Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot

Madrasah Aliyah Al-khoirot

Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot Malang adalah sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)  yang secara juridis formal sejajar dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Karena, kurikulum seluruh madrasah aliyah di seluruh Indonesia mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud / Kemendiknas).

Oleh karena itu lembaga pendidikan yang biasa dikenal dengan MA Al-Khoirot Malang ini mengikuti Ujian Nasional (Unas, UN) bagi siswa kelas tiga atau tingkat akhir. Dengan demikian, maka lulusan MA Al-Khoirot Malang dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi manapun baik negeri maupun swasta dan dapat memilih jurusan apapun yang dikehendaki. Baik jurusan sains (IPA), jusuran sosial, maupun jurusan agama. Lulusan MA Al-Khoriot Malang juga dapat melanjutkan ke luar negeri seperti Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Yaman, Tunisia, Al-Jazair, Maroko, dll), Eropa, Amerika, China, Asia Timur (Jepang, Korea, Hongkong), Asia Tenggara (Singapore, Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei, dll),  Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh), dan lain-lain.

DAFTAR ISI


SEJARAH MA AL-KHOIROT MALANG

madrasah aliyah al-khoirotMadrasah Aliyah Al-Khoirot Malang berdiri pada bulan 15 Juli 2009. Pada tahun awal berdirinya, sekolah ini hanya diperuntukkan untuk siswa laki-laki. Baru pada tahun 2010, madrasah aliyah untuk siswa perempuan didirikan.

Siswa MA putra dan MA putri dibedakan penyebutannya karena memang mereka berlokasi di tempat dan gedung yang berbeda. Siswa putra ditempatkan di gedung yang dibangun khusus untuk siswa putra, sedangkan siswa madrasah aliyah putri berada di lokasi yang khusus dibangun untuk siswa Aliyah putri.

Itulah sebabnya mengapa tahun berdirinya MA Putra dan MA Putri berbeda. Karena pada tahun 2009 kami masih sedang dalam proses mempersiapkan infrastuktur gedung sekolah untuk madrasah aliyah putri yang alhamdulillah dapat dirampungkan pembangunannya menjelang akan dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Mei tahun 2010.

Dengan demikian, maka sejak tahun 2010 Pondok Pesantren Al-Khoirot telah membuka Madrasah Aliyah untuk tidak hanya untuk siswa laki-laki tapi juga untuk siswa perempuan.gedung putra ma al-khoirot malang

Dari uraian ringkas di atas, secara implisit dapat dipahami bahwa di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot (YPPA), segregasi atau pemisahan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan menjadi prinsip utama.

Asumsi itu benar dan faktual adanya. Karena, Pondok Pesantren Al-Khoirot ketika mendirikan Madrasah Aliyah tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda yang belajar di MA Al-Khoirot. Tapi jauh lebih dari itu. YPPA memiliki visi mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlakul karimah yang beberapa poin terpentingnya adalah: taat syariah, pekerja keras, hidup sederhana dan peduli sesama.

Sebagai implementasi menuju ke arah visi ideal tersebut, maka diberlakukanlah sejumlah kebijakan sebagai berikut:

  1. Setiap siswa dan siswi harus terdafatar sebagai santri Pondok Pesantren Al-Khoirot. Dengan kata lain, Madrasah Aliyah Al-Khoirot tidak menerima siswa atau siswi yang berangkat dari rumah atau kos di luar. Walaupun rumahnya berada di lokasi yang sangat dekat dengan pesantren.
  2. Setiap siswa dan siswi MA harus mengikuti seluruh kegiatan harian pesantren yang meliputi: (a) Menjadi siswa di Madrasah Diniyah sesuai dengan kemampuan masing-masing; (b) mengikuti pengajian kitab kuning setiap pagi; (c) mengikuti pengajian Quran tartil setiap selesai shalat Maghrib; (d) dan mengikuti program ekstra kurikuler yang diadakan pesantren.
  3. Program mentoring. Yakni, setiap siswa dan santri berada di bawah bimbingan, panduan dan pengawasan ustadz di mana setiap 10 santri akan dibimbing oleh 1 orang ustadz. Dan mereka akan bertemu minimal seminggu sekali untuk diberi bmbingan masalah etika dan perilaku.
  4. Siswa MA juga dianjurkan mengikuti program Bahasa Arab dan Tahfidz (menghafal) Al-Quran. Walaupun program ini tidak wajib.
  5. Siswa MA di larang membawa hanphone (HP) dengan tujuan agar tetap fokus dalam proses belajar baik di sekolah maupun aktivitas pesantren.


SEJARAH MADRASAH ALIYAH

Madrasah Aliyah sebagai sekolah lanjutan tingkat atas memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sebagaimana sekolah SMA dan SMK yang bukan asli buatan Indonesia, demikian juga madrasah aliyah. Sebutan madrasah itu sendiri sudah menunjukkan bahwa lembaga ini berasal dari Timur Tengah yang berkembang sekitar abad ke – 10 dan 11.

MA Al-Khoirot PutriKehadiran madrasah di Indonesia menunjukkan fenomena modern dalam sistem pendidikan Islam Indonesia. Tim Penyusun Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia dari Dirjen Binbaga Depag RI menetapkan madrasah pertama kali berdiri di Pulau Sumatera, madrasah tersebut adalah Madrasah Adabiyah (1909), yang dimotori oleh Syaikh Abdullah Ahmad. Kemudian pada tahun 1910 berdiri pula Madrasah Schoel di Batusangkar oleh Syaikh M.Taib Umar, lalu M.Mahmud Yunus pada 1918 mendirikan Diniyah Schoel sebagai lanjutan dari Madrasah Schoel. Setelah itu Syeikh Abdul Karim Amrullah mendirikan Madrasah Tawalib di Padang Panjang dan H.Abdul Somad mendirikan pula Madrasah Nurul Uman di Jambi.

Madrasah berkembang di Jawa mulai 1912. ada model madrasah pesantren NU dalam bentuk Madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Mualimin Wustha, dan Muallimin Ulya ( mulai 1919), ada madrasah yang mengaprosiasi sistem pendidikan belanda plus, seperti muhammadiyah ( 1912) yang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin, Mubalighin, dan Madrasah Diniyah. Ada juga model AL-Irsyad ( 1913) yang mendirikan Madrasah Tajhiziyah, Muallimin dan Tahassus, atau model Madrasah PUI di Jabar yang mengembangkan madrasah pertanian, itulah  sejarah singkat madrasah di indonesia.

madrasah aliyah

Di Indonesia, permulaan munculnya Madrasah baru sekitar abab 20, meski demikian latar belakang berdirinya madrasah tidak lepas dari dua faktor, yaitu semangat pembaharuan Islam yang berasal dari islam pusat(timur Tengah) dan merupakan respon pendidikan terhadap kebijakaan pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan serta mengembangkan sekolah. Hal ini juga diamini oleh M. Arsyad yang dikutip Khoirul Umam, munculnya madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dikarenakan kekhawatiran terhadap pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan sekolah-sekolah umum tanpa dimasukkan pelajaran dan pendidikan agama Islam. Pemerintah Kolonial menolak eksistensi pondok pesantren dalam sistem pendidikan yang hendak dikembangkan di Hindia Belanda. Kurikulum maupun metode pembelajaran keagamaan yang dikembangkan di pondok pesantren bagi pemerintah kolonial, tidak kompatibel dengan kebijakan politik etis dan modernisasi di Hindia Belanda. Di balik itu, pemerintah kolonial mencurigai peran penting pondok pesantren dalam mendorong gerakan-gerakan nasionalisme dan prokemerdekaan di Hindia Belanda.

Menyikapi kebijakan tersebut, tokoh-tokoh muslim di Indonesia akhirnya mendirikan dan mengembangkan madrasah di Indonesia didasarkan pada tiga kepentingan utama, yaitu: 1) penyesuaian dengan politik pendidikan pemerintah kolonial; 2) menjembatani perbedaan sistem pendidikan keagamaan dengan sistem pendidikan modern; 3) agenda modernisasi Islam itu sendiri.

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengantarkan pendidikan Islam ke dalam babak sejarah baru, yang antara lain ditandai dengan pengukuhan sistem pendidikan Islam sebagai pranata pendidikan nasional. Lembaga-lembaga pendidikan Islam kini memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang serta meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan pendidikan nasional. Di dalam Undang-Undang itu setiap kali disebutkan sekolah, misalnya pada jenjang pendidikan dasar yaitu sekolah dasar, selalu dikaitkan dengan madrasah ibtidaiyah, disebutkan sekolah menengah pertama dikaitkan dengan madrasah tsanawiyah, disebutkan sekolah menengah dikaitkan dengan madrasah aliyah, dan lembaga-lembaga pendidikan lain yang sederajat, begitu pula dengan lembaga pendidikan non formal.


PROFIL DAN STRUKTUR ORGANISASI MA Al-KHOIROT MALANG

MA Al-Khoirot Malang sejak berdirinya pada tahun 2009 telah mengalami tiga kali pergantian Kepala Sekolah (Kasek). Yang pertama adalah KH. Ja’far Shodiq, S.Ag yang menjabat sampai 2011. Kasek kedua adalah Mochamad Iqbal, MA, dari 2011 sampai 2013, dan Kasek ketiga adalah KH. Muhammad Humaidi, S.Hi, dari 2013 sampai sekarang (2014). Adapun struktur lengkap dan profil MA Al-Khoirot Malang adalah sebagai berikut:

Profil MA Al-Khoirot

Nama: Madrasah Aliyah Al-Khoirot atau MA Al-Khoirot Malang
No. NSM: 131235070047
NPSN: 20573277
No. Akreditasi: Kw.13.4/4/PP.00.6/12244/2010
Status: Terakreditasi B.
Tahun berdiri: 15 Juli 2009
Alamat: Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.
Telpon: 0341-879730
Email: aliyah.alkhoirot@gmail.com dan ma@alkhoirot.com
Webstie: http://ma.alkhoirot.com

Struktur Organisasi

Kepala sekolah: Muhammad Humaidi, S.Hi
Koordinator MTS Putri: Juwairiyah Arifin, SE
Waka kurikulum: Rokim, S.Pd.I.
Waka kesiswaan: Mochamad Khoiruman
Waka Sarana Prasarana: Nasiruddin
Bendahara: Imam Syahro Wardi
Staf Bendahara (Putri): Muyassaroh
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler: Shohibul Bahri
Kepala Urusan Tata Usaha: Kholilurrohman
Wakil KTU: Abd. Rohman
Kepala Pengelola Perpustakaan: Agus Jailani
Kepala Pengelola Lab. Kom.: Rokim, S.Pd.I
Bimbing Konseling: Gayuh Ridatus Sholihin, S.Pd

MA AL-KHOIROT STRUKTUR ORGANISASI


BEASISWA BSM MA AL-KHOIROT

Siswa dan Siswi MA Al-Khoirot Malang yang kurang mampu secara finansial akan mendapat beasiswa dari pemerintah dalam program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Nilainya sebesar Rp. 780.000 per tahun. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sudah diterima menjadi siswa/siswi MA Al-Khoirot.


BEASISWA LUAR NEGERI UNTUK LULUSAN MA

Lulusan Madrasah Aliyah (MA) bisa melanjutkan ke program sarjana S1 dengan gratis melalui program beasiswa Indonesian Leadership Awards (ILA) 2014.

Program beasiswa dari Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam ini diperuntukkan bagi lulusan Madrasah Aliyah tahun 2013 dan 2014. Mereka dapat memilih kampus luar negeri untuk melanjutkan studi S-1.

PERSYARATAN:

  1. Tidak boleh berusia lebih dari 21 tahun pada 1 Oktober 2014.
  2. Nilai minimal TOEFL IBT adalah 80 atau sertifikat TOEFL PBT dengan nilai minimal 550 atau IELTS 6,0.

BIDANG STUDI DAN UNIVERSITAS TUJUAN

Lulusan Program Fisika (A-1)

Lulusan Program Fisika (A-1)dapat memilih dua program studi dari beberapa pilihan berikut yaitu Teknik Sipil di Kyoto University, Teknik Mesin dan Aerospace di Tohoku University serta Sains dan Teknologi di Middle East Technical University, Istanbul University, dan Ankara University.

Lulusan Program Biologi (A-2)

Lulusan Program Biologi (A-2) dapat memilih untuk melanjutkan ke bidang studi berikut:  Kimia Material/Molekular di Tohoku University, Biologi Kelautan di Tohoku University serta Sains dan Teknologi di Middle East Technical University, Istanbul University, dan Ankara University.

Lulusan Program Sosial-Ekonomi (B)

Lulusan Program Sosial-Ekonomi (B) dapat melanjutkan studi dengan pilihan jurusan berikut:  studi ke Ritsumeikan Asia Pacific University. Di sini, mereka bisa memilih jurusan ilmu sosial dengan program studi International Relations & Peace Studies, Environment & Development dan Culture-Society and Media. Pilihan lainnya adalah Manajemen Internasional dengan program studi Accounting & Finance, Strategic Management & Organization serta Innovation & Economics.

Beasiswa yang ditanggung meliputi biaya hidup dan uang kuliah

Siswa dan siswa MA Al-Khoirot yang masuk kategori tidak mampu akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah di bawah program Beasiswa Siswa Miskin (BSM). Beasiswa ini akan diberikan bagi mereka yang sudah diterima sebagai siswa MA Al-Khoirot.

Penerimaan Siswa Baru MA Alkhoirot Malang

Persyaratan Pendaftaran

Pada tahun pelajaran 2011/2012, Madrasah Aliyah Al-Khoirot menerima pendaftaran siswa baru dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Menyerahkan foto copy ijazah MTs/SMP/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli.
3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar.
5. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 20.000,-.
6. Mengikuti tes seleksi dengan ujian meliputi :
a. Kemampuan Dasar Keagamaan (BTQ/Baca Tulis al-Qur’an dan pengetahuan umum keislaman)
b. Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
c. Pengetahuan Umum.

Waktu dan Tempat Pendaftaran

1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 April 2011 s/d 1 Juli 2011 setiap hari kerja.
2. Pelayanan pendaftaran pada jam kerja
a. Pagi 07.30 – 12.30
b. Siang 14.00 – 16.30
3. Tempat pendaftaran di Madrasah Aliyah Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Telpon: (0341) 879709 – 879730. HP: 081555702122

Program Studi
Program Keagamaan (PK)

Mata Pelajaran Pokok

Al-Qur’an Hadits
Tafsir dan Ilmu Tafsir
Ilmu Hadits
Akidah Akhlak
Fikih
Bahasa Arab
Sejarah Kebudayaan Islam

Sarana Penunjang Pembelajaran

Lab. Computer
Perpustakaan
Sarana Olah Raga
( Lapangan Sepak Bola, Tenis Meja dll)
____________________________

ARTIKEL TERKAIT

Comments

  • assalamualaikum.. saya berasal dari pontianak ,kalimantan barat.
    insyaallah rencana saya mau daftar kesana… tapi saya mau tanya : soalnya saya ini mau mau pindah sekolah dari sekolah saya kepesantren sana, jadi insyaallah saya pindah setelah naik ke kelas 3 smk.. apa bisa? saya dari sekolah smk dan baru naik ke kelas 3 …
    tolong jawabannya?

    JessiecaRFJanuary 10, 2017
  • Mau tanya ustadz.
    1. Anak saya kelas 9 sekarang. Apa bs pindah ke Mts al khoirot sekarang ini ?
    2. Pendaftaran siswa MA mulai kapan ?

    Nur janahDecember 20, 2016
    • 1. Silahkan tanya ke bagian TU MTs a/n Ustadz Zaironi. HP: 0857-5561-8466
      2. Awal tahun pendaftaran 17 hari setelah lebaran idul fitri (bulan Syawal). Untuk siswa pindahan sepanjang tahun.

      Pondok Pesantren Al-KhoirotDecember 20, 2016
  • Assalamualaikum Ust, mohon ijin menanyakan apakah sekarang sdh ada jurusan IPA utk MA Al Khoirot?
    Utk info penerimaan mahasiswa PT dari lulusan MA Al Khoirot apakah ada?
    Dan utk informasi prestasi yg telah diraih MA Al Khoirot juga bisa kami lihat dimana?
    Terima kasih sebelumnya

    Angelina PutriDecember 16, 2016
  • Ad beasiswa gak untuk MA mau masuk pesantren allhoirat hafal Alquran 3 juz

    VazillaDecember 9, 2016
  • Assalamu’alaykum, bagaimana cara mendaftarkan anak kami dengan rapor dari sekolah luar negeri? Alhamdulillah, saat ini sedang di kelas 9 & rencana kami ingin mendaftarkan di MA utk tahun depan, in shaa ALLAH. Jazakallahu khairan. Wassalamu’alaykum

    Noor EffendyOctober 28, 2016
    • Prosesnya sama saja: datang, daftar, diterima. Tes hanya berlaku untuk penempatan kelas di Madrasah Diniyah-nya.

      Pondok Pesantren Al-KhoirotOctober 29, 2016
  • assalammualaikum
    kl saya mau memasukan anak saya ke pesantren al – khoirot apa bisa jurusan kedokteran?

    enisOctober 25, 2016
  • Assalamualaikum wr. wb
    saya siswa SMA/MA sederajat. tp belum terlalu bisa bahasa Inggris dan Bahasa Arab. apa saya bisa jika masuk ke MA disana ?

    Umi Ilmatin NSeptember 29, 2016
  • assalamualaykum ust,untuk skolah formal di ppa apakah tetap beljar pelajaran umum???

    nurul syahrayniSeptember 12, 2016
  • Assalamualaikum ustadz…
    1. Anak saya SMA Umum kelas 1 dan sudah naik kelas 2, apa bisa diterima pindah ke MA Al Khoirot
    2. Apabila bisa langsung ke kelas 2, apa persyaratannya ya ustadz?
    Mohon infonya
    Syukron…

    ArifAugust 17, 2016
  • Assalualaikum …
    1. di sini ada program tahfidz nya ?
    2. Anak lulisan ma al khoirot bisa masuk ke ptn di indonesia tidak ?

    nabiela khoirinaJuly 22, 2016
  • Anak saya dari SMP Umum di Kediri, dan belum bisa berbahasa Arab.
    1. Apakah bisa diterima.
    2. Dan Apakah di MA Al Khoirot ada jurusan IPS ? Terima kasih

    ersa kiswaraJuly 19, 2016
  • Ustadz apakah th ini ppa benar2 buka pprogram ipa untuk MA. Klo memang ada insya Alloh anak saya mondok d sana . trimakasih

    Aururia kasihJune 23, 2016
  • ustadz,, tenaga prngajar di ponpes al khoirot dr mana sajayaa ustadz?

    OKI MURTI BUDIANA SAFITRIJune 17, 2016
  • Pak ustadz..klo mau masuk MA dsana tp blm bisa baca tulis al quran bisa ga ya..maka nya mau d masukin ke pesantren agar bisa baca tulis..terimaksih sebelum’a

    adeJune 17, 2016
  • asmsalamualaikum ustad saya mau tnya untuk madrasah aliyah formal jurusan apa saja yg ada di sana?

    ika amirulillahJune 12, 2016
  • assalamualaikum,

    apa persyaratan yang harus dibawa saat mendaftar untuk tingkat SLTA?

    nurul fadilahJune 11, 2016
  • Jurusan keagamaan itu belajarnya apa aja ya??

    Di al-Khoirot ada pelajaran tambahan seperti ipa gk?

    AbellaJune 4, 2016
  • Assalamualaikum ustadz…
    1. Kalo udah di pondok kalau mau menghubungi keluarga bagaimana ya?
    2. apa boleh membaya handphone sendiri atau tersedia wartel atau bagaimana ustadz?
    Syukron ustadz..

    OKI MURTI BUDIANA SAFITRIMay 24, 2016
  • Apakah ada jurusan IPA di ma alkhoirot ini?

    Misbakhul khoirMay 16, 2016
  • Assalamu’alaikum…
    1. Pendaftaran Ma untuk tahun 2016/2017 kapan ya?
    2. Lokasinya dimana?
    Syukron..

    atika puji rahmawatiMay 16, 2016

Leave a Reply