Metode Ummi di Pesantren Al-Khoirot

Metode Ummi di Pesantren Al-Khoirot

  • Pembelajaran metode Ummi di pesantren putra dibimbing oleh pembimbing laki-laki. Pembelajaran di pesantren putri dibimbing oleh pembimbing perempuan.
  • Sistem ini — gender guru dan ustadz sesuai dengan gender anak didik juga berlaku di seluruh lembaga yang berada di bawah pesantren Al-Khoirot meliputi pendidikan formal, madrasah diniyah, tahfidz Al-Quran, bahasa Arab modern, dll.

Sejak tahun 2021, pesantren putra memakai metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran dasar menggantikan metode Usmani yang digunakan sebelumnya. Pada tahun 2022, pesantren putri pun memakai metode Ummi. Sebelumnya, pondok putri memakai metode tradisional dalam sistem pengajaran tahsin Al-Quran. Dengan demikian, maka sejak 2022, baik pesantren putra dan pondok putri sama-sama memakai metode Ummi.

Metode Ummi di Al-Khoirot digunakan sebagai pembelajaran pada dua lembaga. Yaitu, di Madrasah Diniyah dan Ubudiyah. Baik untuk santri reguler maupun santri dewasa.

Di madrasah diniyah, Ummi digunakan untuk pembelajaran Al-Quran dasar di kelas I’dad. Sedangkan di Ubudiyah, digunakan untuk semua santri berdasarkan kemampuan dasar masing-masing.

Metode Ummi dipilih karena kami melihatnya memiliki cara yang lebih praktis, efektif dan cepat dibanding metode lain. Dan kecepatan ini diperlukan agar pembelajaran dapat selesai dalam waktu maksimal satu tahun. Agar supaya pada kelas berikutnya, siswa bisa fokus pada pembelajaran materi agama yang lain. Seperti bahasa Arab dan syariah Islam. Info lebih detail tenang metode Ummi bisa dilihat di situs resminya di sini.

Pembelajaran Al-Quran dasar ini meliputi makharijul huruf (akurasi bacaan setiap huruf) dan tajwid (akurasi bacaan setiap kata dan kalimat). Pembelajaran ini dilakukan secara intensif hampir setiap hari. Baik di madrasah diniyah atau di ubudiyah pesantren. Hal ini untuk memastikan meningkatnya kemampuan membaca santri di bidang Al-Quran secara lebih baik dalam waktu yang cepat.

Selain metode Ummi, kami juga memakai metode Qiraati untuk TPQ Al-Khoirot, sebuah lembaga khusus pembelajaran Al-Quran bagi anak kecil non-santri. Umumnya siswa TPQ Al-Khoirot berasal dari kampung sekitar pesantren atau desa tetangga.

Tinggalkan komentar