Madrasah Aliyah MA Al-Khoirot

Madrasah Aliyah (MA) Al-khoirot

Madrasah Aliyah MA Al-Khoirot Malang adalah sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)  yang lulusannya selain pintar ilmu umum juga mampu membaca kitab kuning (kitab gundul), mampu berbicara, membaca dan menulis bahasa Arab modern. Yakni bahasa Arab yang biasa dipakai di forum resmi negara Arab, koran dan tv negara Timur Tengah.

STATUS MADRASAH ALIYAH MA AL-KHOIROT

Secara yuridis formal MA Al-Khoirot sejajar dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam arti, statusnya diakui negara dan lulusannya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi manapun dan jurusan apapun. Baik universitas negeri atau swasta. Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Jurusan sosial maupun jurusan IPA (seperti kedokteran, sains, teknik, dll).

Karena, kurikulum seluruh madrasah aliyah di seluruh Indonesia mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud / Kemendiknas).

Oleh karena itu lembaga pendidikan yang biasa dikenal dengan MA Al-Khoirot Malang ini mengikuti Ujian Nasional (Unas, UN) bagi siswa kelas tiga atau tingkat akhir. Dengan demikian, maka lulusan MA Al-Khoirot Malang dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi manapun baik negeri maupun swasta dan dapat memilih jurusan apapun yang dikehendaki. Baik jurusan sains (IPA), jusuran sosial, maupun jurusan agama.

Lulusan MA Al-Khoriot Malang juga dapat melanjutkan ke luar negeri seperti Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Yaman, Tunisia, Al-Jazair, Maroko, dll), Eropa, Amerika, China, Asia Timur (Jepang, Korea, Hongkong), Asia Tenggara (Singapore, Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei, dll),  Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh), dan lain-lain.

DAFTAR ISI

SEJARAH MADRASAH ALIYAH MA AL-KHOIROT MALANG

LOGO madrasah aliyah al-khoirotMadrasah Aliyah Al-Khoirot Malang berdiri pada bulan 15 Juli 2009. Pada tahun awal berdirinya, sekolah ini hanya diperuntukkan untuk siswa laki-laki. Baru pada tahun 2010, madrasah aliyah untuk siswa perempuan didirikan.

Siswa MA putra dan MA putri dibedakan penyebutannya karena memang mereka berlokasi di tempat dan gedung yang berbeda. Siswa putra ditempatkan di gedung yang dibangun khusus untuk siswa putra, sedangkan siswa madrasah aliyah putri berada di lokasi yang khusus dibangun untuk siswa Aliyah putri.

Itulah sebabnya mengapa tahun berdirinya MA Putra dan MA Putri berbeda. Karena pada tahun 2009 kami masih sedang dalam proses mempersiapkan infrastuktur gedung sekolah untuk madrasah aliyah putri yang alhamdulillah dapat dirampungkan pembangunannya menjelang akan dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Mei tahun 2010.

MA AL-KHOIROT UNTUK PUTRA DAN PUTRI

Dengan demikian, maka sejak tahun 2010 Pondok Pesantren Al-Khoirot telah membuka Madrasah Aliyah untuk tidak hanya untuk siswa laki-laki tapi juga untuk siswa perempuan.gedung putra ma al-khoirot

Dari uraian ringkas di atas, secara implisit dapat dipahami bahwa di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot (YPPA), segregasi atau pemisahan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan menjadi prinsip utama.

Asumsi itu benar dan faktual adanya. Karena, Pondok Pesantren Al-Khoirot ketika mendirikan Madrasah Aliyah tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda yang belajar di MA Al-Khoirot. Tapi jauh lebih dari itu. YPPA memiliki visi mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlakul karimah yang beberapa poin terpentingnya adalah: taat syariah, pekerja keras, hidup sederhana dan peduli sesama.

Sebagai implementasi menuju ke arah visi ideal tersebut, maka diberlakukanlah sejumlah kebijakan sebagai berikut:

  1. Setiap siswa dan siswi harus terdafatar sebagai santri Pondok Pesantren Al-Khoirot. Dengan kata lain, Madrasah Aliyah Al-Khoirot tidak menerima siswa atau siswi yang berangkat dari rumah atau kos di luar. Walaupun rumahnya berada di lokasi yang sangat dekat dengan pesantren.
  2. Setiap siswa dan siswi MA harus mengikuti seluruh kegiatan harian pesantren yang meliputi: (a) Menjadi siswa di Madrasah Diniyah sesuai dengan kemampuan masing-masing; (b) mengikuti pengajian kitab kuning setiap pagi; (c) mengikuti pengajian Quran tartil setiap selesai shalat Maghrib; (d) dan mengikuti program ekstra kurikuler yang diadakan pesantren.
  3. Siswa MA juga dianjurkan mengikuti program Bahasa Arab dan Tahfidz (menghafal) Al-Quran. Walaupun program ini tidak wajib.
  4. Siswa MA di larang keras membawa hanphone (HP) dengan tujuan agar tetap fokus dalam proses belajar baik di sekolah maupun aktivitas pesantren.

PROFIL DAN STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH ALIYAH MA Al-KHOIROT MALANG

MA Al-Khoirot Malang sejak berdirinya pada tahun 2009 telah mengalami tiga kali pergantian Kepala Sekolah (Kasek). Yang pertama adalah KH. Ja’far Shodiq, S.Ag yang menjabat sampai 2011. Kasek kedua adalah Mochamad Iqbal, MA, dari 2011 sampai 2013, dan Kasek ketiga adalah KH. Muhammad Humaidi, S.Hi, dari 2013 sampai sekarang (2014). Adapun struktur lengkap dan profil MA Al-Khoirot Malang adalah sebagai berikut:

Profil MADRASAH ALIYAH MA AL-KHOIROT

Nama: Madrasah Aliyah Al-Khoirot atau MA Al-Khoirot Malang
Jurusan: Keagamaan dan IPA
Awal tahun ajaran: 17 Syawal (17 hari setelah lebaran Idul Fitri)
No. NSM: 131235070047
NPSN: 20573277
No. Akreditasi: Kw.13.4/4/PP.00.6/12244/2010
Status: Terakreditasi B.
Tahun berdiri: 15 Juli 2009
Alamat: Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.
Telpon: MA Putra: 0858-5599-9549; MA Putri: 0857-8584-3555
Email: ma@alkhoirot.com, aliyah.alkhoirot@gmail.com
Website: ma.alkhoirot.com

Struktur Organisasi

Kepala sekolah: Muhammad Humaidi, S.Hi
Koordinator MA Putri: Juwairiyah Arifin, SE, Anis Sulala, SPd.I
Waka kurikulum: David
Waka kesiswaan: Mochamad Khoiruman
Waka Sarana Prasarana: Nasiruddin
Bendahara: Imam Syahro Wardi
Staf Bendahara (Putri): Muyassaroh
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler: Shohibul Bahri
Kepala Urusan Tata Usaha: Kholilurrohman
Wakil KTU: Abd. Rohman
Kepala Pengelola Perpustakaan: Agus Jailani
Kepala Pengelola Lab. Kom.: Rokim, S.Pd.I
Bimbing Konseling: Gayuh Ridatus Sholihin, S.Pd

SISWA PINDAHAN KE MADRASAH ALIYAH MA AL-KHOIROT

Madrasah Aliyah Al-Khoirot menerima siswa pindahan dengan syarat sebagai berikut:

(a) Membawa surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah sebelumnya dengan penjelasan bahwa siswa tersebut pindah bukan karena dikeluarkan dari sekolah atau dari pesantren terkait.

(b) Siswa pindahan yang berasal dari kelas 10 atau kelas 1 SLTA baik yang sudah selesai di kelas 10 ataupun yang belum selesai. Bagi yang sudah selesai di kelas 10, maka dia dapat langsung masuk kelas 11 di MA Al-Khoirot dengan syarat dia harus menyertakan rapor asli kelas 10. Bagi siswa pindahan kelas 10 yang belum selesai semester genap, maka ia akan mengulang di kelas 10.

(c) Siswa pindahan yang berasal dari kelas 11 atau kelas 2 SLTA baik yang sudah selesai di kelas 11 atau yang belum selesai dapat diterima di MA Al-Khoirot. Namun bagi yang sudah selesai semester genap, ia tetap harus di kelas 11, tidak bisa naik ke kelas 12 atau kelas 3, begitu juga bagi yang belum selesai di kelas 11.

(d) Harus membawa surat pindah dari sekolah sebelumnya. Surat pindah ini bisa menyusul apabila pihak sekolah tidak bersedia memberikan sebelum ada surat keterangan dari sekolah yang baru.

(e) Membawa fotocopy KK dan diantar wali murid dan wali santri.

(f) Waktu pindah berlaku sepanjang diterima oleh kepala sekolah Aliyah.

LOKASI MADRASAH ALIYAH MA AL-KHOIROT

Penerimaan Siswa Baru MA Alkhoirot Malang

Persyaratan Pendaftaran

Madrasah Aliyah Al-Khoirot menerima pendaftaran siswa baru dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Menyerahkan foto copy ijazah MTs/SMP/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli.
3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar.
5. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 20.000,-.
6. Mengikuti tes seleksi dengan ujian meliputi :
a. Kemampuan Dasar Keagamaan (BTQ/Baca Tulis al-Qur’an dan pengetahuan umum keislaman)
b. Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
c. Pengetahuan Umum.

Waktu dan Tempat Pendaftaran

1. Pendaftaran dibuka mulai 17 Syawal (setelah lebaran Idul Fitri) setiap hari kerja.
2. Pelayanan pendaftaran pada jam kerja
a. Pagi 07.30 – 12.30
b. Siang 14.00 – 16.30
3. Tempat pendaftaran di Kantor Pesantren Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Telpon: (0341) 879730. HP: 081555702122

Program Studi

Program Keagamaan (PK)
Program IPA

Sarana Penunjang Pembelajaran

Lab. Computer
Perpustakaan
Sarana Olah Raga
( Lapangan Sepak Bola, Tenis Meja dll)

ARTIKEL TERKAIT

6 thoughts on “Madrasah Aliyah MA Al-Khoirot”

  1. Dalam seleksi tersebut,ada yg gagal berarti ya?.bagi yg gagal seleksi MA, berarti gak bisa masuk pesantren jg?..ada solusi kah bagi yg kesulitan dalam Hal seleksi..Kita menginginkan anak2 Kita Cari ilmu tp sepertinya susah banget zaman sekarang masuk pesantren..bukankah anak yang Ingin belajar ngaji Karena awalnya memang gak bisa ngaji..

    1. Assalamu’alaikum, Apakah tahun ini daftar MA Al Khoirot secara online, adakah linknya?
      Kn tahun ini tidak ada UN, mengirim berkas itu nanti menggunakan pos? Atau langsung ketika sudah masuk.

        1. Saya sudah klik linknya dan saya buka dengan wps kok tidak bisa diedit, Nulis formulirnya itu pakai apa?, Apakah diprint dulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.