Manfaat Sedekah dan Cara Infaq

Manfaat Sedekah dan Cara Infaq ke Pesantren

Manfaat Sedekah dan Cara Infaq. Perilaku memberi atau membantu orang lain terkesan merugikan si pemberi dan menguntungkan si penerima. Hakikatnya tidaklah demikian. Faktanya, dermawan hidupnya lebih bahagia daripada orang pelit. Kenapa demikian? Penjelasan dari Quran dan Sunnah berikut adalah jawabannya.

Zakat, infaq (infak), sedekah (shadaqah) dan hibah, donasi adalah kosa kota yang memiliki kemiripan makna dengan sedikit perbedaan hukum. Berinfaq dan bersedekah sangat dianjurkan dalam syariah Islam sebagai salah satu cara untuk menyucikan hati dan menghapus dosa-dosa di masa lalu. Sedangkan zakat hukumnya wajib bagi muslim yang hartanya mencapai nishab dan sudah haul yakni sudah berusia setahun penuh menurut kalender hijriyah.

DAFTAR ISI

    1. Tujuan Dan Keutamaan Sedekah
      1. Penyucian Diri Dari Dosa
      2. Memadamkan Murka Allah
      3. Menjadi Payung Pelindung Panas Di Hari Kiamat
      4. Mengobati Penyakit Fisik
      5. Menyembuhkan Penyakit Hati
      6. Mendapat Pahala Yang Berlipat Ganda
    2. Pembangunan dan Kontak Panitia
    3. Cara Infak Dan Bentuk Bantuan Untuk Pembangunan Pesantren Al-Khoirot
      1. Infaq Uang Dan Cara Transfer
      2. Bantuan Material Bahan Bangunan
      3. Bantuan Alat Bangunan
      4. Bantuan Kebutuhan Santri
      5. Bantuan Pelatihan Soft Skill (Keterampilan)


TUJUAN DAN KEUTAMAAN SEDEKAH

Sedekah atau infak adalah perilaku yang sangat terpuji yang dilakukan oleh seorang muslim yang ingin mendapatkan ridha Allah. Amal kebaikan yang juga biasa disebut dengan amal jariyah ini memiliki banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat sedekah atau berinfak berdasarkan dalil Al-Quran dan hadits sahih.

PENYUCIAN DIRI DARI DOSA

Manfaat Sedekah dan Cara Infaq ke Pesantren
Manfaat Sedekah dan Cara Infaq

Menginfakkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum atau sedekah bertujuan salah satunya untuk menyucikan diri sebagai salah satu cara untuk bertaubat. Allah berfirman dalam QS At-Taubah ayat 104 “Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang?”

Pada ayat sebelumnya yakni QS At-Taubah :103 Allah berfirman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Nabi bersabda dinukil dari kitab Sahih at-Targhib

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.

MEMADAMKAN MURKA ALLAH

Seperti dikutip dalam kitab Sahih at-Targhib Nabi bersabda:

إن صدقة السر تطفىء غضب الرب تبارك وتعالى

Artinya: Sedekah secara rahasia akan memadamkan murka Allah.

MENJADI PAYUNG PELINDUNG PANAS DI HARI KIAMAT

Dalam hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda

عقبة بن عامر قال: سمعت رسول الله يقول: { كل امرىء في ظل صدقته، حتى يقضى بين الناس }. قال يزيد: ( فكان أبو مرثد لا يخطئه يوم إلا تصدق فيه بشيء ولو كعكة أو بصلة )، قد ذكر النبي أن من السبعة الذين يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله: ** رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

Artinya: dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia. Yazid berkata: Abu Martsad tidak pernah melewati satu hari kecuali dengan bersedekah walaupun dengan satu kue. Nabi pernah menyebutkan bahwa tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya.

MENGOBATI PENYAKIT FISIK

Manfaat Sedekah dan Cara Infaq
Sedekah bukan hanya mengobati penyakit jiwa dan mental. Tapi juga penyakit yang diderita oleh badan manusia. Dalam Sahih Targhib Nabi bersabda [داووا مرضاكم بالصدقة]: “Obati orang sakit dengan sedekah”. Ibnu Syaqiq berkata: Aku mendengar Ibnu Mubarok ditanya seseorang tentang penyakit yang dideritanya selama 7 tahun dan sudah mencoba mengobatinya dengan berbagai cara oleh berbagai tabib tapi tidak berhasil. Ibn Syaqiq berkata: “Galilah sebuah sumur di tempat yang membutuhkan air. Aku berharap akan keluar mata air di situ dan menyembuhkan penyakitmu.” Pria itu melakukannya dan sembuh dari penyakitnya. (Sahih al-Targhib).

MENYEMBUHKAN PENYAKIT HATI

Artinya: Bersedekah itu dapat menjadi obat hati sebagaimana sabda Nabi, dalam hadits riwayat Ahmad, pada orang yang mengeluh karena keras hati dan keras kepala: [إذا إردت تليين قلبك فأطعم المسكين، وامسح على رأس اليتيم] “Kalau kamu ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

MENDAPAT PAHALA YANG BERLIPAT GANDA

Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah seperti tersurat dalam QS Al-Hadid :18 Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Dan dalam QS Al-Baqarah :245 Allah berfirman “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

PEMBANGUNAN DAN KONTAK PANITIA

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah santri di Ponpes Al-Khoirot Malang baik putra maupun putri, maka pennambahan dan renovasi infrastruktur dan fasilitas gedung mendesak untuk dilaksanakan. Untuk itu, tim pembangunan Ponpes Al-Khoirot terus berusaha keras memenuhi kebutuhan tersebut. Karena kami menganut kebijakan untuk tidak mengenakan biaya uang gedung kepada siswa dan santri, maka kami mengharapkan donasi dari kalangan dermawan untuk sama-sama memikul tanggung jawab mengemban amanah pendidikan anak bangsa.

Berapapun infak yang Anda kirimkan, akan berperan penting untuk pembangunan Pontren Al-Khoirot dan pendidikan anak-anak miskin.

Alamat sekretariat: Ponpes Al-Khoirot Malang Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174 Jawa Timur

KONTAK PERSONAL PANITIA PEMBANGUNAN:

Bagi para muhsinin yang lokasinya dekat dengan pesantren atau Malang Raya dapat menghubungi kontak berikut:

1. H. Musthofa (Ketua Panitia). HP: 0852-0489-6121
2. Muhammad Yasin (Bendahara). HP: O815-5598-3999 dan 0856-4997-1054
3. H. Abdurrahman (Ketua Alumni)


CARA INFAK DAN BENTUK BANTUAN UNTUK PESANTREN AL-KHOIROT

Para dermawan yang hendak memberi donasi, sumbangan atau infak untuk pengembangan dan pembangunan yang ada di pondok pesantren Al-Khoirot, Anda dapat menyumbangkan dana bantuan dalam lima macam jenis sumbangan sebagai berikut:

INFAQ UANG DAN CARA TRANSFER

Pertama, infak berupa uang. Infak berupa uang dapat dikirim melalui beberapa cara berikut:

(a) Datang langsung ke markas pesantren dengan alamat Jl. KH. Syuhud Zayyadi No. 01, Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.;
(b) Transfer dana via bank
(c) Transfer via Western Union
(d) transfer via internet dengan kartu kredit atau Paypal. Lebih detailnya, lihat info di bawah.

CARA TRANSFER INFAQ VIA BANK, WESTERN UNION DAN INTERNET

CATATAN: Setelah transfer dana, mohon dikonfirmasi via SMS ke: 0815-5325-6855

  • Bank BRI Syariah No. Rekening: 1034-9157-48. Atas Nama: Pondok Pesantren Al Khoirot . Kode bank: 422 (untuk transfer dari bank yang berbeda)
  • Western Union Money Transfer a.n. Ja’far Sodiq Dsn Krajan Rt/Rw: 09/01. Karangsuko, Pagelaran, Malang Indonesia (konfirmasi pemberitahuan harap menyertakan nomor MTCN).
  • Untuk infaq via PayPal/kartu kredit melalui internet, kirim ke akun Paypal: syuhud@gmail.com.

BANTUAN MATERIAL BAHAN BANGUNAN

Kedua, infaq atau bantuan berupa barang. Kami menerima segala macam bantuan barang yang ingin disumbangkan meliputi bahan bangunan, pasir, batu bata, semen, kayu, keramik, genting, paving, cat kayu, cat dinding, cat besi dan lain-lain.

Bantuan material bisa juga berupa bahan furniture yang sudah jadi seperti meja, kursi, lemari, brankas, dan lain-lain.

Donasi Bisa juga berupa sarana olahraga seperti bola basket, bola voli, sepakbola, raket bulutungkis, dan lain-lain.

Cara pengirimannya silahkan langsung datang ke markas Al-Khoirot dengan membawa barang tersebut atau telpon kami di nomor yang tersedia yaitu HP: O815-5598-3999 atas nama Muhammad Yasin.

BANTUAN ALAT BANGUNAN

Ketiga, bantuan alat bangunan. Bantuan ini meliputi alat pengangkut pasir, alat penyampur semen (molen), cangkul, gancu, ayakan pasir, dan lain-lain.

BANTUAN KEBUTUHAN SANTRI

Keempat, bantuan kebutuhan santri. Bantuan ini meliputi pakaian baju koko (takwa), sarung, songkok putih atau hitam, pakaian seragam sekolah, pakaian pramuka, kasur, karpet, bantal, selimut, dan lain-lain.

Bantuan kepada para santri bisa juga berupa bahan makanan baik makanan mentah atau yang sudah matang.

BANTUAN PELATIHAN

Kelima, bantuan dapat berupa pemberian pelatihan soft skill secara gratis kepada para santri. Apabla anda memiliki keahlian di suatu bidang tertentu dan ingin mengabdikan ilmu anda secara gratis, maka kami akan menyambutnya dengan sangat baik. InsyaAllah ilmu anda akan sangat bermanfaat bagi para santri generasi muda yang mondok di Al-Khoirot.

Adapun keterampilan yang disumbangkan mencakup berbagai bidang sebagai berikut: jurnalistik, manajemen, marketing, desain grafis, multi media, sablon, tata busana, tata boga, seni tilawah Al-Quran atau qiroah taghonni, berbagai seni bela diri, berbagai cabang olahraga, dan lain-lain.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.