Periode Pengembangan Program Pesantren

Periode pengembangan program pesantren

Periode Pengembangan Program Pesantren. Tulisan ini adalah bagian kedua dari Sejarah Pesantren Al-Khoirot yang membahas tentang program pesantren sejak 2007 dan seterusnya. Di mana sejak tahun 2007 telah dilakukan intensifikasi sejumlah program baru dalam rangka meningkatkan kualitas santri dan pesantren. Program yang dilakukan ada yang bersifat tetap dan ada juga yang bersifat pelatihan sebagai usaha untuk peningkatan program yang sudah ada.

Seperti diketahui, antara kurun waktu 1963 sampai 2007 pesantren Al-Khoirot bersistem salaf murni dengan dua program khas yaitu kajian kitab kuning dan madrasah diniyah dengan kurikulum tradisional. Era tersebut kami sebut Era Rintisan dan Era Konsolidasi. Sedangkan pada era 2007 dan seterusnya disebut era pengembangan.

Daftar isi

  1. Tahun 2007
  2. Tahun 2008
  3. Tahun 2009
  4. Tahun 2010
  5. Tahun 2011
  6. Tahun 2012
  7. Tahun 2013
  8. Tahun 2014
  9. Tahun 2014
  10. Sejarah Pesantren 1: Periode Rintisan dan Konsolidasi

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2007

– Program pembelajaran bahasa Arab klasik dan modern tingkat lanjut pada para santri senior dengan cara menterjemah kitab-kitab klasik dan berita aktual dari media berbahasa Arab seperti Al Jazeera, dll.

– Pembelajaran teknologi informasi, meliputi internet, blogging dan media sosial pada para santri senior.

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2008

– Pada tahun 2008 PPA mendirikan lembaga penerbitan dengan nama Pustaka Al-Khoirot (Inggris: Al-Khoirot Press; Arab: Maktabah Al-Khoirot – مكتبة الخيرات). Lembaga ini bertujuan untuk menjadi ujung tombak penerbitan berbagai karya tulis ilmiah para santri Al-Khoirot. Baik itu berupa buletin, majalah maupun buku.

Sejak pertama kali Pustaka Al-Khoirot didirikan, lembaga ini telah berhasil menerbitkan empat buletin yang terbit secara reguler setiap bulan yaitu:

– Buletin Al-Khoirot,

Buletin Al-Khoirot diterbitkan oleh kalangan guru madrasah diniyah putra yang distribusinya untuk internal dan eksternal.

– Buletin Santri,

Buletin Santri dinakhodai oleh para santri madrasah diniyah putra untuk pembaca internal.

– Buletin Siswa,

Buletin Siswa dikelola oleh OSIS MTS dan MA Al-Khoirot putra untuk kalangan internal.

– Buletin El-Ukhuwah.

Buletin El-Ukhuwah adalah buletin bulanan yang diterbitkan oleh santri Al-Khoirot putri yang meliputi santri madin, siswa MTS & MA pesantren putri Al-Khoirot.

– Menerbitkan buku-buku Islam hampir setiap tahun.

– Pada tahun 2008, Al-Khoirot mendirikan Madrasah Diniyah Tsanawiyah Al-Khoirot yang merupakan kelanjutan dari Madrasah Diniyah Ibtidaiyah. Program tsanawiyah diniyah ini khusus untuk putra.

Baca detail: Madrasah Diniyah Al-Khoirot

– Mengadakan pelatihan perakitan hardware (perngkat keras) komputer.

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2009

– Pada Juli tahun 2009, PPA mendirikan sistem pendidikan formal tingkat SLTP dan SLTA yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Khoirot dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot. Pada tahun ini, sekolah formal tersebut hanya dikhususkan untuk santri putra saja.

Baca detail: Madrasah Tsanawiyah

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2010

Pada tahun 2010, PPA Putri mendirikan sistem pendidikan formal tingkat SLTP dan SLTA yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Khoirot dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot untuk putri. Kenapa tidak sama tahun berdirinya antara putra dan putri, hal itu disebabkan karena adanya kebijakan pemisahan (segregasi) antara putra dan putri yang ketat.

Pada tahun 2009, gedung sekolah yang tersedia hanya untuk putra. Sedangkan gedung untuk sekolah putri masih baru tahap awal pembangunan. Oleh karena itu, sekolah formal putri baru didirikan tepat setahun kemudian setelah gedung untuk sekolah putri baru saja selesai dibangun.

Baca detail: Madrasah Aliyah

PERIODE PENGEMBANGAN TAHUN 2011

Pada tahun 2010, program Bahasa Arab didirikan untuk santri putra. Yang dimaksud dengan program bahasa Arab adalah Bahasa Arab Modern yang bertujuan agar santri yang mengikuti program ini mampu berbicara bahasa Arab aktif dalam kehidupan sehari-hari dan juga mampu membaca media, mendengarkan siaran radio dan menonton serta memahami siaran televisi berbahasa Arab.

Baca detail: Bahasa Arab Modern

PERIODE PENGEMBANGAN TAHUN 2012

Pada tahun 2010 didirikan lembaga Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA). Lembaga ini merupakan lembaga konsultasi tanya jawab online melelalui internet bagi kalangan di luar pesantren yang ingin menanyakan masalah hukum Islam dan solusinya.

KSIA dibimbing oleh Majelis Fatwa dan Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot. Lebih detail lihat di sini.

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2013

Pada tahun 2012 adalah awal berdirinya Ma’had Aly. Pada dasarnya Mah’had Aly ini adalah Madrasah Diniyah Aliyah dan merupakan kelanjutan dari Madrasah Diniyah Ibtidaiyah dan Madrasah Diniyah Tsanawiyah. Dengan demikian, Ma’had Aly Al-Khoirot merupakan lembaga pendidikan khusus agama yang diperuntukkan bagi santri tingkat lanjut.

Untuk lebih detail, baca: Ma’had Aly Al-Khoirot

Pada bulan Maret tahun 2012, PPA Putri mendirikan program Tahfidz Al-Quran untuk santri putri. Tahfidz Quran Putri ini dipimpin oleh Ny. Hj. Lutfiyah Syuhud sebagai ketua dan Ny. Lutfiyah Karim sebagai wakilnya.

Baca detail: Tahfidz Al-Quran

PROGRAM PESANTREN TAHUN 2014

Setelah program Bahasa Arab modern berhasil dibentuk dan berjalan dengan sukses, maka pada tahun 2013 program yang sama mulai dirintis untuk santri putri. Program bahasa Arab modern untuk putri dibimbing oleh Ustadzah Yuyun yang juga guru bahasa Arab MTs Al-Khoirot Putri.

Baca detail: Bahasa Arab Modern

PROGRAM PESANTREN AL-KHOIROT

Daftar lengkap Program Pesantren Al-Khoirot baik yang wajib maupun yang opsional dapat dilihat detailnya pada link-link berikut:

  1. Pengajian Kitab Kuning oleh Pengasuh
  2. Madrasah Diniyah (Madin)
    1. Ibtidaiyah
    2. Tsanawiyah
    3. Aliyah (Ma’had Aly)
  3. Baca Quran Tartil
  4. Pendidikan Formal
    1. Madrasah Tsanawiyah
    2. Madrasah Aliyah
  5. Tahfidz Al-Quran
  6. Bahasa Arab Modern
  7. Tahsin Al-Quran Tartil
  8. Bahasa Arab Klasik
  9. Santri Kilat
  10. Santri Dewasa
  11. Santri Luar Negeri (Internasional)
  12. Bahtsul Masail

RINGKASAN

Sejak tahun 2007 berbagai usaha intensif dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pesantren dan menjadikan santri Al-Khoirot semakin berkualitas dan kompetitif. Usaha ini meliputi tiga aspek yaitu, pertama, peningkatan kualitas program yang sudah ada seperti pengajian kitab kuning (الكتب التراثية) oleh pengasuh, pembenahan manajemen madrasah diniyah, dan peningkatan kualitas tenaga pengajar (muallim) membaca Al-Quran tartil.

Kedua, pengembangan sejumlah program baru antara lain pendidikan formal tingkat SLTP dan tingkat SLTA, pendirian program Tahfidz Al-Quran, program Bahasa Arab Modern, pendirian Pustaka Al-Khoirot, penerbitan empat buletin bulanan, dan lain-lain.

Ketiga, renovasi dan pembangunan fasilitas dan infrastruktur meliputi asrama santri, gedung sekolah, kamar mandi, tandon air, perkantoran, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.