Akidah dan Sistem Pendidikan Pesantren Al-Khoirot

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) Malang menganut sistem pendidikan terintegrasi yang merupakan perpaduan dari sistem salaf (tradisional) dan sistem modern. Hal ini tak lepas dari kultur pesantren Aswaja yang terkenal dengan prinsip المحافظة علي القديم الصالح والأخد علي الجديد الأصلح (memelihara nilai dan sistem lama yang baik, dan mengadopsi nilai dan metode baru yang lebih baik). Tidak hanya itu, PPA juga mengadopsi sejumlah pola pendidikan Islam yang ada di luar negeri seperti kajian Tafsir dan hadits dan tidak hanya terfokus pada disiplin ilmu fiqh, nahwu/sharaf, dan ilmu kalam. Dalam kajian tafsir dan hadits juga ditingkatkan intensitas kajian perangkatnya (ilmu hadits, ushul fiqh, ilmu tafsir, dll).

Secara garis besar kegiatan pendidikan di PPA terbagi menjadi lima. Yaitu, (a) pengajian kitab kuning (كتب التراث), (b) madrasah diniyah (madin), (c) sekolah formal MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah), (d) program intensif bahasa Arab dan (e) Tahfidz Al-Quran (menghafal Al-Quran).

DAFTAR ISI

  1. Aqidah, Madzhab Fiqih, dan Afliliasi Politik dan Kultural
  2. Filosofi Pendidikan
  3. Pengajian Kitab Kuning oleh Pengasuh
  4. Makna Gandul dalam Pengajian Kitab Kuning
  5. Madrasah Diniyah
  6. Materi Kitab Kuning Madin
  7. Tahfidzul Quran (Menghafal Al-Qur’an)
  8. Pendidikan Formal
  9. Membaca Qu’an Tartil
  10. Program Intensif Bahasa Arab
  11. Ekstra Kurikuler Pesantren
  12. Ekstra Kurikuler Sekolah Formal
  13. Biaya Pendaftaran
  14. Jadwal Harian Santri


AQIDAH, MADZHAB FIQIH DAN AFILIASI KULTURAL DAN POLITIK

Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang menganut ideologi (manhaj) Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) dengan manhaj tauhid Asy’ariyah, madzhab fiqih Syafi’iyah dan afiliasi kultural Nahdlatul Ulama (NU) walaupun tidak terikat secara organisasional dengan NU. NU menjadi pilihan afiliasi kultural karena ia dianggap mewakili sikap toleransi dan inklusivisme yang sangat cocok dalam keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sikap toleran dan inklusif juga merupakan sikap moderat (wasath) yang sesuai dengan spirit Islam seperti jelas tersurat dalam QS Al-Baqarah 2:143.

Jadi, PPA Malang bukanlah pesantren yang beraliran atau pendukung Salafi Wahabi (Sawah), Muhammadiyah, LDII, Wahidiyah, Al-Irsyad, HTI (Hzbut Tahrir), dll.

Secara politik, kami menganut sistem bebas aktif. Dalam arti, PPA tidak mendukung partai apapun namun pada waktu yang sama kami mewajibkan semua santri, alumni dan simpatisan PPA untuk menggunakan hak pilihnya pada salah satu calon yang dianggap “paling baik di antara yang terburuk” dari partai manapun mereka berasal. Dengan kata lain, kami mendukung figur, tidak mendukung partai.

Kami melarang sikap Golput. Karena, dalam sistem demokrasi, Golput atau tidak memilih, merupakan kesalahan besar. Langkah Golput sama saja dengan memberikan suara pada calon terburuk dan terkorup.


FILOSOFI PENDIDIKAN PESANTREN AL-KHOIROT

Pondok Pesantren Al-Khoirot beryakinan bahwa pendidikan bertujuan tidak hanya untuk mencerdaskan bangsa dengan ilmu pengetahuan tapi juga untuk membentuk karakter dan akhlak kepemimpinan yang sesuai dengan spirit ajaran syariah Islam. Secara ringkas filosofi pendidikan PPA meliputi:

  • Mencetak generasi berilmu.
  • Taat syariah
  • Pekerja keras
  • Pola hidup sederhana.


I. PENGAJIAN KITAB OLEH PENGASUH

Aqidah dan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-KhoirotPengajian kitab kuning alias kitab klasik atau kitab gundul menjadi ciri khas Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Santri yang sudah lulus Wustho II, apalagi Ulya II, hampir dapat dipastikan mampu membaca kitab kuning tentunya dengan level kecakapan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan kognitifnya.

Pengajian kitab kuning dilakukan dengan dua cara. Yaitu, (a) dengan sistem sorogan atau wetonan/bandongan di bawah bimbingan pengasuh dan (b) sistem klasikal di madrasah diniyah (madin).

Adapaun kitab yang dibaca oleh Dewan Pengasuh setiap pagi dan diikuti oleh semua santri adalah sebagai berikut:


1. Kitab Al Umm karya Imam Syafi’i. 

Kitab Al-Umm adalah kitab induk dari fiqih madzhab Syafi’i yang ditulis langsung oleh pendiri madzhab Syafi’i yaitu Muhammad bin Idris As-Syafi’i. (150 H/767 – 204H/819M). Kitab ini merupakan perpaduan antara dalil-dalil Quran dan hadits yang dibuat sebagai landasan pengambilan hukum oleh Imam Syafi’i dan pendapat yuridis dari Imam Syafi’i sendiri tentang suatu masalah. Kitab ini terdiri dari 6 volume atau 6 jilid.

Kendati menjadi kitab fiqih induk dan paling penting dalam madzhab Syafi’i, namun anehnya jarang ada pesantren salaf (apalagi modern) yang mengkaji kitab ini secara teratur. Pondok Pesantren Al-Khoirot mungkin satu-satunya pesantren di Indonesia yang mengkaji kitab ini secara rutin (Tolong koreksi kami apabila ada pesantren lain yang mengkaji kitab Al-Umm).

Kitab Al-Umm dibaca setiap pagi selepas shalat subuh dua kali dalam seminggu yakni setiap hari Sabtu dan Rabu dan diikuti oleh seluruh santri Al-Khoirot baik putra maupun putri, yunior atau senior. (Catatan: santri putri mengikuti pengajian ini melalui pengeras suara, tidak langsung dan berada di tempat terpisah).

2.  Sahih Bukhari,

Kitab Sahih Bukhori adalah kumpulan hadits-hadits Nabi berdasarkan sanad dan periwayatan sahih (otentik) yang disusun oleh seorang ulama asal Azerbaijan bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi al-Bukhari atau Imam Bukhari (196 H/810 M – Wafat 256 H/870 M) .

Kitab hadits ini, bersama dengan Sahih Muslim, menduduki posisi kedua setelah Al-Quran sebagai kitab hadits rujukan bagi kalangan ahli hukum Islam maupun ulama di bidang keilmuan yang lain. Oleh karena itu mempelajari kitab ini menjadi keharusan bagi seorang pelajar agama (santri) yang ingin mendalami ilmu Islam.

Sama dengan kitab Al-Umm, kitab Sahih Bukhari juga dikaji pada setiap hari Sabtu dan Rabu pagi dan diikuti oleh seluruh santri PPA putra putri, senior dan yang baru.

3. Tafsir Jalalain

Kitab tafsir Jalalain ditulis oleh dua ulama ahli tafsir yaitu Jalaluddin Muhammad bin Ahmad al-Mahalli (791 H-864 H) dan Abu al- Fadl Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muhammad Jalaluddin as-Suyuti (849-911 H).

Kitab ini merupakan tafsir ringkas dari Al-Quran yang menjelaskan secara singkat maksud makna suatu kalimat dalam Al-Quran maupun dari segi pengertian sastrawinya. Kitab ini dibaca dua kali dalam seminggu pada hari Sabtu dan Rabu pagi bersamaan dengan kitab Al-Umm dan Sahih Bukhari dan diikuti oleh semua santri Al-Khoirot putra dan putri.

Pengajian ketiga kitab di atas –yakni Al-Umm, Sahih Bukhari, Tafsir Jalalain– memakai sistem wetonan atau bandongan yaitu Kyai membaca dan menerangkan sedangkan santri menyimak dan mendengarkan. Santri juga diberi waktu untuk bertanya pada setiap akhir pertemuan.

4. Al-Muhadzab fi Fiqhil Imam As-Syafi’i

Kitab Muhadzab adalah kitab fiqih madzhab Syafi’i yang sangat berpengaruh. Kitab ini ditulis oleh Abu Ishak Ibrahim bin Ali bin Yusuf Al-Fairuzabadi Asy-Syairazi (w. 476H). Kitab ini semakin berpengaruh dalam fiqih madzhab Syafi’i setelah diberi syarah (komentar) yang sangat panjang dan detail oleh Imam Nawawi dalam Al-Majmuk Syarah Muhadzab. 

Kitab ini dibaca secara rutin di PPA setiap hari Minggu dan Kamis dan diikuti oleh kalangan santri senior saja baik putra maupun putri. Yakni para santri yang sudah duduk di kelas Wustho 1, Wustho2, Ulya 1, Ulya 2 dan Ma’had Aly.

5. Fathul Wahhab

Kitab Fathul Wahab bi Syarh Manhaj at-Tullab ditulis oleh  Abu Yahya Zakariya Al-Anshari (824 H – 926 H/1520 M). Kitab fiqih yang tergolong sulit memahaminya karena bahasanya yang sangat padat.  Kitab ini dikaji setiap hari Minggu dan Kamis (dua kali seminggu) dan diikuti oleh santri seniro putra putri dari tingkat Wustho 1 sampai ma’had aly.

6. Iqna’

Kitab Al-Iqna’ fi Halli Alfadz Abi Syuja’ditulis oleh Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Asy-Syarbini Al-Khatib (w. 977 H). Termasuk salah satu kitab utama dalam fiqih madzhab Syafi’i yang menjadi syarah dari kitab Taqrib Abu Syujak. Kitab ini juga dikaji setiap hari Minggu dan Kamis (dua kali seminggu) dan diikuti oleh santri seniro putra putri dari tingkat Wustho 1 sampai ma’had aly.

Ketiga kitab di atas–yakni Muhadzab, Fathul Wahab, dan Iqna’– dikaji dengan sistem sorogan di mana santri yang membaca dan memberi makna sedang kyai menyimak dan menerangkan.

Pengajian keenam kitab di atas dibimbing oleh A. Fatih Syuhud, salah satu pengasuh PPA.

7. Ibnu Aqil Syarah Alfiyah Ibnu Malik

Alfiyah Ibnu Malik adalah kitab gramatika tata bahasa Arab yang ditulis dalam bentuk syair (nadzam) oleh Jamaluddin Muhammad bin Abdullah bin Abdullah bin Malik Al-Jayyani Al-Andalusi. Kitab grammatika karya ulama kelahiran Andalusia, Spanyol pada 600 Hijriah ini menjadi kitab Nahwu & Sharaf paling populer di pesantren salaf yang diajarkan di kalangan santri senior tingkat lanjut. Santri yang sudah khatam mempelajari kitab Alfiyah Ibnu Malik dan memahami secara betul dapat dipastikan bisa membaca dan menguasai kitab kuning (gundul) dengan baik dan benar.

Kitab Alfiyah Ibnu Aqil disyarahi oleh banyak ulama ahli bahasa dan sastra Arab. Salah satu syarah yang terkenal di dunia pesantren adalah ٍSyarah Ibnu Aqil karya Bahauddin Abdullah bin Aqil Al-Hamdani Al-Mashri.

Kitab Syarah Ibnu Aqil ini dikaji seminggu sekali setiap hari Selasa pagi diikuti oleh kalangan santri senior dari tingkat Wustho 1 ke atas dan diasuh oleh KH Hamidurrohman Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang.


8. Hilyatu Lubbil Mashun bi Syarh Jauhar al-Maknun.

Kitab ini merupakan syarah dari kitab Jauharul Maknun fi Ilmil Bayan yaitu sebuah kitab yang membahas tentang sastra Arab meliputi ma’any, bayan, badi’ yang ditulis oleh Abdurrohman Al-Akhduri. Karena Jauharul Maknun ditulis dalam bentuk nadzam (syair) yang relatif sulit dalam memahaminya terutama kalangan penutur non-Arab, maka mempelajari kitab syarahnya adalah sangat penting. Syarah Jauharul Maknun yang berjudul Hilyatu Lubbil Mashun bi Syarh Jauhar al-Maknun ditulis oleh Ahmad bin Abdul Mun’im bin Yusuf bin Shiyam Ad-Damanhuri.

Kitab ini dibaca setiap hari Selasa pagi oleh KH. M. Hamidurrohman Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang yang diikuti oleh kalangan santri senior yaitu siswa madin Wustho 1 ke atas.


9. Al-Faraidul Bahiyyah fi Nadzmil Qawaidil Fiqhiyah

Kitab yang membahas tentang kaidah-kaidah fiqih ini ditulis oleh Abu Bakar bin Abul Qasim bin Ahmad bin Muhammad bin Abu Bakar Al-Ahdali Al-Husaini Al-Yamani At-Tihami As-Syafi’i (984/1035 H). Kitab ini ditulis dalam bentuk nadzam atau syair.

Kitab ini dikaji setiap hari Senin pagi oleh KH. M. Humaidi Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang dan diikuti oleh para santri senior dari tingkat Wustho 1 ke atas.


10. Faidul Khobir ٍSyarah Mandzumat Tafsir

Judul lengkap kitab ini adalah Faidul Khabir wa Khulasotut Taqrir ala Nahjit Taisir: Syarah Mandzumat at-Tafsir membahas tentang bidang disiplin ilmu tafsir.

Kitab ini pernah dibaca setiap hari Senin oleh KH. M. Humaidi Syuhud yang diikuti para santri senior tingkat Wustho 1 ke atas. Saat ini (Januari 2014) kitab ini tidak lagi dibaca karena sudah khatam untuk periode tahun ajaran 2013-2014.


11. Minhajul Abidin ila Jannati Rabbil Alamin

Kitan tentang tasawuf dan penyucian diri ini ditulis oleh ulama legendaris Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali At-Tusi An-Naisaburi yang lebih dikenal dengan julukan Imam Ghazali.

Kitab ini dibaca setiap hari Minggu sore ba’da Ashar oleh KH. M. Ja’far Shodiq Syuhud, salah satu pengasuh PPA Malang dan diikuti oleh semua santri baik senior maupun yunior, putra dan putri..


12. Jawahirul Kalamiyah

Kitab yang berjudul lengkap Jawahirul Kalamiyah fi Idohil Aqidah al-Islamiyah ini ditulis olehTohir bin Shaleh Al-Jazairi. Kitab ini membahas tentang tauhid aqidah Ahlussunnah Waljamaah Asy’ariyah. Kitab ini dikaji setiap hari Minggu sore ba’da Ashar oleh KH. Ja’far Shodiq Syuhud dan diikuti oleh semua santri baik senior maupun yunior, putra dan putri.

Kitab ini diajarkan dengan tujuan menanamkan aqidah dasar Ahlussunnah yang benar kepada para santri dan agar tidak terkontaminasi paham aqidah Wahabi Salafi.


SIMBOL MAKNA GANDUL PENGAJIAN KITAB KUNING

Pengajian kitab kuning di pesantren salaf, tak bisa dilepaskan dari sistem makna gandul. Makna gandul adalah santri memberikan makna pada kitab secara harfiah kata perkata dengan menyebut kedudukan i’rob dan makna dari setiap kata. Makna gandul menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa atau Madura. Sedangkan kedudukan i’robnya memakai singkatan abjad bahasa Arab.

Tujuan dari pemberian makna gandul adalah supaya santri lebih bisa memahami kedudukan i’rob dari setiap kalimat bahasa Arab yang dibaca sehingga santri akan lebih yakin (tahqiq) dalam memahami maksud dari suatu kalimat yang ada dalam sebuah kitab.

Setelah diberi makna secara gandul, baru kemudian kyai atau ustadz memberikan penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Lebih detail, berikut singkatan atau simbol i’rob yang dipakai dalam makna gandul.

Simbol Makna Gandul Kitab Kuning Jawa dan Madura

Madura

Jawa

Simbol

Status Kata

I’rob

Dineng

Utawi

م

Subyek Kalimat Nominal (Ismiyah)

Mubtada’

Paneka

Iku

خ

Predikat Kalimat Nominal (Ismiyah)

Khobar

Panapah

Opo

ف

Subyek kal. Aktif (benda)

Fa’il

Paserah

Sopo

فا

Subyek kal. Aktif (manusia)

Fa’il

Dek

Ing

مف

Obyek

Maf’ul Bih

Panapah, Paserah

Opo, Sopo

نف

Subyek kalimat pasif

Naibul Fa’il

Hale

Hale

حا

Kata keadaan

Hal

Ara-ara

Apane

تم

Kata keterangan

Tamyiz

Maka

Moko

ج

Kata jawab

Jawab Syartiyah

Karnah

Kerono

ع

Karena

Ta’lil

Kalaben

Kelawan

مط

Secara

Maf’ul Mutlak

Se

Kang

ص

Kata sifat

Sifat, Na’at

Edelem

Ingdalem

ظ

Keterangan tempat

Dzaraf

Senajjen

Senajan

غ

Walaupun

Ghayah

Nyatanah

Nyatane

با

Menjelaskan kal. sebelumnya

Bayan

Sebab

Jalaran

س

Disebabkan

Sababiyah

Kelakoan

Kelakuan

ش

-

Sya’n

 


II. MADRASAH DINIYAH (MADIN)

Madrasah Diniyah atau madin adalah sistem pendidikan dengan sistem sekolah (klasikal) yang khusus mengkaji ilmu agama Islam saja.

Madrash Diniyah adalah program yang wajib diikuti oleh semua santri baik yang ikut program tahfidzul Quran atau siswa sekolah formal.

Madrasah Diniyah (Madin) Al-Khoirot memiliki beberapa jenjang kelas. Yaitu, I’dad I, I’dad II, Ula I, Ula II, Wustho I, Wustho II, Ulya I, Ulya II dan Ulya III.

Kelas I’dad I sampai Ula II kira-kira sama dengan madrasah ibtidaiyah.
Kelas Wustho I dan II sama dengan madrasah diniyah tsanawiyah (SLTP.)
Kelas Ulya I, II dan III sama dengan madrasah diniyah aliyah (tingkat SLTA). Sedangkan Ma’had Aly evelnya sama dengan madrasah diniyah tingkat universitas.


Berikut Materi Kitab Kuning yang Dikaji di Madrasah Diniyah (Madin) PPA dari I’dad I sampai Ma’had Aly untuk tahun 2013/2014

I’DAD I: Al-Quran Juz Amma, Aqidatul Awam,
I’DAD II: Matan Jurumiyah, Amtsilah Tashrifiyah
ULA I: Matan Jurumiyah, Amtsilah Tashrifiyah, Mabadi’ Fiqhiyah Juz I, Al-Akhlaq lil Banin Juz I, Hadits 101 Budi Luhur
ULA II: Matan Jurumiyah, Tashrif Izzi, Bimbingan baca kitab, Jawahirul Kalamiyah, Al-Akhlaq lil Banin II, Mabadi’ Fiqhiyah III dan IV.
WUSTHO I: Fathul Qorib, Matan Mutammimah, Nadzam Maqsud, Faraidh, Bulughul Marom
WUSTHO II: Fathul Qorib, Mutammimah, Nadzam Maqsud, Ushul Fiqh, Faraidh, Bulughul Marom
ULYA I: Ibnu Aqil Syarah Alfiyah ibnu Malik, Fathul Muin, Tafsir Jalain
ULYA II: Ibnu Aqil Syarah Alfiyah ibnu Malik, Fathul Muin, Tafsir Jalain
MA’HAD ALY: Tafsir Ayat Ahkam, Subulus Salam, Ihya Ulumuddin, Jam’ul Jawamik.

Kitab-kitab di atas sebagian dapat dibaca secara online di sini.


III. TAHFIDZUL QURAN (MENGHAFAL QUR’AN)

Program tahfidzul Quran atau menghafal Al-Quran merupakan program baru tahun ajaran 2012/2013. Program ini dibuka untuk santri putra dan putri.

Peserta program tahfidz tetap harus mengikuti program (a) madrasah diniyah (madin), (b) pengajian kitab kuning; dan (c) sekolah formal.


IV. PENDIDIKAN FORMAL MTS & MA

PPA memiliki lembaga pendidikan formal tingkat SLTP dan SLTA yaitu MTs Al-Khoirot Malang dan MA Al-Khoirot Malang. Masing-masing memiliki situs resmi di alamat berikut: mts.alkhoirot.com dan ma.alkhoirot.com. Silahkan kunjungi kedua alamat tersebut untuk info lebih detail.


V. MEMBACA AL-QURAN TARTIL

Kemampuan membaca Al-Quran bit-tartil dengan baik dan benar menurut standar yang diakui adalah sangat penting. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan ini, santri dilatih setiap hari setelah salat maghrib berjamaah. Untuk meningkatkan kemampuan muallim (tenaga pengajar), PPA melatih mereka seminggu sekali dengan mendatangkan tenaga muallim lulusan PIQ (Pesantren Ilmu Al-Quran) KH. Bashori Alwi, Singosari.


VI. PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB

Gramatika bahasa Arab yakni ilmu nahwu dan sharaf dipelajari di madrasah diniyah sejak Ula I secara intensif. Begitu juga, kemampuan membaca kitab diasah melalui musyawarah baca kitab dan pengajian sorogan/wetonan kitab Muhadzdzab, Fathul Wahhab, Iqna’ bagi santri kelas Wustho I ke atas.

Namun, intensifikasi bahasa Arab modern tetap dirasa perlu. Karena itu, program bahasa Arab diadakan secara rutin setiap hari dengan penekanan pada muhawarah (conversation).


VII. EKSTRA KURIKULER PESANTREN

1. Musyawarah kitab Fathul Wahhab, Muhadzdzab, dan Iqna’ bagi santri kelas Wustho I ke atas madrasah diniyah (madin) (dua hari sekali).
2. Pengajian Al Quran secara tartil (setiap hari).
3. Program seni pidato/khitobah (setiap dua minggu sekali).
4. Program halaqah mentoring
5. Pidato/drama bahasa Arab (sebulan sekali)
6. Menulis di mading dan buletin SANTRI dan BULETIN ALKHOIROT
7. Menulis setiap minggu di blog masing-masing (saat ini khusus untuk siswa madin kelas Ulya I, II dan Ma’had Aly).


VIII. EKSTRA KURIKULER SEKOLAH FORMAL

1. Karate
2. Olahraga meliputi futsal, volley ball, tenis meja, badminton.
3. Pramuka.
4. OSIS
5. Menulis di mading sekolah dan buletin SISWA.

CATATAN:

Seluruh kegiatan di atas harus diikuti oleh seluruh siswa dan santri. Di PPA santri harus menjadi siswa, dan siswa harus menjadi santri. Artinya, siswa sekolah formal tidak boleh hanya sekolah formal. Dia harus sekaligus jadi santri dan mengikuti seluruh program pesantren termasuk madin, pengajian pengasuh dll.


IX. BIAYA PENDAFTARAN

Pondok Pesantren Al-Khoirot Putra dan Putri dikenal di Malang Raya sebagai pesantren yang berkualitas tinggi tapi dengan biaya sangat terjangkau untuk semua kalangan. Hanya dengan Rp. 890.000 (delapan ratus sembilan puluh ribu rupiah) Anda dapat masuk ke Ponpes Al-Khoirot. Biaya tersebut sudah termasuk seragama sekolah dan uang makan dan SPP bulan pertama. Lihat detailnya di sini.

Keterangan gambar: Perkemahan siswa MTS Al-Khoirot Malang saat mengikuti Jambore Pramuka di kecamatan Pagelaran pada 27 – 28 September 2011 dan berhasil merebut Juara Umum III.


JADWAL KEGIATAN HARIAN

Secara umum jadwal kegiatan antara pesantren putra dan pesantren putri hampir sama. Dengan sedikit tambahan kegiatan yang ada di pesantren putri pada hari-hari aktif (Sabtu s.d Kamis). Serta tambahan kegiatan ekstra di pesantren putra pada hari libur yaitu hari Jum’at. Lebih detailnya sebagai berikut:

JADWAL  KEGIATAN HARIAN SANTRI PUTRA PPA

No

Waktu

Nama Kegiatan

Pembimbing

Keterangan

1

04.00-05.00

Shalat Subuh

Imam Shalat

Berjamaah

2

05.00-06.00

Pengajian Kitab

Pengasuh/Ustadz

Semua santri

3

06.00-06.30

Bahasa Arab

Ustadz

Program lughah

4

07.00-12.00

Sekolah Formal

Guru

Semua siswa

5

12.00-12.30

Shalat Dzuhur

Imam shalat

Berjamaah

6

12.30-15.00

Istirahat

-

-

7

15.00-15.30

Shalat Ashar

Imam shalat

Berjamaah

8

16.00-17.00

Materi tambahan

Semua santri

Semua santri

9

17.30-18.00

Shalat maghrib

Imam shalat

Berjamaah

10

18.00-19.00

Belajar Quran tartil

Muallim

Semua santri

11

19.00-19.30

Shalat Isya’

Imam Shalat

Berjamaah

12

19.30-21.00

Madrasah Diniyah

Ustadz

Semua santri

13

21.00-22.00

Ma’had Aly

Pengasuh

Semua Ustadz

14

22.00-04.00

Istirahat

-

-

 

PENGECUALIAN DARI JADWAL DI ATAS DAN INFO TAMBAHAN:

  1. Santri yang tidak sekolah formal, karena sudah lulus SLTA atau usia sudah lewat masa SLTA, maka mengikuti program jam belajar dan musyawarah pagi jam 08.00 – 09.00.
  2. Santri peserta program Tahfidz Al-Quran melakukan murajaah dan takrir pada jam 16.00-17.00. Jadi, tidak mengikuti jadwal materi tambahan.
  3. Yang dimaksud “materi tambahan” adalah pelatihan baca kitab kuning dan mentoring atau bimbingan akhlak keislaman dan kesantrian.
  4. Shalat Dhuha diadakan pada saat istirahat sekolah formal yaitu pada jam 09.30-10.00 dan diikuti oleh semua siswa.

JADWAL KEGIATAN HARIAN SANTRI PUTRI PPA

No

Waktu

Nama Kegiatan

Pembimbing

Keterangan

1

03.00-04.00

Shalat Tahajud

Ustadzah

Semua santri

2

04.00-05.00

Shalat Subuh

Imam Shalat

Berjamaah

3

05.00-06.00

Pengajian Kitab

Pengasuh/Ustadz

Semua santri

4

06.00-06.30

Shalat Dhuha

Ustadzah

Semua santri

5

07.00-12.00

Sekolah formal

Guru

Semua siswa

6

13.15-15.00

Madrasah Diniyah

Ustadzah

Semua santri

7

15.00-15.30

Shalat Ashar

Imam

Berjamaah

8

16.00-17.00

Belajar bersama

Ustadzah

Semua santri

9

17.30-18.00

Shalat maghrib

Imam shalat

Berjamaah

10

18.00-19.00

Belajar Quran tartil

Muallim

Semua santri

11

19.00-19.30

Shalat Isya’

Imam Shalat

Berjamaah

12

20.00-21.00

Pengajian Kitab

Pengasuh Putri

Semua santri

13

21-03.00

Istirahat

-

Semua santri

Comments

  • Assalamualaikum , sy mau tanya sy ingin memperdalam agama Islam tp saat ini sy kuliah tiap akhir pekan di pusat kota Malang, apakah diperbolehkan jika meminta ijin tiap Minggu untuk keluar dari pesantren ? Syukran.

    ULAApril 12, 2014
  • Assalmu’alaikum wr.wb
    melihat dari jadwal kegiatan harian putra dan putri pada santri putri kegiatan dimulai jam 3.00 untuk sholat tahajjud tapi kenapa pada santri putra mulainya siang yaitu dimulai jam 4.00 yaitu subuh dan tidak ada kegiatan sholat tahajjud?
    wassalamu’alaikum wr.wb

    rita kurniatiMarch 4, 2014
  • Assalamu’alaikum ustadz,
    Anak saya yang putri tahun ini akan lulus SD dan mau masuk al khoirot. apakah ada ponpes al khoirot di lampung, kalau ada dimana tepatnya. mohon informasinya ustadz, syukron.

    HidayatFebruary 2, 2014
  • apakah santriwati boleh memakai kaos ketika di dalam lokasi pondok/kamar?

    terimakasih

    ulviJanuary 23, 2014
  • assalamulaikum mau tanya. Dari kitab-kitab untuk madin di atas apa tak ada yg pelajaran balaghoh dan mantiq? Kalau ada, yg mana?

    zipJanuary 18, 2014
  • Assalamualaikum. apakah lulusan dari sini bisa melanjutkan ke universitas al ahzar mesir ustadz? Dan bisa menjamin kelancaran b.arab dan inggris.? Dan apakah ada praktik omong tentang bahasa tersebut

    ilham fauziagJanuary 5, 2014
  • assalamualaikum. Ustad apakah diponpes ini ada prakti b.arab dan inggris sehinga bisa melanjutkan keluar negri semisal di universitas al ahzar cairo mesir?

    ilhamfJanuary 5, 2014
  • Jika ada di antara santriwan / wati berminat belajar membaca dan memahami kita turots (kitab peninggalan ulama-ulama tempoe doeloe) atau dikenal dengan sebutan kitab kuning, dalam waktu yang relatif pendek, Insya Allah dengan petunjuk pembelajaran metode THORIQOH akan segera berhasil dengan baik. Metode ini dikenal pula dengan sebutan: Musyawarah Kitab kuning Thoriqoh (MKKT) yang menekankan kepada pembahasan yang terkait dengan Kalimat, Kedudukan dan kaidahnya. Buku/kitab materinya sudah habis laris manis. Kami hanya menyediakan teks petunjuk cara belajar dengan metode THORIQOH / MKKT dalam bentuk teks tanya jawab. Hubungi SMS 081999910077 atau email saya.

    Drs. H. Muhammad Muhsin AmirDecember 24, 2013
  • -Di PP.alkhoirot khususnya putri sudah ada yg dapat beasiswa study ke luar negri?

    FadhielNovember 9, 2013
  • assalamu.alaikum ukthi/akhii??
    .kira” klu mondok d sithu bawa baju dari rumah minimal berapha yaa?
    .syukhron..

    dewi sartikhaOctober 1, 2013
    • Tidak ada batas minimal. Yg penting bawa pakaian muslimah yg sopan (tidak ketat). Seragam pesantren 1, seragam sekolah 2

      Al-KhoirotOctober 1, 2013
  • pon pesnya dekek dengan unibraw tidak???
    trus boleh ma kuliah????

    ninizSeptember 28, 2013
    • Tidak boleh sambil kuliah di UB. Kalau kuliah di tempat yg tidak terlalu aktif boleh. Maksudnya tidak telalu aktif seperti masuknya 3 hari perminggu.

      Ponpes Al-KhoirotSeptember 30, 2013
  • assalamualaikum..
    Mau tanya,ada sekolah paket SMP nggak?kalo ada bolehkah ane paket SMP trus mlanjutkan MA disitu..
    Apakah ada setoran al qur’annya?

    maysarohSeptember 19, 2013
    • Paket B (SMP) saat ini tidak ada. Tapi bisa ikut program paket B di sekolah luar sambil tetap mondok.

      Ponpes Al-KhoirotSeptember 20, 2013
  • anggaran spp perbulannya berapa ustadz

    m. abdul latifSeptember 17, 2013
  • Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu
    Ustadz, sy dr Medan, py anak Laki-laki yang Alhamdulillah di titipkan Allah “Sangat Baik” (bgmn pun sy tak ingin menyebutkan sikapnya yg tak sy suka), saat ini dia duduk di bangku SMK kelas 2 dgn masa sekolah aktif yg tidak pernah di ikutinya dengan sempurna, kelas 1 dia sy msk kan sekolah SMK favorit swasta di kota kami, krn jarang masuk akhirnya dia pindah sekolah di sekitar tempat tinggal kami, itu pun dengan keaktifan di kelas yg bisa dihtg dgn jari, meskipun ia tetap hadir ke sekolah. sy bermaksud menyekolahkannya ke pesantren, sy ingin anak saya jadi anak sholeh dan jadi hamba Allah yg bertaqwa, krn kelakuannya saat ini sudah di luar toleransi sy… bagaimana caranya anak sy bisa nyantri di Pondok Pesantren Alkhoirot ini ???? sy minta nomor yang bisa sy hbg i…. tolong ya Ustadz, Jajaqumullah….

    khosiyahAugust 14, 2013
    • Silahkan hubungi Ustadz Imamsyah di nmr berikut: 085855999549 Anda juga dapat menghubungi yg lain yg nomornya ada di sebelah kanan situs ini.

      Al-KhoirotAugust 14, 2013
      • assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

        ustadz, untuk menyelesaikan pendidikan MA di popes AL-khorot berapa lama?

        Aozi MuttaqiAugust 21, 2013
        • 3 tahun. Sama dg SMA/SMK. Karena mengikuti kurikulum pemerintah (Depag)

          Al-KhoirotAugust 23, 2013
  • Al Khoirot berdasarkan madzab apa?
    Lulusan MA Al khoirot apakah bisa melanjutkan di Universitas Negeri misalnya Universitas Brawijaya?
    Pertanyaan saya adalah dasar saya untuk memasukkan anak saya di sebuah PONPES. Terima kasih atas infonya.

    Maya IndriyantiAugust 5, 2013
    • Ijazah MA Al-Khoirot bisa untuk melanjutkan ke universitas negeri. Baik dalam negeri atau luar negeri.

      Ponpes Al-KhoirotAugust 5, 2013
    • Madzhab Syafi’i.

      Al-KhoirotAugust 23, 2013
  • assalamualaikum tadz..
    saya ingin bertanya..tadi saya baca ada program Qiroah Taghanni.. program itu program khusus qiroah seperti itu ta??
    dan kalau misalnya tidak sekolah formal, apa ada kegiatan di jam2 ketika yg lain sekolah formal??
    Terimakasih…
    wassalam

    AiniJuly 22, 2013
  • Assalamu’alaikum
    berapa lama waktu belajar untuk tahfidz Al-Qur’an ?
    Terimakasih

    Zulma Aini Rosyida*July 7, 2013
    • Tergantung kemampuan dan ketekunan anda. Bisa 1 atau 2 tahun atau lebih.

      Ponpes Al-KhoirotJuly 7, 2013
  • assalamualaikum wr wb.

    apakah bisa jika saya ingin masuk ke pp alkhoir sedangkan saya sekarang sudah kelas 2 disalah satu smk di bandar lampung?
    jika bisa apa yg harus dipersiapkan untuk mendaftar?
    jazzakumullah khoir

    miftahuddinJuly 4, 2013
    • 1. Bisa. Kami menerima siswa pindahan.
      2. Ijzah terakhir dan Surat pindah dari sekolah sebelumnya (tapi ini bisa menyusul).

      Al-KhoirotJuly 5, 2013
  • Tadz, kalo dari jakarta bisa ga nyantri di sana?

    rakhaJuly 4, 2013
    • Bisa. Kami menerima santri dari berbagai daerah di Indonesia.

      Al-KhoirotJuly 5, 2013
  • Apakah pendaftarannya masih di buka.?

    Apakah syarat dan ketentuannya.?

    Kapan terakhir pendaftaran nya ditutup.?

    Mohon di jawab secepat nya

    Andi IlhamJuly 3, 2013
    • 1. Pendaftaran masih dibuka.
      2. Menyertakan ijazah terakhir dengan foto copy yang dilegalisir.
      3. Sekitar September.

      Ponpes Al-KhoirotJuly 4, 2013
  • Aslkm,
    Sy dari majalengka, Jabar. Mau tanya beberapa pertanyaan :

    1. Mts/MA dan Madrasah diniyah itu sekolahnya jam berapa?
    2. Kalo mau ikut tahfiz al-quran, apakah ada tesnya dan msh bisa ikut sekolah Mts/MA dan Madin?
    3. Ijazahnya diakui tdk utk universitas al-azhar dll (spt bisa ikut tes beasiswa depag atau daftar mandiri)?
    4. Kalo siswa lulusan SD hapal juzamma dan pernah ngaji aqidatul awam, jurmiyyah dll apakah madrasah diniyahnya bisa ikut lsg kls Ula?

    Mohon maaf sebelumnya jk pertanyaan sy terlalu banyak, terima kasih atas perhatiannya, smoga pesantren al-khoirot tambah maju, amin.

    Wslkm.

    adiJune 5, 2013
    • 1. MTS/MA jam 7 pagi s/d 12 siang. Sedang Diniyah 7.30 malam (setelah isya’)
      2. Program tahfidz ada tes ringan (cara baca Quran). Dan bukan hanya boleh tapi justru wajib ikut program mts/ma dan diniyah.
      3. MTS/MA memakai kurikulum Kemenag jadi diakui Al-Azhar.
      4. BIsa tapi dites dulu.

      AlkhoirotJune 6, 2013
  • Lihat di link berikut: http://www.alkhoirot.com/biaya-pendaftaran-pesantren/

    alkhoirotFebruary 14, 2013
    • assalaamu`alaikum
      sy ini sudah berumur 22 tahun, saya pngn mondok program tahfidz qur`an ustad, apa bisa ustad klo sy hanya menghafal al qur`an?

      erwan safarudinJuly 3, 2013
      • Yg ikut program tahfix boleh tidak sekolah formal tapi tetap harus mengikuti madrasah diniyah.

        Ponpes Al-KhoirotJuly 4, 2013
  • Salam. Mohon informasinya untuk pendaftaran MTs Al-Khoirot tahun 2013-2014.dengan perincian biaya masuk. syukron. wassalam

    Asep SaepuzzamanFebruary 13, 2013
  • assalamualaikum

    klo di pondok ini ada yang bwt santri takhosus gak?

    trus bagi yang tidak mampu,tpi pengen mondok di situ itu gmana?

    minato yusuf isfahani abdullahNovember 27, 2012
  • asslalmualaikum.
    misalkan pndah setelah lulus mts dan wusto dari pondok lain apakah bisa langsung meneruskan ke MA dan ulya nya..
    misalkan bisa apa persiapan yg saya harus siapkan.

    muhammad iqbalOctober 31, 2012
    • Untuk masuk ke MA, harus ada ijazah MTs/sltp..

      Untuk masuk Wistho, itu melalui proses test kemampuan.

      alkhoirotNovember 3, 2012
      • iya maksud nya kalau ana udh ada ijazah mts nya.

        kalo tes kemampuan ya apa aja yg mesti ana siapkan ustdz,

        muhammad iqbalNovember 3, 2012
        • Tes baca kitab kuning

          alkhoirotNovember 4, 2012
  • Asslmkum..
    Saya mau tanya !
    Apakah program Hafalan A-Qur’an masuk dalam pendidikan Formal ?

    Imam MuchlisOctober 27, 2012
    • Tidak masuk dalam pendidikan formal. Ia menjadi salah satu program tersendiri di luar pendidikan formal dan madrasah diniyah.

      alkhoirotOctober 27, 2012
  • Assalamualaikum.
    Sheikh. Saya pelajar 4 thanawi dr maahad islamiyah di kedah, malaysia dan telah mendapat jayid jidan dalam syahadah thanawiyah. Soalan saya di peringkat mana kesesuaian untuk saya meneruskan pengajian di Pesantren Al-Khoirot.
    Jazza kaulah.

    Muhammad Uwis As-SyafieOctober 25, 2012
    • Waalaikumsalam.

      Untuk program madrasah diniyah, santri/murid akan masuk berdasarkan hasil test/ujian.

      Kami kurang faham apakah syahadah thanawiyah di Malaysia itu khusus agama atau mengikuti program kerajaan malaysia.

      alkhoirotOctober 27, 2012
  • Bagi siswa yang berminat belajar membaca, memahami serta menghafal kaidah-kaidah nahwu dan shorrof tanpa dihafalkan, silakan hubungi tim penyusun pedoman praktek membaca kitab cepat metode THORIQOH 081999910077 Insya Allah kami akan melayani permohonan anda sebagai fasilitator untuk membentuk kader tutor THORIQOH. Terima kasih.

    Drs. H. Muhammad MuhsinSeptember 12, 2012
  • Saya mau tanya, saya lulusan sma luar kota dan saya sudah 2 tahun berhenti. Klo saya kut mondok disitu bisa tidak. Dan pondok al khoirut ada yang kuliyah tidak. Klo ada kuliyah apa yang dekat dengan al khoirot. Terimakasih

    khoirun naimJuly 20, 2012
    • Bisa. Berarti anda hanya berkewajiban ikut program madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning saja. Tidak perlu ikut program formal mts/ma.

      Santri yg lulus slta boleh kuliah di luar pesantren asal di tempat yg dekat pesantren yaitu di Kepanjen atau Gondanglegi.

      Ponpes Al-KhoirotJuly 21, 2012
  • Bisa saja. Tapi tidak bisa ikut MOS. (Harus ikut MOS tahun depannya lagi).

    Admin Al-KhoirotJuly 8, 2012
  • Kepastian tanggal efektif sekolah formalnya?
    Jika anak saya masukkan ke pondok setelah hari raya idul fitri bagaimana?

    louziJuly 7, 2012
  • Masalah pokok yg anda tanyakan apa?

    Admin AlkhoirotJuly 7, 2012
  • Saya kemarin sudah daftarkan anak saya, rafly bisma, dan sudah menerima beberapa penjelasan yg cukup jelas. Tapi saya masih bingung mengenai tanggal efektif untuk sekolah formalnya. Yang benar tanggal 9 atau 14 juli? Kalo tanggal 14 juli, apa tidak terlalu berdekatan dengan libur hari raya? Untuk libur puasa ramadhan hingga hari rayanya tanggal berapa hingga tanggal berapa? Trus seumpama tanggal efektif sekolah formalnya tanggal 14 juli, tapi anaknya saya masukkan setelah libur hari raya, bagaimana dengan sekolah formalnya apakah kira kira tidak tertinggal materinya? Menurut petugas kemarin libur puasa ramadhan tgl 15, maka dari itu kalo tgl 14 efektif sekolah formalnya berarti cuma bebrapa hari saja sekolah formanya trus libur ramadhan pulang. Saya juga ada kekhawatiran anaknya bisa tidak mau balik ke pondok. Mohon konfirmasinya. Terima kasih.

    louziJuly 6, 2012
  • Assalamu’alaikum
    alahmdulillah saya sudah lulus MA
    rencananya mau menghafal alquran + ngaji kitab kuning
    bagaimana jalur yang bisa ditempuhya?

    Moh. Muthohir H AJuly 4, 2012
    • Silahkan langsung datang ke pesantren Al-Khoirot

      Admin Al-KhoirotJuly 4, 2012
      • assalamualaikum wr wb.

        apakah bisa jika saya ingin masuk ke pp alkhoir sedangkan saya sekarang sudah kelas 2 disalah satu smk di bandar lampung?
        jika bisa apa yg harus dipersiapkan untuk mendaftar?
        jazzakumullah khoir

        miftahuddinJuly 4, 2013
  • Assalamualaikum
    bagaimana jika anak saya yang saat ini akan naik kelas dua smp ingin masuk disini? apakah bisa ? ( sebelumnya smp di surabaya ) mohon penjelasan nya

    prima seragamJune 1, 2012
    • Bisa. Silahkan meminta surat pindah kepada sekolah asal.

      AlkhoirotJune 4, 2012
  • 1. Tidak ada beasiswa. Biaya yg ada sudah sangat murah.
    2. Tidak ada syarat lain selain yang sudah disebut di artikel di atas.

    Admin AlkhoirotMay 31, 2012
  • apakah ada program Biaya siswa… bagi yang berprestasi atau kurang mampu atau syarat lain .. umpama punya hapalan Qur’an.

    AHMAD KOMARUDINMay 29, 2012
  • assalamualaikum

    Saya mau tanya, apa pendidikan formal umum spt bhs inggris, matematika, ips dan ipa juga diajarkan di pesantren ini (menjadi kurikulum). terimakasih atas jawabannya :)

    miaMay 16, 2012
    • Iya. Di lembaga formal MTS dan MA Al-Khoirot materi yg Anda tanyakan juga dipelajari.

      Ponpes Al-KhoirotMay 16, 2012
  • saya seorg wnita yg sdh brsuami,katanya mencari ilmu tdk pandang usia.adakah madrasah diniyah untk sy?tnpa hrus jd santri pondok?tolong infonya,saya ingin sekali sekolah agama

    YusiMay 7, 2012
    • Silahkan datang ke pesantren kami dan berbicara langsung dg pengasuh putri. Insyallah ada solusinya.

      Ponpes Al-KhoirotMay 10, 2012
  • Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Saya mempunyai beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.
    1. Apakah di Al-Khoirot bisa menerima siswa pindahan SD. Dari SD biasa menjadi siswa baru dan melanjutkan pendidikan berikutnya di Al-Khoirot.
    2. Jika bisa persyaratan apa yang harus dipenuhi dan biaya apa saja yang dikenakan ?
    3. Apakah SD/MI Al-Khoirot dan asramanya terdapat disatu lingkungan?
    Mohon saya diberi penjelasan mengenai hal ini dan apa saja yang harus saya penuhi dan lakukan jika saya akan mengirim anak saya untuk belajar di Al-Khoirot. Terima Kasih.

    Wasalamu’alaikum Wr.Wb

    MOMarch 17, 2012
    • 1. Di Al-Khoirot tidak ada SD/MI. Kami sarankan agar Anda mengirim putra/putir ke Al-Khoirot setelah lulus SD.

      2. Tapi kalau memang ingin masuk sekarang, maka akan kami ikutkan program SD/MI di luar lingkungan pesantren.

      Admin AlkhoirotMay 15, 2012
  • Assalamu’Alaikum Wr.Wb.
    Mohon informasi kesiapan apa yang diperlukan bagi calon santri yang ingin mendaftar, serta bagaimana proses seleksi masuk ( terutama untuk calon santri tingkat SLTP/Tsanawiyah), terima kasih.

    Wassalam

    Kunto SunarhadiFebruary 28, 2012
    • Tidak perlu banyak persiapan. Cukup dokumen ijazah terakhir yg dilegalisir atau surat pindah bagi yg pindahan dari sekolah lain.

      AlkhoirotMarch 3, 2012
  • Luar biasa!! terima kasih infonya.

    jus manggisJanuary 23, 2012
  • Salaf & Moderen terkesan bisa memberikan output yang bagus jika dikombinasikan..

    SEO | ComputerJanuary 10, 2012

Leave a Reply