Pemalsuan Kitab Aswaja oleh Wahabi Salafi

Pemalsuan Kitab oleh Wahabi Salafi

Kaum Wahabi Salafi menyebarkan ajarannya dengan banyak cara. Salah satunya dengan memalsukan isi kitab ulama Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang isinya sangat bertentangan dengan doktrin dan paham Salafi Wahabi. Terutama kitab-kitab yang ditulis oleh ulama salaf berpengaruh seperti Imam Nawawi, dll. Selain itu, dengan menawarkan pendidikan gratis di perguruan tinggi Arab Saudi dan cabang-cabangnya di seluruh dunia seperti Indonesia. Lulusannya kemudian digaji reguler untuk menjadi ustadz Wahabi Salafi di negara masing-masing. Sebagian dari ustadz-ustadz antek Wahabi ini mendirikan pesantren.

Daftar Isi


MAKTABAH SYAMILAH

kitab kuning

Digitalisasi Kitab Kuning pertama kali dilakukan oleh Maktabah Syamilah. Oleh karena itu, umat Islam, khususnya kalangan santri, harus berterima kasih pada siapapun yang memprakarsai proyek digitalisasi kitab kuning ini. Namun demikian, kalangan Ahlussunnah harus tetap berhati-hati dengan kitab-kitab digital yang berasal dari Maktabah Syamilah karena konon sosok yang berada di balik proyek ini adalah aktivis atau simpatisan gerakan Wahabi. Software ini pada mulanya diterbitkan oleh jaringan dakwah Salafi Wahabi (Sawah) di dunia Maya, yaitu “www.shamela.ws” dan “ www.almeshkat.com.”

Sebenarnya tidak ada masalah apakah Maktabah Syamilah itu diinisiasi oleh aktivis Wahabi atau bukan sepanjang tidak ada pengrusakan atau perubahan dalam konten atau isi kitab tersebut.

Yang menjadi problem adalah ada sebagian dari kandungan kitab yang dirubah oleh mereka, khususnya yang isinya tidak sesuai dengan akidah Wahabyah. Beberapa fakta yang pernah diteliti:

PERUBAHAN, PENGHAPUSAN DAN PEMALSUAN ISI KITAB OLEH WAHABI

Penting: Ash-Shawi wafat tahun 1214 Hijriah, sedangkan Ibnu Abdil Wahhab wafat pada 1206 hijriah / 1793 Masehi.

1. Dalam Tafsir Ash-Shawi (Showi) ‘ala Tafsir Al-Jalalain (تفسير الصاوي) karya Syaikh Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi al-Maliki (wafat 1214 H) tafsir QS Fathir ayat 8 yang sudah dipalsukan dan dihapus oleh Wahabi Salafi antara lain adalah cetakan “Darul Fikr” tahun 1993 jilid 3 halaman 397 tertulis:

و قيل : هذه الأية نزلت في الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة , و يستحلون بذلك دماء المسلمين و أموالهم , لما هو مشاهد الأن فى نظائرهم………….. يحسبون أنهم على شيئ

(Artinya: Artinya: Dikatakan: Ayat ini diturunkan terkait kaum Khawarij yang merubah takwil kitab dan sunnah. Dengan itu mereka menghalalkan darah dan harta umat Islam. Hal itu bisa dibuktikan, karena adanya suatu kesaksian pada bangsa mereka saat ini __ bagian yang dihapus di sini ___ Mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu.)

Wahabi menghapus kalimat: و هم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية (Artinya: Mereka adalah golongan orang-orang yang berasal dari tanah Hijaz (sekarang Saudi). Golongan tersebut dinamakan “Wahabiyyah”)

Scan gambar teks kitab Shawi Palsu yang dihapus sebagian isinya:
Diterbitkan oleh Dar al Kutub al Ilmiyyah;

showi palsu2

Terjemah tulisan yang ditandai warna merah sbb:
“Menurut satu pendapat; ayat ini turun tentang kaum Khawarij yang telah merusak takwil al-Qur’an dan Sunnah, yang untuk tujuan itu mereka menghalalkan darah orang-orang Islam dan harta-hata mereka. Kenyataan ini sebagaimana terbukti di masa sekarang, sebuah kelompok yang sama persis dengan kaum Khawarij tersebut; mereka adalah kelompok yang berada di negeri Hijaz, mereka dinamakan dengan kelompok Wahhabiyyah, mereka menganggap diri mereka di atas kebenaran, padahal sesungguhnya mereka adalah orang-orang pendusta. Mereka telah dijerumuskan oleh setan, hingga setan itu telah menjadikan mereka lupa dari mengingat Allah. Mereka itu adalah golongan setan, dan sesungguhnya golongan setan adalah golongan yang merugi, kita minta kepada Allah semoga Allah menghancurkan mereka”.

Scan gambar teks (naskah) Tafsir Showi yang asli :
Diterbitkan oleh Dar Ihya at turats al Arabi;

showi asli2

Redaksi kitab yang asli sebelum dirubah adalah sebagai berikut:

Tafsir “Ash-Shawi ‘ala Tafsir Al-Jalalain” yang masih asli dan belum ditahrif oleh Wahabi Salafi adalah cetakan pertama “Darul Fikr” terbitan tahun 1988 jilid 5 halaman 119

و قيل : هذه الأية نزلت في الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة , و يستحلون بذلك دماء المسلمين و أموالهم, لما هو مشاهد الأن فى نظائرهم و هم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية يحسبون أنهم على شيئ

(Artinya: Dikatakan bahwa ayat tersebut di atas diturunkan pada kaum Khawarij, yaitu golongan orang-orang yang suka mentahrif (merubah) Al-Qur’an dan Hadits Nabi. Dengan demikian, mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Hal itu bisa dibuktikan, karena adanya suatu kesaksian pada bangsa mereka saat ini. Mereka adalah golongan orang-orang yang berasal dari tanah Hijaz (sekarang Saudi). Golongan tersebut dinamakan “Wahabiyyah”. Mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu.)
Lebih detail lihat di sini.

2. Menurut penelitian penulis, ada 38 kitab yang telah terbukti mengalami pemalsuan. Padahal ini belum lagi yang lain yang jumlahnya banyak. Diantaranya: 1. Shahih bukhari 2. Shahih muslim 3. Shahih at-turmudzi 4. Musnad imam ahmad 5. Tarikh al-ya’qubi 6. Nahj al-balaghah 7. Syarh aqaid an-nasafi 8. Al-kasykul wal mukhallah 9. Iqtidhas shirat al-mustaqim 10. Ahwalul qubur, ibn rajab 11. Al-bahr al-muhith 13. As-shawaiqul muhriqah 14. Diwan al-mutanabbi 15. Akhbarul himaqi wal mughaffilin 16. Hayatul muhammad 17. Thabaqatul mu’tazilah 18. Al-ibanah, asy’ari 19. Majma’ al-bayan 20. Mukhtashar tarikh ad-dual 21. Al-aghani, abul faraj 22. Muqatil at-thalibin 23. At-thabaqat, ibn sa’ad 24. Syarh an-nahj, al-mu’tazili 25. Tathir al-jinan 26.Al-ma’arif, ibn qutaibah 27. Tarikh at-thabari 28. Hasiyah as-shawi ala tafsir jalalain 29. Aqidatus salaf ashabul hadits 30. Syarh al-aqidah at-thahawiyah 31. Al-adzkar, an-nawawi 32.Tafsir al-kasyaf, az-zamahsyari 33. Diwanul imam syafi’i 34. Al-fawaid al-muntakhabat 35. Tafsir ruhul ma’ani 36. Hasiyah ibnul abidin 37. Majmu’ fatawa, ibn taimiyah 38. Nihayah al-qaul al-mufid. Lebih detail lihat di sini.

3. Mengapa kelompok Wahabi berani merubah isi kitab yang notabene merupakan karya ilmiah? Bukankah itu merupakan pengkhianatan intelektual dan kebohongan publik? Bagi Wahabi, itu bukan kebohongan tapi merupakan strategi. Dan itu legal dan sah. Setidaknya itulah fatwa dari ulama mereka yaitu Ibnu Baz dan Alu Syaikh. Lebih detail lihat di sini.

Kalau pegiat Wahabi berani merubah kitab kuning yang versi cetak, maka tentu mereka akan lebih berani merubah versi digitalnya karena lebih mudah. Untuk itu, harap tetap hati-hati dan waspada dalam memakai kitab-kitab versi digital karena mayoritas berasal dari koleksi yang dibuat oleh kalangan Salafi Wahabi (Sawah) walaupun bukan berarti kita harus menjauhi kitab-kitab tersebut sama sekali.

Sekaligus ini menjadi pembelajaran bagi kita, Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja), agar lebih proaktif dalam membangun dan melindungi akidah Aswaja.

VIDEO: DAFTAR KITAB YANG DIPALSUKAN WAHABI


APA ITU WAHABI SALAFI?
wahabi dan doktrin radikal takfiri
Wahabi Salafi adalah suatu gerakan radikal yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab seorang ulama asal Arab Saudi. Ajarannya banyak menginspirasi para teroris termasuk ISIS dan Al-Qaidah. Walaupun tidak semua pengikut Wahabi adalah teroris, namun dapat dikatakan pelaku teroris umumnya adalah pegiat Wahabi dan termotivasi oleh doktrin dan idelogi takfiri Wahabi. Itulah sebabnya, Al-Shawi, yang hidup sezaman dengan Muhammad bin Abdul Wahab, dalam Tafsir Al-Shawi, hlm. 5/78, dalam menafsiri QS Fathir :8, menyebut Wahabisme sebagai kaum Khawarij zaman ini. Al-Shawi berkata:


و قيل : هذه الأية نزلت في الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة , و يستحلون بذلك دماء المسلمين و أموالهم, لما هو مشاهد الأن فى نظائرهم و هم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية يحسبون أنهم على شيئ

Artinya: Menurut suatu pendapat ayat ini diturunkan pada kaum Khawarij, yaitu golongan orang-orang yang suka mentahrif (merubah) Al-Qur’an dan Hadits Nabi. Dengan demikian, mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Hal itu bisa dibuktikan, karena adanya suatu kesaksian pada bangsa mereka saat ini. Mereka adalah golongan orang-orang yang berasal dari tanah Hijaz (sekarang Saudi). Golongan tersebut dinamakan “Wahabiyyah”. Mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu.) Hasil scan kitab, lihat di sini.

Baca juga:

Yang Perlu anda Tahu tentang Wahabi Salafi
Beda Wahabi, Hizbut Tahrir, Jmaah Tabligh dan Syiah
Beda Pesantren Salaf, Pondok Modern, dan Ponpes Salafi

BUKU DAN KITAB TENTANG WAHABI KARYA ULAMA WAHABI

Berikut daftar beberapa kitab (bahasa Arab) dan buku (bahasa Indonesia) terkait dengan Wahabi. Baik yang pro maupun yang kontra.


BUKU DAN KITAB KONTRA WAHABI KARYA ULAMA AHLUSSUNNAH

Daftar buku dan kitab yang kirits terhadap Wahabi Salafi yang ditulis oleh para ulama Ahlussunah Wal Jamaah dalamm Bahasa Indonesia dan Arab (format pdf).

Bahasa Indonesia

Membedah Pembagian Tauhid Ala Wahabi Tauhid Rububiyah, Uluhiyah dan al-Asma’ wa al-Shifat
Perbandingan Aliran Wahabi dan Ahlussunnah
Sejarah Dakwah Salafi Wahabi di Indonesia
Pemalsuan Kitab oleh Wahabi Salafi
Kesesatan Akidah Tauhid Wahabi
Mengkritisi Konsep Tauhid Ibnu Taimiyah
Buku Pintar Berdebat dengan Wahabi – Idrus Romli
Wahabisme: Sebuah Tinjauan Kritis
Kesesatan Tauhid Wahabi

Bahasa Arab

Al-Minah Al-Ilahiyah fi Thams Al-Dholalah Al-Wahabiyah oleh Al-Tamimi
Al-Shawaiq Al-Ilahiyah fi Al-Radd ala Al-Wahabiyah oleh Sulaiman bin Abdul Wahab
Al-Durar Al-Saniyah fi Al-Radd ala Al-Wahabiyah oleh Zaini Dahlan
Al-Radd ala Al-Bani oleh Al-Ghimari
Al-Haqaiq Islamiyah fi Al-Radd ala Al-Mazaim Al-Wahabiyah
Al-Radd ala Al-Muta’assib Al-Anid oleh Abul Faraj Ibnul Jawzi
Al-Durrah Al-Mudiyah fi Al-Radd ala Ibni Taimiyah oleh Taqiuddin Al-Subki
Akhta’ Ibnu Taimiyah fi Haqqi Rasulillah wa Ahli Baitihi
Risalah fi Al-Radd ala Ibni Taimiyah oleh Abdul Wahab Al-Akhmimi
Al-I’tiqad ala Madzhab Al-Salaf Ahlissunnah Wal Jamaah oleh Abu Bakar Al-Baihaqi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.