Pesantren untuk Santri Dewasa

Pesantren untuk santri dewasa
Apakah pondok pesantren Al-Khoirot menerima santri yang berusia dewasa? Adakah program khusus untuk orang dewasa? Demikian beberapa pertanyaan yang dialamatkan calon santri kepada Al-Khoirot. Kalau menerima, lalu berapa batasan usia maksimum calon santri yang bisa diterima di ponpes Al-Khoirot? Dan apakah santri yang diterima khusus laki-laki saja atau juga santri perempuan? Berikut jawaban detail dari kami:

DAFTAR ISI

  1. BIAYA DAN CARA DAFTAR
  2. PERIHAL PROGRAM SANTRI DEWASA
  3. LAMA BELAJAR DI AL-KHOIROT BAGI SANTRI DEWASA
  4. STUDI DI PERGURUAN TINGGI
    1. Aturan untuk Santri Putra
    2. Aturan untuk Santri Putri
  5. PROGRAM UNTUK SANTRI DEWASA
    1. Bimbingan dasar membaca Al-Quran Metode Usmani
    2. Bimbingan Dasar Membaca Al-Quran Metode PIQ
    3. Bimbingan Ibadah: Wudhu, Shalat dan Puasa
    4. Mengikuti madrasah diniyah.
    5. Mengikuti pengajian Tafsir, Hadits, Fiqih oleh Pengasuh.
    6. Mengikuti Program Tahfdiz Al-Quran
    7. Mengikuti Program Bahasa Arab Modern
  6. PROGRAM EKSTRA KURIKULER PESANTREN
    1. Ekstra Kurikuler Pesantren Putra
    2. Ekstra Kurikuler Pesantren Putri
  7. FASILITAS OLAHRAGA
    1. Fasilitas olahraga Putra
    2. Fasilitas Olahraga Putri
  8. SANTRI DEWASA LUAR NEGERI
    1. Cara Daftar
    2. Program Lebih dari 1 Bulan
    3. Program Kurang dari 1 Bulan
  9. KONTAK TELPON DAN EMAIL
  10. ALAMAT, LOKASI DAN RUTE JALAN
  11. JADWAL HARIAN SANTRI DEWASA PUTRA


BIAYA DAN CARA DAFTAR

Karena sifatnya khusus dan tidak terikat dengan pendidikan formal, maka pendaftaran bagi santri dewasa terbuka sepanjang tahun. Tidak ada batas awal atau akhir. Calon santri dewasa dapat datang dan mendaftar kapan saja ia ingin mondok.

Cara daftarnya juga mudah. Setiap santri dewasa yang ingin mondok dapat langsung datang ke pesantren Al-Khoirot dan akan langsung diterima.

Biaya Daftar dan Biaya Bulanan

Biaya pendaftaran juga tidak mahal yaitu sekitar Rp. 500.000 (limz ratus ribu rupiah).
Biaya perbulan sekitar Rp. 50.000 (limapuluhribu).
Biaya makan mulai dari Rp. 150.000 (seratus limapuluh puluh ribu)
Biaya laundry Rp. 3.500 (lima ribu) perkilo.

Untuk santri reguler, lihat detailnya di sini.

PERIHAL PROGRAM SANTRI DEWASA

Pertama, Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang menerima santri yang termasuk dalam kategori dewasa. Yang dimaksud santri dewasa adalah santri yang berusia 19 tahun ke atas atau calon santri yang saat mendaftar sudah lulus SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) meliputi SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), MA (Madrasah Aliyah), Paket C atau lulus kuliah baik sarjana strata satu (S1) maupun Diploma atau lebih (S2 atau S3).

Kedua, Pondok Pesantren Al-Khoirot menerima santri dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Al-Khoirot menerima santri putra dan putri. Program yang ada di putra dan putri pun hampir sama walaupun ada sedikit perbedaan di sana sini. Begitu juga, kebijakan penerimaan santri dewasa ini juga berlaku untuk santri laki-laki dan perempuan.

Ketiga, santri dewasa akan mendapat perlakuan khusus dari segi bimbingan keagamaan. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan dan persamaan perlakuan antara santri biasa dengan santri dewasa:

a) Sementara santri non-dewasa akan ditempatkan di kelas madrasah diniyah berdasarkan hasil tes kemampuan dasar ilmu agamanya, sedangkan santri dewasa akan diberi kebebasan untuk memilih kelas yang dia sukai tanpa melalui tes masuk. Persamaannya adalah, santri biasa dan santri dewasa sama-sama wajib mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah dan pengajian kitab kuning.

b) Penempatan kamar santri biasa akan berdasarkan sekolah atau spesifikasi yang dipilih. Misalnya, santri MTS atau MA akan tinggal di asrama sesama santri MTS dan MA. Santri Tahfidz Al-Quran atau Bahasa Arab Modern akan ditempatkan di asrama Tahfidz dan Bahasa Arab. Sedangkan santri dewasa boleh memilih akan tinggal di asrama manapun yang dirasa sesuai dan cocok untuk mencapai tujuannya atau tinggal di asrama yang khusus santri dewasa.

c) Santri biasa memiliki target berdasarkan pendidikan formalnya. Misalnya, akan mondok sampai lulus Madrasah Tsanawiyah atau sampai lulus Madrasah Aliyah. Sedangkan santri dewasa tergantung target kemampuan agama apa yang ingin dicapai.

LAMA BELAJAR DI AL-KHOIROT BAGI SANTRI DEWASA

Prinsipnya, tidak ada tenggat waktu yang ditentukan berapa lama seorang santri dewasa untuk tinggal di Al-Khoirot. Secara teoritis, ia bisa tinggal berapa pun dia mau. Setahun, tiga tahun, lima tahun atau hanya sebulan dua bulan pun dibolehkan.

Namun, tentu saja santri yang datang untuk belajar ilmu agama harus memiliki target minimal yang ingin dicapai agar supaya kedatangannya tidak sia-sia.

Target yang ingin dicapai dan waktu yang diperlukan untuk mencapainya akan sangat tergantung dari pengetahuan dasar akan ilmu agama yang dimiliki.

Bagi santri dewasa yang masuk dalam kondisi kosong ilmu agama apapun termasuk tidak bisa membaca Al-Quran, dan dia hanya ingin memiliki kemampuan untuk membaca Al-Quran secara fasih, maka satu tahun sudah cukup baginya untuk mencapai tujuannya asal rajin belajar dan berlatih.

Bagi santri dewasa yang masuk dengan kemampuan ilmu agama nol bahkan tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali, tapi dia memiliki tekad untuk mampu membaca Al-Quran dengan fasih tapi juga dapat membaca kitab gundul, maka waktu yang diperlukan minimal empat tahun apabila dia rajin belajar dan banyak bertanya.

Bagi santri dewasa yang sudah mampu membaca Al-Quran dan memiliki target untuk dapat membaca kitab kuning, sedangkan dia belum memiliki dasar sama sekali di bidang ilmu gramatika bahasa Arab (Nahwu dan Shorof), maka setidaknya dia memerlukan sedikitnya dua tahun untuk mencapai tujuannya dengan cara masuk di Madrasah Diniyah Wustho Satu.

Bagi santri yang ingin menguasai ilmu-ilmu agama, bukan sekadar bisa membaca kitab kuning, dalam berbagai bidang studi Islam seperti tafsir, hadits, fiqih, tashawuf, sastra Arab, dll, maka dia baru bisa mencapai tujuannya setelah lulus minimal dari Madrasah Diniyah Tsanawiyah (MDT) idealnya setelah lulus program Ma’had Aly.

STUDI DI PERGURUAN TINGGI

Aturan untuk Santri Putra

Santri dewasa putra yang baru masuk ke Al-Khoirot setelah ia lulus dari SLTA atau Sarjana S1, maka ia diperbolehkan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi yang ada di sekitar pesantren sambil mondok di Al-Khoirot dengan syarat-syarat sebagai berikut:

(a) Untuk program Diploma atau Sarjana S1 santri diharuskan memilih perguruan tinggi swasta yang jam kuliahnya tidak terlalu aktif. Misalnya, jam kuliahnya hanya 3 hari dalam seminggu.

(b) Santri putra dilarang kuliah mengambil program S1 atau diploma 1 sampai 3 di perguruan tinggi negeri sambil mondok di Al-Khoirot karena umumnya jam kuliah di universitas negeri dilakukan selama satu minggu penuh sehingga tidak ada waktu lagi untuk belajar ilmu agama di pesantren. Bagi yang ingin mengambil studi S1 di universitas negeri maka dipersilahkan untuk mondok pesantren lain yang lokasinya berdekatan dengan kampus dan mengijinkan santrinya untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

(c) Santri putra yang ingin kuliah mengambil program S2 atau S3 jurusan apapun diperbolehkan untuk memilih kampus yang ada di sekitar pesantren baik negeri atau swasta. Karena, umumnya program S2 dan S3 jadwal kuliahnya tidak aktif seminggu penuh sehingga ada waktu untuk mengikuti program pesantren.

(d) Beberapa perguruan tinggi yang lokasinya berdekatan dengan Al-Khoirot antara lain:
i. Universitas Raden Rahmat (Unira) yang beralamat di Kepanjen, Malang
ii. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), Kepanjen Malang.
iii. Sekolah Tinggi Al-Qolam, Gondanglegi, Malang.

Aturan untuk Santri Putri

(a) Santri dewasa putri yang baru masuk ke pesantren setelah lulus SLTA tidak diperbolehkan untuk mengambil studi lanjutan di perguruan tinggi yang ada di sekitar pesantren. Mereka diharapkan untuk fokus belajar ilmu agama yang ada di dalam lingkungan pesantren.

(b) Santri putri yang mondok di Al-Khoirot sejak SLTP dan SLTA dan tetap di Al-Khoirot setelah lulus Madrasah Aliyah Al-Khoirot juga tidak diijinkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan tetap tinggal di dalam kompleks pesantren.

(c) Semua santri putri yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi harus keluar dari pesantren Al-Khoirot. Dan mereka sangat dianjurkan untuk mencari pesantren yang berada di sekitar lokasi kampus agar tetap bisa terpelihara akhlak syariahnya dan memelihara martabat dirinya.

(d) Untuk santri putri yang lokasi kampusnya ada di sekitar kawasan Kepanjen, Malang, dianjurkan untuk tinggal di Pesantren Al-Kamaliyah, Kepanjen agar bisa tetap menambah ilmu agama dan pada waktu yang sama tetap menjaga diri dari pergaulan negatif yang tidak kondusif.

PROGRAM UNTUK SANTRI DEWASA

Program untuk santri dewasa tidak berbeda dengan santri yang lain yaitu sebagai berikut:

(a) Bimbingan dasar membaca Al-Quran Metode Usmani

Bagi santri dewasa yang masuk ke Al-Khoirot dengan kondisi tidak dapat membaca Al-Quran sama sekali, maka bimbingan membaca Al-Quran dilakukan dengan metode Usmani.

Metode Usmani adalah metode praktis membaca Al-Quran dengan tanpa harus belajar mengeja. Program ini setidaknya memerlukan waktu satu tahun agar santri dapat membaca Al-Quran dengan baik dan fasih. Bimbingan dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat maghrib kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(b) Bimbingan Dasar Membaca Al-Quran Metode PIQ

Bagi yang masuk ke Al-Khoirot dengan kondisi sudah dapat membaca Al-Quran tapi masih belum fasih, maka dia akan dididik oleh guru (muallim) Al-Quran dengan memakai metode PIQ (Pesantren Ilmu Al-Quran). Yaitu, dengan memperbaiki bacaan yang tidak atau kurang fasih tersebut. Bimbingan dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat maghrib kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(c) Bimbingan Ibadah: Wudhu, Shalat dan Puasa

Santri dewasa akan mendapat bimbingan khusus seputar tata cara ibadah yang benar meliputi tata cara wudhu, shalat, dan puasa.

Apabila kedatangan santri dewasa bersamaan dengan santri lain, maka bimbingan ibadah ini akan dilakukan secara bersamaan. Apabila datangnya di pertengahan tahun, maka bimbingan ibadah akan dilakukan secara khusus.

Selain itu, santri dewasa dan santri lain akan dibimbing ibadah haji sekali dalam setahun biasanya dilakukan sehari sebelum lebaran Idul Adha.

(d) Mengikuti madrasah diniyah.

Santri dewasa sama dengan santri lain diwajibkan mengikuti program madrasah diniyah yang dilakukan 5 kali dalam seminggu setiap selesai shalat Isya’ antara jam 19.30 sampai 20.30. Khusus untuk santri dewasa diperbolehkan untuk memilih kelasnya tanpa mengikuti tes.

Program ini dilakukan 5 kali dalam seminggu kecuali Senin Malam dan Kamis Malam.

(e) Mengikuti pengajian Quran Hadits Fiqih oleh pengasuh.

Santri dewasa dan santri lain diwajibkan mengikuti pengajian kitab klasik meliputi tafsir Al-Quran Jalalain, Sahih Bukhari, Al-Umm setiap hari Sabtu dan Rabu pada jam 05.00 s/d 06.00 dan pengajian kitab tasawuf dan akidah pada hari Minggu jam 16.00 s/d 17.00.

Selain itu, pada setiap jam 05.00 s/d 06.00 hari Minggu, Senin, Selasa dan Kamis ada pengajian untuk santri senior tingkat Wustho 1 dan 2, Ulya 1 dan 2 dan Ma’had Aly. Santri dewasa dibolehkan ikut. Sementara untuk santri lain diadakan pengajian khusus untuk tingkat dasar. Santri dewasa boleh mengikuti pengajian tingkat dasar atau untuk santri senior.

(f) Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an

Santri dewasa dapat mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an. Program ini bersifat pilihan, boleh diikuti boleh tidak. Lebih detail: Tahfidz Al-Quran

(g) Mengikuti Program Bahasa Arab Modern

Santri dewasa juga dapat mengikuti program Bahasa Arab Modern. Program ini bersifat opsional atau pilihan, sama dengan Tahfidz Al-Quran. Berbeda dengan program Madrasah Diniyah atau Pengajian Kitab Kuning yang bersifat wajib. Lebih detail: Bahasa Arab Modern


PROGRAM EKSTRA KURIKULER PESANTREN

Di Al-Khoirot ada dua macam program ekstra kurikuler (ekskul) yaitu ekskul sekolah formal dan ekskul pesantren. Santri Dewasa boleh mengikuti berbagai macam kegiatan ekskul pesantren. Ekskul pesantren adalah sebagai berikut:

Ekstra Kurikuler Pesantren Putra

Tahfidz Al-Qur’an
Bahasa Arab Modern
– Seni Baca Al-Quran (Qiroah Taghonni)
Bahsul Masail
– Seni bela diri Karate
– Seni musik hadrah Al-Banjari
– Seni musik hadrah Al-Habsyi
– Sablon
– Jurnalistik
– Komputer

Ekstra Kurikuler Pesantren Putri

Tahfidz Al-Qur’an
Bahasa Arab Modern
Bahsul Masail
– Tata Busana meliputi bordir, menjahit baju, mukena, dll
– Tata boga
– Jurnalistik

FASILITAS OLAHRAGA

Olahraga menjadi faktor penting dalam menunjang keberhasilan program-program pesantren. Karena, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, segar dan energetik. Untuk itulah kami menyiapkan sarana olahraga bagi para santri sebagai berikut:

Fasilitas olahraga Putra

– Bola Basket
– Bola Voli
– Futsal
– Bulutangkis
– Sepaktakraw

Fasilitas Olahraga Putri

– Bulutangkis
– Bola Voli
– Kasti

SANTRI DEWASA LUAR NEGERI

Program santri dewasa ini dapat diikuti oleh santri yang berasal dari Indonesia atau luar negeri (foreign student, talib ajnabi).

Karena ada sedikit perbedaan antara santri dalam negeri dan santri luar negeri, maka berikut panduan bagi calon santri luar negeri yang ingin belajar di Pesantren Al-Khoirot.

Cara Daftar Santri Luar Negeri

Cara daftar calon santri dewasa yang berasal dari luar negeri adalah tergantung dari berapa lama ia akan tinggal di Indonesia. Apakah kurang dari 3 bulan, atau lebih dari 3 bulan. Berikut rinciannya:

A. Bagi Santri yang Ingin Belajar Lebih dari 1 Bulan

Bagi santri dewasa luar negeri yang ingin belajar lebih dari 1 bulan, maka anda harus mendapat visa student atau visa Izin Tinggal Terbatas (ITAS). Untuk mendapatkan visa ITAS, maka Anda harus mendapatkan Surat Penerimaan (Admission Letter) dari Pesantren Al-Khoirot. Untuk dapat Surat Penerimaan, silahkan kirim data berikut melalui email ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

1. Data diri yang sesuai dengan Kartu Identitas (ID card), atau Data diri yang sesuai dengan Paspor.
2. Scanning ID Card atau Passport (opsional).

File mohon dikirim ke alamat email: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

B. Bagi Santri yang Ingin Belajar Kurang dari 1 Bulan

Bagi santri luar negeri yang ingin belajar / mengaji di Al-Khoirot kurang dari 1 bulan, maka ia bisa langsung datang ke Pesantren Al-Khoirot dengan memakai visa kunjungan (tourist visa). Untuk negara ASEAN, visa kunjungan bisa didapatkan di Kedutaan (Embassy) atau Konsulat Jenderal (Consulate) Indonesia terdekat atau pada saat tiba di Bandara Indonesia (on arrival)

KONTAK TELPON DAN EMAIL

Untuk info lebih lanjut, calon santri dapat menghubungi nomor telpon berikut:

No Telpon Putra:
Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185

No. Telpon Putri:
085815000572 dan 081555327272

Kontak email,
kirim ke: admin@alkhoirot.com dan alkhoirot@gmail.com

ALAMAT DAN LOKASI PESANTREN

Alamat pos dan lokasi pesantren Al-Khoirot:

Pondok Pesantren Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174, Jawa Timur.

Untuk rute jalan menuju lokasi, lihat di sini.

Terkait: Santri Luar Negeri Al-Khoirot

JADWAL HARIAN SANTRI DEWASA PUTRA

No Jam Aktivitas Pengajar Keterangan
1 04.00 Bangun pagi Shalat Subuh berjamaah Wajib
2 05.00 – 06.00 Pengajian kitab kuning Pengasuh Wajib
3 07.30 – 08.30 Pelajaran baca Al-Quran Ust. Syarifuddin Wajib
4 08.30 – 09.30 Kajian fikih khusus Ust. Sahri Wajib, Senin, Selasa
5 11.30 – 12.00 Shalat Zhuhur berjamaah Wajib
6 12.00 – 12.30 Hafalan kitab Taqrib dan tanya jawab Pengasuh Opsional
12.30 – 14.30 Istirahat siang
7 14.30 – 15.00 Shalat Ashar berjamaah Wajib
8 16.00 – 17.00 Madrasah diniyah Ustadz Wajib
9 17.30 – 18.00 Shalat Maghrib berjamaah Wajib
10 18.30 – 19.00 Belajar membaca Al-Quran Ustadz Wajib
11 19.00 – 19.30 Shalat Isya berjamaah Wajib
12 19.30 – 20.30 Madrasah Diniyah Ustadz Wajib
  21.00 – 04.00 Istirahat malam

 

Comments

  • 1 Kalau begitu saya dengan umur 17 taun harus mengikuti tes ? bisa tidak masuk santri dewasa?, soalnya saya lulusan SMA tahun ini.
    2.Masalah biaya bedanya gimana antara yang santri non dewasa dan dewasa?
    3. Terus saya harus daftar bagaimana dengan usia 17 ini yang lulusan SMA?

    Herdi giyanMay 3, 2017
  • Kalau begitu saya yang lulusan SMA yang umurnya 17 harus tes dulu? Pendidikannya gimana kalau begitu? Dan bagaimana dengan biaya? Sama dengan santri dewasa atau tidak? Dan kalau tes itu apa saja di tesnya? Sedangkan saya ingin masuk santri dewasa…

    Herdi giyanMay 3, 2017
  • Kalau begitu saya yang lulusan SMA harus tes dulu? Dan bagaimana dengan biaya? Sama dengan santri dewasa atau tidak? Dan kalau tes itu apa saja di tesnya?

    Herdi giyanMay 3, 2017
    • Tes itu untuk penempatakan kelas. Bukan penerimaannya. Kalau penerimaannya otomatis diterima. Untuk biaya lihat artikel di atas

  • Saya seorang pendosa besar dan ingin bertobat karena banyak dosa , saya ingin menuntut ilmu dengan cara mondok , adakah tempat mondok untuk orang dewasa seperti saya (37thn) dan belajar banyak tentang agama serta mendapat ilmu seperti hafal alquran ? . Terima kasih

    Insan kamilMay 2, 2017
  • Maaf ustadz, kalo mondok disitu sambil kuliah disekitar nya apa tidak boleh ?

    imanaturMay 2, 2017
  • assakamualaikum. ustad. kalo saya masuk daftar. apakah tergantung nilai un syarat terima mahasiswanya seperti universitas biasanya ?

    imam juandaMay 1, 2017
  • apakah biaya thn ini msh ttp sama dgn yg ada dipostingan ini

    muh ilyas musMay 1, 2017
  • Assalamu’alaykum.
    1. Saya lulusan SMA Umur 17 taun kalo mau mondok itu masuknya kemana?
    2. Dan apakah dalam setiap kegiatan disatukan sama santri Ma/MTs ?
    3. Dan apakah untuk umur saya itu wajib setor hafalan?

    Herdi giyanMay 1, 2017
    • 1. Ikut madrasah diniyah.
      2. Utuk madrasah diniyah disatukan
      3. Tahfidz Quran itu pilihan, boleh ikut atau tidak.

  • usia sy 39 thn sy mantan pecandu sy ingin kembali kejln yg benar apakah boleh sy belajar disana

    muh ilyas musMay 1, 2017
  • Assalamualaikum ustad, kalau adik saya umur 25 mau daftar disana bulan mei sekitar minggu ke 3. Apakah bisa? Terimakasih. Wassalam..

    NormalitaApril 30, 2017
  • Assalamualaikum… maaf saya mau daftar tapi saya belum punya dana bagaimana ya pak ustad???

    BaihakiApril 29, 2017
  • assalamualaikum . ustadz..
    daftarnya terserah dari kita .. kapan aja…??

    syahrul ramadhanApril 28, 2017
  • Ustadz. Mau tanya ini pelajaran gimana ya. Saya pernah dengar ada NU, Muhammadiyah, Aswaja, salaf, saya pernah mondok di pesantren yg Aswaja. Kalo alkhoirot lebih mengarah Keman ya ustadz?

    WindaApril 28, 2017
  • Assalamualaikum pak ustadz nama saya diky umur 21 saya ingin belajar mrmbaca al qura’an ijazah paket c dan saya sangat ingin menghafal al qura’an apa bisa mendaftar

    diky. zarkasihApril 27, 2017
  • Asslm mualaikum wrb saya 44 th kepingin masuk pondok pesantren gimn caranya , saratnya ap aj dan berapa biayanya , makasih atas infonya , wassalm wrwb

    Uci tiniApril 27, 2017
  • Assalamualaikum Ustadz/Ustadzah , saya siswi Aliyah yang sedang menunggu wisuda dan menunggu aktifitas belajar-mengajar di universitas yg masih 2-3 bulan lagi. oleh krena itu, sya ungin enargetkan tambah afalan 5 juz lg. tapi jika saya mondok disana dan saya izin untuk wisuda dan daftar ulang kuliah saya apakah diperbolehkan?

    Kuny Abidatul MahmudahApril 27, 2017
  • Assalamu’alaikum mau tanya, sy 26 thn sdh pernah menikah ijasah terakhir sy ijasah paket c…klu sy masuk bisa? Seumpama setelah mondok untuk 2 atau 3 thn…selain ilmu agama apa yg sy peroleh…misal bekal untuk kerja stlah mondok?

    NoviApril 25, 2017
  • assalamualaikum, saya mau nanya untuk program tahfidh ada targetnya gitu gk y?

    widyaApril 22, 2017
    • Tidak. Yg rajin bisa cepat selesai, yg malas agak lambat. Tapi setiap hari harus setor hafalan minimal sekali. Maksimal dua kali.

  • Assalamualaikum wrwb,
    Ustad, apakah menerima santri ibu2 dengan membawa bayi usia 1,5th?
    Wassalamualaikum wrwb

    DeviApril 22, 2017
  • Asalamualaikumwrwb,
    1. ustad mau tanya,apakah ada santri putri yg sudah ibu2 usia 50 th ?
    2. Jika mondok hanya bulanromadhon apa bisa,mksh,
    wasalamualaikumwrwb

    retno susetyowatiApril 20, 2017

Leave a Reply