Pembangunan Infrastruktur Pondok Pesantren

Pembangunan Infrastruktur Pesantren

Pembangunan Infrastruktur Pondok Pesantren dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan fasilitas, kualitas dan kuantitas infrastruktur yang ada di lingkungan pesantren. Infrastruktur ini  dibangun dan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan santri yang terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya.

Dana pembangunan di pesantren secara umum diperoleh melalui berbagai macam cara antara lain dari iuran santri, sebagian hasil keuntungan usaha pesantren, swadaya masyarakat, penggalangan dana dan bantuan dari pemerintah. Yang terakhir ini (bantuan pemerintah) jarang terjadi kecuali ponpes yang ada pendidikan formalnya.

Dalam konteks PP Al-Khoirot, dana pembangunan diperoleh sebagiannya dari dana pribadi pengasuh, iuran santri, bantuan para alumni dan donasi para simpatisan.

Bagi Anda yang hendak berinfaq untuk pesantren, lihat caranya di sini.

Berikut perkembangan pembangunan infrastruktur di ponpes Al-Khoirot.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 1970

– Pembangunan gedung madrasah diniyah putra 6 ruang yang dibangun sejak 1969 selesai dan ditempati. Ini gedung pertama yang berdinding tembok (bata). Lokasinya di bagian selatan kompleks putra.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 1974

– Pembangunan gedung asrama putra 21 kamar. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2006

– Pembangunan lantai 1 gedung MTS, MA dan Madin Putra. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2007

– Pembangunan lantai 2 gedung MTS, MA dan Madin Putra. Foto album.

– Pembangunan Toko Santri Putra. Toko ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan santri khususnya, dan masyarakat secara umum. Keuntungan yang didapat digunakan untuk membantu biaya pembangunan pesantren. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2008

– Renovasi Asrama di atas Masjid yang berfungsi untuk sekolah, perpustakaan, asrama tahfidz. Renovasi berupa pemberian keramik dan sekat menjadi 3 ruang. Paling timur untuk perpustakaan dan dua ruang yang lain untuk kamar santri tahfidz.

– Pembangunan papan nama Pondok Pesantren Al-Khoirot di sebelah barat masjid Al Madinah.

  1. Foto album 1
  2. Foto album 2

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2009

– Pembangunan Gedung MTS dan MA Putri. Selanjutnya disebut MTS Putri 1. Lokasinya di utara makam pengasuh. Awalnya gedung ini sudah ada, namun karena akan dibuat tiga lantai, maka dibongkar total dan diberi fondasi yang memenuhi syarat standar keamanan. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2010

– Pembangunan gedung MTS dan MA Putri selesai. Foto album.

– Pembangunan Kantor MTS dan MA Putra. Lokasinya di samping gedung MTS dan MA menghadap ke arah timur. Fato album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2011

– Pembangunan Toilet dan Kolam penyimpanan Putra. Lokasinya di sebelah timur kompleks putra. utaranya tandon WS Lec.

Foto album Pembangunan toilet dan kolam renang putra:

  1. Gali fondasi.
  2. Peletakan batu pertama.
  3. Penggalian kolam penyimpanan air sekaligus kolam renang.
  4. Toilet sudah mulai berdiri.

– Renovasi toilet putri empat kamar ynag berlokasi di dekat Koperasi Putri yang lama. Foto album.

– Renovasi kecil asrama putra Daerah D. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2012

– Pembangunan toilet dan kolam putra selesai. Foto album.

– Pemugaran dan pembongkaran toilet dan kolam putra yang lama yang lokasinya di selatan masjid Al Madinah. Ini membuat halaman selatan masjid dan utara gedung sekolah menjadi lebih  luas dan lapang. Ruang terbuka yang relatif luas akan memudahkan santri baru cepat merasa betah. Udara juga menjadi lebih segar dan sehat. Foto album .

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2013

– Pelunasan Pembelian Tanah senilai 2 Milyar

Pada 11 Juli 2013, Al-Khoirot berhasil membeli tanah seluas 10.280 meter persegi atau 1 hektar lebih. Tanah yang berlokasi tepat di utara pondok putri ini dibeli dari pemilik sebelumnya, H. Abdul Majid, dengah harga 2 milyar.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2014

– Pembangunan asrama putra 6 kamar lantai 1 selesai dibangun.

– Pembangunan toilet (MCK) putri 27 kamar. Berlokasi di sebelah timurnya Madrasah Aliyah Putri. Foto album.

– Sejak Juli 2014 yang bertepatan dengan awal Ramadhan 1435 hijriyah, pondok pesantren Al-Khoirot membangun fasilitas tandon air sendiri sehingga tidak lagi bergantung dari air PDAM lokal (WS Lic). Walaupun masih berbagi sumber mata air. Foto album.

– Gedung MA Putri selesai pada awal tahun 2014. gedung ini bersebelahan dengan ruang pertemuan santri putri dan mahram (kerabat terdekat) yang datang untuk mengirim bekal atau sekedar silaturrahmi. Foto album.

Dulu, madrasah Aliyah Putri  berbagi dengan gedung madrasah tsanawiyah putri — seperti yg terjadi di MA & MTS putra sampai saat ini — yang berlokasi di utara makam pengasuh.

– Kolam penyimpanan air putri. Lokasinya sebelah timurnya kamar mandi 27. Foto album.

– Pembangunan tandon air khusus pondok dimulai. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur TAHUN 2015

– November 2015 pembangunan Tandon Air sudah selesai 100% dan pembelian mesin sudah dilaksanakan. Tandon air sudah beroperasi dengan baik. Foto album.

– Pembangunan lantai dua asrama putra 6 kamar dimulai. Pembangunan ini merupakan kelanjutan dari pembangunan tahun 2014. Kali ini yang dibangun adalah lantai dua. November 2015 — pembangunan Asrama Putra Lantai II  sudah selesai 100% dan sudah ditempati. Foto album.

– Pada tahun ini juga dilakukan pembangunan gedung asrama putra 10 kamar lantai 1.

– Saat ini — November 2015 — pembangunan Toilet Putri juga sudah selesai 100% dan sudah ditempati. Foto album.

– Pembangunan kantor MTS dan MA lantai 2. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2016

– Pembangunan asrama putra 10 kamar dan selesai dibangun pada tahun yang sama.

– Pemugaran asrama santri putra (pondok tua) berkamar 21 yang sudah tua. Seluruh santri yang asalnya tinggal di asrama 21 dievakuasi ke asrama baru Foto album.

– Pembangunan gedung Madrasah Tsanawiyah putri lantai 3 (utara makam) pembangunan ini rampung pada Juli 2016.  Foto album.

– Pembangunan gedung sekolah putri. Mulai November 2016 dalam proses pembangunan gedung sekolah MTS putri sebanyak 4 lantai. Lokasinya terletak di bagian timur dan selatan tanah wakaf, sebelah utaranya kandang ayam. Biaya diperkirakan 2 milyar. Foto album (lantai 1).

– Pada 22 Maret 2016 pembangunan sumur bor. Namun pada Januari 2017 Pembangunan sumur bor dihentikan karena hambatan teknis. Sementara ini, air masih mengandalkan pada PDAM lokal (WS Lec). Foto album.

– Pembangunan toilet (kamar mandi dan kakus) putri 30 kamar pada November 2016. Foto album.

– November 2016, pembangunan toilet putra 20 kamar dimulai. Lokasinya terletak di sebelah timur toilet putra yang lama dan berada persis di atas penampungan air (Jawa: blumbang) putra. Foto album.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2017

– Pembangunan kantor putri yang lokasinya berhadapan dengan gedung MA Putri. Foto album.

– Mei 2017: Pembangunan toilet putri 30 kamar yang dimulai sejak 2016 sudah selesai. Foto album.

– Pembangunan toilet putra 20 kamar yang dimulai sejak 2016 selesai. Foto album.

– Asrama santri putra empat lantai 2017.  Juni 2017 pembangunan lantai 1 dan 2 sudah selesai, dan sudah ditempati. Foto album.

– Pembangunan gedung MTS 2 Putra. Dua ruang kelas. Lokasinya di atas toilet putra (utara tandon Ws lec). Foto album.

– Pembangunan toilet (kamar mandi dan kakus) putra 4 kamar sudah selesai. Toilet ini terletak di sebelah barat masjid Al-Madinah dan diperuntukkan untuk santri tahfidz. Foto album.

– Pembangunan gedung MTS Putri 2. Lokasinya di sebelah timurnya Tandon. Rencanan ya akan dibuat 4 tingkat. Persatu lantai terdiri dari 6 ruang. Apabila ini selesai maka gedung MTS Putri 1 (utara makam) akan dijadikan Asrama putri. Foto album.

– April 2017: Proyek pipanisasi air sudah selesai dan sudah beroperasi dengan debit air mencapai 7 liter perdetik. Dengan demikian, maka kebutuhan air untuk santri dan keluarga besar PPA tercukupi secara mandiri tanpa bergantung pada PDAM. Ini peristiwa bersejarah kedua dari segi inftrastuktur, setelah pembelian tanah wakaf 1.2 hektar pada 2013. Foto album.

Namun demikian, suplai air dari Sumber Maron dengan kekuatan 2.5 liter perdetik tetap digunakan.

 

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2018

– Dimulainya pembangunan Musholla putri yang jauh lebih besar dari yang sekarang. Lokasinya di utara gedung MA Putri. Foto album.

– Pembangunan papan nama Ponpes Putri dekat pintu gerbang putri. Foto album.

– Pembuatan lemari atau locker untuk asrama putri. Foto album.

– Pembangunan gedung MTS Putri 2 untuk lantai 2.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2019

– Pembangunan Musholla putri selesai.

– Pembangunan MTS Putri 2 untuk lantai 3 (sisi barat).

– Pembangunan asrama putra (Asrama D) lantai 3.

– Pembangunan BLK (Balai Latihan Kerja). Lokasinya di utara musholla putri.

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2020

– Pembangunan lantai 3 gedung asrama putra. Februari 2020 Selesai.

– Renovasi gedung lama putri (dua ruang) berlokasi di utara gedung MTS Putri 1 (sekarang asrama tahfidz).

– Pembangunan lima ruang kelas putra. Lokasinya sebelah timur gedung sekolah putra dan sebelah barat toilet putra. Dulunya adalah kantor pesantren yang dikenal dengan sebutan kantor bambu.

– Pembangunan toilet putra. Lokasinya di utara toilet lama. Di lantai 2 akan dibangun gedung ruang kelas MTS putra atau MA putra.

Ucapan Terima Kasih Dari Panitia Pembangunan Ponpes Al Khoirot

Kepada Bapak/Ibu para muhsinin yang telah menyalurkan sebagian rezekinya kami mendo’akan “Jazâkumullâhu khairan wabaarokallâhu fîkum wafî ahlikum wa mâlikum”. Insya Allâh harta yang bapak/ibu infaq-kan akan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

Atas nama Tim Pembangunan Ponpes Al-Khoirot kami menghaturkan jazakumullah ahsanal jaza’. Semoga Allah yang membalas kebaikan Anda di dunia dan akhirat kelak. Amin Ya Mujibassailin.
H. Mustofa
Ketua Panita
HP: 085204896121

M. Yasin
Bendahara
HP: 085649971054

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.