Informasi Beasiswa 2016

Informasi beasiswa santri

Informasi Beasiswa 2016
Beasiswa adalah dana bantuan belajar yang diberikan kepada pelajar sekolah TK / RI, SD / MI, SMP / MTS, SMA / SMK, MA, santri pesantren dan mahasiswa D2 D3 s1 S2 S3 agar mereka dapat menempuh dan melanjutkan studi di sekolah atau universitas tanpa harus memikirkan biaya dan bisa lebih fokus untuk belajar dan meningkatkan prestasi. Informasi beasiswa ini bersifat tidak resmi, silahkan kunjungi situs resmi dan kontak resni yang kami berikan untuk yang berminat mengajukan permohonan beasiswa.

DAFTAR ISI

  1. PENGERTIAN DAN JENIS BEASISWA
  2. CARA MENGAJUKAN BEASISWA
    1. Syarat-syarat Pengajuan Beasiswa
    2. Dokumen yang harus dipersiapkan dan dilengkapi
  3. BEASISWA UMUM
  4. BEASISWA DALAM NEGERI: PEMERINTAH
    1. Beasiswa Sekolah: SD / MI, SMP / MTS, SMA / SMK / MA
    2. Beasiswa Kuliah: S1, S2 Dan S3
    3. Beasiswa Santri
      1. PBSB Beasiswa Santri Berprestasi
      2. Beasiswa Guru Madin dan Pesantren
  5. BEASISWA DALAM NEGERI: SWASTA
  6. BEASISWA LUAR NEGERI
    1. Beasiswa Australia
    2. Beasiswa Jepang
    3. Beasiswa Jerman
    4. Beasiswa Inggris
    5. Beasiswa Prancis


PENGERTIAN DAN JENIS BEASISWA

Dari segi cakupan pembiayaan, beasiswa dapat dibagi menjadi dua yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Beasiswa parsial adalah bantuan dana yang hanya menutupi biaya studi saja tidak mencakup biaya akomodasi dan uang saku. Sedangkan beasiswa penuh adalah dana bantuan studi yang menutupi seluruh kebutuhan seorang pelajar dan mahasiswa selama menempuh pendidikan mulai dari biaya sekolah, biaya kos, biaya makan dan minum, dan lain-lain.

Dari segi waktu, baik beasiswa parsial atau beasiswa penuh ada dua tipe yakni beasiswa sampai selesai studi, dan beasiswa persemester yang dapat diperpanjang apabila masih memenuhi syarat.

Dari segi penyandang dana, sumber pendanaan bisa berasal dari negara atau swasta. Pihak swasta yang memberikan beasiswa umumnya adalah perusahaan besar sebagai bagian dari kebijakan CSR atau Corporate Social Responsibility. Sedangkan negara pemberi beasiswa tidak selalu negara Indonesia, tapi juga berbagai negara luar seperti Amerika, Inggris, Jerman, Australia, Jepang, Kanada, Prancis, Thailand, Malaysia, Brunei, Arab Saudi, Mesir, dan lain-lain. Umumnya pemberi beasiswa negara dalam program pertukaran pelajar dan budaya (students and cultural exchange).

Penyampaian dana beasiswa oleh pihak swasta atau negara pada pelajar, santri dan mahasiswa dilakukan dengan beberapa cara antara lain melalui sekolah dan perguruan tinggi, melalui institusi pemerintahan atau langsung pada pelajar yang bersangkutan.

Dari segi dasar pemberian beasiswa, bantuan finansial ini diberikan berdasarkan pada prestasi, ketidakmampuan finansial orang tua pelajar, berdasar agama, suku, atau jurusan tertentu.

Dari segi lokasi belajar, beasiswa dapat dibagi menjadi beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Umumnya beasiswa dalam negeri diberikan oleh pemerintah Indonesia melalaui berbagai institusi resmi atau perusahaan swasta yang berlokasi di dalam negeri. Sedangkan beasiswa luar negeri mayoritas dibiayai oleh pemerintah tempat perguruan tinggi itu berada. Misalnya, beasiswa Chevening untuk kuliah di Inggris dibiayai oleh pemerintah Inggris, beasiswa Monbukagakusho untuk kuliah di Jepang dibiayai oleh pemerintah Jepang.

Dari segi jenjang pendidikan, beaswa secara garis besar terbagi dalam dua kategori yaitu beasiswa sekolah dan beasiswa universitas atau perguruan tinggi. Beasiswa sekolah meliputi tingkat Taman Kanan-kanak (TK) atau Raudhatul Atfal (RA), Sekolah Dasar (SD) atau Madrasaah Ibdidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA). Sedangkan beasiswa jenjang perguruan tinggi meliputi tingkat Diploma, Sarjana Strata 1 (S1), dan program Pascasarjana meliputi Strata Dua (S2), Magister, MBA, dan program Doktoral atau Strata Tiga (S3).


CARA MENGAJUKAN BEASISWA

Setiap paket beasiswa memiliki sistem dan aturan tersendiri bagaimana cara mengajukan beasiswa. Tergantung dari pemberi beasiswa dan siapa lembaga yang diberi tugas untuk menangani rekrutmen lowongan beasiswa tersebut. Namun, secara umum setiap pelajar, santri atau mahasiswa yang hendak mengajukan beasiswa harus mempersiapkan hal-hal berikut:


Syarat-syarat Pengajuan Beasiswa :

– Tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain.
– Berkomitmen untuk menyelesaikan pendidikan.
– Berstatus pelajar SD/ SMP/ SMA (atau sederajat) dengan prestasi akademis yang memuaskan atau dengan rata-rata nilai 8.(tergantung permintaan)
– Berasal dari keluarga yang membutuhkan atau memiliki kesulitan keuangan.
– Memiliki akhlak dan perilaku yang baik.


Dokumen yang harus dipersiapkan dan dilengkapi:

– Surat pernyataan dari sekolah bahwa yang bersangkutan masih aktif belajar
– Surat pernyataan dari sekolah bahwa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain
– Foto berwarna 3 x 4 dua lembar
– Mengisi formulir aplikasi, baik dalam bahasa Indonesia atau Inggris
– Fotokopi tanda pengenal (KTP/Kartu pelajar)
– Fotokopi kartu keluarga
– Rapor atau transkrip nilai dari semester pertama hingga sekarang
– Surat keterangan tidak mampu dari pejabat setempat
Penting: Syarat-syarat di atas bisa bertambah atau berkurang tergantung dari format beasiswa. Intinya, baca baik-baik persyaratan yang diberikan oleh beasiswa yang sedang anda minati.


BEASISWA UMUM

Sebagian besar beasiswa berlaku untuk umum. Artinya, semua pelajar dan mahasiswa dapat mengajukan permohonan beasiswa terlepas dari latar belakang institusi pendidikan, agama, dan suku. Baik santri atau non-santri. Umumnya beasiswa umum ini berbasis prestasi. Artinya, siapa saja yang memiliki nilai indeks prestasi atau ranking tertentu di kelasnya akan dapat mengajukan permohonan beasiswa ini. Semua pelajar, mahasiswa dan santri dapat mengajukan beasiswa umum ini asalkan memenuhi persyaratan dasar dalam segi prestasi. Ada juga beasiswa umum yang berbasis pada agama, jurusan dan kondisi ekonomi tertentu sebagaimana disinggung di muka.


BEASISWA DALAM NEGERI

Beasiswa dalam negeri meliputi beasiswa pemerintah (negara) dan beasiswa swasta.

BEASSIWA PEMERINTAH INDONESIA

Pemerintah Indonesia mengalokasikan banyak beasiswa untuk para pelajar, santri dan mahasiswa melalui berbagai lembaga kementerian seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan lain-lain. Untuk pelajar sekolah ada beasiswa siswa miskin, untuk mahasiswa ada beasiswa bidik misi, beasiswa unggulan, beasiswa presiden, dan lain-lain.


BEASISWA SEKOLAH: SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA

– Beasiswa BSM (Bantuan Siswa Miskin)

Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi dengan besaran sebagai berikut:
– BSM SD & MI sebesar Rp 225.000 per semester atau Rp 450.000 per tahun.
– BSM SMP/MTs sebesar Rp 375.000 per semester atau Rp 750.000 per tahun
– BSM SMA/SMK/MA sebesar Rp 500.000 per semester atau Rp 1.000.000 per tahun.

Info lebih detail, lihat di sini.


BEASISWA KULIAH: S1, S2 DAN S3

– BEASISWA BIDIK MISI

Menurut situs resminya, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.

Bidikmisi merupakan beasiswa paling diminati karena ia merupakan beasiswa penuh yang mencakup pembiayaan studi, biaya kos, dan uang saku. Artinya, bidikmisi menutupi seluruh biaya hidup selama menjadi mahasiswa sampai lulus jadi sarjana. Bidikmisi tersedia untuk program S1 dan S2.

Beasiswa bidikmisi untuk calon mahasiswa meliputi:

– Biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal (mandiri) pada salah satu perguruan tinggi.
– Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa)
– Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
– Subsidi biaya hidup sedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Syarat untuk mengajukan beasiswa bidikmisi, lihat di sini.

Kontak Resmi Bidikmisi:

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan
Email bidikmisi@kemdikbud.go.id
bidikmisi@dikti.go.id
Facebook fb.me/program.bidik.misi
Twitter twitter.com/bidikmisi


BEASISWA SANTRI

Beasiswa yang khusus untuk santri yang belajar di pesantren tidaklah banyak. Umumnya beasiswa itu berasal dari bantuan pemerintah daerah atau pusat atau universitas negeri. Yang dimaksud beasiswa santri pesantren ini menyangkut beasiswa sekolah, beasiswa santri yang belajar di madrasah diniyah. atau beasiswa untuk guru pengajar madrasah diniyah atau beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

PBSB adalah beasiswa pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag.

Breaking news!!!:
Pendaftaran Beasiswa PBSB tahun 2016/2017 dibuka. Lihat infonya di sini.

Masa pendaftaran: 04 s.d 22 APRIL 2016

Download SK Beasiswa Santri PBSB 2016/2017
Download Petunjuk Teknis Beasiswa Santri PBSB 2016/2017

Syarat Mengajukan Beasiswa PBSB

Informasi beasiswa santri
– Pondok pesantren yang ingin mengusulkan santrinya untuk mengikuti seleksi wajib terdaftar di kantor kementerian agama kabupaten/kota setempat, dibuktikan dengan telah memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dan telah terdata di emispendis.kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

– calon peserta PBSB adalah santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada 2014 di Madrasah Alliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren.

– santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Bidang Keagamaan;

– santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2014 di MA/SMA/SMK yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

– Khusus untuk pilihan pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, peserta wajib hafal (hafidz) Al-Quran minimal 10 juz.

– Santri yang mendaftar itu sendiri adalah hasil seleksi administratif dari pesantren masing-masing dengan memenuhi kriteria berusia maksimal 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MA/SMA/SMK atau berusia maksimal 23 tahun untuk santri lulusan pesantren muadalah (pesantren salafiyah) dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Waktu Pendaftaran

– Waktu pendaftaran setiap tahun pada 1 hingga 20 April.
– Seleksi tertulis akan diselenggarakan di setiap Kanwil Kemenag pada bulan Mei. (Silahkan cek info terbaru apaila ada perubahan).

Cara Registrasi

– Santri yang diajukan seleksi calon penerima beasiswa bisa melihat panduannya dengan mengunduh filenya di sini (pdf).

– Santri dapat mengunduh Formulir Registrasi dan Tanda Peserta setelah melakukan registrasi di www.ditpdpontren.kemenag.go.id.

– Santri menyerahkan Formulir Registrasi dan Blanko Tanda Peserta yang telah diisi, dilengkapi sejumlah berkas yang disyaratkan.

Beasiswa Pemprov Jatim untuk Guru Madin, guru Pesantren dan TPQ/TPA

Universitas yang Dipilih untuk Beasiswa PBSB

Para santri dapat memilih program studi IPA, IPS, dan Keagamaan pada 10 perguruan tinggi, yakni IPB Bogor, ITS Surabaya, UPI Bandung, UGM Jogjakarta, UIN Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Sunan Gunungjati Bandung, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

BEASISWA GURU MADIN DAN TPQ PEMPROV JAWA TIMUR

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan beasiswa untuk guru madrasah diniyah (madin) dan guru TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran). Di Malang, beasiswa ini bekerja sama dengan IAI Al-Qolam Gondanglegi, Malang. Itu artinya, penerima beasiswa harus mengambil studi di STIAI Al-Qolam. Hanya 29 orang yang lulus tes yang akan mendapat beasiswa.

Beasiswa ini khusus program S1 (Sarjana)

Syarat beasiswa:

– Mendapat surat keterangan dari madin atau TPQ
– Mengikuti tes baca kitab Fathul Qorib
– Waktu pendaftaran: Tanggal 1 Juli s/d 23 Agustus setiap tahun.

Lebih detail lihat di sini.


BEASISWA DALAM NEGERI: SWASTA

Beasiswa swasta adalah dana bantuan studi yang berasal dari perusahaan swasta tingkat nasional sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility). Baik perusahaan swasta murni atau milik BUMN. Beasiswa yang ditawarkan umumnya untuk program Sarjana (S1), Master atau Doktor. Namun ada juga yang untuk program sekolah (SD, SMP, SMA/SMKA/Aliyah). Umumnya, Untuk biaya sekolah atau kuliah di dalam negeri. Namun ada juga untuk biaya studi di luar negeri.

Berikut beberapa beasiswa swasta yang ditawarkan:

Beasiswa Djarum

Program dengan nama lengkap Djarum Beasiswa Plus ini diberikan oleh Pabrik rokok PT Djarum Kudus. Beasiswa ini bersifat merit scholarship yaitu pemberisan beasiswa berbasis prestasi. Penerima beasiswa disebut dengan Beswan Djarum.

Seperti disebut dalam situs resminya, yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Nilai beasiswa: penerima Djarum Beasiswa Plus mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun.

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.

Persyaratan lebih detail untuk dapat beasiswa Djarum lihat di sini.

Beasiswa Sampoerna

Beasiswa Gudang Garam


BEASISWA LUAR NEGERI

Beasiswa luar negeri umumnya dibiayai oleh pemerintah negara terkait. Beasiswa Jepang, misalnya, dibiayai oleh pemerintah Jepang yang diberikan kepada peminat beasiswa melalui Kedutaan Besar (Embassy) di negara masing-masing. Beasiswa luar negeri meliputi program degree yakni S1 S2 S3 atau non-degree seperti pelatihan, diploma, kursus, dsb. Beasiswa luar negeri bersifat umum untuk siapa saja yang memiliki ijazah formal yang diakui oleh negara Indonesia seperti SMA, SMK, MA (Madrasah Aliyah), untuk santri dan non-santri. Beasiswa LN umumnya hanya ditujukan untuk calon mahasiswa S1 alias lulusan SLTA. Jadi, tidak beasiswa luar negeri untuk pelajar sekolah.

Berikut beasiswa luar negeri yang paling diminati oleh mahasiswa Indonesia:

BEASISWA AUSTRALIA AAS (Australia Awards Scholarships)

Beasiswa dari pemerintah Australia yang dulu bernama beasiswa ADS (Australia Development Scholarships) ini memberi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di berbagai jurusan di universitas Australia.

Beasiswa Australia terbagi menjadi dua kategori yaitu Beasiswa Sektor Publik dan Beasiswa Terbuka. Beasiswa Sektor Publik ditujukan bagi calon mahasiswa yang berasal dari organisasi pemerintah, universitas negeri dan perusahaan milik negara (BUMN).

Sedangkan Beasiswa Terbuka diperuntukkan bagi peminat yang berasal dari organisasi swasta, universitas swasta dan termasuk juga lulusan universitas. Untuk kategori ini tidak diperlukan persetujuan dari pemerintah. Aplikasi bisa langsung diajukan ke kantor Australia Awards

Beasiswa yang ditawarkan untuk seluruh program S1 S2 dan S3.

Info lebih detail, lihat di sini.

BEASISWA JEPANG MONBUKAGAKUSHO

Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada calon mahasiswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru. Jadi, beasiswa ini menawarkan program D2, D3, S1, S2, S3, dan pelatihan.

Dapatkan info detail dari situs resminya, klik di sini.

BEASISWA DAAD JERMAN

Beasiswa DAAD umumnya berupa beasiswa riset, fellowship, dan program doktoral (S3) walaupun tidak menutup kemungkinan memberi beasiswa untuk program S1. Berikut beberapa program yang ditawarkan DAAD untuk mahasiswa atau researcher Indonesia:

Public Policy and Good Governance (PPGG)
Development-Related Postgraduate Course (Epos)
International Study & Training Partnership (ISAP)
Research Grants for Doctoral Programs
Research Grants – Bi-nationally Supervised Doctoral Degrees
Indonesian-German Scholarship Program (IGSP)
Research Grants – One-Year Grants
Research Stays for University Academics and Scientists
Study Visits for Academics – Artists and Architects
Re-Invitation Program for Former Scholarship Holders
Study Scholarships for Foreign Graduates
Study Visits for Groups of Foreign Students
Sustainable Water Management (NaWam)
Hochschulsommerkurs-Stipendien für Fortgeschrittene Deutschlerner an indonesischen Hochschulen
International Climate Protection Fellowships

Kontak:

DAAD Jakarta Office
Summitmas II, 14th Floor,
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62
Jakarta 12190

Tel.: +62 (21) 520 08 70, 525 28 07
Fax: +62 (21) 525 28 22
E-mail: info@daadjkt.org

Facebook: DAAD Indonesia
Twitter: @DAAD_Indonesia

Info lebih detail, kunjungi situs resminya, klik di sini.


BEASISWA INGGRIS

Beasiswa dari pemerintah Inggris ini bernama Chevening Scholarships. Beasiswa ini diberikan pada kalangan profesional yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan, pembuat keputusan dan pembentuk opini. Beasiswa ini tidak hanya menawarkan dukungan finansial untuk studi program Master (S20 di universitas ternama di Inggris, tetapi juga peluang untuk menjadi bagian dari jaringan global yang berpengaruh dan dihormati.

Berikut sejumlah program beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia:

Chevening Indonesia Scholarships
Chevening Indonesia/Prudential Life Assurance Scholarships
Chevening Indonesia/University of Warwick Scholarships
Chevening Central Partnership Awards

Pesyaratan dan info lebih detail lainnya, lihat di situs resminya, klik di sini.

BEASISWA PEMERINTAH PRANCIS BGF

Sebenarnya banyak beasiswa yang tersedia untuk belajar di Prancis. Untuk beasiswa yang berasal dari pemerintah Prancis namanya BGF.

Mahasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh dan status Penerima Beasiswa Pemerintah Prancis (BGF) termasuk manfaat yang dapat diperoleh dari status tersebut, yaitu visa bebas biaya, pembebasan biaya kuliah di salah satu universitas negeri untuk mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Prancis, fasilitas jaminan sosial. Sedangkan beasiswa dari pemerintah Indonesia mencakup biaya hidup dan tiket pesawat pulang-pergi.

Skema utama studi
Master :
-Master1 di Indonesia dan kursus bahasa Prancis
-Master 2 di Prancis.
Atau :
-Master 1 dan 2 di Prancis
Doktorat : skema pendidikan di Prancis dan di Indonesia ditentukan berdasarkan subjek disertasi dan para dosen pembimbing.

Lebih detail, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.