pesantren-kilat-ramadhan-al-khoirot/#comments Tue, 26 Apr 2016 06:57:28 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=2257 Pesantren Kilat Ramadhan Al-Khoirot Pesantren Kilat Ramadhan Al-Khoirot

Pesantren Kilat (Sanlat) adalah program belajar agama durasi pendek (short course) yang secara umum terbagi dua kategori yaitu Pondok Ramadhan dan Pesantren Kilat Non-Ramadhan. Program ini cocok diikuti oleh kalangan non-santri yang ingin belajar ilmu agama dasar.

DAFTAR ISI

  1. MENGAPA HARUS IKUT PESANTREN KILAT
    1. Ilmu Agama yang Wajib Diketahui setiap Muslim (Fardhu Ain)
    2. Dalil-dalil wajibnya Mencari Ilmu
    3. Ilmu Agama yang Wajib Diketahui Sebagian Muslim (Fardhu Kifayah)
  2. PROGRAM PESANTREN KILAT
  3. PESANTREN KILAT DI AL-KHOIROT
    1. Cara Daftar Dan Biaya Pendaftaran
    2. Kontak Telpon dan Email
    3. Alamat, Lokasi Dan Rute Jalan
  4. PESANTREN RAMADHAN
  5. PESANTREN RAMADHAN DI AL-KHOIROT
    1. Khataman Kitab Kuning
    2. Belajar Quran Tartil
    3. Pembinaan Wawasan Dasar Islam
      1. Fiqih
      2. Aqidah Tauhid Ahlussunnah
      3. Akhlak dan Tasawuf
  6. WAKTU DAN DURASI PELAKSANAAN
  7. KONTEN PESANTREN RAMADHAN SECARA UMUM
    1. Pendidikan Formal SD SLTP SLTA
    2. Pesantren Ramadhan di Pondok Modern
    3. Pesantren Salaf atau Kombinasi Salaf Modern


MENGAPA HARUS IKUT PESANTREN KILAT

Ya, mengapa harus ikut pesantren kilat? Jawabanya, karena wajib hukumnya bagi setiap individu muslim untuk mempelajari dan mengetahui ilmu agama dasar. Wajib artinya berdosa apabila ditinggalkan. Karena tanpa pengetahuan agama dasar yang benar, maka segala ibadah dan perilaku non-ibadah kita rawan kesalahan. Dan apabila kesalahan itu terjadi pada masalah ibadah, maka ibadah kita tidak sah. Apabila tidak sah, maka itu sama artinya dengan tidak melakukan kewajiban. Contohnya, orang awam melaksanakan shalat wajib tapi tidak memenuhi syarat dan rukun shalat seperti suci dari najis, suci dari hadas kecil dan besar, dan lain-lain. Atau, cara wudhunya atau cara shalatnya yang salah sehingga menyebabkan tidak sah.

Ilmu Agama yang Wajib Diketahui setiap Muslim (Fardhu Ain)

Mencari ilmu yang wajib ain (wajib bagi setiap individu muslim) adalah ilmu yang terkait dengan kewajiban agama dan larangan syariah. Setiap muslim harus mempunyai ilmu tentang shalat, puasa, zakat dan haji dan seluruh hal yang terkait dengannya seperti masalah najis, cara menyucikan najis, cara berwudhu, mandi wajib, syarat, rukun, perkara yang membatalkan hadas kecil dan besar, yang membatalkan ibadah shalat, puasa, haji, dll.

Selain itu, setiap invidu muslim juga wajib mengetahui larangan syariah yang utama seperti zina, mencuri, membunuh, menipu, memfitnah, dll.

Dalil-dalil wajibnya Mencari Ilmu

Dalam hadits hasan riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik, Nabi bersabda


طلب العلم فريضة على كل مسلم

Artinya: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim

Al-Sarakhsi dalam kitab Al-Mabsuth menyatakan:


فإن أقوى الفرائض بعد الإيمان بالله تعالى طلب العلم

Artinya: Fardhu yang paling tinggi tingkat wajibnya setelah iman pada Allah adalah mencari ilmu.

Ilmu Agama yang Wajib Diketahui Sebagian Muslim (Fardhu Kifayah)

Fardhu Kifayah adalah kewajiban yang dikenakan pada sebagian muslim saja. Ilmu yang wajib secara kifayah adalah mencari dan menguasai berbagai cabang ilmu agama secara mendalam dan mendetail meliputi Al-Quran dan tafsirnya, hadis dan ilmu cabangnya, fiqih dan ushulnya, dan seterusnya. Berdasarkan firman Allah dalam QS At-Taubah 9:22


فَلَوْلَا نَفَرَ‌ مِن كُلِّ فِرْ‌قَةٍ مِّنْهُمْ طَائِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُ‌وا قَوْمَهُمْ إِذَا رَ‌جَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُ‌ونَ

Artinya: Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

Abu Bakar Al-Rozi Al-Jashash dalam Ahkamul Qur’an, hlm. 4/374, menyatakan:


وفي هذه الآية دلالة على وجوب طلب العلم وأنه مع ذلك فرض على الكفاية ، لما تضمنت من الأمر بنفر الطائفة من الفرقة للتفقه ، وأمر الباقين بالقعود

Artinya: Ayat ini menunjukkan wajibnya mencari ilmu dan sifatnya fardhu kifayah karena dalam ayat ini terkandung perintah pada sebagian golongan untuk berangkat menuntut ilmu dan memerintahkan yang lain untuk tinggal di rumah.

Mencari ilmu agama yang fardhu kifayah adalah tugas para santri reguler yang biasanya belajar di Al-Khoirot mulai tingkat Ibtidaiyah Diniyah, Tsanawiyah Diniyah sampai Ma’had Aly.

PROGRAM PESANTREN KILAT

Pesantren kilat adalah program pendidikan agama yang berdurasi pendek (short course) bagi santri khusus. Durasi waktu dapat bervariasi mulai dari seminggu, 1 (satu) bulan, 3 (tiga) bulan, 6 (enam) bulan sampai satu tahun.

Dalam konteks waktu pelaksanaan, pesantren kilat dilaksanaan tidak hanya pada bulan Ramadhan tapi juga pada bulan-bulan yang lain sepanjang tahun.

Pesantren Kilat diperuntukkan bagi calon santri yang karena satu dan lain hal tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di pesantren secara reguler, penuh dan dalam waktu lama.

Dengan demikian, peserta program pesantren kilat terdiri dari antara lain (a) kalangan pelajar dan mahasiswa yang sedang mengisi masa liburan panjang semester genap; (b) pelajar dan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studinya dan ingin mengisi wakti peralihan ini untuk memdalami ilmu agama di pesantren; (c) kalangan pekerja yang saat sekolah dulu tidak sempat belajar agama dan mengambil cuti kerja untuk belajar agama; (e) kalangan yang berhenti kerja dan ikut program pesantren kilat sebelum pindah ke tempat kerja yang lain.

PESANTREN KILAT DI AL-KHOIROT

Al-Khoirot membuka pendaftaran untuk program pesantren kilat bagi calon santri yang berminat mengikuti program ini. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun dan tidak ada tes: semua calon peserta akan langsung diterima. Calon santri bisa langsung datang ke Al-Khoirot dengan membawa bekal secukupnya, mendaftar, dan langsung diterima.

CARA DAN BIAYA PENDAFTARAN PESANTREN KILAT

– Bagi calon santri yang durasi waktu belajarnya kurang dari 1 bulan, maka tidak dikenakan biaya apapun.

– Sedangkan bagi santri yang mengembil program belajar lebih dari 1 bulan, maka dikenakan biaya yang sama dengan santri yang tidak sekolah formal yaitu sekitar Rp. 500.000 (lima ratus ribu).


KONTAK TELPON DAN EMAIL

Untuk info lebih lanjut, calon santri dapat menghubungi nomor telpon berikut:

No Telpon Putra:
Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185

No. Telpon Putri:
085815000572 dan 081555327272

Untuk kontak email, kirim ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com


ALAMAT DAN LOKASI PESANTREN

Alamat lokasi pesantren Al-Khoirot:

Pondok Pesantren Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174, Jawa Timur.

Untuk rute jalan menuju lokasi, lihat di sini.


PESANTREN RAMADHAN

Pondok Pesantren Ramadhan adalah program pendidikan agama Islam sistem cepat (short course) yang dilakukan khusus pada bulan Ramadhan. Di sebagian tempat program ini disebut dengan Pondok Ramadhan.

Program pesantren Ramadhan tidak hanya diadakan oleh lembaga pesantren tapi juga diadakan oleh masjid dan musholla yang penyelenggaraannya biasanya dilaksanakan oleh Remaja Masjid (Remas), Rohis atau pengurus takmir masjid. Bahkan, terkadang diadakan juga oleh lembaga pendidikan formal non-agama seperti SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Selain juga Pondok Ramadhan juga diadakan oleh sekolah formal agama seperti MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah), MA (Madrasah Aliyah), dan perguruan tinggi agama seperti IAIN (Institut Agama Islam negeri) atau UIN (Universitas Islam Negeri) di berbagai kota di Tanah Air.

PESANTREN RAMADHAN DI AL-KHOIROT

Sebagai pesantren yang menganut sistem kombinasi antara salaf dan modern, maka program pondok Ramadhan yang diadakan di pesantren Al-Khoirot merupakan perpaduan antara kedua sistem tersebut yang rinciannya sebagai berikut:

Khataman Kitab Kuning

Materi yang dikaji selama pondok Ramadhan adalah kitab kuning. Judul kitabnya berbeda-beda setiap tahun. Yang pasti, pengajian akan diisi oleh KH. Jafar Shodiq dan KH. M. Hamidurrohman. Program ini diikuti oleh semua santri reguler.

Pembelajaran Al-Quran Tartil

Materi pembelajaran Al-Quran Tartil ditujukan bagi santri baru atau santri khusus Ramadhan yang bacaan Quran-nya kurang bagus.

Pembinaan Wawasan Islam Dasar

Pembinaan wawasan dasar keislaman adalah program yang ditujukan untuk peserta pondok Ramadhan untuk santri non-reguler yang memang khusus belajar Islam di bulan Ramadhan saja dan belum pernah belajar ilmu agama dasar Islam sama sekali.

Materi ini meliputi:

Fiqih

Dalam materi fiqih, peserta akan mendapatkan panduan dasar tentang topik-topik agama berikut:

– Wawasan tentang Najis dan cara bersuci
– Bimbingan Wudhu dan Mandi Wajib
– Bimbingan Shalat
– Bimbingan Puasa
– Bimbingan Zakat
– Bimbingan Haji

Aqidah Dasar

Dalam materi aqidah, peserta akan mendapatkan panduan dasar seputar topik berikut:

– Wawasan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Asy’ariyah
– Wawasan aqidah Ibnu Taimiyah dan Wahabi Salafi (untuk diketahui agar tidak terjerumus ke dalamnya).

Tasawuf dan Akhlak

– Wawasan ilmu tasawuf dasar
– Wawasan akhlakul karimah dasar

WAKTU DAN DURASI PELAKSANAAN

Sesuai dengan namanya, program ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Sedangkan durasi waktunya berbeda dan bervariasi antara satu penyelenggara dengan yang lain.

Sebagian pendidikan formal umum tingkat dasar dan menengah biasanya durasi waktu penyelenggaraannya tidak lama. Terutama yang negeri. Yakni berkisar antara 3 hari sampai seminggu itupun materi pengajarannya tidak penuh; masih dicampur dengan materi reguler. Sedangkan pendidikan formal yang diselenggarakan swasta biasanya program pesantren Ramadhan-nya lebih lama terutama apabila berada di bawah yayasan Islam.

Adapun program Pesantren Ramadhan yang paling lama umumnya yang diselenggarakan oleh sebuah pesantren, terutama pesantren salaf atau pesantren dengan sistem kombinasi salaf modern seperti Al-Khoirot.

KONTEN PROGRAM PESANTREN RAMADHAN SECARA UMUM

Konten atau isi program Pesantren Ramadhan secara umum bervariasi dan berbeda-beda tergantung dari siapa penyelenggaranya yang dapat dikualifikasikan sebagai berikut:

Pendidikan Formal SD SLTP SLTA

Pondok Ramadhan yang diadakan oleh pendidikan formal umumnya berisi pendidikan Islam yang sangat dasar seperti pelatihan membaca Al-Quran atau pendidikan fiqih dasar seperti panduan wudhu, mandi junub, bimbingan shalat, bimbingan puasa, dan lain-lain. Program ini disampaikan dalam bahasa Indonesia dan umumnya diisi oleh guru agama sekolah terkait atau mengundang kalangan ustadz atau santri pesantren yang berada di dekat sekolah tersebut.

Pesantren Ramadhan di Pondok Modern

Pondok modern seperti Gontor juga mengadakan pesantren Ramadhan yang biasa disebut dengan Pesantren Kilat atau Sanlat. Acara diadakan selama 15 hari di mana para peserta akan dididik dan dilatih mengenai wawasan ke-Islam-an, kewirausahaan, kreatifitas dan beragam kegiatan menarik lain.

Sanlat di Gontor diperuntukkan bagi santri non-regular jadi siapa saja boleh ikut terutama bagi para pelajar yang ingin mengisi waktu liburnya untuk menambah wawasan keagamaan di pesantren.

Tentu saja setiap Pondok Ramadhan di pesantren modern memiliki ciri khas masing-masing yang bisa sangat unik dan berbeda dari satu pondok ke pondok yang lain. Karena, pesantren dikelola swasta yakni pemilik pesantren sehingga tidak ada standar yang baku yang bersifat seragam.

Pesantren Salaf atau Kombinasi Salaf Modern

Program Pondok Ramadhan pada awalnya diprakarsai dan diplopori oleh pesantren salaf. Pesantren salaf yang biasanya mengkaji ilmu-ilmu agama Islam yang ada dalam kitab kuning pada bulan Ramadhan semakin mengintensifkan pengajian kitab kuningnya. Pada bulan Ramadhan pesantren salaf biasanya mengadakan khataman kitab-kitab kuning dengan sistem kilat sehingga kitab tebal seperti Sahih Bukhari (4 jilid) atau Sahih Muslim (4 jilid) dapat khatam dalam waktu kurang dari 30 hari.

Kitab yang dibaca pada setiap pesantren salaf berbeda-beda. Begitu juga pesertanya. Umumnya peserta pesantren kilat Ramadhan di pesantren salaf berasal dari santri regular, namun tidak sedikit juga diikuti oleh para santri dari pesantren lain.

Lama program Pesantren Ramadhan di pesantren salaf juga berbeda-beda. Dari 15 hari sampai 30 hari.[]

]]>
http://www.alkhoirot.com/pesantren-kilat-ramadhan-al-khoirot/feed/ 240
Pesantren Putri Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/pesantren-putri-al-khoirot/ http://www.alkhoirot.com/pesantren-putri-al-khoirot/#comments Wed, 30 Mar 2016 03:08:53 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1502 pesantren putri al-khoirot

Telpon kantor putri: 0816-1561-3555

Pondok Pesantren Putri Al-Khoirot adalah sebuah pondok pesantren wanita dengan sistem salaf dan modern di Malang Jawa Timur. Pesantren khusus perempuan ini tidak hanya dikenal di Malang tapi juga populer secara nasional dan internasional selain karena berkualitas baik juga berbiaya murah sehingga semua calon santri dapat mendaftar ke ponpes putri ini tanpa harus memikirkan berapa biaya masuk dan biaya perbulannya karena memang relatif sangat terjangkau semua kalangan. Dengan biaya hanya sekitar Rp. 1.000.000 (sejuta ribu rupiah), putri anda sudah bisa menjadi santri dan siswi pesantren putri Al-Khoirot. Biaya ini sudah termasuk biaya seluruh program yang ada di dalam pesantren seperti madrasah diniyah (madin), membaca Al-Quran Tartil, Tahfidz Al-Quran, pengajian kitab kuning, dan sekolah formal MTS (Madrasah Tsanawiyah) atau MA (Madrasah Aliyah), Bahasa Arab Klasik, dan bahasa Arab Modern.

DAFTAR ISI

  1. Profil Singkat
  2. Biaya Pendaftaran
    1. Biaya MA /SLTA
    2. Biaya MTs / SLTP
    3. Biaya Santri Dewasa
  3. Program Pesantren Putri
  4. Ekstra Kurikuler
  5. Rincian Program Pesantren Putri
  6. Sejarah Perkembangan Dan Dinamika
    1. 1964 – 1970 Sistem Salaf Murni Non Klasikal
    2. 1970 Sistem Klasikal Madrasah Diniyah Annasyiatul Jadidah Putri
    3. 2008 Penerbitan Buletin El-Ukhuwah
    4. 2010 Pendidikan Formal MTS MA
    5. Tahun 2012 Berdirinya Tahfidz Al-Quran
    6. Tahun 2013 Bahasa Arab Modern
  7. Sistem Salaf Tetap Dipertahankan
  8. Aturan Dan Tata Tertib Pesantren Putri

Di samping itu, santriwati juga dilatih untuk hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan, antara lain, santri dilarang merayakan ulang tahun, dilarang memiliki baju lebih dari 4 setel, dan santri harus memakai baju seragam santri dalam segala kegiatan dan ketika dalam perjalanan pulang ke rumah dengan tujuan agar tidak ada gap sosial antara si kaya dan si miskin.


PROFIL SINGKAT
Wisudawati Santri Pesantren Putri Al-Khoirot
Ket. gambar: Wisuda Santri Putri Ulya 2 Madrasah Diniyah 2016

Ponpes Putri Al-Khoirot pertama kali didirikan setahun setelah Pondok Pesantren Putra Al-Khoirot didirikan. Tepatnya, pada tahun 1964. Pendirinya adalah Ny. Hj. Masluhah Muzakki yang tak lain adalah istri satu-satunya dari KH. Syuhud Zayyadi, pendiri Pondok Pesantren Al-Khoirot putra.

Pendirian Pesantren Putri ini sebenarnya tanpa ada rencana sebelumnya. Salah seorang gadis muda bernama Sofiah asal desa Brongkal, Gondanglegi (sekarang Pegelaran) tertarik ingin belajar membaca Al-Quran pada Ny. Hj. Masluhah Muzakki. Kebetulan saudara lelaki Sofiyah yang bernama Kurdi sudah belajar di pesantren putra. Ny. Hj. Masluha tidak menolak keinginan itu. Dan sejak saat itulah, berdirilah pesantren putri Al-Khoirot dan Sofia sebagai santri pertamanya.

Sebagaimana pesantren putra, pesantren putri Al-Khoirot saat itu menganut sistem salaf murni. Di mana materi belajar mengajarnya mayoritas berbasis ilmu agama saja. Adapun metode pengajarannya adalah sistem tradisional seperti sorogan, wetonan, bandongan. Beberapa tahun kemudian, pendidikan agama di pondok putri ditambah dengan sistem modern klasikal yaitu madrasah diniyah dengan masa belajar  6 (enam) tahun.

Sejak tahun 2010, Pesantren Putri Al-Khoirot mulai memperkenalkan sistem pendidikan formal yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Pada tahun 2016, Pesantren Putri memperkenalkan program pesantren kilat sepanjang tahun baik selama bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan. Program ini berlaku untuk santri muda maupun santri dewasa. Sejak pertama kali diperkenalkan, program ini langsung mendapat sambutan hangat dari para calon santri baik yang berusia muda maupun tua. Dari dalam negeri maupun luar negeri. Ny. Khadijah, seorang perempuan warga negara Singapore, menjadi santri kilat pertama dari luar negeri. Walaupun sudah berusia 56 tahun ia tetap semangat mengikuti program pesantren kilat putri Al-Khoirot.
Wisuda Lulusan MTS dan MA Putri Al-Khoirot 2016
Ket. gambar atas: Wisuda Lulusan MTS dan MA Putri Al-Khoirot 2016

PROGRAM PESANTREN PUTRI

Berikut program utama pesantren baik yang wajib diikuti maupun yang bersifat opsional.

Program yang Wajib Diikuti

1. Madrasah Diniyah program Ibtidaiyah (I’dad sampai Wustho 2) dan Tsanawiyah (Ulya 1 dan Ulya 2)
2. Pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) bagi yang berusia di bawah 19 tahun.
2. Pengajian kitab pengasuh putra
3. Pengajian kitab pengasuh putri
4. Al-Quran Tartil

Program Opsional

Program opsional adalah program yang bersifat pilihan yakni boleh diikuti atau tidak.

1. Tahfidz Al-Quran
2. Bahasa Arab Modern


EKSTRA KURIKULER

Ekstra kurikuler pondok putri ini meliputi ekskul pesantren, madrasah diniyah dan sekolah formal sebagai berikut:

1. Tata Busana meliputi keterampilan menjahit, bordir, merajut (Jawa:bentel).
2. Tata Boga meliputi masak memasak kuliner dan seni membuat berbagai macam kue termasuk jelly art.
3. Jurnalistik yakni kegiatan tulis menulis di buletin santri putri “El-Ukhuwah” yang terbit setiap bulan.
4. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah kegiatan organisasi sekolah formal baik MTS maupun MA.
5. Seni Diba’ setiap malam Jum’at
6. Olahraga

DAFTAR DAN BIAYA PESANTREN PUTRI

Cara daftar di Al-Khoirot sangat mudah, yaitu: datang, daftar, diterima. Karena, kami sebagai pesantren salaf tidak mengenal sistem seleksi. Jadi, semua calon santri yang datang dan mendaftar akan langsung diterima. Namun demikian, kami memberlakukan sistem dan aturan yang ketat. Siapa pun santri yang tidak komitmen pada aturan pesantren akan dikenai sanksi mulai dari ringan sampai yang berat yakni dipulangkan.

Adapun rincian biaya untuk pesantren putri adalah sbb:

I. MA PUTRI AL-KHOIROT

A BIAYA PENDAFTARAN FORMAL
1 Uang Pendaftaran : 0 (GRATIS)
2 Uang Gedung : 0 (GRATIS)
3 Iuran OSIS : 0 (GRATIS)
4 Ekstrakulikuler 0 (GRATIS)
5 Pembelian LKS 1 Semester 120,000
6 SPP Bulan Juli 2016 +Tabungan wajib : 55,000
7 Map Raport : 50,000
8 Pembuatan Kartu Pelajar : 10,000
9 Uang loker selama menjadi siswi MA al-khoirot : 30,000
10 Administrasi : 20,000
JUMLAH BIAYA : 285,000
B BIAYA PESANTREN
1 Uang Pendaftaran Pondok : 50,000
2 Buku Tata tertib : 10,000
3 Buku Do’a dan Tartil (Buku Pegangan Wajib) : 5,000
4 Buku Shalawat : 20,000
5 Kamus Bahasa Arab : 35,000
6 Kitab Kitab Pokok (Sullam, Ta’lim, Bidayah) : 30,000
7 Burdah : 15,000
8 Air + Listrik bulan pertama : 20,000
9 Sumbangan tanah waqaf : 300,000
JUMLAH BIAYA : 485,000
C BIAYA SEKOLAH DINIYAH
1 Uang Pendaftaran Sekolah Diniyah : 20,000
2 Seragam Gamis + Kerudung Almamater : 135,000
3 Infaq bulan pertama : 10,000
JUMLAH BIAYA : 165,000
D KESELURUHAN BIAYA PENDAFTARAN
1 Biaya Pendaftaran MA : 285,000
2 Biaya Pendaftaran Pesantren : 485,000
3 Biaya Pendaftaran Diniyah : 165,000
JUMLAH BIAYA PENDAFTARAN : 935,000
F INFORMASI BIAYA RUTIN BULANAN
1 Pesantren (Listrik, Sarana Prasarana, Pembangunan) : 35,000
2 Infaq Madrasah Diniyah : 10,000
3 Infaq Madrasah Aliyah : 55,000
JUMLAH BIAYA/BULAN : 100,000
E INFORMASI BIAYA TAMBAHAN
1 Seragam putih abu-abu 1 stel : 150,000
2 Seragam Pramuka 1 Stel : 150,000
3 seragam batik kerudung : 75,000
4 kostum olahraga : 100,000
5 Kos 1 bulan ( Dapur / Kantin ) : 150.000 / 180.000
Total biaya pendaftaran MA ditambah seragam dll 1,590,000
Mengetahui, Pagelaran, 21 Juli 2016
Kepala Madrasah Ketua Panitia,
KH. HUMAIDI SYUHUD, S.HI Moch. Husin


II. BIAYA MTS PUTRI AL-KHOIROT 2016-2017

A BIAYA PENDAFTARAN FORMAL
1 Uang Pendaftaran : 0 (GRATIS)
2 Uang Gedung : 0 (GRATIS)
3 Iuran OSIS : 0 (GRATIS)
4 Infaq bulan pertama : 30,000
5 Pembelian LKS 1 semester : 90,000
6 Ekstrakulikuler : 15,000
7 Map Raport : 40,000
8 Pembuatan Kartu Pelajar : 10,000
9 Uang Loker selama menjadi siswi Mts 30,000
10 Administrasi : 40,000
JUMLAH BIAYA : 255,000
B BIAYA PESANTREN
1 Uang Pendaftaran Pondok : 50,000
2 Buku Tata tertib + Buku Idzin Bepergian : 10,000
3 Buku Do’a dan Tartil (Buku Pegangan Wajib) : 5,000
4 Buku Shalawat : 20,000
5 Kamus Bahasa Arab : 35,000
6 Kitab Kitab Pokok (Sullam, Ta’lim, Bidayah) : 30,000
7 Burda’ : 15,000
8 Air + Listrik bulan pertama : 20,000
9 Sumbangan tanah waqaf : 300,000
JUMLAH BIAYA : 485,000
C BIAYA SEKOLAH DINIYAH
1 Uang Pendaftaran Sekolah Diniyah : 20,000
2 Seragam Gamis + Krudung Almamater : 135,000
3 Infaq bulan pertama : 10,000
JUMLAH BIAYA : 165,000
D KESELURUHAN BIAYA PENDAFTARAN
1 Biaya Pendaftaran MTs. : 255,000
2 Biaya Pendaftaran Pesantren : 485,000
3 Biaya Pendaftaran Diniyah : 165,000
JUMLAH BIAYA PENDAFTARAN : 905,000
E INFORMASI BIAYA RUTIN BULANAN
1 Pesantren (Listrik, Sarana Prasarana, Pembangunan) : 35,000
2 Infaq Madrasah Diniyah : 10,000
3 Infaq Madrasah Tsanawiyah : 30,000
JUMLAH BIAYA/BULAN : 75,000
F INFORMASI BIAYA TAMBAHAN
1 Seragam putih Biru 1 stel 150,000
2 Seragam Pramuka 1 stel 150,000
3 seragam batik kerudung 75,000
4 kostum olahraga 100,000
5 Kos 1 bulan ( Dapur / Kantin ) ( 150.000 / 180.000 )
Total Pendaftaran jika ditambah seragam dll 1,560,000
Mengetahui, Pagelaran, 21 Juli 2016
Kepala Madrasah Ketua Panitia,
SAYED. UBAIDILLAH SYAMSUL ARIFIN


III. BIAYA SANTRI DEWASA PUTRI (TIDAK IKUT FORMAL)

BIAYA PESANTREN
1 Uang Pendaftaran Pondok : 50,000
2 Buku Tata tertib : 10,000
3 Buku Do’a dan Tartil (Buku Pegangan Wajib) : 5,000
4 Buku Shalawat : 20,000
5 Kamus Bahasa Arab : 35,000
6 Kitab Kitab Pokok (Sullam, Ta’lim, Bidayah) : 30,000
7 Burdah : 15,000
8 Air + Listrik bulan pertama : 20,000
9 Sumbangan waqaf : 300,000
JUMLAH BIAYA : 485,000
BIAYA SEKOLAH DINIYAH
1 Uang Pendaftaran Sekolah Diniyah : 20,000
2 Seragam Gamis + Kerudung Almamater : 135,000
3 Infaq bulan pertama : 10,000
JUMLAH BIAYA : 165,000
KESELURUHAN BIAYA PENDAFTARAN
1 Biaya Pendaftaran Pesantren : 485,000
2 Biaya Pendaftaran Diniyah : 165,000
JUMLAH BIAYA PENDAFTARAN : 650,000
INFORMASI BIAYA RUTIN BULANAN
1 Pesantren (Listrik, Sarana Prasarana, Pembangunan) : 35,000
2 Infaq Madrasah Diniyah : 10,000
3 Biaya makan : 150.000
JUMLAH BIAYA/BULAN : 195,000


RINCIAN PROGRAM PESANTREN

Wisuda Al-Khoirot Putri 2016
Sebagian besar program pesantren putri sama dengan dengan pesantren putra namun tentu saja dilakukan secara terpisah, yang detailnya dapat diketahui pada tautan di bawah ini:

  1. Biaya dan Syarat Pendaftaran
  2. Madrasah Tsanawiyah
  3. Madrasah Aliyah
  4. Madrasah Diniyah
  5. Al-Qur’an Tartil
  6. Tahfidz Al-Quran
  7. Bahasa Arab Modern
  8. Bahasa Arab Klasik
  9. Santri Dewasa
  10. Pesantren Kilat
  11. 10 Kelebihan Pesantren Putri
  12. Akidah dan Sistem Pendidikan


SEJARAH PERKEMBANGAN DAN DINAMIKA

PPA Putri telah melewati sejumlah dinamika sejak awal berdirinya yang secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut:


1964 – 1970 Sistem Pendidikan Sistem Salaf Non Klasikal

Selama kurang lebih 10 tahun sejak awal berdirinya, Pesantren Putri Al-Khoirot masih menganut sistem pengajaran non-klasikal. Itu artinya, tidak ada madrasah diniyah. Yang ada adalah sistem pendidikan agama dengan sistem bandongan / wetonan atau sorogan.

Sistem Wetonan atau Sorogan adalah sistem pengajaran di mana pengajar membaca kitab bahasa Arab (kitab kuning) beserta maknanya dalam bahasa daerah dan Indonesia sedangkan santri menyimak dan mencatat makna yang diberikan apabila belum tahun.

pesantren putri al-khoirot malangSistem Sorogan adalah kebalikan dari sistem wetonan yaitu sistem pengajaran di mana santri membaca kitab berbahasa Arab baik dengan maknanya atau bahasa Arabnya saja. Pengajar lalu menerangkan maksud dari isi kitab kepada para santri.

Selain belajar ilmu agama Islam dari sumber literatur berbahasa Arab yang dikenal dengan kitab kuning, para santri juga belajar membaca kitab suci Al-Quran secara tartil atau secara benar menurut tajwid baik dari segi makharijul huruf maupun panjang pendeknya.

Kitab kuning yang dipelajari pada saat ini (1964 – 1970) adalah kitab agama dasar yaitu Sullamut Taufiq, Safinatun Naja untuk bidang fiqih. Matan Jurmiyah dan Kailani untuk grammatika Bahasa Arab. Aqidatul Awam untuk bidang Aqidah Tauhid.

Kitab Gundul dan Makna Gandul

Sebagaimana umumnya pesantren salaf, kitab kuning yang dipelajari di pesantren putri Al-Khoirot adalah berbahasa Arab dan tidak berharkat yang umum disebut dengan kitab gundul. Kalau membaca tulisan Arab saja susah, maka membaca kitab gundul akan lebih susah lagi. Namun, inilah salah satu ciri khas santri pesantren salaf: mereka umumya lebih mampu membaca kitab kuning dibanding rekan-rekannya yang berasal dari pondok modern.

Dalam memberi makna kitab gundul inni, pengajar menggunakan dua tahap. Tahap pertama, memberi makna gandul. Umumnya makna gandul ini menggunakan bahasa Jawa atau Madura. Tahap kedua, diterangkan dalam bahasa Indonesia maksud dan penjelasannya.

Apa itu makna gandul? Makna gandul adalah pemberian arti pada setiap kosakata kitab kuning dengan meletakkan maknanya setiap kata persis di bawah kosakata Arabnya dan posisinya menggantung ke bawah sehingga disebut dengan makna gandul berasal dari bahasa Jawa yang artinya menggantung. Di samping itu, dalam makna gandul diterangkan secara jelas status i’rab dari setiap kata apakah ia menjadi subyek (fa’il, mubtadak), predikat (fi’il, khobar), dan lain-lain.

Lihat contoh makna gandul di gambar bawah:makna gandul kitab kuning

1970 Sistem Klasikal Madrasah Diniyah Annasyiatul Jadidah Putri

Pada tahun 1974 dimulailah sistem pendidikan sistem klasikal yang umum disebut Madrasah Diniyah Ibdidaiyah dengan nama Madrasaah Ibdidaiyah Annasyiatul Jadidah Putri. Pendidikan sistem kelas ini diperlukan seiring semakin meningkatnya jumlah santri dengan kemampuan dasar yang berbeda sehingga diperlukan sekolah agar supaya proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan tepat sasaran.

madrasah diniyah putri al-khoirotBerbeda dengan sistem wetonan dan sorogan yang dibimbing langsung oleh pengasuh putri, sistem kelas ini dibimbing oleh para ustadzah. Materi pendidikan pun berjenjang sesuai kelasnya masing-masing.  Madrasah Diniyah (madin) putri ini memiliki enam jenjang yaitu kelas 1 sampai kelas 6.

Mayoritas materi madrasah diniyah putri adalah ilmu agama. Namun demikian, ada juga ilmu umum dasar seperti matematika dan bahasa Indonesia.

Walaupun sudah menggunakan sistem sekolah dalam proses transmisi keilmuan, namaun sistem wetonan dan sorogan tetap digunakan dan dibimbing langsung oleh pengasuh putri.

2008 Penerbitan Buletn El-Ukhuwah

Pada tahun 2008 Pesantren Putri menerbitkan buletin bulanan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kemampuan nalar kritis santri dan kemampuan jurnalistiknya. Sehingga ke depannya santri diharapkan akan semakin kompetitif.

Nama buletin adalah El-Ukhuwah yang artinya persaudaraan. Nama ini adalah ide dari Ny. Hj. Juwairiyah Arifin salah satu Dewan Pengasuh Pesantren Putri. Sejak awal penerbitannya sampai sekarang, Buletin El-Ukhuwah selalu konsisten terbit setiap sebulan sekali dan tetap eksis sampai saat ini.

2010 Pendidikan Formal MTS MA

Setahun setelah didirikannya pendidikan formal putra pada tahun 2009, maka pada tahun 2010 dibukalah pendidikan formal untuk santri putri dengan nama MTs Al-Khoirot Putri dan MA Al-Khoirot Putri.

Mengapa tahun berdirinya antara putra dan putri berbeda, tidak bersamaan? Karena gedung madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah putri baru dapat ditempati pada Mei tahun 2009.

Sekolah Formal MTS MA Al-Khoirot PutriSudah menjadi kebijakan pesantren Al-Khoirot bahwa santri putra dan putri harus dipisah secara total tidak hanya guru, siswa dan santri, tapi juga termasuk gedungnya, baik gedung sekolah, gedung asrama, dan gedung kantor tata usaha. Hal ini menjadi prinsip dari pondok pesantren Al-Khoirot sejak ia pertama didirikan oleh Kyai Syuhud Zayyadi pada tahun 1963. Baca: Sejarah Pesantren Al-Khoirot

Pendidikan formal MTS dan MA wajib diikuti oleh seluruh santri putri yang berusia antara 13 sampai 19 tahun. Karena program ini merupakan program unggulan yang bertujuan agar setiap santriwati memiliki keseimbangan antara kualitas keilmuan agama, wawasan keilmuan umum dan memenuhi syarat secara legal formal untuk berkompetisi di luar pesantren. Dan agar santri putri keluaran MA Al-Khoirot dapat melanjutkan ke jenjang perguruan manapun baik negeri maupun swasta sesuai jurusan yang dipilih.

Tahun 2012 Berdirinya Tahfidz Al-Quran

Pada tahun 2012 didirikan program Tahfidz Al-Quran Putri. Program ini dibimbing oleh Ny. Lutfiah Karim yang merupakan salah satu Dewan Pengasuh Pesantren Putri.

Program tahfidz Al-Quran ini bertujuan untuk mencetak santri solehah yang memiliki  peran untuk:

  1. Berkontribusi dalam menjaga kelestarian dan keaslian Al-Quran.
  2. Komitmen pada ajaran Islam semakin kuat.
  3. Belajar Islam dari salah satu sumber utamanya (di samping hadits dan ulama fiqih).

Peserta program tahfidz tetap diwajibkan untuk mengikuti program wajib yang lain seperti Madrasah Diniyah, Quran tartil, pengajian pengasuh dan bahasa Arab. Sedangkan pendidikan formal bersifat opsional bagi santri tahfidz.

Mengapa santri tahfidz masih wajib mengikuti madrasah diniyah?

Pertama, karena pada dasarnya hafal Quran tidak otomatis faham akan makna dan maksud dari Al-Quran. Sedangkan makna dan maksud dari isi kandungan Al-Quran itu dipelajari di madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning oleh pengasuh.

Kedua, karena hafal Qur’an tanpa memahami maknanya dan tanpa mempelajari kitab-kitab kuning akan berakibat kurang positif pada santri yang bersangkutan secara mental. Seperti santri merasa sombong karena sudah hafal, padahal wawasan ilmu agamanya nol.

Di samping itu, belajar Al-Quran saja, kendati memahami makanya, belum cukup untuk memahami syariah Islam. Karena mayoritas hukum Islam berasal dari hadits Nabi dan ijtihad ulama yang itu terdapat dalam kitab kuning.

Tahun 2013 Bahasa Arab Modern

Pada tahun 2013, mulai diperkenalkan program bahasa Arab aktif. Program ini bertujuan untuk semakin mengoptimalkan kemampuan santri yang selama ini sudah menguasai grammatika bahasa Arab dan kitab kuning namun kurang menguasai bahasa Arab modern yang bisa digunakan dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari.

Program ini dibimbing oleh Ustadzah Yuyun Dahlia Ali  pengajar Bahasa Arab dan Inggris di MTS Al-Khoirot Putri.

Lebih detail baca: Bahasa Arab Modern

Sistem Salaf Tetap Dipertahankan

Kendatipun Pesantren Putri telah mentransformasikan dirinya menjadi pesantren modern, namun sistem salaf tetap dipertahankan secara tegas dan konsisten.  Tekad ini bukan hanya dalam teori, tapi juga diperkuat dalam bentuk kebijakan pendukung sebagai berikut:

  1. Setiap santri putri wajib mengikuti program pengajian kitab kuning oleh pengasuh putra setiap jam 5 s/d 6 pagi. Kitab yang dikaji adalah Tafsir Jalalain, Sahih Bukhari, Al-Umm Syafi’i, Fathul Wahab, Muhadzab, Iqna’. Pengajian ini diikuti melalui pengeras suara.
  2. Setiap santri putri wajib mengikuti pengajian kitab oleh pengasuh putri pada setiap jam 19.30 s/d 20.30 setiap hari kecuali Senin malam dan Kamis malam.
  3. Setiap santri putri wajib mengikuti sekolah madrasah diniyah pada jam 13.00 s/d 15.00 setiap hari kecuali hari Jum’at.
  4. Setiap siswi sekolah formal wajib tinggal di dalam kompleks pesantren, menjadi santri reguler dan mengikuti seluruh kegiatan wajib di atas. Aturan ini tanpa pengecualian termasuk bagi siswi yang lokasinya sangat dekat dengan kompleks pesantren, mereka tetap harus tinggal di dalam pesantren.

Dengan kebijakan di atas, maka santri putri Al-Khoirot dapat mempelajari ilmu agama secara komprehensif.

Biaya dan Proses Pendaftaran

Ada dua tipe santri yang mondok di Pesantren Putri Al-Khoirot. Pertama, santri usia antara 12 sampai 19 tahun saat masuk pondok.  Santri kategori pertama ini wajib mengikuti sekolah formal dan madrasah diniyah. Biaya pendaftaran bagi kategori ini adalah Rp. Rp. 800.000 (delapan ratus ribu) untuk masuk MTS (SLTP), dan Rp. 775.000 (tujuh ratus tujuhpuluh lima ribu) untuk masuk MA (SLTA). Rincian detailnya lihat di sini.

Kedua, santri yang berusia di atas 20 tahun. Santri kategori ini hanya wajib mengikuti madrasah diniyah (madin). Biaya daftar masuk adalah Rp. 415.000 (empat ratus limabelas ribu).

Catatan:

  • Santri kategori pertama wajib mengikuti sekolah formal dan madin.
  • Program opsional seperti Tahfidz Quran dan Tata Busana adalah gratis.


Aturan Dan Tata Tertib Pesantren Putri

Berikut beberapa aturan dasar dari pesantren putri Al-Khoirot:

Kewajiban:

  1. Mengikuti seluruh kegiatan pesantren.
  2. Mengikuti madrasah diniyah
  3. Mengikuti sekolah formal kecuali yang sudah lulus atau tidak memenuhi syarat secara usia atau adminstrasi.
  4. Hidup sederhana.
  5. Berakhlak mulia pada siapapun: tawadhu, kerja keras, empati dan dedikasi.

Larangan

  1. Membawa HP. Untuk menelpon atau menerima telpon dengan orang tua disediakan oleh pesantren.
  2. Membawa Laptop.
  3. Kuliah di luar.
  4. Bertemu laki-laki kecuali yang ada hubungan mahram seperti orang tua, saudara kandung, paman kandung.
  5. Dll.
]]>
http://www.alkhoirot.com/pesantren-putri-al-khoirot/feed/ 458
Sistem Pendidikan Pesantren Al-Khoirot http://www.alkhoirot.com/sistem-pendidikan/ http://www.alkhoirot.com/sistem-pendidikan/#comments Thu, 24 Mar 2016 03:32:55 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=478 Sistem Pendidikan Pesantren Al-Khoirot

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) Malang menganut sistem pendidikan terintegrasi (integrated educational system) yang merupakan perpaduan dari sistem salaf (tradisional) dan sistem modern. Hal ini tak lepas dari kultur pesantren Aswaja yang terkenal dengan prinsip المحافظة علي القديم الصالح والأخد علي الجديد الأصلح (memelihara nilai dan sistem lama yang baik, dan mengadopsi nilai dan metode baru yang lebih baik). Tidak hanya itu, PPA juga mengadopsi sejumlah pola pendidikan Islam yang ada di luar negeri seperti kajian Tafsir dan hadits dan tidak hanya terfokus pada disiplin ilmu fiqh, nahwu/sharaf, dan ilmu kalam. Dalam kajian tafsir dan hadits juga ditingkatkan intensitas kajian perangkatnya (ilmu hadits, ushul fiqh, ilmu tafsir, dll).

Secara garis besar kegiatan pendidikan di PPA terbagi menjadi lima. Yaitu, (a) pengajian kitab kuning (كتب التراث), (b) madrasah diniyah (madin), (c) sekolah formal MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah), (d) program intensif bahasa Arab modern dan (e) Tahfidz Al-Quran (menghafal Al-Quran).

DAFTAR ISI

  1. Aqidah, Madzhab Fiqih, dan Afliliasi Politik dan Kultural
  2. Filosofi Pendidikan
  3. Pengajian Kitab Kuning oleh Pengasuh
    1. Al Umm karya Imam Syafi’i
    2. Sahih Bukhari
    3. Tafsir Jalalain
    4. Al-Muhadzab
    5. Fathul Wahhab
    6. Iqna’
    7. Syarah Ibnu Aqil
    8. Syarah Jauhar al-Maknun
    9. Fiqih Sirah
    10. Mantiq
    11. Minhajul Abidin
    12. Jawahirul Kalamiyah
  4. Madrasah Diniyah
    1. Ibtidaiyah
    2. Tsanawiyah
    3. Ma’had Aly
  5. Makna Gandul dalam Pengajian Kitab Kuning
  6. Tahfidz Al-Quran (Menghafal Al-Qur’an)
  7. Pendidikan Formal
  8. Membaca Qu’an Tartil
  9. Program Intensif Bahasa Arab
  10. Ekstra Kurikuler Pesantren
  11. Ekstra Kurikuler Sekolah Formal
  12. Biaya Pendaftaran
  13. Jadwal Harian Santri


AQIDAH, MADZHAB FIQIH DAN AFILIASI KULTURAL DAN POLITIK

Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang menganut ideologi (manhaj) Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) dengan manhaj tauhid Asy’ariyah, madzhab fiqih Syafi’iyah dan afiliasi kultural Nahdlatul Ulama (NU) walaupun tidak terikat secara organisasional dengan NU. NU menjadi pilihan afiliasi kultural karena ia dianggap mewakili sikap toleransi dan inklusivisme yang sangat cocok dalam keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sikap toleran dan inklusif juga merupakan sikap moderat (wasath) yang sesuai dengan spirit Islam seperti jelas tersurat dalam QS Al-Baqarah 2:143.

Jadi, PPA Malang bukanlah pesantren yang beraliran atau pendukung Salafi Wahabi (Sawah), Muhammadiyah, LDII, Wahidiyah, Al-Irsyad, HTI (Hzbut Tahrir), dll.

Secara politik, kami menganut sistem bebas aktif. Dalam arti, PPA tidak mendukung partai apapun namun pada waktu yang sama kami mewajibkan semua santri, alumni dan simpatisan PPA untuk menggunakan hak pilihnya pada salah satu calon yang dianggap “paling baik di antara yang terburuk” dari partai manapun mereka berasal. Dengan kata lain, kami mendukung figur, tidak mendukung partai.

Kami melarang sikap Golput. Karena, dalam sistem demokrasi, Golput atau tidak memilih, merupakan kesalahan besar. Langkah Golput sama saja dengan memberikan suara pada calon terburuk dan terkorup.

Baca detail: Akidah, Manhaj, Mazhab dan Afiliasi Kultural Pesantren Al-Khoirot


FILOSOFI PENDIDIKAN PESANTREN AL-KHOIROT

Pondok Pesantren Al-Khoirot berkeyakinan bahwa tujuan utama pendidikan adalah untuk meningkatkan keimanan yang di dalamnya tercakup banyak hal termasuk antara lain untuk mencerdaskan individu, membentuk karakter kepribadian dan akhlak kepemimpinan yang sesuai dengan spirit ajaran syariah Islam. Secara ringkas filosofi pendidikan PPA meliputi:

  • Meningkatkan keimanan
  • Mencetak generasi berilmu.
  • Taat syariah
  • Taat etika sosial
  • Taat nilai universal
  • Disiplin dan Pekerja keras
  • Pola hidup sederhana.

Dalam konteks tujuan pendidikan di atas maka diambillah langkah-langkah lanjutan dalam sistem pendidikan dan tata tertib di Al-Khoirot yang memungkinkan tercapainya tujuan tersebut antara lain dengan

  • Pemisahan putra dan putri secara total meliputi santri, guru, pegawai, gedung asrama, kantor, dan gedung sekolah.
  • Pengajaran ilmu agama yang bersifat wajib dan intensif dan diajarkan dengan sistem kombinasi konvensional (salaf) dan modern sekaligus.
  • Aturan dan tatatertib yang ketat terkait gaya hidup dan sistem interaksi antara laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Visi dan Misi

I. PENGAJIAN KITAB OLEH PENGASUH

Aqidah dan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-KhoirotPengajian kitab kuning alias kitab klasik atau kitab gundul menjadi ciri khas Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Santri yang sudah lulus Wustho II, apalagi Ulya II, hampir dapat dipastikan mampu membaca kitab kuning tentunya dengan level kecakapan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan kognitifnya.

Pengajian kitab kuning dilakukan dengan dua cara. Yaitu, (a) dengan sistem sorogan atau wetonan/bandongan di bawah bimbingan pengasuh dan (b) sistem klasikal di madrasah diniyah (madin).

Adapaun kitab yang dibaca oleh Dewan Pengasuh setiap pagi dan diikuti oleh semua santri adalah sebagai berikut:


1. Kitab Al Umm karya Imam Syafi’i. 

Kitab Al-Umm adalah kitab induk dari fiqih madzhab Syafi’i yang ditulis langsung oleh pendiri madzhab Syafi’i yaitu Muhammad bin Idris As-Syafi’i. (150 H/767 – 204H/819M). Kitab ini merupakan perpaduan antara dalil-dalil Quran dan hadits yang dibuat sebagai landasan pengambilan hukum oleh Imam Syafi’i dan pendapat yuridis dari Imam Syafi’i sendiri tentang suatu masalah. Kitab ini terdiri dari 6 volume atau 6 jilid.

Kendati menjadi kitab fiqih induk dan paling penting dalam madzhab Syafi’i, namun anehnya jarang ada pesantren salaf (apalagi modern) yang mengkaji kitab ini secara teratur. Pondok Pesantren Al-Khoirot mungkin satu-satunya pesantren di Indonesia yang mengkaji kitab ini secara rutin (Tolong koreksi kami apabila ada pesantren lain yang mengkaji kitab Al-Umm).

Kitab Al-Umm dibaca setiap pagi selepas shalat subuh dua kali dalam seminggu yakni setiap hari Sabtu dan Rabu dan diikuti oleh seluruh santri Al-Khoirot baik putra maupun putri, yunior atau senior. (Catatan: santri putri mengikuti pengajian ini melalui pengeras suara, tidak langsung dan berada di tempat terpisah).

2.  Sahih Bukhari,

Kitab Sahih Bukhori adalah kumpulan hadits-hadits Nabi berdasarkan sanad dan periwayatan sahih (otentik) yang disusun oleh seorang ulama asal Azerbaijan bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi al-Bukhari atau Imam Bukhari (196 H/810 M – Wafat 256 H/870 M) .

Kitab hadits ini, bersama dengan Sahih Muslim, menduduki posisi kedua setelah Al-Quran sebagai kitab hadits rujukan bagi kalangan ahli hukum Islam maupun ulama di bidang keilmuan yang lain. Oleh karena itu mempelajari kitab ini menjadi keharusan bagi seorang pelajar agama (santri) yang ingin mendalami ilmu Islam.

Sama dengan kitab Al-Umm, kitab Sahih Bukhari juga dikaji pada setiap hari Sabtu dan Rabu pagi dan diikuti oleh seluruh santri PPA putra putri, senior dan yang baru.

3. Tafsir Jalalain

Kitab tafsir Jalalain ditulis oleh dua ulama ahli tafsir yaitu Jalaluddin Muhammad bin Ahmad al-Mahalli (791 H-864 H) dan Abu al- Fadl Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muhammad Jalaluddin as-Suyuti (849-911 H).

Kitab ini merupakan tafsir ringkas dari Al-Quran yang menjelaskan secara singkat maksud makna suatu kalimat dalam Al-Quran maupun dari segi pengertian sastrawinya. Kitab ini dibaca dua kali dalam seminggu pada hari Sabtu dan Rabu pagi bersamaan dengan kitab Al-Umm dan Sahih Bukhari dan diikuti oleh semua santri Al-Khoirot putra dan putri.

Pengajian ketiga kitab di atas –yakni Al-Umm, Sahih Bukhari, Tafsir Jalalain– memakai sistem wetonan atau bandongan yaitu Kyai membaca dan menerangkan sedangkan santri menyimak dan mendengarkan. Santri juga diberi waktu untuk bertanya pada setiap akhir pertemuan.

4. Al-Muhadzab fi Fiqhil Imam As-Syafi’i

Kitab Muhadzab adalah kitab fiqih madzhab Syafi’i yang sangat berpengaruh. Kitab ini ditulis oleh Abu Ishak Ibrahim bin Ali bin Yusuf Al-Fairuzabadi Asy-Syairazi (w. 476H). Kitab ini semakin berpengaruh dalam fiqih madzhab Syafi’i setelah diberi syarah (komentar) yang sangat panjang dan detail oleh Imam Nawawi dalam Al-Majmuk Syarah Muhadzab. 

Kitab ini dibaca secara rutin di PPA setiap hari Minggu dan Kamis dan diikuti oleh kalangan santri senior saja baik putra maupun putri. Yakni para santri yang sudah duduk di kelas Wustho 1, Wustho2, Ulya 1, Ulya 2 dan Ma’had Aly.

5. Fathul Wahhab

Kitab Fathul Wahab bi Syarh Manhaj at-Tullab ditulis oleh  Abu Yahya Zakariya Al-Anshari (824 H – 926 H/1520 M). Kitab fiqih yang tergolong sulit memahaminya karena bahasanya yang sangat padat.  Kitab ini dikaji setiap hari Minggu dan Kamis (dua kali seminggu) dan diikuti oleh santri seniro putra putri dari tingkat Wustho 1 sampai ma’had aly.

6. Iqna’

Kitab Al-Iqna’ fi Halli Alfadz Abi Syuja’ditulis oleh Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Asy-Syarbini Al-Khatib (w. 977 H). Termasuk salah satu kitab utama dalam fiqih madzhab Syafi’i yang menjadi syarah dari kitab Taqrib Abu Syujak. Kitab ini juga dikaji setiap hari Minggu dan Kamis (dua kali seminggu) dan diikuti oleh santri seniro putra putri dari tingkat Wustho 1 sampai ma’had aly.

Ketiga kitab di atas–yakni Muhadzab, Fathul Wahab, dan Iqna’– dikaji dengan sistem sorogan di mana santri yang membaca dan memberi makna sedang kyai menyimak dan menerangkan.

Pengajian keenam kitab di atas dibimbing oleh A. Fatih Syuhud, salah satu pengasuh PPA.

7. Ibnu Aqil Syarah Alfiyah Ibnu Malik

Alfiyah Ibnu Malik adalah kitab gramatika tata bahasa Arab yang ditulis dalam bentuk syair (nadzam) oleh Jamaluddin Muhammad bin Abdullah bin Abdullah bin Malik Al-Jayyani Al-Andalusi. Kitab grammatika karya ulama kelahiran Andalusia, Spanyol pada 600 Hijriah ini menjadi kitab Nahwu & Sharaf paling populer di pesantren salaf yang diajarkan di kalangan santri senior tingkat lanjut. Santri yang sudah khatam mempelajari kitab Alfiyah Ibnu Malik dan memahami secara betul dapat dipastikan bisa membaca dan menguasai kitab kuning (gundul) dengan baik dan benar.

Kitab Alfiyah Ibnu Aqil disyarahi oleh banyak ulama ahli bahasa dan sastra Arab. Salah satu syarah yang terkenal di dunia pesantren adalah ٍSyarah Ibnu Aqil karya Bahauddin Abdullah bin Aqil Al-Hamdani Al-Mashri.

Kitab Syarah Ibnu Aqil ini dikaji seminggu sekali setiap hari Selasa pagi diikuti oleh kalangan santri senior dari tingkat Wustho 1 ke atas dan diasuh oleh KH Moh. Hamidurrohman Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang.


8. Hilyatu Lubbil Mashun bi Syarh Jauhar al-Maknun.

Kitab ini merupakan syarah dari kitab Jauharul Maknun fi Ilmil Bayan yaitu sebuah kitab yang membahas tentang sastra Arab meliputi ma’any, bayan, badi’ yang ditulis oleh Abdurrohman Al-Akhduri. Karena Jauharul Maknun ditulis dalam bentuk nadzam (syair) yang relatif sulit dalam memahaminya terutama kalangan penutur non-Arab, maka mempelajari kitab syarahnya adalah sangat penting. Syarah Jauharul Maknun yang berjudul Hilyatu Lubbil Mashun bi Syarh Jauhar al-Maknun ditulis oleh Ahmad bin Abdul Mun’im bin Yusuf bin Shiyam Ad-Damanhuri.

Kitab ini dibaca setiap hari Selasa pagi oleh KH. M. Hamidurrohman Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang yang diikuti oleh kalangan santri senior yaitu siswa madin Wustho 1 ke atas.


9. Fiqih Sirah

Bidang studi: Fiqih Sirah
Nama kitab:

Catatan: Kitab Al-Faraidul Bahiyah sudah selesai dan diganti dengan Fiqih Sirah untuk tahun ajaran 2014 – 2015.

Al-Faraidul Bahiyyah
Kitab yang membahas tentang kaidah-kaidah fiqih ini ditulis oleh Abu Bakar bin Abul Qasim bin Ahmad bin Muhammad bin Abu Bakar Al-Ahdali Al-Husaini Al-Yamani At-Tihami As-Syafi’i (984/1035 H). Kitab ini ditulis dalam bentuk nadzam atau syair.

Kitab ini dikaji setiap hari Senin pagi oleh KH. M. Humaidi Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang dan diikuti oleh para santri senior dari tingkat Wustho 1 ke atas.


10. Mantiq

Bidang studi: Ilmu Mantiq (Logika)
Nama kitab: Idahul Mubham fi Syarhil Sullam (Syarah Sullamul Munawroq)
Pengajar: K.H. Muhammad Humaidi

Catatan: Pengajian kitab Faidul Khobir sudah rampung dan diganti dengan kitab mantiq yaitu Idahul Mubham fi Syarhil Sullam untuk tahun pengajian 2014/2015

Faidul Khabir
Judul lengkap kitab ini adalah Faidul Khabir wa Khulasotut Taqrir ala Nahjit Taisir: Syarah Mandzumat at-Tafsir membahas tentang bidang disiplin ilmu tafsir.


11. Minhajul Abidin ila Jannati Rabbil Alamin

Kitan tentang tasawuf dan penyucian diri ini ditulis oleh ulama legendaris Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali At-Tusi An-Naisaburi yang lebih dikenal dengan julukan Imam Ghazali.

Kitab ini dibaca setiap hari Minggu sore ba’da Ashar oleh KH. M. Ja’far Shodiq Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang dan diikuti oleh semua santri baik senior maupun yunior, putra dan putri..


12. Jawahirul Kalamiyah

Kitab yang berjudul lengkap Jawahirul Kalamiyah fi Idohil Aqidah al-Islamiyah ini ditulis oleh Tohir bin Shaleh Al-Jazairi. Kitab ini membahas tentang tauhid aqidah Ahlussunnah Waljamaah Asy’ariyah. Kitab ini dikaji setiap hari Minggu sore ba’da Ashar oleh KH. Ja’far Shodiq Syuhud dan diikuti oleh semua santri baik senior maupun yunior, putra dan putri.

Kitab ini diajarkan dengan tujuan menanamkan aqidah dasar Ahlussunnah yang benar kepada para santri dan agar tidak terkontaminasi paham aqidah Wahabi Salafi.


II. MADRASAH DINIYAH (MADIN)

Madrasah Diniyah Annasyiatul Jadidah atau madin Al-Khoirot adalah institusi pendidikan dengan sistem sekolah (kelasikal) yang khusus mengkaji ilmu agama Islam dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut (advanced).

Madrasah Diniyah adalah program utama yang wajib diikuti oleh semua santri baik yang ikut program Tahfidz Al-Quran atau siswa sekolah formal.

Secara garis besar, Madrasah Diniyah (Madin) Al-Khoirot memiliki tiga jenjang tingkatan. Yaitu, tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Ma’had Aly (Aliyah).

Madrasah Diniyah Ibtidaiyah

Madin tingkat ibtidaiyah ditempuh dalam 6 tahun dan terdiri dari 6 kelas yaitu I’dad I (kelas 1), Ula I (kelas 2), Ula II (kelas 3), Ula III (kelas 4), Wustho I (kelas 5), Wustho II (kelas 6).

Materi yang Dikaji di tingkat Ibtidaiyah antara lain:

1. Ajurumiyah
2. Mutammimah
3. Taqrib
4. Fathul Qorib
5. Bulughul Marom
6. Tajwid
7. Tarikh Khulasoh Nurul Yaqin
8. Taklimul Muta’allim

Baca detail: Madrasah Diniyah Al-Khoirot

Madrasah Diniyah Tsanawiyah

Madin tingkat tsanawiyah ditempuh dalam 2 tahun dan terdiri dari 2 kelas yaitu Ulya I, dan Ulya II.

Materi yang dikaji pada tingkat tsanawiyah adalah:

1. Tafsir Jalalain (Surah An-Nisa’, Al-Maidah)
2. Sahih Bukhari
3. Al-Muhadzab oleh Al-Syairozi (Kitab Taharah, Kitab Shalat)
4. Ushul Fiqih oleh Abdul Wahab Kholaf (sampai selesai)
5. Al-Jauhar Al-Maknun fi Shinfi Al-Tsalatsah Al-Funun (Ilmu Balaghah) oleh Al-Akhduri (sampai selesai)

Baca detail: Madrasah Diniyah Al-Khoirot

Mahad Aly

Ma’had Aly sama dengan madrasah diniyah tingkat Aliyah. Ma’had Aly adalah madrasah diniyah tingkat lanjut yang diikuti oleh para santri yang sudah lulus tingkat tsanawiyah sebagai siswa aktif dan juga boleh diikuti oleh santri yang masih belajar di ibtidaiyah dan tsanawiyah sebagai mustamik.

Materi yang dikaji pada Ma’had Aly ada empat kitab tingkat lanjut yaitu:

1. Tafsir Ayat Ahkam oleh Ash-Shobuni
2. Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Marom oleh Sayyid Alwi Al-Maliki
3. Ihya’ Ulumiddin oleh Imam Al-Ghazali
4. Jam’ul Jawamik fi Ushul Al-Fiqh oleh Tajuddin As-Subki.

Baca detail: Ma’had Aly


SIMBOL MAKNA GANDUL PENGAJIAN KITAB KUNING

Pengajian kitab kuning di pesantren salaf, tak bisa dilepaskan dari sistem makna gandul. Makna gandul adalah santri memberikan makna pada kitab secara harfiah kata perkata dengan menyebut kedudukan i’rob dan makna dari setiap kata. Makna gandul menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa atau Madura. Sedangkan kedudukan i’robnya memakai singkatan abjad bahasa Arab.

Tujuan dari pemberian makna gandul adalah supaya santri lebih bisa memahami kedudukan i’rob dari setiap kalimat bahasa Arab yang dibaca sehingga santri akan lebih yakin (tahqiq) dalam memahami maksud dari suatu kalimat yang ada dalam sebuah kitab.

Setelah diberi makna secara gandul, baru kemudian kyai atau ustadz memberikan penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Lebih detail, berikut singkatan atau simbol i’rob yang dipakai dalam makna gandul.

Simbol Makna Gandul Kitab Kuning Jawa dan Madura

Madura

Jawa

Simbol

Status Kata

I’rob

Dineng

Utawi

م

Subyek Kalimat Nominal (Ismiyah)

Mubtada’

Paneka

Iku

خ

Predikat Kalimat Nominal (Ismiyah)

Khobar

Panapah

Opo

ف

Subyek kal. Aktif (benda)

Fa’il

Paserah

Sopo

فا

Subyek kal. Aktif (manusia)

Fa’il

Dek

Ing

مف

Obyek

Maf’ul Bih

Panapah, Paserah

Opo, Sopo

نف

Subyek kalimat pasif

Naibul Fa’il

Hale

Hale

حا

Kata keadaan

Hal

Ara-ara

Apane

تم

Kata keterangan

Tamyiz

Maka

Moko

ج

Kata jawab

Jawab Syartiyah

Karnah

Kerono

ع

Karena

Ta’lil

Kalaben

Kelawan

مط

Secara

Maf’ul Mutlak

Se

Kang

ص

Kata sifat

Sifat, Na’at

Edelem

Ingdalem

ظ

Keterangan tempat

Dzaraf

Senajjen

Senajan

غ

Walaupun

Ghayah

Nyatanah

Nyatane

با

Menjelaskan kal. sebelumnya

Bayan

Sebab

Jalaran

س

Disebabkan

Sababiyah

Kelakoan

Kelakuan

ش

Sya’n


III. TAHFIDZ AL-QURAN (MENGHAFAL QUR’AN)

Program tahfidzul Quran atau menghafal Al-Quran merupakan program baru tahun ajaran 2012/2013. Program ini dibuka untuk santri putra dan putri.

Peserta program tahfidz tetap harus mengikuti program (a) madrasah diniyah (madin), (b) pengajian kitab kuning; dan (c) sekolah formal.


IV. PENDIDIKAN FORMAL MTS & MA

Pendidikan Formal termasuk program utama bagi santri di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Seluruh santri harus mengikuti program ini bagi yang usianya antara 12 sampai 19 tahun dan belum memiliki ijazah formal. Adapun bagi yang usianya di atas 17 tahun dan belum memiliki ijazah Madrasah Tsanawiyah atau usia 19 tahun dan belum memiliki ijazah Madrasah Aliyah maka mereka akan dikenakan kewajiban mengikuti program Paket B untuk SLTP dan Paket C untuk SLTA. Seluruh santri diwajibkan memiliki ijazah formal agar supaya memungkinkan mereka untuk dapat melanjutkan level pendidikan ke tingkatan yang lebih tinggi dengan ijazah yang legalitasnya diakui oleh negara. Sehingga santri secara individu menjadi lebih kompetitif dan dapat mewarnai dinamika pembangunan bangsa di masa depan.

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot adalah lembaga pendidikan formal tingkat SLTP sejajar dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan diakui oleh negara dengan status terakreditasi di mana lulusannya dapat melanjutkan ke SLTA manapun baik negeri maupun swasta.

Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot adalah lembaga pendidikan formal tingkat SLTA yang sejajar dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). MA Al-Khoirot juga diakui negara dengan status terakreditasi dan lulusannya dapat melanjutkan studinya ke perguruan tinggi manapun baik negeri maupun swasta, baik universitas dalam negeri atau luar negeri.

Baca detail:

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot
Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot


V. MEMBACA AL-QURAN TARTIL

Kemampuan membaca Al-Quran bit-tartil dengan baik dan benar menurut standar yang diakui adalah sangat penting. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan ini, santri dilatih setiap hari setelah salat maghrib berjamaah. Untuk meningkatkan kemampuan muallim (tenaga pengajar), PPA melatih mereka seminggu sekali dengan mendatangkan tenaga muallim lulusan PIQ (Pesantren Ilmu Al-Quran) KH. Bashori Alwi, Singosari. Sedangkan untuk tingkat dasar memakai metode Usmani.

Baca detail: Membaca Al-Quran Tartil

VI. PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB MODERN

Gramatika bahasa Arab yakni ilmu nahwu dan sharaf dipelajari di madrasah diniyah sejak Ula I secara intensif. Begitu juga, kemampuan membaca kitab diasah melalui musyawarah baca kitab dan pengajian sorogan/wetonan kitab Muhadzdzab, Fathul Wahhab, Iqna’ bagi santri kelas Wustho I ke atas.

Namun, intensifikasi bahasa Arab modern tetap dirasa perlu. Karena itu, program bahasa Arab diadakan secara rutin setiap hari dengan penekanan pada muhawarah (conversation).

Baca detail: Bahasa Arab Modern

VII. EKSTRA KURIKULER PESANTREN

1. Musyawarah kitab Fathul Wahhab, Muhadzdzab, dan Iqna’ bagi santri kelas Wustho I ke atas madrasah diniyah (madin) (dua hari sekali).
2. Pengajian Al Quran secara tartil (setiap hari).
3. Program seni pidato/khitobah (setiap dua minggu sekali).
4. Program halaqah mentoring
5. Pidato/drama bahasa Arab (sebulan sekali)
6. Menulis di mading dan buletin SANTRI dan BULETIN ALKHOIROT


VIII. EKSTRA KURIKULER SEKOLAH FORMAL

1. Karate
2. Olahraga meliputi futsal, volley ball, tenis meja, badminton.
3. Pramuka.
4. OSIS
5. Menulis di mading sekolah dan buletin SISWA.

CATATAN:

Seluruh kegiatan di atas harus diikuti oleh seluruh siswa dan santri. Di PPA santri harus menjadi siswa, dan siswa harus menjadi santri. Artinya, siswa sekolah formal tidak boleh hanya sekolah formal. Dia harus sekaligus jadi santri dan mengikuti seluruh program pesantren termasuk madin, pengajian pengasuh dll.


IX. BIAYA PENDAFTARAN

Pondok Pesantren Al-Khoirot Putra dan Putri dikenal di Malang Raya sebagai pesantren yang berkualitas tinggi tapi dengan biaya sangat terjangkau untuk semua kalangan. Hanya dengan Rp. 890.000 (delapan ratus sembilan puluh ribu rupiah) Anda dapat masuk ke Ponpes Al-Khoirot. Biaya tersebut sudah termasuk seragama sekolah dan uang makan dan SPP bulan pertama. Lihat detailnya di sini.

Keterangan gambar: Perkemahan siswa MTS Al-Khoirot Malang saat mengikuti Jambore Pramuka di kecamatan Pagelaran pada 27 – 28 September 2011 dan berhasil merebut Juara Umum III.


JADWAL KEGIATAN HARIAN

Secara umum jadwal kegiatan antara pesantren putra dan pesantren putri hampir sama. Dengan sedikit tambahan kegiatan yang ada di pesantren putri pada hari-hari aktif (Sabtu s.d Kamis). Serta tambahan kegiatan ekstra di pesantren putra pada hari libur yaitu hari Jum’at. Lebih detailnya sebagai berikut:

JADWAL  KEGIATAN HARIAN SANTRI PUTRA PPA

No

Waktu

Nama Kegiatan

Pembimbing

Keterangan

1

04.00-05.00

Shalat Subuh

Imam Shalat

Berjamaah

2

05.00-06.00

Pengajian Kitab

Pengasuh/Ustadz

Semua santri

3

06.00-06.30

Bahasa Arab

Ustadz

Program lughah

4

07.00-12.00

Sekolah Formal

Guru

Semua siswa

5

12.00-12.30

Shalat Dzuhur

Imam shalat

Berjamaah

6

12.30-15.00

Istirahat

7

15.00-15.30

Shalat Ashar

Imam shalat

Berjamaah

8

16.00-17.00

Materi tambahan

Semua santri

Semua santri

9

17.30-18.00

Shalat maghrib

Imam shalat

Berjamaah

10

18.00-19.00

Belajar Quran tartil

Muallim

Semua santri

11

19.00-19.30

Shalat Isya’

Imam Shalat

Berjamaah

12

19.30-21.00

Madrasah Diniyah

Ustadz

Semua santri

13

21.00-22.00

Ma’had Aly

Pengasuh

Semua Ustadz

14

22.00-04.00

Istirahat

JADWAL KEGIATAN MINGGUAN PUTRA

Jum’at:
Jam 05.00 (Ba’da Subuh): Tahlil
Jam 07.00: Qiroah taghanni (baca Quran berlagu) dan Karate. Dua program ini bersifat opsional alias tidak wajib.
Sabtu: Jam 16.00 – 17.00 Jam 16.00 – 17.00 Pelatihan baca kitab kuning
Minggu: Jam 16.00 – 17.00 Pengajian Tauhid dan Tasawuf.
Senin: Jam 16.00 – 17.00 Jam 16.00 – 17.00 Pelatihan baca kitab kuning
Selasa: Jam 05.00 – 06.00 Pelatihan Bahasa Arab untuk umum
Rabu: Jam 16.00 – 17.00 Pelatihan baca kitab kuning
Kamis: Jam 16.00 – 17.00 Pelatihan Khitobah (pidato)

PENGECUALIAN DARI JADWAL DI ATAS DAN INFO TAMBAHAN:

  1. Santri yang tidak sekolah formal, karena sudah lulus SLTA atau usia sudah lewat masa SLTA, maka mengikuti program jam belajar dan musyawarah pagi jam 08.00 – 09.00.
  2. Santri peserta program Tahfidz Al-Quran melakukan murajaah dan takrir pada jam 16.00-17.00. Jadi, tidak mengikuti jadwal materi tambahan.
  3. Yang dimaksud “materi tambahan” adalah pelatihan baca kitab kuning dan mentoring atau bimbingan akhlak keislaman dan kesantrian.
  4. Shalat Dhuha diadakan pada saat istirahat sekolah formal yaitu pada jam 09.30-10.00 dan diikuti oleh semua siswa.

JADWAL KEGIATAN HARIAN SANTRI PUTRI PPA

No

Waktu

Nama Kegiatan

Pembimbing

Keterangan

1

03.00-04.00

Shalat Tahajud

Ustadzah

Semua santri

2

04.00-05.00

Shalat Subuh

Imam Shalat

Berjamaah

3

05.00-06.00

Pengajian Kitab

Pengasuh/Ustadz

Semua santri

4

06.00-06.30

Shalat Dhuha

Ustadzah

Semua santri

5

07.00-12.00

Sekolah formal

Guru

Semua siswa

6

13.15-15.00

Madrasah Diniyah

Ustadzah

Semua santri

7

15.00-15.30

Shalat Ashar

Imam

Berjamaah

8

16.00-17.00

Belajar bersama

Ustadzah

Semua santri

9

17.30-18.00

Shalat maghrib

Imam shalat

Berjamaah

10

18.00-19.00

Belajar Quran tartil

Muallim

Semua santri

11

19.00-19.30

Shalat Isya’

Imam Shalat

Berjamaah

12

20.00-21.00

Pengajian Kitab

Pengasuh Putri

Semua santri

13

21-03.00

Istirahat

Semua santri

Baca detail: Pesantren Putri Al-Khoirot

]]>
http://www.alkhoirot.com/sistem-pendidikan/feed/ 384
Pesantren Santri Luar Negeri Internasional http://www.alkhoirot.com/santri-luar-negeri-pesantren/ http://www.alkhoirot.com/santri-luar-negeri-pesantren/#comments Sun, 20 Mar 2016 02:48:39 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=2314 Santri Luar Negeri
Pondok Pesantren Al-Khoirot menerima calon santri yang berasal dari luar negeri atau pelajar internasional (international student) seperti dari Singapore, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand (Pathani), dan Arab Saudi yang ingin belajar mengaji di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah bahwa santri yang ingin ikut belajar lebih dari 1 (satu) bulan harus mengajukan permohonan visa pelajar atau ijin tinggal sementara (ITAS) ke Kedutaan atau Konsulat Indonesia terdekat. Untuk bisa mendapatkan ijin visa ini, calon santri harus mengirim data diri atau scanned ID Card atau Passport atau Iqomah, kirim via email ke: admin@alkhoirot.com

DAFTAR ISI

  1. KATEGORI SANTRI SANTRI KILAT DAN SANTRI TETAP
    1. SANTRI LUAR NEGERI PROGRAM KILAT
    2. SANTRI LUAR NEGERI PROGRAM TETAP
  2. SYARAT MASUK AL-KHOIROT
  3. BIAYA MASUK AL-KHOIROT
  4. SANTRI PUTRA DAN PUTRI
  5. KONTAK TELPON DAN EMAIL
  6. ALAMAT DAN LOKASI PESANTREN
  7. PETUNJUK JALAN DARI AIRPORT KE AL-KHOIROT
  8. ALAMAT KEDUTAAN DAN KONSULAT JENDERAL INDONESIA
  9. CARA MENGAJUKAN VISA TURIS
  10. CARA MENGAJUKAN VISA PELAJAR


KATEGORI SANTRI SANTRI KILAT DAN SANTRI TETAP

Dari segi durasi waktu belajar, santri luar negeri — sebagaimana santri dalam negeri — dapat dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu, santri kilat dan santri tetap.

SANTRI LUAR NEGERI PROGRAM KILAT

Yang dimaksud santri kilat adalah santri luar negeri yang mengikuti program kilat (crash course / short course) dan tidak lama tinggal di pesantren. Umumnya santri kilat tinggal selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan.

Santri luar negeri program kilat kurang dari 1 bulan dapat masuk ke Al-Khoirot dengan memakai visa kunjungan atau tourist visa. Tourist visa dapat diajukan di kedutaan Indonesia (Indonesia Embassy) atau Konsulat Jenderal (Consulate General) terdekat atau ketika sampai di bandara (airport) Indonesia (visa on arrival). Sedangkan santri program kilat yang berencana akan tinggal di Al-Khoirot lebih dari satu bulan, misalnya 2 bulan sampai 6 bulan, maka ia harus mengajukan visa pelajar (Student Visa) atau visa ijin tinggal sementara (ITAS). Untuk mendapatkan visa ITAS atau Visa Pelajar, maka calon santri diharuskan menyertakan Surat Tanda Diterima (Acceptance Letter) dari Pesantren Al-Khoirot. Untuk mendapatkan Surat Tanda Diterima, maka calon santri diharuskan mengirim data yang sesuai Identity Card atau Passport (lebih bagus kalau disertai scanning ID Card / Passport). Kirim ke Al-Khoirot via email: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com.

Baca: Pesantren Kilat (Short Course)

SANTRI LUAR NEGERI PROGRAM TETAP

Santri Luar Negeri program tetap adalah santri yang berasal dari luar Indonesia yang berencana tinggal dan belajar / mengaji di Al-Khoirot dalam kurun wakti 1 (satu) tahun atau lebih. Santri program tetap terdiri dari dua kategori yaitu santri remaja dan santri dewasa.

Santri remaja adalah santri yang berusia antara 12 sampai 19 tahun. Santri remaja diharuskan mengikuti empat program wajib yaitu Al-Quran tartil, pengajian kitab pengasuh, madrasah diniyah, dan sekolah formal. Dan berhak untuk mengikuti program pilihan (opsional) yaitu Tahfidz Al-Quran dan Bahasa Arab Modern.

Sedangkan santri dewasa adalah santri luar negeri yang mengikuti program tetap yang berusia 20 tahun atau lebih. Santri dewasa program tetap akan dilihat usianya:
(a) apabila usia di bawah 30 tahun, maka santri tersebut akan mengikuti program madrasah diniyah, pengajian Al-Quran dan pengajian kitab oleh Pengasuh sebagaimana para santri yang lain.
(b) Apabila usia di atas 40 tahun, maka santri akan mengikuti program madrasah diniyah dan mengaji Al-Quran tartil secara khusus. Sedangkan pengajian kitab oleh pengasuh tetap seperti yang lain. Baca: Santri Dewasa

SYARAT DAN BIAYA MASUK AL-KHOIROT

Santri program tetap harus datang ke Pesantren Al-Khoirot dengan membawa Visa Pelajar (Student Visa) atau Visa ITAS (Ijin Tinggal Sementara). Untuk mendapatkan visa tersebut, calon santri harus memiliki Acceptance Letter atau Surat Tanda Diterima dari Al-Khoirot. Untuk mendapatkan acceptance letter dari Al-Khoirot, maka ikuti panduan berikut:
(a) Kirim informasi identitas diri sesuai dengan yang tertera di Identity Card (ID Card) atau Passport. Lebib baik lagi kalau dikirim juga foto scanning ID Card atau Passport.
(b) Kirim via email ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com
(c) Kami akan segera mengirim Acceptance Letter ke Anda via email.
(d) Bawa Acceptance Letter atau Surat Tanda Diterima itu ke Kedutaan atau Konsulat Indonesia di negara Anda untuk mengajukan aplikasi Student Visa atau Visa ITAS (Ijin Tinggal Sementara).

BIAYA MASUK

Biaya santri luar negeri sama dengan santri Indonesia yaitu sebagai berikut:

(a) Santri yang belajar selama 1 bulan atau kurang, maka tidak dikenakan biaya alias gratis.
(b) Santri yang belajar selama 2 bulan atau lebih dan tidak sekolah formal, maka dikenakan biaya Rp. 585.000 (lima ratus delapan puluh lima ribu rupiah) atau sekitar USD 45.00.
(c) Santri program tetap dikenakan dan ikut sekolah formal, maka dikenakan biaya Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) atau sekitar USD 74.00


SANTRI PUTRA DAN PUTRI

Kami menerima santri putra dan putra, laki-laki dan perempuan. Karena, Pesantren Al-Khoirot memang menerima santri putra dan putri. Adapun kampus putra dan putri lokasinya berdampingan.

KONTAK TELPON DAN EMAIL

Untuk info lebih lanjut, calon santri dapat menghubungi nomor telpon berikut:

No Telpon Putra:
Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185

No. Telpon Putri:
085815000572 dan 081555327272

Untuk kontak email, kirim ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

ALAMAT DAN LOKASI PESANTREN

Alamat lokasi dan alamat koresponden via pos (post address) pondok pesantren Al-Khoirot:

Pondok Pesantren Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174, Jawa Timur.

PETUNJUK JALAN DARI AIRPORT KE AL-KHOIROT

Santri luar negeri yang datang ke Al-Khoirot kemungkinan melalui salah satu dari tiga airport yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sukarno Hatta Jakarta, Bandara Abdul Rahman Saleh Malang. Berikut petunjuk cara mencari transportasi dan rute perjalanan dari masing-masing airport menuju pesantren Al-Khoirot.

Bandara Juanda Surabaya Airport

– Jarak antara Bandara Juanda dengan pesantren Al-Khoirot Malang: 123 km.
– Biaya transport dengan jasa travel: Rp. 100.000 untuk 1 orang atau 400.000 untuk 2 orang atau lebih (Sampai ke Al-Khoirot)

Jasa travel yang bisa dihubungi:

– Jasa travel di bawah ini dapat antar-jemput dari dan ke airport.
– Pemesanan (reservation) harus dilakukan sehari sebelumnya.

Bumi Tour and Travel

Telp. 0341-395-825 atau 0341-433-8788
HP. 081-233-676-399 atau 085-855-855-491
Jl. Panglima Sudirman 89 Ngadilangkung, Kepanjen
tepatnya 200 meter selatan kantor desa Ngadilangkung

Rute perjalanan: Surabaya -> Malang -> Kepanjen -> Karangsuko (7 km ke arah timur) di pertigaan Indomaret Karangsuko belok kanan 100 meter.

Peta Rute dari Bandara Juanda Surabaya Airpot menuju Pesantren Al-Khoirot Malang



Malang Airport Bandara Abdul Rahman Saleh

Jarak antara Bandara Malang dengan pesantren Al-Khoirot: 33 km
Biaya transport dengan jasa travel: Rp. 300.000 untuk 1 orang atau lebih. (Sampai ke Al-Khoirot)

Jasa travel yang bisa dihubungi:

– Jasa travel di bawah ini dapat antar-jemput dari dan ke airport.
– Pemesanan (reservation) harus dilakukan sehari sebelumnya.

Bumi Tour and Travel

Telp. 0341-395-825 atau 0341-433-8788
HP. 081-233-676-399 atau 085-855-855-491
Jl. Panglima Sudirman 89 Ngadilangkung, Kepanjen
tepatnya 200 meter selatan kantor desa ngadilangkung

Rute perjalanan: Malang -> Kepanjen -> Karangsuko (7 km ke arah timur) di pertigaan Indomaret Karangsuko belok kanan 100 meter.

Peta Rute Bandara Abdul Rahman Saleh Malang menuju Pesantren Al-Khoirot



Jakarta Airport Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

Santri dianjurkan turun di Surabaya Airport atau Malang Airport dan tidak dianjurkan turun di Bandara Jakarta. Namun, apabila terlanjur, maka untuk mencapai Pesantren Al-Khoirot Malang anda dapat memakai beberapa transportasi alternatif sebagai berikut:

(a) Naik pesawat ke Malang Airport Bandara Abdul Rahman Saleh. Dari Airport naik mobil travel ke Al-Khoirot lihat detailnya di sini.

(b) Dari Jakarta naik Kereta Api dari Stasiun Senen jurusan Malang turun di Kepanjen. Dari stasiun Kepanjen naik mikrolet (biaya Rp. 5.000) turun di Indomaret Karangsuko atau bisa juga naik ojek (biaya Rp. 10.000).

Untuk rute jalan menuju lokasi, lihat di sini.


ALAMAT KEDUTAAN DAN KONSULAT JENDERAL INDONESIA

KEDUTAAN DAN KONSULAT INDONESIA DI MALAYSIA

KUALA LUMPUR

NO. 233, JLN. TUN RAZAK, 50400 KUALA LUMPUR, MALAYSIA PO.BOX 10889
Telp.(+603)-9841354, 2414737, 3398675, 21164016
Faks 21410353, 21417908, 21423878
http://www.kbrikualalumpur.org

KUCHING

No. 21 Lot 16557 Block 11, Jalan Stutong, MTLD 93350 Kuching, SERAWAK, MALAYSIA
Telp.
Faks
HP. +60198865841

PENANG

467, JALAN BURMA, PULAU PINANG 10350 MALAYSIA (PO.BOX 502)
Telp.(604)-2267412, 2274686
Faks 2275887, 2271370
HP. +60164957515
fakar@pc.jaring.my
http://penang.kemlu.go.id, http://www.kemlu.go.id/Pages/MissionDisplay.aspx?IDP=196&l=id

TAWAU

Jalan Sin On, Mile 2,5 TAWAO, SABAH, MALAYSIA
Telp.
Faks
HP. +60194996955

JOHOR BAHRU

NO. 723, JL. ANYER MOLEK 80000, JOHOR BAHRU, MALAYSIA
Telp.(60-7)-2212000, 2223396, 2229301
Faks 2248309
HP. +60137947000
krijohor@tm.net.My

KEDUTAAN INDONESIA DI BRUNEI

Indonesian Embassy in Bandar Seri Begawan, Brunei

Simpang 336-43, Jalan Kebangsaan
Kampung Kawasan Lingkungan Diplomatik
Mukim Kianggeh, BS8111, Daerah Brunei Muara
Bandar Seri Begawan
Brunei
TELEPHONE
(+673) (2) 330-180
FAX
(+673) (2) 330-646
EMAIL
bsbegawan.kbri@kemlu.go.id
kbribsb@brunet.bn
WEBSITE
bandarseribegawan.kemlu.go.id

KEDUTAAN INDONESIA DI SINGAPORE

7 CHATSWORTH ROAD SINGAPURA, 249761
Telp.(+65)-67377422 lalu tekan 1, 68395407
Faks (+65) 67335215
imigrasi@indonesianembassy.sg
http://www.kemlu.go.id/singapore

KEDUTAAN INDONESIA DI THAILAND

600-602 PETCHBURI ROAD, BANGKOK 10400 THAILAND
Telp.(001662)-2523135-40, 2523175, 2551268, 8136939, 2523140 ext.116
Faks 2551567-68, 2548578
HP. +66843604761

KEDUTAAN INDONESIA DI TIMOR LESTE

RUA. GOV. MARIA DE SERVA ROSA, PO BOX 207, FAROL – PALAPASO, DILI, TIMOR LESTE
Telp. +6703317107, 3311109
Faks.+6703323684
HP. +67073000800 / +67073057549/
Email : ataseimigrasi.dili@kemlu.go.id / nusakoka60@gmail.com

KEDUTAAN INDONESIA DI PHILIPINA

ECOLAND DRIVE, ECOLAND SUBDIVISION, BARANGAY MATINA CROSSING DAVAO CITY DISTRICT 1, DAVAO CITY, 8000 PHILLIPINES
Telp.(63-82)-2992930 sd 39, 784886 sd 89, 2973462
Faks 63880
HP. +639156735350
http://kapitbisig.com/philippines

KEDUTAAN DAN KONSULAT INDONESIA DI ARAB SAUDI

RIYADH

Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassador : H.E. Mr. Abdurrahman Mohammad Fachir
Address : Riyadh Diplomatic Quarter (P.O.BOX 94343, Riyadh 11693), Kingdom of Saudi Arabia
Phone : (966-1) 488-2800, 488-2131, 488-2282, 488-2472
Fax : (966-1) 488-2966
Email : contact@indonesia-riyadh.org
Website : http://riyadh.kemlu.go.id

JEDDAH

Indonesian Consulate General in Jeddah
Consul General : Mr. Dharmakirty Syailendra Putra
Address : Al-Mualifin Street, Al-Rehab District/5, (P.O. BOX 10 Jeddah 21411), Kingdom of Saudi Arabia
Phone : (966-2) 671-1271
Fax : (966-2) 673-0205
Email : komjed@awalnet.net.sa
Website : http://jeddah.kemlu.go.id

CARA MENGAJUKAN VISA KUNJUNGAN

Bagi santri yang mengikuti program Pesantren Kilat dan tinggal di Al-Khoirot kurang dari 1 bulan, maka ia bisa mengajukan visa kunjungan (tourist visa) yang bisa diperoleh secara gratis di Kedutaan atau Konsulat Indonesia terdekat atau saat sampai di Airport Indonesia (visa on arrival).


CARA MENGAJUKAN VISA ITAS (IJIN TINGGAL TERBATAS) ATAU VISA PELAJAR

Calon santri yang akan tinggal di Al-Khoirot lebih dari 1 bulan, maka hendaknya mengajukan Visa Ijin Tinggal Terbatas (ITAS) atau visa pelajar (student visa) agar yang bersangkutan dapat tinggal lebih lama dan bisa diperpanjang sesuai dengan keinginan santri.

Bagi santri dewasa luar negeri yang ingin belajar selama 2 bulan atau lebih, maka anda harus mendapat visa student atau visa Izin Tinggal Terbatas (ITAS). Untuk mendapatkan visa ITAS, maka Anda harus mendapatkan Surat Penerimaan (Admission Letter) dari Pesantren Al-Khoirot. Untuk dapat Surat Penerimaan, silahkan kirim data berikut:

1. Data diri yang sesuai dengan Kartu Identitas (ID card), atau Data diri yang sesuai dengan Paspor.
2. Scanning ID Card atau Passport (opsional).

File mohon dikirim ke alamat email: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

Berikut informasi visa ITAS yang dikutip dari situs resmi KEMLU RI:

Izin Tinggal terbatas diberikan kepada:
Orang Asing yang masuk Wilayah Indonesia dengan Visa tinggal terbatas atau Orang Asing yang diberikan alih status dari Izin Tinggal kunjungan, yang meliputi :
Orang Asing dalam rangka penanaman modal;
Bekerja sebagai tenaga ahli;
Melakukan tugas sebagai rohaniawan;
Mengikuti pendidikan dan pelatihan;
Mengadakan penelitian ilmiah;
Menggabungkan diri dengan suami atau istri pemegang Izin Tinggal terbatas;
Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu bagi anak berkewarganegaraan asing yang mempunyai hubungan hukum kekeluargaan dengan ayah dan/atau ibu warga negara Indonesia;
Menggabungkan diri dengan ayah dan/atau ibu pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal Tetap bagi anak yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin;
Orang Asing eks warga negara Indonesia; dan
Wisatawan lanjut usia mancanegara.
Anak yang pada saat lahir di Wilayah Indonesia ayah dan/atau ibunya pemegang Izin Tinggal terbatas;
Nakhoda, awak kapal, atau tenaga ahli asing di atas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
Orang Asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia; atau
Anak dari Orang Asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia.
Izin Tinggal terbatas juga dapat diberikan kepada Orang Asing untuk melakukan pekerjaan singkat.

MASA BERLAKU VISA ITAS

Izin Tinggal terbatas berakhir karena pemegang Izin Tinggal terbatas:
Kembali ke negara asalnya dan tidak bermaksud masuk lagi ke Wilayah Indonesia;
Kembali ke negara asalnya dan tidak kembali lagi melebihi masa berlaku Izin Masuk Kembali yang dimilikinya;
Memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia;
Izinnya telah habis masa berlaku;
Izinnya beralih status menjadi Izin Tinggal Tetap;
Izinnya dibatalkan oleh Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk;
Dikenai Deportasi; atau
Meninggal dunia.

SYARAT PENGAJUAN VISA PELAJAR ATAU ITAS

Persyaratan Umum, melampirkan :

Formulir permohonan;
Surat penjaminan dari Penjamin, kecuali Orang Asing yang kawin secara sah dengan warga negara Indonesia;
Paspor kebangsaan yang sah dan masih berlaku beserta fotokopinya.
Bagi Orang Orang Asing dalam rangka mengikuti pendidikan dan pelatihan, dan mengadakan penelitian ilmiah, melampirkan persyaratan :

Surat keterangan domisili;
Surat rekomendasi dari kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian terkait;
Rekomendasi untuk maksud belajar/penelitian dari instansi yang berwenang (Kemendiknas /LIPI);
Tanda masuk yang masih berlaku.

PERPANJANG VISA ITAS (IJIN TINGGAL TERBATAS)

Permohonan Izin Tinggal Terbatas bagi Orang Asing yang masuk Wilayah Indonesia dengan Visa tinggal terbatasharus diajukan dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak Tanda Masuk diberikan.

Dalam hal permohonan Izin Tinggal terbatas tidak diajukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dikenai biaya beban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal orang asing untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun, dan diberikan paling banyak 5 (lima) kali berturut-turut;
Perpanjangan yang pertama dan kedua dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian;

Perpanjangan yang ketiga sampai dengan kelima dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan tertulis Direktur Jenderal Imigrasi melalui pertimbangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian.[]

]]>
http://www.alkhoirot.com/santri-luar-negeri-pesantren/feed/ 3
Pesantren untuk Santri Dewasa http://www.alkhoirot.com/pesantren-santri-dewasa/ http://www.alkhoirot.com/pesantren-santri-dewasa/#comments Sun, 20 Mar 2016 00:53:49 +0000 http://www.alkhoirot.com/?p=1667 Pesantren untuk santri dewasa
Apakah pondok pesantren Al-Khoirot menerima santri yang berusia dewasa? Adakah program khusus untuk orang dewasa? Demikian beberapa pertanyaan yang dialamatkan calon santri kepada Al-Khoirot. Kalau menerima, lalu berapa batasan usia maksimum calon santri yang bisa diterima di ponpes Al-Khoirot? Dan apakah santri yang diterima khusus laki-laki saja atau juga santri perempuan? Berikut jawaban detail dari kami:

DAFTAR ISI

  1. BIAYA DAN CARA DAFTAR
  2. PERIHAL PROGRAM SANTRI DEWASA
  3. LAMA BELAJAR DI AL-KHOIROT BAGI SANTRI DEWASA
  4. STUDI DI PERGURUAN TINGGI
    1. Aturan untuk Santri Putra
    2. Aturan untuk Santri Putri
  5. PROGRAM UNTUK SANTRI DEWASA
    1. Bimbingan dasar membaca Al-Quran Metode Usmani
    2. Bimbingan Dasar Membaca Al-Quran Metode PIQ
    3. Bimbingan Ibadah: Wudhu, Shalat dan Puasa
    4. Mengikuti madrasah diniyah.
    5. Mengikuti pengajian Tafsir, Hadits, Fiqih oleh Pengasuh.
    6. Mengikuti Program Tahfdiz Al-Quran
    7. Mengikuti Program Bahasa Arab Modern
  6. PROGRAM EKSTRA KURIKULER PESANTREN
    1. Ekstra Kurikuler Pesantren Putra
    2. Ekstra Kurikuler Pesantren Putri
  7. FASILITAS OLAHRAGA
    1. Fasilitas olahraga Putra
    2. Fasilitas Olahraga Putri
  8. SANTRI DEWASA LUAR NEGERI
    1. Cara Daftar
    2. Program Lebih dari 1 Bulan
    3. Program Kurang dari 1 Bulan
  9. KONTAK TELPON DAN EMAIL
  10. ALAMAT, KONTAK LOKASI DAN RUTE JALAN
  11. LAYANAN PENJEMPUTAN
  12. JADWAL HARIAN SANTRI DEWASA PUTRA
  13. AL-KHOIROT DI GOOGLE MAP

VIDEO: PROFIL PROGRAM SANTRI DEWASA



BIAYA DAN CARA DAFTAR

Karena sifatnya khusus dan tidak terikat dengan pendidikan formal, maka pendaftaran bagi santri dewasa terbuka sepanjang tahun. Tidak ada batas awal atau akhir. Calon santri dewasa dapat datang dan mendaftar kapan saja ia ingin mondok.

Cara daftarnya juga mudah. Setiap santri dewasa yang ingin mondok dapat langsung datang ke pesantren Al-Khoirot dan akan langsung diterima.

Biaya Daftar dan Biaya Bulanan

Biaya pendaftaran juga tidak mahal yaitu sekitar Rp. 500.000 (limz ratus ribu rupiah).
Biaya perbulan sekitar Rp. 50.000 (limapuluhribu).
Biaya makan mulai dari Rp. 150.000 (seratus limapuluh puluh ribu)
Biaya laundry Rp. 3.500 (lima ribu) perkilo.

Untuk santri reguler, lihat detailnya di sini.

PERIHAL PROGRAM SANTRI DEWASA

Pertama, Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang menerima santri yang termasuk dalam kategori dewasa. Yang dimaksud santri dewasa adalah santri yang berusia 19 tahun ke atas atau calon santri yang saat mendaftar sudah lulus SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) meliputi SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), MA (Madrasah Aliyah), Paket C atau lulus kuliah baik sarjana strata satu (S1) maupun Diploma atau lebih (S2 atau S3).

Kedua, Pondok Pesantren Al-Khoirot menerima santri dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Al-Khoirot menerima santri putra dan putri. Program yang ada di putra dan putri pun hampir sama walaupun ada sedikit perbedaan di sana sini. Begitu juga, kebijakan penerimaan santri dewasa ini juga berlaku untuk santri laki-laki dan perempuan.

Ketiga, santri dewasa akan mendapat perlakuan khusus dari segi bimbingan keagamaan. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan dan persamaan perlakuan antara santri biasa dengan santri dewasa:

a) Sementara santri non-dewasa akan ditempatkan di kelas madrasah diniyah berdasarkan hasil tes kemampuan dasar ilmu agamanya, sedangkan santri dewasa akan diberi kebebasan untuk memilih kelas yang dia sukai tanpa melalui tes masuk. Persamaannya adalah, santri biasa dan santri dewasa sama-sama wajib mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah dan pengajian kitab kuning.

b) Penempatan kamar santri biasa akan berdasarkan sekolah atau spesifikasi yang dipilih. Misalnya, santri MTS atau MA akan tinggal di asrama sesama santri MTS dan MA. Santri Tahfidz Al-Quran atau Bahasa Arab Modern akan ditempatkan di asrama Tahfidz dan Bahasa Arab. Sedangkan santri dewasa boleh memilih akan tinggal di asrama manapun yang dirasa sesuai dan cocok untuk mencapai tujuannya atau tinggal di asrama yang khusus santri dewasa.

c) Santri biasa memiliki target berdasarkan pendidikan formalnya. Misalnya, akan mondok sampai lulus Madrasah Tsanawiyah atau sampai lulus Madrasah Aliyah. Sedangkan santri dewasa tergantung target kemampuan agama apa yang ingin dicapai.

LAMA BELAJAR DI AL-KHOIROT BAGI SANTRI DEWASA

Prinsipnya, tidak ada tenggat waktu yang ditentukan berapa lama seorang santri dewasa untuk tinggal di Al-Khoirot. Secara teoritis, ia bisa tinggal berapa pun dia mau. Setahun, tiga tahun, lima tahun atau hanya sebulan dua bulan pun dibolehkan.

Namun, tentu saja santri yang datang untuk belajar ilmu agama harus memiliki target minimal yang ingin dicapai agar supaya kedatangannya tidak sia-sia.

Target yang ingin dicapai dan waktu yang diperlukan untuk mencapainya akan sangat tergantung dari pengetahuan dasar akan ilmu agama yang dimiliki.

Bagi santri dewasa yang masuk dalam kondisi kosong ilmu agama apapun termasuk tidak bisa membaca Al-Quran, dan dia hanya ingin memiliki kemampuan untuk membaca Al-Quran secara fasih, maka satu tahun sudah cukup baginya untuk mencapai tujuannya asal rajin belajar dan berlatih.

Bagi santri dewasa yang masuk dengan kemampuan ilmu agama nol bahkan tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali, tapi dia memiliki tekad untuk mampu membaca Al-Quran dengan fasih tapi juga dapat membaca kitab gundul, maka waktu yang diperlukan minimal empat tahun apabila dia rajin belajar dan banyak bertanya.

Bagi santri dewasa yang sudah mampu membaca Al-Quran dan memiliki target untuk dapat membaca kitab kuning, sedangkan dia belum memiliki dasar sama sekali di bidang ilmu gramatika bahasa Arab (Nahwu dan Shorof), maka setidaknya dia memerlukan sedikitnya dua tahun untuk mencapai tujuannya dengan cara masuk di Madrasah Diniyah Wustho Satu.

Bagi santri yang ingin menguasai ilmu-ilmu agama, bukan sekadar bisa membaca kitab kuning, dalam berbagai bidang studi Islam seperti tafsir, hadits, fiqih, tashawuf, sastra Arab, dll, maka dia baru bisa mencapai tujuannya setelah lulus minimal dari Madrasah Diniyah Tsanawiyah (MDT) idealnya setelah lulus program Ma’had Aly.

STUDI DI PERGURUAN TINGGI

Aturan untuk Santri Putra

Santri dewasa putra yang baru masuk ke Al-Khoirot setelah ia lulus dari SLTA atau Sarjana S1, maka ia diperbolehkan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi yang ada di sekitar pesantren sambil mondok di Al-Khoirot dengan syarat-syarat sebagai berikut:

(a) Untuk program Diploma atau Sarjana S1 santri diharuskan memilih perguruan tinggi swasta yang jam kuliahnya tidak terlalu aktif. Misalnya, jam kuliahnya hanya 3 hari dalam seminggu.

(b) Santri putra dilarang kuliah mengambil program S1 atau diploma 1 sampai 3 di perguruan tinggi negeri sambil mondok di Al-Khoirot karena umumnya jam kuliah di universitas negeri dilakukan selama satu minggu penuh sehingga tidak ada waktu lagi untuk belajar ilmu agama di pesantren. Bagi yang ingin mengambil studi S1 di universitas negeri maka dipersilahkan untuk mondok pesantren lain yang lokasinya berdekatan dengan kampus dan mengijinkan santrinya untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

(c) Santri putra yang ingin kuliah mengambil program S2 atau S3 jurusan apapun diperbolehkan untuk memilih kampus yang ada di sekitar pesantren baik negeri atau swasta. Karena, umumnya program S2 dan S3 jadwal kuliahnya tidak aktif seminggu penuh sehingga ada waktu untuk mengikuti program pesantren.

(d) Beberapa perguruan tinggi yang lokasinya berdekatan dengan Al-Khoirot antara lain:
i. Universitas Raden Rahmat (Unira) yang beralamat di Kepanjen, Malang
ii. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), Kepanjen Malang.
iii. Sekolah Tinggi Al-Qolam, Gondanglegi, Malang.

Aturan untuk Santri Putri

(a) Santri dewasa putri yang baru masuk ke pesantren setelah lulus SLTA tidak diperbolehkan untuk mengambil studi lanjutan di perguruan tinggi yang ada di sekitar pesantren. Mereka diharapkan untuk fokus belajar ilmu agama yang ada di dalam lingkungan pesantren.

(b) Santri putri yang mondok di Al-Khoirot sejak SLTP dan SLTA dan tetap di Al-Khoirot setelah lulus Madrasah Aliyah Al-Khoirot juga tidak diijinkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan tetap tinggal di dalam kompleks pesantren.

(c) Semua santri putri yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi harus keluar dari pesantren Al-Khoirot. Dan mereka sangat dianjurkan untuk mencari pesantren yang berada di sekitar lokasi kampus agar tetap bisa terpelihara akhlak syariahnya dan memelihara martabat dirinya.

(d) Untuk santri putri yang lokasi kampusnya ada di sekitar kawasan Kepanjen, Malang, dianjurkan untuk tinggal di Pesantren Al-Kamaliyah, Kepanjen agar bisa tetap menambah ilmu agama dan pada waktu yang sama tetap menjaga diri dari pergaulan negatif yang tidak kondusif.

PROGRAM UNTUK SANTRI DEWASA

Program untuk santri dewasa tidak berbeda dengan santri yang lain yaitu sebagai berikut:

(a) Bimbingan dasar membaca Al-Quran Metode Usmani

Bagi santri dewasa yang masuk ke Al-Khoirot dengan kondisi tidak dapat membaca Al-Quran sama sekali, maka bimbingan membaca Al-Quran dilakukan dengan metode Usmani.

Metode Usmani adalah metode praktis membaca Al-Quran dengan tanpa harus belajar mengeja. Program ini setidaknya memerlukan waktu satu tahun agar santri dapat membaca Al-Quran dengan baik dan fasih. Bimbingan dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat maghrib kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(b) Bimbingan Dasar Membaca Al-Quran Metode PIQ

Bagi yang masuk ke Al-Khoirot dengan kondisi sudah dapat membaca Al-Quran tapi masih belum fasih, maka dia akan dididik oleh guru (muallim) Al-Quran dengan memakai metode PIQ (Pesantren Ilmu Al-Quran). Yaitu, dengan memperbaiki bacaan yang tidak atau kurang fasih tersebut. Bimbingan dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat maghrib kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(c) Bimbingan Ibadah: Wudhu, Shalat dan Puasa

Santri dewasa akan mendapat bimbingan khusus seputar tata cara ibadah yang benar meliputi tata cara wudhu, shalat, dan puasa.

Apabila kedatangan santri dewasa bersamaan dengan santri lain, maka bimbingan ibadah ini akan dilakukan secara bersamaan. Apabila datangnya di pertengahan tahun, maka bimbingan ibadah akan dilakukan secara khusus.

Selain itu, santri dewasa dan santri lain akan dibimbing ibadah haji sekali dalam setahun biasanya dilakukan sehari sebelum lebaran Idul Adha.

(d) Mengikuti madrasah diniyah.

Santri dewasa sama dengan santri lain diwajibkan mengikuti program madrasah diniyah yang dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat Isya’ antara jam 19.30 sampai 20.30. Khusus untuk santri dewasa diperbolehkan untuk memilih kelasnya tanpa mengikuti tes.

Program ini dilakukan 5 kali dalam seminggu kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(e) Mengikuti pengajian Quran Hadits Fiqih oleh pengasuh.

Santri dewasa dan santri lain diwajibkan mengikuti pengajian kitab klasik meliputi tafsir Al-Quran Jalalain, Sahih Bukhari, Al-Umm setiap hari Sabtu dan Rabu pada jam 05.00 s/d 06.00 dan pengajian kitab tasawuf dan akidah pada hari Minggu jam 16.00 s/d 17.00.

Selain itu, pada setiap jam 05.00 s/d 06.00 hari Minggu, Senin, Selasa dan Kamis ada pengajian untuk santri senior tingkat Wustho 1 dan 2, Ulya 1 dan 2 dan Ma’had Aly. Santri dewasa dibolehkan ikut. Sementara untuk santri lain diadakan pengajian khusus untuk tingkat dasar. Santri dewasa boleh mengikuti pengajian tingkat dasar atau untuk santri senior.

(f) Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an

Santri dewasa dapat mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an. Program ini bersifat pilihan, boleh diikuti boleh tidak. Lebih detail: Tahfidz Al-Quran

(g) Mengikuti Program Bahasa Arab Modern

Santri dewasa juga dapat mengikuti program Bahasa Arab Modern. Program ini bersifat opsional atau pilihan, sama dengan Tahfidz Al-Quran. Berbeda dengan program Madrasah Diniyah atau Pengajian Kitab Kuning yang bersifat wajib. Lebih detail: Bahasa Arab Modern


PROGRAM EKSTRA KURIKULER PESANTREN

Di Al-Khoirot ada dua macam program ekstra kurikuler (ekskul) yaitu ekskul sekolah formal dan ekskul pesantren. Santri Dewasa boleh mengikuti berbagai macam kegiatan ekskul pesantren. Ekskul pesantren adalah sebagai berikut:

Ekstra Kurikuler Pesantren Putra

Tahfidz Al-Qur’an
Bahasa Arab Modern
– Seni Baca Al-Quran (Qiroah Taghonni)
Bahsul Masail
– Seni bela diri Karate
– Seni musik hadrah Al-Banjari
– Seni musik hadrah Al-Habsyi
– Sablon
– Jurnalistik
– Komputer

Ekstra Kurikuler Pesantren Putri

Tahfidz Al-Qur’an
Bahasa Arab Modern
Bahsul Masail
– Tata Busana meliputi bordir, menjahit baju, mukena, dll
– Tata boga
– Jurnalistik

FASILITAS OLAHRAGA

Olahraga menjadi faktor penting dalam menunjang keberhasilan program-program pesantren. Karena, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, segar dan energetik. Untuk itulah kami menyiapkan sarana olahraga bagi para santri sebagai berikut:

Fasilitas olahraga Putra

– Bola Basket
– Bola Voli
– Futsal
– Bulutangkis
– Sepaktakraw

Fasilitas Olahraga Putri

– Bulutangkis
– Bola Voli
– Kasti

SANTRI DEWASA LUAR NEGERI

Program santri dewasa ini dapat diikuti oleh santri yang berasal dari Indonesia atau luar negeri (foreign student, talib ajnabi).

Karena ada sedikit perbedaan antara santri dalam negeri dan santri luar negeri, maka berikut panduan bagi calon santri luar negeri yang ingin belajar di Pesantren Al-Khoirot.

Cara Daftar Santri Luar Negeri

Cara daftar calon santri dewasa yang berasal dari luar negeri adalah tergantung dari berapa lama ia akan tinggal di Indonesia. Apakah kurang dari 3 bulan, atau lebih dari 3 bulan. Berikut rinciannya:

A. Bagi Santri yang Ingin Belajar Lebih dari 1 Bulan

Bagi santri dewasa luar negeri yang ingin belajar lebih dari 1 bulan, maka anda harus mendapat visa student atau visa Izin Tinggal Terbatas (ITAS). Untuk mendapatkan visa ITAS, maka Anda harus mendapatkan Surat Penerimaan (Admission Letter) dari Pesantren Al-Khoirot. Untuk dapat Surat Penerimaan, silahkan kirim data berikut melalui email ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

1. Data diri yang sesuai dengan Kartu Identitas (ID card), atau Data diri yang sesuai dengan Paspor.
2. Scanning ID Card atau Passport (opsional).

File mohon dikirim ke alamat email: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

B. Bagi Santri yang Ingin Belajar Kurang dari 1 Bulan

Bagi santri luar negeri yang ingin belajar / mengaji di Al-Khoirot kurang dari 1 bulan, maka ia bisa langsung datang ke Pesantren Al-Khoirot dengan memakai visa kunjungan (tourist visa). Untuk negara ASEAN, visa kunjungan bisa didapatkan di Kedutaan (Embassy) atau Konsulat Jenderal (Consulate) Indonesia terdekat atau pada saat tiba di Bandara Indonesia (on arrival)

KONTAK TELPON DAN EMAIL

Untuk info lebih lanjut, calon santri dapat menghubungi nomor telpon berikut:

No Telpon Putra:
Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185

No. Telpon Putri:
0816-1561-3555 dan 081555327272

Kontak email,
kirim ke: admin@alkhoirot.com

LAYANAN PENJEMPUTAN DARI BANDARA

Calon santri yang datang melalui Bandara Juanda Surabaya atau Abdurahman Saleh Malang atau dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan ingin dijemput dengan mobil travel, dapat menghubungi Indo Travel a.n. Bapak Mukhlis. HP. 0822-2777-4722

Bisa juga memakai layanan Taksi Online (Grab car) dari Surabaya, Malang atau Kepanjen.


ALAMAT, DAN LOKASI PESANTREN

Kontak via email, kirim ke: admin@alkhoirot.com
Alamat pos dan lokasi pesantren Al-Khoirot:
Pondok Pesantren Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174, Jawa Timur.
Lokasi peta Ponpes Al-Khoirot:

Gunakan lokasi peta di atas apabila anda membawa kendaraan sendiri atau memakai taksi online.

Untuk rute jalan menuju lokasi, lihat di sini.


JADWAL HARIAN SANTRI DEWASA PUTRA

No Jam Aktivitas Pengajar Keterangan
1 04.00 Bangun pagi Shalat Subuh berjamaah Wajib
2 05.00 – 06.00 Pengajian kitab kuning Pengasuh Wajib
3 07.30 – 08.30 Pelajaran baca Al-Quran Ust. Syarifuddin Wajib
4 08.30 – 09.30 Kajian fikih khusus Ust. Sahri Wajib, Senin, Selasa
5 11.30 – 12.00 Shalat Zhuhur berjamaah Wajib
6 12.00 – 12.30 Hafalan kitab Taqrib dan tanya jawab Pengasuh Opsional
12.30 – 14.30 Istirahat siang
7 14.30 – 15.00 Shalat Ashar berjamaah Wajib
8 16.00 – 17.00 Madrasah diniyah Ustadz Wajib
9 17.30 – 18.00 Shalat Maghrib berjamaah Wajib
10 18.30 – 19.00 Belajar membaca Al-Quran Ustadz Wajib
11 19.00 – 19.30 Shalat Isya berjamaah Wajib
12 19.30 – 20.30 Madrasah Diniyah Ustadz Wajib
  21.00 – 04.00 Istirahat malam

Terkait: Santri Luar Negeri Al-Khoirot

AL-KHOIROT DI GOOGLE MAP

Bagi Anda yang bawa kendaraan sendiri atau naik taksi online, maka Anda bisa gunakan peta di bawah sebagai petunjuk.

]]>
http://www.alkhoirot.com/pesantren-santri-dewasa/feed/ 1973