Manfaat Sedekah dan Cara Infaq

Cara infak sedekah Pesantren Al-Khoirot
Manfaat Zakat, Infaq, Sedekah dah Hibah

Zakat, infaq (infak), sedekah (shadaqah) dan hibah, donasi adalah kosa kota yang memiliki kemiripan makna dengan sedikit perbedaan hukum. Berinfaq dan bersedekah sangat dianjurkan dalam syariah Islam sebagai salah satu cara untuk menyucikan hati dan menghapus dosa-dosa di masa lalu. Sedangkan zakat hukumnya wajib bagi muslim yang hartanya mencapai nishab dan sudah haul yakni sudah berusia setahun penuh menurut kalender hijriyah.

Cara infaq ke Al-Khoirot

Cara Infaq ke Al-Khoirot


DAFTAR ISI

  1. Tujuan Dan Keutamaan Sedekah
    1. Penyucian Diri Dari Dosa
    2. Memadamkan Murka Allah
    3. Menjadi Payung Pelindung Panas Di Hari Kiamat
    4. Mengobati Penyakit Fisik
    5. Menyembuhkan Penyakit Hati
    6. Mendapat Pahala Yang Berlipat Ganda
  2. Pembangunan dan Kontak Panitia
  3. Cara Infak Dan Bentuk Bantuan Untuk Pembangunan Pesantren Al-Khoirot
    1. Infaq Uang Dan Cara Transfer
    2. Bantuan Material Bahan Bangunan
    3. Bantuan Alat Bangunan
    4. Bantuan Kebutuhan Santri
    5. Bantuan Pelatihan Soft Skill (Keterampilan)
  4. Pembangunan Infrastruktur Saat Ini ( 2017 – 2018)
    1. Yang Sedang Dalam Proses Pembangunan
    2. Pembangunan Yang Baru Rampung


TUJUAN DAN KEUTAMAAN SEDEKAH

Sedekah atau infak adalah perilaku yang sangat terpuji yang dilakukan oleh seorang muslim yang ingin mendapatkan ridha Allah. Amal kebaikan yang juga biasa disebut dengan amal jariyah ini memiliki banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat sedekah atau berinfak berdasarkan dalil Al-Quran dan hadits sahih.

PENYUCIAN DIRI DARI DOSA

Menginfakkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum atau sedekah bertujuan salah satunya untuk menyucikan diri sebagai salah satu cara untuk bertaubat. Allah berfirman dalam QS At-Taubah ayat 104 “Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang?”

Pada ayat sebelumnya yakni QS At-Taubah :103 Allah berfirman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Nabi bersabda dinukil dari kitab Sahih at-Targhib

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.

MEMADAMKAN MURKA ALLAH

Seperti dikutip dalam kitab Sahih at-Targhib Nabi bersabda:

إن صدقة السر تطفىء غضب الرب تبارك وتعالى

Artinya: Sedekah secara rahasia akan memadamkan murka Allah.

MENJADI PAYUNG PELINDUNG PANAS DI HARI KIAMAT

Dalam hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda

عقبة بن عامر قال: سمعت رسول الله يقول: { كل امرىء في ظل صدقته، حتى يقضى بين الناس }. قال يزيد: ( فكان أبو مرثد لا يخطئه يوم إلا تصدق فيه بشيء ولو كعكة أو بصلة )، قد ذكر النبي أن من السبعة الذين يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله: ** رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

Artinya: dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia. Yazid berkata: Abu Martsad tidak pernah melewati satu hari kecuali dengan bersedekah walaupun dengan satu kue. Nabi pernah menyebutkan bahwa tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya.

MENGOBATI PENYAKIT FISIK

Sedekah bukan hanya mengobati penyakit jiwa dan mental. Tapi juga penyakit yang diderita oleh badan manusia. Dalam Sahih Targhib Nabi bersabda [داووا مرضاكم بالصدقة]: “Obati orang sakit dengan sedekah”. Ibnu Syaqiq berkata: Aku mendengar Ibnu Mubarok ditanya seseorang tentang penyakit yang dideritanya selama 7 tahun dan sudah mencoba mengobatinya dengan berbagai cara oleh berbagai tabib tapi tidak berhasil. Ibn Syaqiq berkata: “Galilah sebuah sumur di tempat yang membutuhkan air. Aku berharap akan keluar mata air di situ dan menyembuhkan penyakitmu.” Pria itu melakukannya dan sembuh dari penyakitnya. (Sahih al-Targhib).

MENYEMBUHKAN PENYAKIT HATI

Artinya: Bersedekah itu dapat menjadi obat hati sebagaimana sabda Nabi, dalam hadits riwayat Ahmad, pada orang yang mengeluh karena keras hati dan keras kepala: [إذا إردت تليين قلبك فأطعم المسكين، وامسح على رأس اليتيم] “Kalau kamu ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

MENDAPAT PAHALA YANG BERLIPAT GANDA
infaq

Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah seperti tersurat dalam QS Al-Hadid :18 Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Dan dalam QS Al-Baqarah :245 Allah berfirman “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

PEMBANGUNAN DAN KONTAK PANITIA

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah santri di Ponpes Al-Khoirot Malang baik putra maupun putri, maka pennambahan dan renovasi infrastruktur dan fasilitas gedung mendesak untuk dilaksanakan. Untuk itu, tim pembangunan Ponpes Al-Khoirot terus berusaha keras memenuhi kebutuhan tersebut. Karena kami menganut kebijakan untuk tidak mengenakan biaya uang gedung kepada siswa dan santri, maka kami mengharapkan donasi dari kalangan dermawan untuk sama-sama memikul tanggung jawab mengemban amanah pendidikan anak bangsa.

Berapapun infak yang Anda kirimkan, akan berperan penting untuk pembangunan Pontren Al-Khoirot dan pendidikan anak-anak miskin.

Alamat sekretariat: Ponpes Al-Khoirot Malang Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174 Jawa Timur

KONTAK PERSONAL PANITIA PEMBANGUNAN:

Bagi para muhsinin yang lokasinya dekat dengan pesantren atau Malang Raya dapat menghubungi kontak berikut:

1. H. Musthofa (Ketua Panitia). HP: 0852-0489-6121
2. Muhammad Yasin (Bendahara). HP: O815-5598-3999 dan 0856-4997-1054
3. H. Abdurrahman (Ketua Alumni)


CARA INFAK DAN BENTUK BANTUAN UNTUK PESANTREN AL-KHOIROT

Para dermawan yang hendak memberi donasi, sumbangan atau infak untuk pengembangan dan pembangunan yang ada di pondok pesantren Al-Khoirot, Anda dapat menyumbangkan dana bantuan dalam lima macam jenis sumbangan sebagai berikut:

INFAQ UANG DAN CARA TRANSFER

Pertama, infak berupa uang. Infak berupa uang dapat dikirim melalui beberapa cara berikut:

(a) Datang langsung ke markas pesantren dengan alamat Jl. KH. Syuhud Zayyadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.;
(b) Transfer dana via bank
(c) Transfer via Western Union
(d) transfer via internet dengan kartu kredit atau Paypal. Lebih detailnya, lihat info di bawah.

CARA TRANSFER INFAQ VIA BANK, WESTERN UNION DAN INTERNET

infaq2

CATATAN: Setelah transfer dana, mohon dikonfirmasi via SMS ke: 0815-5325-6855

  • Bank BRI Syariah No. Rekening: 1034-9157-48. Atas Nama: Pondok Pesantren Al Khoirot . Kode bank: 422 (untuk transfer dari bank yang berbeda)
  • Western Union Money Transfer a.n. Ja’far Sodiq Dsn Krajan Rt/Rw: 09/01. Karangsuko, Pagelaran, Malang Indonesia (konfirmasi pemberitahuan harap menyertakan nomor MTCN).
  • Untuk infaq via PayPal/kartu kredit melalui internet, kirim ke akun Paypal: syuhud@gmail.com.


BANTUAN MATERIAL BAHAN BANGUNAN

Kedua, infaq atau bantuan berupa barang. Kami menerima segala macam bantuan barang yang ingin disumbangkan meliputi bahan bangunan, pasir, batu bata, semen, kayu, keramik, genting, paving, cat kayu, cat dinding, cat besi dan lain-lain.

Bantuan material bisa juga berupa bahan furniture yang sudah jadi seperti meja, kursi, lemari, brankas, dan lain-lain.

Donasi Bisa juga berupa sarana olahraga seperti bola basket, bola voli, sepakbola, raket bulutungkis, dan lain-lain.

Cara pengirimannya silahkan langsung datang ke markas Al-Khoirot dengan membawa barang tersebut atau telpon kami di nomor yang tersedia yaitu HP: O815-5598-3999 atas nama Muhammad Yasin.

BANTUAN ALAT BANGUNAN

Ketiga, bantuan alat bangunan. Bantuan ini meliputi alat pengangkut pasir, alat penyampur semen (molen), cangkul, gancu, ayakan pasir, dan lain-lain.

BANTUAN KEBUTUHAN SANTRI
Infaq untuk Santri
Keempat, bantuan kebutuhan santri. Bantuan ini meliputi pakaian baju koko (takwa), sarung, songkok putih atau hitam, pakaian seragam sekolah, pakaian pramuka, kasur, karpet, bantal, selimut, dan lain-lain.

Bantuan kepada para santri bisa juga berupa bahan makanan baik makanan mentah atau yang sudah matang.

BANTUAN PELATIHAN

Kelima, bantuan dapat berupa pemberian pelatihan soft skill secara gratis kepada para santri. Apabla anda memiliki keahlian di suatu bidang tertentu dan ingin mengabdikan ilmu anda secara gratis, maka kami akan menyambutnya dengan sangat baik. InsyaAllah ilmu anda akan sangat bermanfaat bagi para santri generasi muda yang mondok di Al-Khoirot.

Adapun keterampilan yang disumbangkan mencakup berbagai bidang sebagai berikut: jurnalistik, manajemen, marketing, desain grafis, multi media, sablon, tata busana, tata boga, seni tilawah Al-Quran atau qiroah taghonni, berbagai seni bela diri, berbagai cabang olahraga, dan lain-lain.


PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SAAT INI (2017-2018)

Ponpes Al-Khoirot terus berusaha membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang ada di lingkungan pesantren. Infrastruktur ini harus terus menerus dibangun dan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan santri yang terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Hal ini harus dilakukan karena PPA mewajibkan seluruh santri dan siswa untuk tinggal di dalam kompleks pesantren. Dan melarang santri untuk tinggal di luar kompleks walaupun lokasi rumah mereka sangat dekat dari lingkungan pondok. Berikut beberapa infrastruktur yang sedang kami bangun:

YANG SEDANG DALAM PROSES PEMBANGUNAN

Berikut pembangunan yang sedang berjalan di pesantren Al-Khoirot:

1. ASRAMA SANTRI PUTRA EMPAT LANTAI

Pembangunan asrama santri empat lantai ini saat ini — November 2015 — baru selesai 20 % yakni lantai dasar. Pembagunan gedung ini apabila selesai akan menggantikan gedung asrama santri lama yang akan dibongkar secara total.

Pembangunan ini diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp. 2 Milyar rupiah dan apabila dana lancar akan membutuhkan waktu sekitar 3 atau 4 tahun untuk penyelesaiannya.

Saat ini (Juni 2017) pembangunan lantai 1 dan 2 sudah mencapai 100%, dan sudah ditempati.

Pembangunan lantai 3 sedang berlangsung dan sudah mencapai 10%.

Kesempatan masih terbuka lebar bagi anda untuk membantu. Cara dan metode berinfaq, lihat di sini.

2. PEMBANGUNAN GEDUNG SEKOLAH DAN ASRAMA PUTRI

Untuk mengantisipasi lonjakan santri pada tahun ajaran 2017-2018, maka mulai November 2016 kami dalam proses pembangunan gedung sekolah dan asrama putri sebanyak 4 lantai. Lokasinya terletak di bagian selatan tanah wakaf. Biaya diperkirakan 2 milyar.

Juni 2017: Pembangunan lantai dasar sudah berjalan dan dalam proses penyiapan bahan untuk pengecoran lantai 2.

Kesempatan masih terbuka lebar bagi anda untuk membantu. Cara dan metode berinfaq, lihat di sini.


PEMBANGUNAN YANG SUDAH RAMPUNG

Berikut beberapa pembangunan yang sudah rampung atau sudah hampir selesai dalam rencana pembangunan antara tahun 2013 – 2016:

1. KAMAR MANDI DAN WC PONPES PUTRI

Toilet Putri 27 Kamar

Toilet Putri 27 Kamar

Dengan jumlah  total toilet sebanyak 27 kamar, maka bangunan ini akan secara signifikan menambah kenyamanan santri putri yang selama ini merasa kekurangan MCK. Saat ini bangunan ini sudah mencapai 80%. Pembangunan ini akan menelan biaya sekitar Rp. 200 juta.

Saat ini — November 2015 — pembangunan Toilet Putri sudah selesai 100% dan sudah ditempati.

2. ASRAMA PUTRA LANTAI DUA

Asrama 2 Lantai Al-Khoirot Putra

Asrama 2 Lantai Al-Khoirot Putra

Baru saja lantai 1 selesai pembangunannya, panitia  merasa pembangunan lantai 2 mendesak untuk dilakukan. Oleh karena itu, dengan mengucap bismillah kami mulai pembangunan lantai 2 yang saat ini sudah mencapai 70%. Bangunan ini memiliki 6 kamar tidur. Bangunan ini akan menelan biaya sekitar Rp. 150 juta.

Saat ini — November 2015 — pembangunan Asrama Putra Lantai II (Daerah D) sudah selesai 100% dan sudah ditempati.

3. PEMBANGUNAN TANDON AIR DAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR

Tandon Air Pesantren Al-Khoirot

Tandon Air Pesantren Al-Khoirot

Pada bulan Juli 2014 kami baru menyelesaikan pembangunan tandon air sendiri dan pembelian mesin pompa air.  Dengan adanya dua fasilitas tersebut, maka fasilitas air di pesantren dapat memenuhi kebutuhan santri. Selama ini, kebutuhan air bersih diperoleh melalui air ‘PDAM’ lokal yang harus berbagi dengan masyarakat sekitar sehingga kurang memenuhi kebutuhan santri yang semakin banyak.

Dengan memiliki tandon dan pompa air sendiri, PPA dapat menyedot air dari Sumber Maron langsung untuk kebutuhan para santri.

Penyedotan air dari Sumber Maron yang berjarak sekitar 1 km dari kompleks pesantren dapat dilakukan berkat kerja sama pesantren dengan pihak WS-Lic desa yang dipimpian oleh Syed Muhammad Al-Hamid.

Untuk pembelian mesin pompa air yang senilai Rp. 25 juta kami mendapat bantuan dari sejumlah dermawan. Semoga amal kebaikan mereka yang terlibat dalam proyek kemanusiaan ini dapat diterima di sisi Allah. Amin.

Saat ini — November 2015 — pembangunan Tandon Air sudah selesai 100% dan pembelian mesin sudah dilaksanakan. Tandon air sudah beroperasi dengan baik.

4. GEDUNG MADRASAH ALIYAH PUTRI DAN RUANG MAHROM PUTRI

Gedung Madrasah Aliyah Putri Al-Khoirot

Gedung Madrasah Aliyah Putri Al-Khoirot

Dulu, madrasah Aliyah Putri tidak memiliki gedung sendiri tapi berbagi dengan gedung madrasah tsanawiya putri.

Alhamdulillah saat ini MA Putri telah memiliki gedung sendiri yang cukup representatif. Selain itu, gedung ini bersebelahan dengan ruang pertemuan santri putri dengan mahram (kerabat terdekat) yang datang untuk mengirim bekal atau sekedar silaturrahmi.

Gedung MA Putri selesai pada awal tahun 2014.

5. PEMBANGUNAN GEDUNG MTS PUTRI LANTAI TIGA

Gedung 3 Lantai MTS Putri

Belum seleai pembangunan Asrama Putra Berlantai Empat, kami dalam situasi terdesak untuk juga membangun asrama putri. Rencananya kami akan menambah 4 kamar untuk asrama putri yang letaknya berada di lantai tiga gedung MTS Putri. Saat ini persiapan bahan bangunan sudah dimulai. Pembuatan besi kerangka juga sedang dalam proses.

Pembangunan ini diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp. 250 juta. Dana diperoleh dari donasi, infaq dan sedekah para donatur, alumni dan para dermawan.

Alhamdulillah, pembangunan ini rampung pada Juli 2016

5. PEMBANGUNAN TOILET PUTRI 30 KAMAR

Pembangunan toilet (kamar mandi dan kakus) putri 30 kamar selesai pada November 2016, alhamdulillah. Saat ini toilet ini khusus diperuntukkan untuk santri MTS formal.

6. PEMBANGUNAN TOILET PUTRA 4 KAMAR

Pembangunan toilet (kamar mandi dan kakus) putra 4 kamar sudah selesai, alhamdulillah. Toilet ini terletak di sebelah barat masjid Al-Madinah dan diperuntukkan untuk santri tahfidz.

PEMBANGUNAN PIPANISASI AIR DARI DAWUHAN

Karena air yang dialirkan lewat pipa dari Sumbermaron masih belum mencukupi, maka sejak Oktoer 2016 kami mematangkan perencanaan untuk membangun pipa air dengan ukuran pipa dan debit air yang lebih besar (minimal 5 liter/detik). Lokasinya sekitar 2 km sebelah barat dari pesantren. Biaya yang dibutuhkan sekitar 200.000.000 (dua ratus juta).

Pembangunan pipanisasi ini akan segera dimulai setelah proses balik nama kepemilikan tanah tempat sumber air rampung. Saat ini proses balik nama sedang berlangsung dan dalam tahap akhir.

Air berasal dari sumber air yang dulunya dipakai oleh Pabrik Tapioka Karangsuko. Tanah tempat sumber air tersebut oleh peiliknya kemudian diwakafkan pada pesantren.

Update April 2017: Proyek ini alhamdulillah sudah selesai dan sudah beroperasi dengan debit air mencapai 7liter perdetik. Saat ini, Al Khoirot memiliki dua pasokan air: dari Sumber Maron dengan kekuatan 2.5 liter perdetik, dan yang baru dengan kekuatan 7 liter perdetik.

Al-Khoirot saat ini memiliki pasokan air yang cukup untuk santri putra dan putri.

Kesempatan masih terbuka lebar bagi anda untuk membantu. Cara dan metode berinfaq, lihat di sini.

PEMBANGUNAN TOILET PUTRA 20 KAMAR

Sejak November 2016, pembangunan toilet putra 20 kamar dimulai. Lokasinya terletak di sebelah timur toilet putra yang lama dan berada persis di atas penampungan air (kolam renang) putra.

Update Mei 2017: Proyek ini sudah selesai 96%.

Kesempatan masih terbuka lebar bagi anda untuk membantu. Cara dan metode berinfaq, lihat di sini.

PEMBANGUNAN SUMUR BOR

Pada 22 Maret 2016 pembangunan sumur bor dimulai. Berlokasi di dekat tandon air. Proyek ini diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp. 90.000.000 (sembilanpuluh juta rupiah).

Sumur ini dihadapkan dapat mengeluarkan air dengan kecepatan 5 liter perdetik. Apabila terget ini tercapai, maka akan dapat mencukupi kebutuhan 1.000 santri atau lebih.

Sebelumnya, Al-Khoirot memenuhi kebutuhan air dengan menyedot air dari Sumbermaron yang berjarak seikitar 1 km sebelah barat pesantren. Namun, ada kendala pada musim kemarau di mana debit air menjadi kurang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan santri secara maksimal.

Januari 2017: Pembangunan sumur bor dihentikan karena hambatan teknis.

TERIMA KASIH DAN DOA KAMI

Kepada Bapak/Ibu para muhsinin yang telah menyalurkan sebagian rezekinya kami mendo’akan “Jazâkumullâhu khairan wabaarokallâhu fîkum wafî ahlikum wa mâlikum”. Insya Allâh harta yang bapak/ibu infaq-kan akan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

Atas nama Tim Pembangunan Ponpes Al-Khoirot kami menghaturkan jazakumullah ahsanal jaza’. Semoga Allah yang membalas kebaikan Anda di dunia dan akhirat kelak. Amin Ya Mujibassailin.
H. Mustofa
Ketua Panita
HP: 085204896121

M. Yasin
Bendahara
HP: 085649971054

Comments

  • Al Faqiir Abdur Rofi, Lulusan Ponpes Annidzom Tahun 2009,

    Keahlian Design graphis.

    Abdur Rofi Rubi Rustamaji YusupJune 8, 2017
  • kalau sudah di ijinin saya akan pasang, …blz aja k email saya

    iim said saiqJuly 24, 2016
  • maaf pak, ijin share soal penjelasan zakat,infak..dan sedekahnya…

    iim said saiqJuly 24, 2016

Leave a Reply