Pesantren Kilat Al-Khoirot

Pesantren Kilat Ramadhan Al-Khoirot Pesantren Kilat Ramadhan Al-Khoirot

Pesantren Kilat (Sanlat) adalah program belajar agama durasi pendek (short course) yang secara umum terbagi dua kategori yaitu Pondok Ramadhan dan Pesantren Kilat Non-Ramadhan. Program ini cocok diikuti oleh kalangan non-santri yang ingin belajar ilmu agama dasar.

DAFTAR ISI

  1. MENGAPA HARUS IKUT PESANTREN KILAT
    1. Ilmu Agama yang Wajib Diketahui setiap Muslim (Fardhu Ain)
    2. Dalil-dalil wajibnya Mencari Ilmu
    3. Ilmu Agama yang Wajib Diketahui Sebagian Muslim (Fardhu Kifayah)
  2. PROGRAM PESANTREN KILAT
  3. PESANTREN KILAT DI AL-KHOIROT
    1. Cara Daftar Dan Biaya Pendaftaran
    2. Kontak Telpon dan Email
    3. Alamat, Lokasi Dan Rute Jalan
  4. PESANTREN RAMADHAN
  5. PESANTREN RAMADHAN DI AL-KHOIROT
    1. Khataman Kitab Kuning
    2. Belajar Quran Tartil
    3. Pembinaan Wawasan Dasar Islam
      1. Fiqih
      2. Aqidah Tauhid Ahlussunnah
      3. Akhlak dan Tasawuf
  6. WAKTU DAN DURASI PELAKSANAAN
  7. KONTEN PESANTREN RAMADHAN SECARA UMUM
    1. Pendidikan Formal SD SLTP SLTA
    2. Pesantren Ramadhan di Pondok Modern
    3. Pesantren Salaf atau Kombinasi Salaf Modern


MENGAPA HARUS IKUT PESANTREN KILAT

Ya, mengapa harus ikut pesantren kilat? Jawabanya, karena wajib hukumnya bagi setiap individu muslim untuk mempelajari dan mengetahui ilmu agama dasar. Wajib artinya berdosa apabila ditinggalkan. Karena tanpa pengetahuan agama dasar yang benar, maka segala ibadah dan perilaku non-ibadah kita rawan kesalahan. Dan apabila kesalahan itu terjadi pada masalah ibadah, maka ibadah kita tidak sah. Apabila tidak sah, maka itu sama artinya dengan tidak melakukan kewajiban. Contohnya, orang awam melaksanakan shalat wajib tapi tidak memenuhi syarat dan rukun shalat seperti suci dari najis, suci dari hadas kecil dan besar, dan lain-lain. Atau, cara wudhunya atau cara shalatnya yang salah sehingga menyebabkan tidak sah.

Ilmu Agama yang Wajib Diketahui setiap Muslim (Fardhu Ain)

Mencari ilmu yang wajib ain (wajib bagi setiap individu muslim) adalah ilmu yang terkait dengan kewajiban agama dan larangan syariah. Setiap muslim harus mempunyai ilmu tentang shalat, puasa, zakat dan haji dan seluruh hal yang terkait dengannya seperti masalah najis, cara menyucikan najis, cara berwudhu, mandi wajib, syarat, rukun, perkara yang membatalkan hadas kecil dan besar, yang membatalkan ibadah shalat, puasa, haji, dll.

Selain itu, setiap invidu muslim juga wajib mengetahui larangan syariah yang utama seperti zina, mencuri, membunuh, menipu, memfitnah, dll.

Dalil-dalil wajibnya Mencari Ilmu

Dalam hadits hasan riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik, Nabi bersabda


طلب العلم فريضة على كل مسلم

Artinya: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim

Al-Sarakhsi dalam kitab Al-Mabsuth menyatakan:


فإن أقوى الفرائض بعد الإيمان بالله تعالى طلب العلم

Artinya: Fardhu yang paling tinggi tingkat wajibnya setelah iman pada Allah adalah mencari ilmu.

Ilmu Agama yang Wajib Diketahui Sebagian Muslim (Fardhu Kifayah)

Fardhu Kifayah adalah kewajiban yang dikenakan pada sebagian muslim saja. Ilmu yang wajib secara kifayah adalah mencari dan menguasai berbagai cabang ilmu agama secara mendalam dan mendetail meliputi Al-Quran dan tafsirnya, hadis dan ilmu cabangnya, fiqih dan ushulnya, dan seterusnya. Berdasarkan firman Allah dalam QS At-Taubah 9:22


فَلَوْلَا نَفَرَ‌ مِن كُلِّ فِرْ‌قَةٍ مِّنْهُمْ طَائِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُ‌وا قَوْمَهُمْ إِذَا رَ‌جَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُ‌ونَ

Artinya: Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

Abu Bakar Al-Rozi Al-Jashash dalam Ahkamul Qur’an, hlm. 4/374, menyatakan:


وفي هذه الآية دلالة على وجوب طلب العلم وأنه مع ذلك فرض على الكفاية ، لما تضمنت من الأمر بنفر الطائفة من الفرقة للتفقه ، وأمر الباقين بالقعود

Artinya: Ayat ini menunjukkan wajibnya mencari ilmu dan sifatnya fardhu kifayah karena dalam ayat ini terkandung perintah pada sebagian golongan untuk berangkat menuntut ilmu dan memerintahkan yang lain untuk tinggal di rumah.

Mencari ilmu agama yang fardhu kifayah adalah tugas para santri reguler yang biasanya belajar di Al-Khoirot mulai tingkat Ibtidaiyah Diniyah, Tsanawiyah Diniyah sampai Ma’had Aly.

PROGRAM PESANTREN KILAT

Pesantren kilat adalah program pendidikan agama yang berdurasi pendek (short course) bagi santri khusus. Durasi waktu dapat bervariasi mulai dari seminggu, 1 (satu) bulan, 3 (tiga) bulan, 6 (enam) bulan sampai satu tahun.

Dalam konteks waktu pelaksanaan, pesantren kilat dilaksanaan tidak hanya pada bulan Ramadhan tapi juga pada bulan-bulan yang lain sepanjang tahun.

Pesantren Kilat diperuntukkan bagi calon santri yang karena satu dan lain hal tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di pesantren secara reguler, penuh dan dalam waktu lama.

Dengan demikian, peserta program pesantren kilat terdiri dari antara lain (a) kalangan pelajar dan mahasiswa yang sedang mengisi masa liburan panjang semester genap; (b) pelajar dan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studinya dan ingin mengisi wakti peralihan ini untuk memdalami ilmu agama di pesantren; (c) kalangan pekerja yang saat sekolah dulu tidak sempat belajar agama dan mengambil cuti kerja untuk belajar agama; (e) kalangan yang berhenti kerja dan ikut program pesantren kilat sebelum pindah ke tempat kerja yang lain.

PESANTREN KILAT DI AL-KHOIROT

Al-Khoirot membuka pendaftaran untuk program pesantren kilat bagi calon santri yang berminat mengikuti program ini. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun dan tidak ada tes: semua calon peserta akan langsung diterima. Calon santri bisa langsung datang ke Al-Khoirot dengan membawa bekal secukupnya, mendaftar, dan langsung diterima.

CARA DAN BIAYA PENDAFTARAN PESANTREN KILAT

– Bagi calon santri yang durasi waktu belajarnya kurang dari 1 bulan, maka tidak dikenakan biaya apapun.

– Sedangkan bagi santri yang mengembil program belajar lebih dari 1 bulan, maka dikenakan biaya yang sama dengan santri yang tidak sekolah formal yaitu sekitar Rp. 500.000 (lima ratus ribu).


KONTAK TELPON DAN EMAIL

Untuk info lebih lanjut, calon santri dapat menghubungi nomor telpon berikut:

No Telpon Putra:
Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185

No. Telpon Putri:
085815000572 dan 081555327272

Untuk kontak email, kirim ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com


ALAMAT DAN LOKASI PESANTREN

Alamat lokasi pesantren Al-Khoirot:

Pondok Pesantren Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174, Jawa Timur.

Untuk rute jalan menuju lokasi, lihat di sini.


PESANTREN RAMADHAN

Pondok Pesantren Ramadhan adalah program pendidikan agama Islam sistem cepat (short course) yang dilakukan khusus pada bulan Ramadhan. Di sebagian tempat program ini disebut dengan Pondok Ramadhan.

Program pesantren Ramadhan tidak hanya diadakan oleh lembaga pesantren tapi juga diadakan oleh masjid dan musholla yang penyelenggaraannya biasanya dilaksanakan oleh Remaja Masjid (Remas), Rohis atau pengurus takmir masjid. Bahkan, terkadang diadakan juga oleh lembaga pendidikan formal non-agama seperti SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Selain juga Pondok Ramadhan juga diadakan oleh sekolah formal agama seperti MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah), MA (Madrasah Aliyah), dan perguruan tinggi agama seperti IAIN (Institut Agama Islam negeri) atau UIN (Universitas Islam Negeri) di berbagai kota di Tanah Air.

PESANTREN RAMADHAN DI AL-KHOIROT

Sebagai pesantren yang menganut sistem kombinasi antara salaf dan modern, maka program pondok Ramadhan yang diadakan di pesantren Al-Khoirot merupakan perpaduan antara kedua sistem tersebut yang rinciannya sebagai berikut:

Khataman Kitab Kuning

Materi yang dikaji selama pondok Ramadhan adalah kitab kuning. Judul kitabnya berbeda-beda setiap tahun. Yang pasti, pengajian akan diisi oleh KH. Jafar Shodiq dan KH. M. Hamidurrohman. Program ini diikuti oleh semua santri reguler.

Pembelajaran Al-Quran Tartil

Materi pembelajaran Al-Quran Tartil ditujukan bagi santri baru atau santri khusus Ramadhan yang bacaan Quran-nya kurang bagus.

Pembinaan Wawasan Islam Dasar

Pembinaan wawasan dasar keislaman adalah program yang ditujukan untuk peserta pondok Ramadhan untuk santri non-reguler yang memang khusus belajar Islam di bulan Ramadhan saja dan belum pernah belajar ilmu agama dasar Islam sama sekali.

Materi ini meliputi:

Fiqih

Dalam materi fiqih, peserta akan mendapatkan panduan dasar tentang topik-topik agama berikut:

– Wawasan tentang Najis dan cara bersuci
– Bimbingan Wudhu dan Mandi Wajib
– Bimbingan Shalat
– Bimbingan Puasa
– Bimbingan Zakat
– Bimbingan Haji

Aqidah Dasar

Dalam materi aqidah, peserta akan mendapatkan panduan dasar seputar topik berikut:

– Wawasan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Asy’ariyah
– Wawasan aqidah Ibnu Taimiyah dan Wahabi Salafi (untuk diketahui agar tidak terjerumus ke dalamnya).

Tasawuf dan Akhlak

– Wawasan ilmu tasawuf dasar
– Wawasan akhlakul karimah dasar

WAKTU DAN DURASI PELAKSANAAN

Sesuai dengan namanya, program ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Sedangkan durasi waktunya berbeda dan bervariasi antara satu penyelenggara dengan yang lain.

Sebagian pendidikan formal umum tingkat dasar dan menengah biasanya durasi waktu penyelenggaraannya tidak lama. Terutama yang negeri. Yakni berkisar antara 3 hari sampai seminggu itupun materi pengajarannya tidak penuh; masih dicampur dengan materi reguler. Sedangkan pendidikan formal yang diselenggarakan swasta biasanya program pesantren Ramadhan-nya lebih lama terutama apabila berada di bawah yayasan Islam.

Adapun program Pesantren Ramadhan yang paling lama umumnya yang diselenggarakan oleh sebuah pesantren, terutama pesantren salaf atau pesantren dengan sistem kombinasi salaf modern seperti Al-Khoirot.

KONTEN PROGRAM PESANTREN RAMADHAN SECARA UMUM

Konten atau isi program Pesantren Ramadhan secara umum bervariasi dan berbeda-beda tergantung dari siapa penyelenggaranya yang dapat dikualifikasikan sebagai berikut:

Pendidikan Formal SD SLTP SLTA

Pondok Ramadhan yang diadakan oleh pendidikan formal umumnya berisi pendidikan Islam yang sangat dasar seperti pelatihan membaca Al-Quran atau pendidikan fiqih dasar seperti panduan wudhu, mandi junub, bimbingan shalat, bimbingan puasa, dan lain-lain. Program ini disampaikan dalam bahasa Indonesia dan umumnya diisi oleh guru agama sekolah terkait atau mengundang kalangan ustadz atau santri pesantren yang berada di dekat sekolah tersebut.

Pesantren Ramadhan di Pondok Modern

Pondok modern seperti Gontor juga mengadakan pesantren Ramadhan yang biasa disebut dengan Pesantren Kilat atau Sanlat. Acara diadakan selama 15 hari di mana para peserta akan dididik dan dilatih mengenai wawasan ke-Islam-an, kewirausahaan, kreatifitas dan beragam kegiatan menarik lain.

Sanlat di Gontor diperuntukkan bagi santri non-regular jadi siapa saja boleh ikut terutama bagi para pelajar yang ingin mengisi waktu liburnya untuk menambah wawasan keagamaan di pesantren.

Tentu saja setiap Pondok Ramadhan di pesantren modern memiliki ciri khas masing-masing yang bisa sangat unik dan berbeda dari satu pondok ke pondok yang lain. Karena, pesantren dikelola swasta yakni pemilik pesantren sehingga tidak ada standar yang baku yang bersifat seragam.

Pesantren Salaf atau Kombinasi Salaf Modern

Program Pondok Ramadhan pada awalnya diprakarsai dan diplopori oleh pesantren salaf. Pesantren salaf yang biasanya mengkaji ilmu-ilmu agama Islam yang ada dalam kitab kuning pada bulan Ramadhan semakin mengintensifkan pengajian kitab kuningnya. Pada bulan Ramadhan pesantren salaf biasanya mengadakan khataman kitab-kitab kuning dengan sistem kilat sehingga kitab tebal seperti Sahih Bukhari (4 jilid) atau Sahih Muslim (4 jilid) dapat khatam dalam waktu kurang dari 30 hari.

Kitab yang dibaca pada setiap pesantren salaf berbeda-beda. Begitu juga pesertanya. Umumnya peserta pesantren kilat Ramadhan di pesantren salaf berasal dari santri regular, namun tidak sedikit juga diikuti oleh para santri dari pesantren lain.

Lama program Pesantren Ramadhan di pesantren salaf juga berbeda-beda. Dari 15 hari sampai 30 hari.[]

Comments

  • 1. Maaf karena saya asalnya agak jauh , tolong di beri rincian biaya pendaftaran ataupun kebutuhan di pondok(konsumsi jika manut pondok, dan kitab-kitab).
    2. jika membawa rombongan apakah bisa membuat kelas yang berisi rombongan tersebut?
    Sekian Terima Kasih

    Mohammad Nizham SalafiJanuary 12, 2017
  • Maaf sy mau tanya apakah sy (47 thn) dan anak sy ( 15 thn) bisa ikut program pesantren kilat liburan ini?

    ItaDecember 24, 2016
  • Permisi, mau tanya, nomor teleponnya apakah bisa dihubungi saat weekend juga?

    FitriDecember 23, 2016
  • Assalamualaikum . Mau tanya , apa masih bisa buat daftar pondok kilat ? Buat 1-2minggu untuk mengisi waktu liburan semester genap saya . Terimakasih . Wassalamualaikum

    elen dyarDecember 22, 2016
  • Assalamualaikumm saya ingin bertanya saat ini apa masih ada kesempatan untuk pesantren kilat dan berapa jumlah santri kilat disana saat ini

    VeraDecember 20, 2016
  • 1. Permisi mau tanya, untuk liburan semester ini apa masih bisa ikut santri kilat?
    2. Jika bisa kan untuk santri kilat tidak dikenakan biaya apapun.
    3. Namun bagaimana untuk makanan atau konsumsinya?
    4. Lalu program apa sajakah yang disediakan untuk santri kilat ini? Mohon penjelasannya terimakasih

    NisaDecember 16, 2016
    • 1. Bisa. Program ini dibuka sepanjang tahun.
      2. Ya kalau kurang dari 1 bulan gratis.
      3. Beli di kantin.
      4. Yg utama untuk putri: baca Al-Qur’an tartil sistem Qiroati; panduan fiqih dan prakteknya (shalat, dll).

      Pondok Pesantren Al-KhoirotDecember 16, 2016
  • Maaf sebelumnya apa yang muhammadiah tidak dapat mondok disana?

    BeDecember 13, 2016
  • Apakah santri yang ikut pesantren kilat tempatnya bersama para santri yang normal atau tidak?

    BeDecember 9, 2016
  • assalamualaikum, maaf mau tanya, disitu tertulis jika kurang dari 1 bulan gratis, namun apakah ada biaya tambahan untuk makan?

    sitiDecember 9, 2016
  • Apakah ada program pondok selama 2 minggu untuk liburan semester ganjil ini?

    AlivioDecember 7, 2016
  • apakah boleh membawa laptop dan alat komunikasi seperti handphone jika hanya ingin mondok selama 2 minggu?

    nabilaNovember 14, 2016
  • maaf mau tanya, bagaimana sistem pembelajarannya jika ingin mondok untuk hanya untuk waktu yang sangat singkat sekitar 1-2 minggu? apakah ada jadwal terprogramnya? atau bebas memilih program yang diinginkan?

    zahraNovember 13, 2016

Leave a Reply