Perihal Pondok Pesantren Al-Khoirot

Profil Pondok Pesantren Al-Khoirot

Profil Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

Pondok Pesantren Al-Khoirot (Alkhoirot) Karangsuko Pagelaran adalah Pondok Pesantren yang memiliki visi untuk mencetak generasi muda yang berkualitas di bidang ilmu agama, ilmu umum, dan berkepribadian akhlakul karimah. Yaitu pribadi yang memiliki hubungan berkualitas dengan Allah (hablun minalllah), dengan sesama manusia (hablun minannas), mengamlkan syariah Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai universal dan menghormati etika lokal.

Misi dari Ponpes Al-Khoirot adalah memberikan kesempatan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh generasi muda Islam tanpa memandang latar belakang ekonomi dan strata sosial. Di Pondok Pesantren Al-Khoirot kemiskinan bukan menjadi penghambat untuk belajar dan menjadi pintar. Karena itu, biaya pendidikan di PPA ditekan sedemikian rupa sehingga semua pelajar dari level ekonomi paling rendah sekalipun dapat belajar di Pesantren Al-Khoirot.

DAFTAR ISI


PROFIL SINGKAT

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) merupakan sebuah ponpes salaf dan modern yang berlokasi di Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko Pagelaran (Gondanglegi), Malang 65174 Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi pada tahun 1963, PPA Malang menjadi salah satu pesantren tertua di Malang Raya bahkan di Jawa Timur. PPA Malang adalah pesantren yang secara kultural berafiliasi ke NU (Nahdlatul Ulama), sedang secara politis bebas aktif dan nonpartisan. Ponpes Al-Khoirot Malang juga tidak ada hubungan dan kaitan organisasi dengan Pondok Pesantren Al-Khairaat Palu, Sulawesi atau pesantren lainnya dengan nama yang serupa.

Biodata singkat PPA Malang:

Nama: Pondok Pesantren Al-Khoirot
Tahun berdiri: 1963
Pendiri: KH. Syuhud Zayyadi
Tipe: Kombinasi salaf dan modern
Akidah: Ahlussunnah wal Jamaah
Fikih: Madzhab Syafi’i
Fikrah: Asy’ariyah
Afiliasi kultural: NU
Politik: Bebas Aktif
Lokasi dan alamat pos: Jalan Kyai Syuhud No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174 Jawa Timur
Email: info@alkhoirot.com atau alkhoirot@gmail.com
Telp./Fax.: 0341-879830
Website: www.alkhoirot.com
NSPP (Nomor Statistik Pesantren): 512-350-736-525
Sistem pendidikan antara tahun 1963 – 2008: Salaf atau Salafiyah murni
Sistem pendidikan sejak tahun 2009 dan seterusnya: Kombinasi Salaf Modern

NSPP Ponpes Al-Khoirot

NSPP Ponpes Al-Khoirot


PENGAJIAN KITAB KUNING

Pengajian Kitab Kuning yang disebut juga dengan kitab turots, kitab gundul atau kitab klasik adalah salah satu aktifitas rutin yang harus diikuti oleh seluruh santri Al-Khoirot. Ciri khas ini menjadikan pesantren Al-Khoirot memiliki ciri khas sebagai pesantren salaf.

Sebagai pesantren yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah, kitab-kitab yang dikaji disesuaikan prinsip tersebut. Kgiatan belajar mengajar kitab kuning memakai sistem sorogan (santri yang membaca pada kyai) dan siste wethonan atau bandongan (kyai membaca santri mendengarkan).

Pengajian kitab harian yang dibaca oleh pengasuh/pimpinan Pesantren setiap pagi adalah sebagai berikut:

. Tafsir Jalalain . Hadits Sahih Bukhari . Al-Umm Syafi’i . Muhadzab . Fathul Wahhab . Iqna’ . Syarh Ibnu Aqil . Minhajul Abidin . Faraidul Bahiyyah . Al Tahdzib. Baca: Kitab Kuning


PENDIDIKAN FORMAL

Pondok Pesantren Al-Khoirot memiliki 2 (dua) pendidikan formal tinggal SLTP dan SLTA yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot.

Perlu dicatat bahwa pendidikan formal yang ada di PPA hanya dapat diikuti oleh santri Al-Khoirot. Artinya, agar diterima di MTS dan MA Al-Khoirot, pelajar yang bersangkutan harus terdaftar sebagai santri PPA.

Baca detail:
Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Khoirot
Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot


MADRASAH DINIYAH (MADIN)

Madrasah Diniyah atau Madin Al-Khoirot adalah sekolah khusus agama yang menjadi bagian integral dari sistem di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Sistem kelas dalam Madin ini terdiri dari I’dad (persiapan), Ula I, Ula II, Wustho I, Wustho II, Ulya I dan Ulya II, dan Ma’had Aly

Program Madin adalah program yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Jadi, PPA memiliki 3 (tiga) program yang wajib diikuti yaitu Pengajian Kitab Kuning, Pendidikan Formal dan Madrasah Diniyah. Baca: Madrasah Diniyah Al-Khoirot


TAHFIDZ AL-QUR’AN (MENGHAFAL QURAN)

Tahfidzul Quran adalah program yang baru diperkenalkan pada tahun 2012. Program yang berada di bawah koordinasi KH. M. Hamidurroham ini tidak wajib diikuti oleh santri. Namun menjadi salah satu program yang memiliki banyak peminat sejak pertama kali diadakan. Baca detail: Tahfidz Al-Quran


MA’HAD ALY

Ma’had Aly adalah program anyar yang baru diperkenalkan pada bulan November 2012. Program ini khusus diperuntukkan bagi santri yang sudah mencapai tingkat advanced. Santri dari luar dapat langsung mengikuti program ini apabila lulus dalam tes masuk.

Ma’had Aly bertujuan untuk mencetak santri yang mampu dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang mujtahid atau minimal mengetahui alur logika seorang mujtahid dalam berijtihad atau intinbath hukum.

Materi yang diajarkan pada tahun pertama ini adalah: . Tafsir Ayat Ahkam Ash Shabuni . Ibanah Ahkam Syarh Bulughul Maram . Ihya’ Ulumuddin . Jam’ul Jawamik. Baca detail: – Ma’had Aly Al-Khoirot


BAHASA ARAB

Salah satu ciri khas dari pesantren modern adalah kemampuan berbicara bahasa Arab sehari-hari dengan lancar. Sebenarnya
yang dimaksud bahasa Arab itu mencakup percakapan (muhawarah), membaca (qira’ah), mendengar (istima’) dan menulis (kitabah). Namun, orang awam cenderung lebih apresiatif pada kemampuan berbicara bahasa Arab (muhadatsah, speaking) daripada kemampuan bahasa yang lain. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kemampuan berbicara akan lebih tampak dan lebih mengesankan dibanding misalnya dengan kemampuan membaca atau bahkan menulis bahasa Arab.

Di ponpes Al-Khoirot kemampuan bahasa Arab yang lebih mendalam, yakni membaca dan kajian kitab kuning, sudah tercakup dalam program madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning.


EKSTRA KURIKULER PESANTREN

  1. Program Khitabah wad Da’wah
  2. Bahtsul Masa’il
  3. Mentoring (halaqah, tarbiyah)
  4. Pelatihan kompetensi baca kitab kuning sistem cepat (Amtsilati)


KETERAMPILAN

  1. Sablon
  2. Pangkas rambut
  3. Menjahit
  4. Komputer


FASILITAS

  1. Lab Komputer
  2. Perpustakaan (Sekolah dan Pesantren)
  3. Penerbitan: Pustaka Alkhoirot
  4. Lapangan olahraga
  5. Asrama Putra Putri
  6. Pertokoan

Santri Al-Khoirot Menulis Setiap Minggu

Dalam rangka (a) menyebarkan rahmat cahaya ilmu, (b) meningkatkan semangat berbagi, (c) membiasakan bekerja keras dan menjauhi kemalasan, (d) menjadikan menulis sebagai tradisi salafus-salih (kalangan intelektual muslim terdahulu) yang tidak hanya patut dilestarikan tapi juga ditingkatkan, maka Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang memiliki program “hari menulis” (writing day).

Hari menulis dilakukan setiap hari Senin setiap minggu. Pada saat ini program writing day diwajibkan untuk santri senior yang sudah mengajar di Madrasah Diniyah (Madin) Annasyiatul Jadidah.

PENGABDIAN MASYARAKAT

Pengabdian masyakarat inheren dalam kultur pesantren sejak dulu. Terutama pesantren salaf. Bukan pesantren kalau tanpa ada intereksi harmnois yang menguntungkan masyarakat sekitarnya. Beberapa program pengabdian masyarakat kami antara lain:

1. Di bawah lembaga Alkhoirot Multimedia memberi pelatihan gratis bidang teknologi informasi kepada setiap lembaga pendididikan dan individu.
2. Memberi penyuluhan spiritual dalam bentuk pengajian rutin dan dzikir bersama setiap hari Kamis Malam dan Senin malam.
3. Memberi konsultasi agama Islam secara online melalui internet di alkhoirot.net
3. Di bawah tim Al-Banjari Al-Khoirot menerima undangan untuk membaca shalawat Nabi pada acara-acara tertentu.

SITUS RESMI LEMBAGA

  1. Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang
  2. Ponpes Putri Al-Khoirot Putri Malang
  3. MTs Al-Khoirot Malang
  4. MA Al-Khoirnt Malang
  5. Madrasah Diniyah (Madin) Annasyiatul Jadidah Malang
  6. Buletin Al-Khoirot
  7. Buletin Santri
  8. Buletin Siswa
  9. Buletin El-Ukhuwah
  10. Alkhoirot Multimedia


MEDIA SOSIAL RESMI


PETA LOKASI

Peta menuju lokasi kompleks Ponpes Al-Khoirot dapat dilihat di Google Maps di bawah. Klik tanda minus [-] untuk melihat area di sekitar lokasi atau kunjungi link ini: http://goo.gl/maps/XAmi :


Lihat Peta Lebih Besar

Info lain dapat dilihat di Google+ Lokal Ponpes Al-Khoirot


KELUARGA BESAR

Keluarga besar PP Al-Khoirot baik karena kekerabatan atau pernikahan atau keduanya dapat dilihat pada link-link beirkut:
Berikut adalah daftar pondok pesantren yang pengasuhnya memiliki hubungan kekerabatan dengan dewan pengasuh Ponpes Al-Khoirot Malang yang merupakan salah satu dari keluarga besar Bany Itsbat, khususnya Bani Abdul Hamid. Halaman ini akan terus diupdate setelah ada info terbaru.

I. PONPES NURUL JADID PAITON

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Nurul Jadid.
b. Nama pengasuh: KH Zuhri Zaini
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Karanganyar Paiton Probolinggo
e. Situs resmi: www.nuruljadid.net

II. PONPES DARUL ULUM BANYUANYAR MADURA

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar
b. Nama pengasuh: KH Muhammad Syamsul Arifin
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Pamekasan, Madura.
e. Situs resmi:

III. PONPES BATA BATA PAMEKASAN

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata
b. Nama pengasuh: KH Abdul Hamid Mahfudz
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Pamekasan, Madura.
e. Situs resmi:

IV. PONPES AL-FALAH SUMBERGAYAM MADURA

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Al Falah Sumbergayam
b. Nama pengasuh: KH Luthfi Toha
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Pamekasan, Madura.
e. Situs resmi: —

V. PONPES MITTAHUL ULUM MADURA

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Miftahul Ulum
b. Nama pengasuh: KH Maimun Salim
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Madukawan, Pamekasan, Madura.
e. Situs resmi: —

VI. PONPES NURUL ABROR BANYUANGI

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Nurul Abror,
b. Nama pengasuh: KH Fadhlur Rohman Zaini
c. Hubungan kerabat: sepupu
d. Alamat: Alasbuluh, Wongsorejo, Banyuwangi.
e. Situs resmi: —

VII. PONPES AL-HAMIDY BANYUANYAR MADURA

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Al Hamidy Banyuanyar Timur
b. Nama pengasuh: KH Muhammad Rofi’i Baidhowi
c. Hubungan kerabat: majedik dupopoh (paklek mindoan).
d. Alamat: Banyuanyar Timur, Pamekasan Madura.
e. Lebih detail tentang PP Al-Hamidy Banyuanyar

VIII. PONPES DARUL MUJAWWIDIN KEPANJEN MALANG

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Darul Mujawwidin
b. Nama pengasuh: Ustadz Mohammad Aminuddin
c. Hubungan kerabat: saudara salah satu dewan pengasuh putri
d. Alamat: Jl. KH Hasyim Asy’ari, Kauman, Kepanjen.
e. Situs resmi: —

IX PONPES BUSTANUL ULUM BULUGADING JEMBER

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Bustanul Ulum
b. Nama pengasuh: KH Baidhowi Said
c. Hubungan kerabat: dupopoh (mindoan)
d. Alamat: Bulugading Langkap Bangsalsari Jember.
e. Situs resmi: PPBU Bulugading

X. PONPES LIRBOYO KEDIRI

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Lirboyo Kediri
b. Nama pengasuh: KH Idris Marzuki
c. Hubungan kerabat: paman dari salah satu dewan pengasuh putri Al-Khoirot.
d. Alamat: Jl. KH. Abdul Karim Lirboyo Mojoroto Kota Kediri.
e. Situs resmi: www.lirboyo.net

XI. PONPES PANYEPPEN

a. Nama pesantren: Pondok Pesantren Panyeppen
b. Nama pengasuh: KH Mudassir
c. Hubungan kerabat: paman dari dewan pengasuh Al-Khoirot.
d. Alamat: jln Raya Palengaan Pamekasan, Madura.
e. Situs resmi:

SANTRI PERTAMA

Daftar Alumni Pertama Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang Periode 1963-1964

No

Nama

Alamat

Keterangan

1 KH. M. Syamsul Arifin Pamekasan Madura Pengasuh Pesantren
2 KH. Abdul Jalil Pamekasan Madura Guru
3 KH. Sabiqul Khoirot Pamekasan Madura Guru
4 KH. Tohir Brongkal Malang Guru
5 KH. Abu Brongkal Malang Guru
6 P. Ponimin Ampelgading Malang Wiraswasta
7 P. Nasiha/Togimin Ampelgading Malang Wiraswasta
8 P. Dulla/ Satumin Ampelgading Malang Wiraswasta
9 Mat Sari Ampelgading Malang Wiraswasta
10 Mat Saleh Ampelgading Malang Wiraswasta
11 Solehuddin Ampelgading Malang Wiraswasta
12 Saturi Ampelgading Malang Wiraswasta
13 KH. Abd. Rohman Ampelgading Malang Pengasuh Pesantren
14 Habib Hasyrim Syihab Brongkal Malang Wiraswasta
15 Habib Ali Jakarta Wiraswasta
16 Mas’ud Bangkalan Wiraswasta
17 Sulaiman Jember Wiraswasta
18 Toha Brongkal Malang Guru

Comments

  • Assalamualaikum ustadz..sy mau masukan adik sy di PPA utk SMA putra..
    1. kira2 total biaya bulanan skolah dan biaya psantren brp ya ustadz..
    2. dan kalo sy dtang langsung daftar hari sabtu atau minggu apa bisa ustadz..trimaksih.

    Suryati MarniJuly 14, 2016
  • Assalamu’alaikum.. ustad mau nanya kalau di sekolah umum biasanya seperti SMA, SMK, MAN itu kan untuk siswa-siswi baru masuknya tanggal 18 Juli 2016
    1. untuk MA Al Khoirot itu kapan?
    2. di MA Al Khoirot nanti apa juga akan di adakan sepeti MOS dan MOG sama seperti sekolah pada umumnya?

    Aulia NisaJuly 1, 2016
  • 1 ustad hingga saat ini jumlah santri di ppa baik putra maupun putri sekitar ada berapa.
    2. Apakah kalau makan ataupun mandi itu harus ngantri begitu. Trima kasih ats jawabannya. Semoga PPA semakin jaya dan berkah. Aamiin.

    aururiaJuly 1, 2016
  • Selain seragam pramuka . seragam sekolah untuk MA putri apa saja ?

    nafa ma rifahJune 28, 2016
  • 1 .apakah jurusan ipa di ppa akan dibuka tahun ini .
    2. Apakah di ppa ada pelajaran / ekskul bhs inggris . mksih.

    nafa ma rifahJune 28, 2016
  • Tadz apa nbenar di MA alkhoirot akan dibuka jurusan IPA, tlong diusahakan ya ,anak saya kpingin jurusan ipa mksih

    nafaJune 23, 2016
  • Assalamualaikum.. Saya suka menemui santri yg tdk betah di pondok dan memilih keluar dari pondok tersebut. Yang mau saya tanyakan :
    1. Di pondok al khoirot sendiri, apakah santri bisa keluar di sembarang waktu?(jika tidak, mohon beri tahu saya. Kapan. santri diperbolehkan keluar dari pondok?)
    2. bagaimana pula biayanya?
    Wassalamu’alaikum..

    NadiaJune 23, 2016
  • Assalamualaikum,

    1. Saya tadi melihat jadwal kegiatan putri kok tidak ada istirahat untuk makan pagi/siang nya yaa ustadz ? Apakah boleh membeli makanan ketika saya lapar/ haus yaa ustadz..
    2.misalkan saya sudah masuk PPA apakah ada waktu nya untuk pulang kerumah dan waktu apa saja itu?
    3. Dan apakah bener kita harus membawa lemari dan kasur sendiri? Kan saya dari jakarta ustadz?
    4. Kalo saya belum lancar mambaca al quran apakah nanti disana bisa diajarkan?
    5. dan saya juga tidak terlalu bisa bahasa arab apakah bisa diajarkan yaa ustadz?

    Nurul fadilahJune 20, 2016
  • Assalamualikum,

    1. Misalkan yaa ustadz saya sudah Masuk ppa, dan kepingin pulang kerumah ,apakah ada waktu untuk pulang kerumah
    2. dan waktu itu kapan saja yaa ustadz?

    FadilahJune 20, 2016
  • Assalamu’alaikum,
    Kalau memondokkan dua anak bersaudara bagaimana masalah biayanya Ustadz?..

    Syamsul BahriJune 18, 2016
  • maaf mau Tanya, apakah ppa Malang secara organisasi juga berafiliasi k NU?? bukan dari segi kultur

    ahmad uMay 30, 2016
  • maaf mau tanyya apakah ppa Malang secara organisasi juga berafilisai ke NU? bukan kultural

    muhammadMay 27, 2016
    • Individu2 di Al-Khoirot tidak punya kartu tanda anggota NU dan juga bukan pengurus NU. Tapi dari sisi lembaga, PPA selalu mendapat undangan dalam kegiatan Bahtsul Masail resmi NU dan kegiatan lainnya.

  • kegiatan mengajarnya baik atau tidak

    nurdinMay 7, 2016
  • saudara saya masih SD, apa bisa mondok di pesantren Al-Khoirot?

    ulfaApril 25, 2016
  • assalamualaikum, saya ingin menanyakan beberapa hal tentang al khoirot, karena saya ingin mondok disana. dan pertanyaanya berikut ini:

    1. apakah di ponpes terdapat sma jurusan ipa?
    2. apakah bersekolah formal diluar ponpes diperbolehkan?
    3. apakah di ponpes terdapat eskul formal seperti basket,volley, dll?

    mohon jawaban sebaik baik dan sejelas jelasnya, terimakasih
    wassalamualaikum.

    umarFebruary 28, 2016
  • Umur saya 22.
    . Apa boleh saya mondok. Di al khoirot

    SugengFebruary 15, 2016
  • Kalau bawa laptop untuk game

    falahJanuary 10, 2016
  • Assalamualaikum…
    Kalau boleh tanya bolehkah santri membawa hp/ponsel dan apa saja sarana dan prasarananya?
    Wassalamualaikum…wr wb

    Muhammad RaihanDecember 23, 2015
  • umur 21. ingin belajar agama dan mondok, tapi tidak ikut formal apa bisa? bgmna ketentuannya?

    nisNovember 25, 2015
  • apakah bahasa sehari-harinya yg digunakan di pondok pesantren al-khairot selain bahasa arab? apakah ada juga bahasa inggris??? mohon infonya/…

    mulyantiOctober 12, 2015

Leave a Reply